Selasa, 11 Desember 2018

Sepatu Cantik Yang Bisa Jadi Penyakit


Eksiden high heels  paling  hitz, tentu saja  Cindrella dan sepatu kacanya. Karena terburu-buru meninggalkan  pesta,Cinderela  sampai  ketinggalan sepatu. Dan seperti yang kita semua tahu, Neng  Cinderela malam itu pake  high heels ( tumit tinggi).

Diriku memperkirakan, setidaknya  si eneng sampai di rumah  kakinya keseleo.  Karena  sepatu tinggi, bukan untuk dibawa berlari dengan  rok mekar.

High heels squad 
Sebagai perempuan yang tidak begitu tinggi, diriku suka ( gak pake banget) memakai high heels. Terasa lebih grande, sexy,feminim, kece dan sebagainya.
Tapi mak,  pernakah dirimu merasa sakit punggung,  paha pegel, jari kaki jadi kaku  atau telapak kaki kapalan?

Perlu banget ceki-ceki, keluahan yang disebabkan beberapa model  sepatu. Berikut ini beberapa keluhan,yang disebabkan model sepatu  high heels yang dilansir dari laman webmd.com

Terkilir
Perempuan yang pernah mengunakan  sepatu high heel, pasti pernah mengalaminya.
Keseleo  ada juga yang bilang terkilir, adalah posisi  urat yang terpelintir atau tertarik kesalah satu bagian tubuh.
Pada gambar terlihat,  apa sih yang terjadi  saat kaki kita  keseleo Sumber webmd.com
Keseleo ringan,sembuh sendiri dalam beberapa jam.Tetapi semakin tinggi sepatu,bisa bikin keseleo yang lumayan parah.

Keseleo yang parah dapat merobek ligamen. Jangan mengangap remeh, segera harus dipriksa ke dokter  dan mungkin perlu terapi fisik ( diurut ) untuk sembuh dengan benar.

 Posisi kaki Yang Tidak alami – Sumber  WebMed.com
Posisi kaki  tidak natural
High hells  menyebabkan posisi  kita seperti berjinjit, dengan  tumpuan  utama pada bola kaki ( otot dan sendi pada telapak kaki bagian depan).Tekanan ini dalam jangka panjang, bisa bikin  tulang kaki  stress dan kerusakan  saraf kaki.



Benjolan di tumit – Pump Bump  sumber - webMed
Pump Bump
Benjolan bulat di belakang kaki, ini yang disebut  pump bump.Matrial sepatu  yang kaku-tidak elastis, mengesek dan menekan kulit dan tulang  di tumit.

Awalnya sih lecet –lecet biasa tetapi lama-lama  bisa jadi pembengkakan /benjolan.Pada beberapa orang, pembengkakan/ benjolan   malah jadi permanen.

Pointy Shoes
Sepatu dengan ujung-ujung runcing itu, selalu mengoda. Aih bak ratu sejagad deh, rasa makenya.
BTW, mak jangan terlalu sering atau maksa untuk  mengunakan pointy shoes.  
Lihat sikon dulu, mau eksis malah  jadi susah.Nih ada beberapa  keluhan soal sepatu syantik ini.

Hammertoes
Jemari kaki yang kaku dan membengkok -  sumber webMed
Sudah kita obrolin diatas, high heels mendorong  berat badan ke arah kaki  dan menjadikan jari-jari kaki sebagai tumpuan utama. 

Penggunaan satu  model sepatu yang sama,selama bertahun-tahun  bisa menimbulkan beberapa ganguan pada anatomi kaki.

Paling sering ditemukan, memar dibawah kuku, jari kaki menekuk dan  kapalan. Tekukan pada jemari , secara bertahap  akan membuat sendi  kaki menjadi kaku dan membengkok ( hammertoes).

Bunion

Telapak kaki dengan bunion – webMed.com
Bunion itu mak, benjolan yang disebabkan tulang jempol kaki yang membengkak.
Menjadikan bentuk telapak kaki, bagian depan jadi agak melengkung. Sendi dan jaringan kaki, bergeser. Karena berada pada posisi, dan gerakan yang tidak normal.

Terus solusinya ?
Semisal cuma dipake buat kondangan, 2-3 jam sih rasanya gak masalah.

Buat kamu, yang karena pekerjaan mengharuskan mengunakan,high heels  berikut  beberapa tips yang bisa membantu mengurangi resiko.

Turunkan Ketinggian

Secara teratur, bergantian mengunakan model hak pointy dengan  hak rendah yang  lebih besar dan solid.
Direkomendasikan untuk menggunakan hak sepatu tak lebih dari 2inci ( 5cm)

Varian model Wedges


Sol sepatu yang lebih datar, mengurangi ketegangan pada kaki. Carilah wedge yang cukup lebar dengan  ketinggian depan belakang yang tidak terlalu jimplang( bahasa macam apah itu).
Sol yang datar,Ini akan mengurangi tekanan pada bola kaki.
Bagian depan sepatu yang lebih luas
Sepatu boxier, bagian depanya luas. Jari-jemari kaki tidak saling sikut atau tumpang tindih.
Modelnya mirip- mirip sepatu sekolah dan sepatu olahraga,depannya agak membulat itu.Dengan model ini, jari-jemari kaki tidak akan merasa terzolimi.

Sepatu Kerja Pantofel


webmd.com
Jadwal hari ini padat,bakalan banyak bergerak atau berdiri. Boleh deh coba, sepatu kerja wanita yang klasik ini. Emak-emak  tahun 80an menyebutnya sepatu Pantofel.
Hak dan solnya kuat, modelnya simpel bikin kamu tetap gesit bergerak.

Bijak memilih sepatu

High Heels

Pilih high heels dengan sol dan hak yang melekat kuat. Tidak terasa bergoyang, saat kamu berjalan. Heels yang  goyang, juga pertanda kalau sepatu itu sudah tidak aman untuk digunakan. Gak enak dong, kalau tiba-tiba patah saat  pesta.
High heels, idealnya digunakan dalam ruangan  berlantai solid. Kegiatan diluar ruangan, misal pesta kebun lebih aman  memakai sepatu dengan  tapak  yang rata seperti wedge.

Sepatu  untuk  yang berukuran tubuh  XL
Sepatu dengan hak yang besar dan tidak terlalu tinggi. Jadi kamu gak harus membungkuk  atau pegangan kemana-mana kalau memakainya.

In - sole dan Cushion pad
Alas untuk bagian dalam sepatu.Terbuat dari bahan, yang lembut dan empuk. Mengurangi pegal,nyeri dan lecet.

Kaki juga perlu istirahat
Dibanding wajah,mungkin kaki yang paling  sedikit mendapat perhatian.Pada hal kalau dipikir, kaki ini yang kerjangaya paling keras.Gak harus, ke gerai perawatan kaki. 

Refleksi sederhana ini bisa kamu coba sendiri di rumah.

Sumber : Stress Free Mama
💦Duduk dalam posisi yang santai, angkat kaki kiri ke atas paha kanan( sebaliknya).

💦Gunakan jempol untuk memijat-mijat seluruh bagian telapak kaki

💦Pijat melingkar  jari-jemari kaki dengan jempol dan telunjuk.

💦Gengam seluruh jari, dengan lembut tekuk kedepan dan kebelakang  bergantian. Putar pergelangan kaki searah jarum jam 2-3x.

💦Setelah dipijit-pijit,rendam kaki dalam air suam-suam kuku , sekitar 10 menit. 

Kaki akan terasa bahagia banget, pegel hilang,sakit berkurang.

Penting banget buat sadar, kalau bentuk kaki tiap orang itu beda.
Jangan menzolimi kaki  dengan  menggunakan sepatu, yang cantik tapi tidak  pas pada bentuk dan ukurannya.
Karena bisa bikin sakit,bahkan cacat pada kaki.

Punya pengalaman  tak terlupakan waktu pakai high heels,  cerita dong di komen💜💜💜


Kamis, 06 Desember 2018

Safety and Pretty Riding Untuk Emak-Emak




Dengan alasan keamanan, irit,dan  fleksibel perempuan biasanya lebih suka bawa motor sendiri. Gak heran, jalan semakin meriah dengan kehadiran emak-emak  bermotor yang sering  kasih lampu kiri tapi belok kanan.

Diriku mengirimkan  pertanyaan pada  teman dibeberapa kota.Pertanyaan simple saja, tipe motor yang digunakan,kerusakan yang sering dialami,perawatan dan motor apa sih yang  jadi impian mereka.


Tantri, full time mama. Sering berpindah-pindah kota, mengikuti tugas suami sekarang berdomisili di Bandung.  Gak terlalu riweh soal matic atau sporty,tapi mereknya harus HONDA.



Hapsari, mama e Abel dan Lintang  tinggal di  Pakualaman - Yogjakarta. 
Kerusakan yang  pernah di alami motor matic tungganganya, adalah ban bocor. 

Emak yang pinter nari,nyanyi dan hoby  bikin hiasan tas decoupage ini, gak tau apa-apa soal ganti oli dan service motor semua  diurus Mas Suami.

https://www.donasaurus.com/2018/12/tips-cantik-menerobos-banjir-untuk-emak.html


Lies –  Ibu dua anak tinggal di Cikampek. Guru SD syantik ini nyaman banget menggunakan motor pergi bekerja karena gak pernah kena macet.



Ulfah- ibu dua anak juragan toko beras di Pasar Muntilan – Jateng, satu-satunya responden yang  setia dengan motor 4tak.Tapi masih bisa dinego, kalau motor impian yang pake tutup sudah diproduksi masal.

Beberapa alasan perempuan  lebih suka motor matic ketimbang bebek sporty


1. Simple
Motor matic, disukai  cewek-cewek karena simple. Gak perlu ribet oper gigi ( kopling), langsung cap cus. Jalanan macet, saat melalui tanjakan dan turunan tetep santai aja gitu.

2. Ringan dan lincah
Gak bikin pegel bahu,kalau harus mengeser posisi secara manual. Lincah, saat harus menerobos kemacetan dan nyelip diantara kendaraan lain.

3. Muatan lebih banyak
Kelebihan ini yang bikin, banyak perempuan jatuh cinta. Bagasi di bawah jok motor matic, lumayan luas. Bisa menyimpan jas hujan,mengkena,tas bahkan sepatu. Ruang diantara kaki kita dan kepala motor juga enak buat naruh belanjaan juga anak.


4.  V Belt Motor Matic
Tau sendirikan ribetnya naik motor sport, kalau kita pakai gamis atau rok panjang. Ada kemungkinan, pakaian atau selendang nyasar di rantai dan ban motor. V Belt Motor Matic, terbuat dari karet dan diberi cover. Jadi Relatif aman, untuk perempuan dengan baju panjang.

Perempuan tuh, biasanya ngepasin baju,celana atau sepatu itu sambil berkaca.Keliatan dong, terlalu ini kurang itu dan seterusnya.Tapi kalau bepergian menggunakan motor, apapun tipenya  tambahkan satu kriteria lagi yaitu AMAN.

Sewaktu milih-milih baju dan sepatu, pertimbangkan juga  aman dan nyaman kalau digunakan mengendarai motor. 

Penting Diperhatikan Sebelum Meluncur ke Jalan .

Helem

Seringkan ngeliat buibu, dengan ciput ninja  isi dakron yang lumayan gede. Memakai helem, cuma sekedar nyangkut aja di ujung kepala. Helemnya,kagak bisa dikancingin lagi.
Ini berbahaya, pake banget.Helm yang gak dikancing itu bisa jatuh, dan membahayakan pengendara disekitarnya.

Inget dong, fungsi utama helem itu untuk melindungi kepala kita kalau terjatuh atau tiba-tiba ada yang jatuh menimpa kepala.


Masker dan Kaca mata

Keduanya sudah termasuk fungsi, helem full face.Untuk melindungi muka dan mata dari panas,debu dan kotoran lain yang beterbangan di jalan.
Kadang kalau cuaca lagi panas,aku suka buka kaca helem. Pakai masker kain saja, biar ada angin.

Jacket

Bagi pengendara motor, jaket ini untuk melindungi dari angin dan hujan ada juga jaket motor racing  terbuat dari bahan tahan api. Selain fungsinya,jaket  jadi outfitt kebanggaan pengendara motor besar. Terasa gagah bukan main, naik  Harley  dengan jaket kulit item yang penuh label.

Pilihlah jaket  terbuat dari bahan,yang nyaman digunakan. Modelnya, sebaiknya  simple saja. Ukuranya pas, tidak mengangu gerakan saat berada di atas motor. Kalau sekedar nganterin sekolah atau ke pasar,aku cukup pake jaket parasut.Praktis, bisa dilipet-lipet masuk bagasi motor.

Sarung Tangan

Di negara empat musim, sarung tangan yang digunakan di musim panas berbeda dengan musim dingin.Tapi sami mawon fungsinya, untuk melindungi tangan dari cuaca, sengatan dan kecelakaan.
Diriku termasuk yang fanatik, soal menggunakan sarung tangan. Sempat pake sarung tangan plastik gede, yang langsung dipasang di stang. Tapi karena ribet, kembali  pada sarung tangan  kain biasa.
Rok atau Celana

Untuk urusan yang satu ini, perempuan Indonesia termasuk yang ribet banget.Tentu saja mengunakan celana panjang, lebih praktis dan aman saat bermotor.

Kalaupun dirimu mengunakan,gamis dan rok panjang juga gak masalah. Lipat atau selipkan bagian pakaian,yang akan mengangu gerakan saat berkendara. Ini penting,banyak kasus kecelakaan karena selendang dan gamis tergulung rantai atau ban motor.

Sepatu

Untuk mengamankan kaki,misal gak sengaja kesengol mesin dan knalpot. Sepatu yang ideal untuk berkendaraan adalah boots, tanpa heels yang menutupi sampai bagian atas mata kaki. Kalaupun tak punya, sepatu sport atau kets sudah termasuk aman.

Penting  banget  untuk memakai sepatu, yang memperhitungkan  kondisi jalan dan cuaca. Melewati banjir  atau sering ngesot pake kaki karena macet.

Pakai saja sepatu yang, gak mudah lecet atau rusak kena air. Simpan sepatu kerja, ditempat yang aman untuk dipakai setiba di kantor.

Jas Hujan
Jangan lupa untuk selalu siap jas hujan, dalam bagasi motor.Tips-tips merawat jas hujan bisa baca disini

Masalah yang dialami perempuan di jalan, terjadi karena tidak waspada atau over PD.



Pakaian yang ribet, sepatu yang gak aman, aksesoris berlebihan. Sibuk ngobrol,main hp sambil mengemudi, menerobos lampu merah dan menyalip kendaraan lain tanpa memperhatikan sikon.

Sudah gak zamanya lagi,minta dispensasi untuk kelalaian yang merugikan pengguna jalan hanya karena kita perempuan.Ok semoga selamat sampai ditujuan jangan lupa safety riding ya mak.💖💖💖

Selasa, 04 Desember 2018

Tips Cantik Menerobos Banjir Untuk Emak Pengendara Motor



Sumber: TAWgear.com



Musim hujan, adalah bulan penuh drama bagi pengendara motor. Jalan tergenang, banjir, macet, motor ngadat, jalan licin, telat ke kantor.............you name it!

Semalaman diguyur  hujan, paginya kota Palembang tergenang air. Setelah puter sana-sini, gak nemu jalan yang relatif aman. Akhirnya diriku bilang ke ananda, kamu hari ini libur sekolah.Bubar jalan!  
Wkkkkk  ananda  cengar – cengir aja.



         Iniloh suasana banjir di jalanan deket rumah yang bikin diriku keder.    Sumber:tribunnews.com

Aih kalau tiap banjir anak gak sekolah, bahaya juga nih. Dulu-dulu waktu masih pakai motor sport, aku tuh termasuk nyantai aja menerobos genangan air.Ukuran motor sport, lumayan tinggi. Aman nyelip diantara genangan air, yang gak tinggi-tinggi amat.

Kalau masalahnya sekedar busi basah,itu cin cay la. Gini-gini  diriku sudah bisa, mengatasi penyakit ringan yang biasa menjangkiti motor.

Sok PD  gitu. Udah terampil bongkar pasang busi, mengatur besar kecil gas dan mengencangkan mur dan baut beberapa onderdil sendiri ( sorryyy gak tau istilah tekniknya).

Dapet kutipan dari Ridwan Arifin ( Service – Education YIMM) ada 3  penyebab motor matik mogok setelah menerjang banjir. Busi basah,knalpot dan karburator yang terendam air.

Hal yang sama juga bisa, bikin motor sport mogok. Tapi  untuk motor matic, ribet bro! Harus bongkar cover body dulu,baru bisa ganti busi. Makanya aku tuh sekarang, takut-takut gitu menerobos banjir.

Setelah curhat  sama Mas Bengkel,langganan ganti oli. Dapet  beberapa  tips, menerobos banjir dengan motor matic.


Tips Menerobos Banjir

1.Spakbor  terpasang.Priksa apakan semua spakbor- tameng penutup ban depan dan belakang dalam keadaan baik.
Spakbor ini terbuat dari plastik keras, gunanya untuk menghalagi air masuk  ke dalam mesin.

2.Peralatan dan onderdil cadangan. Bawa peralatan sederhana, kunci busi, obeng,busi cadangan dan lap kering. Berguna banget, kalau terpaksa menganti busi di jalan.


3.Ketinggian air.Dirimu amati dulu motor-motor lain,yang sudah menerobos banjir. Kalau mau aman, ketinggian air jangan sampai melewati kenalpot dan saringan udara yang terletak di sisi motor. 

4.Matikan mesin motor.Terpaksa juga meyeberangi banjir, yang melewati batasa aman. Matikan mesin, lalu tutup lubang kenalpot. Untuk mencegah air,  masuk ke dalam mesin.
Tutup lubang knalpot dengan spons, atau kain yang sudah dibungkus plastik. Kalaupun masuk, setidaknya masih aman untuk mesin.

5.Hindari gelombang.Saat menerobos banjir, baik dengan mesin mati atau hidup. Usahakan melalui pinggir jalan. Bagian ini sisinya sedikit miring, atau lebih tinggi sedikit dari bagian tengah.
Kanapa?
Menghindari gelombang, yang timbul dari  mobil yang ngebut melintasi banjir.Gak maukan jatuh, karena tersapu gelombang  tsunami itu.

5. Menguras Knalpot. Walaupun sudah di tutup, kemungkinan masih ada air yang bisa menerobos masuk. Untuk mengeluarkan air dari knalpot, pasang  dulu standar tengah.
Arahkan body motor, dengan posisi lubang knalpot di bawah ( posisi standing gitu), sampai semua air keluar.
Buibu, menguras knalpot dengan teknik ini, perlu dua orang dan energi lumayan gede. Tidak disarankan, kalau gak yakin aman.


Sumber : motorganas.com

Buibu sekalian, bila sakit berlanjut tuh matik masih ngadat juga, segera bawa ke bengkel. Bisa jadi, ada komponen-komponen yang pecah atau rusak karena air.

Demikianlah mak, tips melewati banjir dengan sukses dariku. Selama musim hujan ini, kita harus bener-bener waspada. Ok, semoga selamat sampai tujuan.

Tunggu dulu, ada yang punya pengalaman menarik waktu melintasi banjir dengan matik?
Atau kamu punya tips anti gagal menerobos banjir ?
Bagi-bagi di komen dong💚💚

Minggu, 02 Desember 2018

Tips Merawat Jas Hujan Bersih dan Tahan Lama

Biasanya begitu selesai  dipakai, langsung saja jas hujan  dipuntel-puntel   dalam bagasi motor. Harganya gak begitu mahal, dan cuma di pake kalau hujan di jalanan pula.Siapa juga yang  peduli, pada  baju plastik ituh.  

Aih diriku sudah kapok,dan janji untuk memperlakukan jas hujan dengan layak. 

Ceritanya suatu hari  kehujanan saat otw, menuju lokasi seminar.Cap cus  langsung menepi,mengeluarkan jas hujan dari bagasi motor. Gak pake lirik-lirik lagi, langsung aja dipakai.
Tiba di lokasi, u la la kemeja  ternoda  minyak, mungkin dari  onderdil  bekas  yang  nempel di lengan jas hujan.

Tau dong, jas hujan itu bahan dasarnya plastik. Tapi kita tuh suka  lupa,bisa jadi dalam bagasi kita ada benda-benda tajam. Mungkin juga kotoran oli dan minyak dari  peralatan yang lupa dibersihkan.


Alasan buru-buru dan lupa bawa kantong plastik. Akhirnya dibiarkan saja ia mendekam, dalam keadaan basah  di bagasi motor.

Hal-hal sepele  ini yang bikin jas hujan, rerata berumur pendek. Ibarat lagu,cuma satu musim hujan saja. Membersihkan  Jas Hujan, tidak terlalu sulit dapat selesai kurang dari 15 menit.

 Sumber; Amino app
Menggunakan Mesin Cuci

Meskinpun tidak disarankan, karena ada kemungkinan robek . Tetapi eberapa merek jas hujan dengan harga lumayan, dikalim dapat  dicuci dengan mesin cuci.

1.Sebelum memasukan jas hujan ke mesin cuci, periksa  lagi  instruksi  cara    perawatan   jaket hujan  yang disarankan pabriknya.

2.Lepaskan dulu penutup kepala (kalau bisa dilepas), periksa dulu kantungnya siapa tahu ada benda  logam /tajam . Tutupkan  retseleting ,kancingkan semua kancing pada posisinya masing-masing.

3.Tidak disarankan memakai pemutih,dan cuci terpisah dari pakaian lain.

4.Gunakan pengaturan delicate untuk mencuci .

5.Keringkan, dan jemur dengan hanger

Sumber : SAYS - Malaysia

Mencuci  Manual 

Kalaupun  jas hujan mu ( seperti miliku) barang kodian  yang seharga   Rp  50-60.000 saja,  gak sulit juga  mencucinya.
Siapkan
1.Deterjen
2.Lap basah
3.Spon cuci piring ( dari busa atau jaring)
4.Dua gantungan baju
5.Ember untuk membilas

Caranya

💦 Noda lumpur - Biasanya bagian paling kotor, adalah  ujung celana  karena kecipratan lumpur.  Coba dulu dibersihkan dengan lap basah saja.  Kalau noda masih bandel, terpaksa deh pakai spon dan deterjen.  

💦 Noda Minyak – Ada beberapa cairan kimia khusus untuk membersihkan noda membandel. Kalaupun gak mau ribet, dengan cara biasa juga bisa.
Gosokan spon secara perlahan, pada bagian yang bernoda. Misal noda gak hilang juga, setidaknya pastikan  gak bisa lagi nempel ditempat lain.

💦 Setelah proses bersih-bersih selesai, bilas   dengan air bersih. Kalau gak kotor-kotor amat ,sekali bilas aja udah cukup.Keringkan dengan mengantungnya di hanger /gantungan baju.

Tips Menyimpan  Jas Hujan

💜 Jangan disetrika ( gosok) ,  bisa meleleh dan robek.

💜 Lipat jas hujan yang benar-benar sudah kering, dengan rapi dan sekecil mungkin.

💜 Masukan ,dalam kantong keresek besar.
Semisal setelah digunakan, tidak bisa langsung mengantung jas hujan. Kantong kresek ini relatif aman,tidak akan  menetes dan membasahi ruang atau benda lain.

💜Jangan menyimpan jas hujan,dalam keadaan basah di dalam kantong atau bagasi. 
Bisa menumbuhkan jamur hitam-hitam kecil, (tahi lalat) dan meyebabkan bau apek.




Jas hujan  setelan celana dan baju, paling disarankan untuk pengendara motor. Karena tidak membatasi gerak dan aman untuk pengendara lain.

Sesekali di musim panas, keluarkan jas dan angin-anginkan. Siapa tahu ada hewan kecil yang nyasar dan bersarang di dalamnya .Ok, semoga tahun ini jas hujan mu selamat sampai di musim hujan,selanjutnya****


Jumat, 30 November 2018

Tak Kenal Maka Terjerat Narkoba


sumber: BNN

Kita tuh kan orang baik-baik (sambil sisir-sisir poni) dan sebagai orang baik jangan sampe tau, segala macam barang haram macam narkoba betul gak ?

SALAH.
Sebagai orang yang ngerasa baik-baik, kita tuh perlu banget tahu. Ibarat kata narkoba ini maling, gak bakalan kirim pesan WA atau posting di IG kalau mau ngerampok. Selama ini kita tuh sebodo amat, sampai akhirnya keluarga dekat kita yang kena.Baru deh sibuk, tunjuk sana-sini menyalahkan orang lain.

Kilas balik dulu kita, di Oktober 2016 - Reza Arthamevia  yang melaporkan penasehat sepiritualnya, aak Gatot Brajamusti ke Polisi. Reza merasa sudah ditipu, dan gak tahu kalau aspat yang selama ini dicekokan padanya adalah narkoba. 


Foto pribadi bersama Reza . Waktu FFI di Palembang tahun 2014, sudah keliatan agak beda dari tampilanya dulu di TV.

Dari laman seleb.tempo.com, pengacara Ramdan Alamsyah, menerangkan  kliennya mengkonsumsi obat yang disebut aspat.
Menurut Ramdan,aspat adalah obat dari Gatot, yang dikonsumsi Reza ketika kurang enak badan.Singkat cerita, Reza tahunya aspat itu obat biasa yang dijual bebas bukan obat terlarang.

Ini Reza Arthamevia yang kita  bicarakan, perempuan dewasa yang well educated. Pergaulanya luas, temennya dari artis sampe presiden.
 Diriku sampe bengong,  are you kidding me  ...really – really  gak tau!
Mosok sih gak tau ........itu  obat  apa narkoba ?
 Tapi mungkin beneran awalnya Reza gak sadar,kalau dia dicekokin narkoba.

Heroin dulunya  diresepkan sebagai obat batuk
sumber:male.com

Disebut penyalah gunaan, karena emang awalnya (dan sampai sekarang masih) beberapa jenis narkoba itu digunakan dalam pengobatan. Eike baru tahu juga bro, heroin itu  hasil salah kejadian di laboratorium farmasi.

Sejarahnya tahun 1897 Felix Hoffman yang bekerja untuk Pabrik Obat Bayer (Jerman) bereksperimen, untuk menemukan varian baru obat batuk. Masa itu morphine, masih  diresepkan sebagai obat batuk (ini beneran loh).

Masalahnya kemudian, pasien jadi ketergantungan. Batuk gak batuk  terus aja, minum morphine. Felik Hoffman niatnya memproses morphine, menjadi codein yang lebih ringan dan gak terlalu bikin pasien ketagihan. U lala, setelah proses kimiawi  ternyata zat yang lahir adalah  heroin.

Efek pain killernya diklaim 1.5 sampai 2 kali lebih kuat dari morphine.Nah dijualah codeine aka heroin ini ,sebagai obat batuk. Dengan asumsi,codein lebih jinak dari morphine. Gile ternyata setelah proses kimiawi dalam tubuh mengembalikan heroin menjadi morphine. Dengen Efek narkotik, yang bikin candu juga(zenius.com)

PENTING  BANGET


sumber :stopnarkoba.com

Jangan kau kira, pil-pil,cairan dan serbuk  narkoba dijual bandar dalam kemasan seperti obat sakit kepala dan diare. Yang ada merek dagang,pabrik dan petunjuk pemakaian. Gak ada mereknya,gak ada namanya.Cuma yang  jual, yang tahu apa itu.

Di acara Forum Komunikasi Anti Narkoba Provinsi Sumatra Selatan  (7/11/2018), merasa mendapat pencerahan. Jhon Turman Panjaitan - Kepala BNN Sumsel  cerita panjang lebar soal narkoba,peredaran dan kendala memberantasnya.



 Blogger dan wartawan media on line ersama  Jhon Turma - Ika Wahyu dari BNN Sumsel 

Bro Jhon bilang, di desa - desa Sumatra Selatan narkoba dijual dengan menawarkan khasiatnya sebagai,suplement biar tetap fit.
Sebagai obat, kuat pria. Obat pelangsing,untuk buibu yang obesitas. Obat pinter,untuk pemuda dan mahasiswa  yang kesulitan belajar.

Bener juga,kalau ditawarin obat terus dibilang ‘ini narkoba’ emang situ mau makan ?
Satu-dua kali dicoba, kok badan jadi seger, nafsu makan berkurang,otak jadi tenang ngomong jadi lancar............ terus lanjuuuuuut mang! 
Setelah kecanduan dan  gak kuat beli, baru deh sadar bahwa dirinya  terjerat narkoba.

Beda Ketagihan dan  Ketergantungan

Dari zenius.net diriku mencermati  apa beda  ketergantungan dan ketagihan.
Adiksi – ketagihan  adalah keinginan, untuk melakukan sesuatu secara berlebihan. Misalnya  anak suka makan mie instan, dari pagi sampe malem maunya cuma mie instan doang.Ketagihan apapun bentuknya, kalau tidak direm bisa bikin masalah kejiwaan dan kesehatan. Untuk narkoba, ketagihan bisa berujung pada ketergantungan.

Stadium  ketergantungan, adalah kondisi tubuh yang sudah beradaptasi. Untuk mendapat  rasa kepuasan yang sama,dirimu harus mendapatkan LEBIH.

Sederhananya  tahun lalu belanja satu minggu satu kali, Buibu sudah happy banget. Tahun ini, belanja seminggu tiga kali baru rasa happy. Sampai akhirnya tiap hari belanja, belum juga happy.


sumber: bnn

Dalam pengunaan obat-obatan, ada istilah  drug tolerance.Ketergantungan obat yang muncul, ketika tubuh telah menyesuiakan diri dengan zat-zat aktif yang terkandung dalamnya.

Lama-lama tubuh akan kebal,terhadap efek obat. Jadi untuk mendapatkan efek yang diharap,dosis obat harus dinaikan /ditambah dari waktu kewaktu.

Efek horor dari ketergantungan narkoba adalah, akan timbul gejala negatif kalau lo secara tiba-tiba berhenti mengkonsumsi zat tersebut. Ini disebut sebagai withdrawal aka sakaw.

Sakaw serupa tapi tak sama

Eh bro tau gak sakaw itu, ternyata ada macem-macem.Bisa menunjukan gejala fisik atau ketergantungan yang menunjukan gejala psikologi.

Ketergantungan fisik efeknya pada badan. Cerita Andy pecandu putaw - ( residu Heroin)  pada detik.com, sakaw  karena putaw itu rasanya seperti digebukin orang sekampung.Badan sakit dan tulang mau rontok semua.

Sementara sakaw sabu, terlihat seperti ganguan tingkah laku. Efeknya  melibatkan emosi dan motivasi, misalnya depresi atau mood yang gak stabil. Pengen sesuatu yang teramat sangat, sehingga membuat gelisah yang juga amat sangat.

O ya mak, taukah dirimu kalau hampir semua kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia, dilakukan dengan suka,rela dan sadar. Banyak sih alasan, tapi secara umum terbagi dua.

Alasan Menggunakan narkoba

Coba-coba aja

Experimental Use, biasanya ABG yang jadi sasaran. Awalnya coba minuman oplosan, maupun ikutan isep-isep lem aja. 
Akhirnya mulai deh,coba-coba ganja,inex dan sabu dan teman-teman.Tujuanya simple banget, pengen tau rasanya atau biar dikagumi dan dibilang keren karena sudah berani pake narkoba.

Sejenak melupakan atau  Be something you not


                                                                                                                                            sumber: bnn

Berapa tahun yang lalu diriku  kepikiran,presenter itu energinya luar biasa. Dari pagi sampe subuh, pindah-pindah stasiun TV. 
Membawakan acara yang berbeda-beda, ngomongnya lancar. Masih kuat goyang sana-sini, pokoknya kayak gak ada matinya.

Ada juga,aslinya pemuda itu introphet eh kok bisa ya jadi artis. Main sinetron striping, mampu berdialog panjang di depan kamera. Bener deh, gak lama kedua -duannya  sudah sempat terjaring oprasi BNN.

Mereka ini yang secara sadar, memanfaatkan efek stimulan narkoba. Tujuannya,mendapatkan efek senang,tenang, semangat terus, rasa tidak kenal lelah, konsentrasi yang meningkat tajam, optimis dan percaya diri yang tinggi (kompas.com).

Gimana sih ciri pemakai

Untuk memastikan memakai atau tidak, tetap harus melalui pemeriksaan labor. Jangan, asal tuduh saja. Tapi jangan   juga berharap, pecandu bakal dengan suka rela mengakui. Secara kasat mata, hal-hal berikut salah satu  indikasi pengunaan narkoba.

Ganja: Penampilan jadi lusuh. Terlihat seperti ngantuk atau bangun tidur terus karena mata menjadi sipit .Seperti tak sadar, sedang melakukan apa atau berada dimana.Sering tertawa berlebihan, dalam obrolan yang biasa-biasa saja.

Putauw: Sering menyendiri di tempat yang kurang cahaya, sambil dengar musik. Jadi malas mandi ,karena selalu merasa kedinginan. Badan perlahan mulai kurus, gak seger gitu.

Inex atau ekstasi :  Amat aktif, suka bergaul dan keluar rumah. Langsung goyang, kalau mendengar musik house. Wajah terlihat lelah, kadang seperti orang ngantuk berat ( mata sipit).
Bibir kering dan pecah-pecah. Berkeringat, secara berlebihan meski tidak melakukan aktivitas berat. Menjadi tidak PD  dan langsung minder, setelah pengaruh inex hilang.

Sabu-sabu :  Keliatan terlalu bersemangat, gampang gelisah dan suka salah tingkah.Mata jelalatan, tetapi tidak berani menatap lawan bicara. Mudah curiga, paranoid terhadap orang-orang baru.Sensitive dan emosional. Selalu kepanasan dan berkeringat meski dalam ruang ber AC. (Tribun Pekanbaru/jauhinarkoba.com)

Singkat kate singkat cerite, stimulan narkoba dapat mempercepat ,kinerja jantung dan otak. Efek stimulan pada narkoba membuat pemakai, seperti memiliki tenaga eksta. 

Percaya diri dan optimisme berlebihan, yang bikin mereka mudah sekali mengobral janji-janji. Jadi mulai deh wasapada, kalau ada yang menjanjikan sesuatu yang kok to good to be true.

Zat-zat ini, amat mudah berubah bentuk dengan tidak mengurangi ‘khasiat’nya. Kemasan dan strategi pemasaran narkoba ini, semakin hari makin pinter saja.

Sabu cair

Sabu cair dan krystal ,sama-sama  mengandung zat psikotropik metamphetamine. Ekstraksi dari, kristal sabu padat. Bentuknya, mirip-mirip tawas atau bungkahan garam dan berbau tajam. Setelah dicairkan,dikemas seperti air minum dalam botol air mineral. Jernih, tidak berwarna dan berbau.

Ahli Kimia Farmasi BNN- Kombes Mufti Djusnir  menjelaskan, air  yang mengandung narkoba punya rasa yang berbeda dari air mineral maupun minuman ringan lainya. 

Bila minum air atau minuman ringan, haus akan hilang tapi setelah minum sabu cair tengorokan akan terasa amat kering.Karena kandungan methamphetamine  tidak menghilangkan haus, malah bikin dehidrasi dan haus. (Dilansir dari Liputan6.com)



Kue Kering dan Kue Basah

Mulai sekarang  emak harus hati-hati, kalau pesan brownis dan cookies secara OL. 
Pernah dong nonton berita penangkapan, penjual brownis dan kue kering yang mengandung ganja.

Gak terlalu aneh, karena dahulu ganja itu digunakan sebagai bumbu dapur. Jadi ditanam saja dihalaman, gak beda sama kunyit,jahe atau cabai.

Menurut testimoni pelanggan, brownis ganja ini efeknya lebih nendang dari pada merokok ganja. Setelah makan kue ganja, efeknya berhalusinasi dan gak sadar apa yang dilakukan. Pengaruhnya, bisa berlangsung selama 4 hari.


                                                                                                     sumber: bnn

Permen

Tunggu dulu, jangan panik. Emang  sering banget  ada berita soal permen-permen yang mengandung narkoba. Dan sudah  ada penangkapan, penjual narkoba yang disembunyikan dalam kemasan permen.

Tetapi pihak Badan Narkotika Nasional, tidak menemukan unsur kesengajaan dari pabrik permen resmi.
Narkoba yang terkandung dalam permen-permen itu, adalah oplosan. Dicampurkan oleh tangan-tangan jahil,setelah permen dijual kepasaran.


PENTING

💣Selain menimbulkan dampak sosial dan ekonomi juga dampak kesehatan yang mengerikan.

💣Kemungkinan terinfeksi HIV – AIDS  dan Hevatitis B.Ganguan saraf yang dapat menyebabkan buta, ganguan fungsi hati,ginjal dan paru-paru. 

💣Ganguan mental, tidak bisa fokus, sulit mengendalikan emosi,pada beberapa kasus penderita terjebak dalam halusinasi yang berkepanjangan.

Gimana  bersikap pada pemakai

Ika  Wahyu Hindaryati - Kepala Bidang Pencegahan Dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Prov Sumsel, punya beberapa tips.

❤Support dari keluarga dan lingkungan amat mempengaruhi pemakai untuk lanjut atau berhenti mengunakan narkoba.

❤Untuk menghentikan ketergantungan,cari tahu dulu alasan mengapa ia mengunakan narkoba.Apakah karena pengaruh lingkungan,alasan pekerjaan,atau memang tidak tahu kalau ia diberi narkoba.

❤Perlu waktu dan kesabaran, karena biasanya penguna sudah tidak lagi peduli bagaimana awalnya sampai ia terjerat.

❤Hindari menujukan sikap, curiga dan menjaga jarak. Emang sih, sikap curiga dan waspada  kita beralasan. Mereka yang kecanduan jadi keras,kasar,suka berbohong dan kadang berani mencuri untuk membeli narkoba. 

❤Tapi sedapat mungkin, tunjukan perhatian dan rasa percaya.Semakin kita jauh, semakin mereka tengelam dalam jerat narkoba.

❤Introspeksi diri sebagai,orangtua,istri,suami atau keluarga siapa tahu masalahnya berawal dari dalam rumah sendiri.

❤Cari informasi mengenai fasilitas rehabilitasi narkoba  terdekat di kotamu.

Semakin banyak saja, alasan orang untuk mengunakan narkoba. Semakin hari semakin, mudah dan murah. Jangan tunggu sampai, maling masuk ke rumah. Cari tahu bagaimana modus oprandi mereka di lingkungan kita. Tidak ada istilah terlalu kecil, untuk mulai mengajarkan anak waspada dan bahaya narkoba. Indonesia sudah menyatakan,darurat narkoba***donasaurus