Sabtu, 20 Oktober 2018

Bohong Itu Mungkin Gejala Alzheimer



Seorang politikus gaek, bikin heboh. Membuat komentar kontroversial dan kok seperti bukan dia yang dulu. Barusan yang bikin hoax, juga perempuan yang  sudah lumayan berumur. Sebelumnya beliau,dikenal tegas jujur dan gak mudah goyah oleh topan badai.
Tarik nafas dalam-dalam jangan  emosi , kelakuan ini mungkin gejala Alzheimer dan Demensia . Nama yang sulit dieja,tapi kalau pikun semua pasti ngeh. Nah Alzheimer ini, adalah nama "medis" untuk pikun.
Supaya jelas duduk perkaranya, yuk  kita mulai dari awal.

Alois Alzheimer  adalah nama ahli jiwa (Psikolog) asal Jerman yang pertama kali melakukan penelitian tentang penyakit kejiwaan  ini pada tahun 1906. Sebagai penghargaan atas usahanya, maka penyakit ini dinamakan Alzheimer.

Alzheimer ini seperti musuh dalam selimut. Tahapan-tahapan penurunan kemampuan otak dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Semakin lama makin memburuk dan akhirnya permanen Menurut penelitian,berikut ini ialah gejala  umum demensia Alzheimer  yang dapat diamati.

11.  Gangguan Daya Ingat
Gejala paling terlihat pada penderita Alzheimer ialah sering lupa. Lupa janji untuk bertemu atau pergi,lupa menaruh barang .Segala jenis lupa, bisa terjadi.

Nih ada contoh kasus, almarhun kakak ipar suatu sore cerita sama istrinya ( yaitu kakak ku), kalau dia baru tahu kalau Pak Didi ( sebut saja demikian) tinggal di depan rumah mereka. Perlu di informasikan,  Pak Didi itu sudah 20 tahun jadi tetangga mereka.

2. Sulit Fokus
Kesulitan fokus/ kosentrasi Kesulitan untuk melakukan aktivitas,walaupun  sudah biasa di lakukan.Seperti memasak, menggunakan telepon, menyalakan mesin cuci.  Penderita sering juga kesulitan menghitung uang dan barang 

3. Disorientasi
Mengalami disorientasi (hilang arah) atau kebingungan soal waktu dan tempat< lokasi > Penderita Alzheimer sering tiba-tiba bingung.
Di mana mereka berada dan  lupa bagaimana mereka sampai di sana. Tidak  tahu, jalan kembali pulang ke rumah.
Banyak kejadian orang tua yang tersesat / hilang ternyata adalah penderita Alzheimer.

4. Kesulitan Memahami Visuospasial
Kemampuan untuk menempatkan sebuah benda, objek atau gambar dalam sebuah tempat atau ruangan yang seharusnya.
Kemampuan Visuospasial, akan menjadi salah satu prosudur pemeriksaan pada pasien yang mengalami gejala Alzheimer.Karena  ini menjadi pertanda awal dan ciri seseorang akan mengalami penyakit Alzheimer atau pikun. 
Dalam kehidupan sehari-hari,penderita Alzheimer dan Demensia  akan kesulitan misalnya :
 ⇒ mengukur  dan menentukan jarak . 
⇒ warna atau  mengunakan / meletakan sesuatu sesuai pasanganya   
⇒ tidak tepat saat menuangkan air ke dalam gelas 
⇒ salah memakai sepatu/ sendal  
⇒ sulit menyebrang atau menaiki tangga   

5. Gangguan Komunikasi

 Kesulitan untuk mencari kata yang tepat. 

Penderita Alzheimer dan  demensia tiba-tiba berhenti di tengah percakapan dan bingung untuk melanjutkan kalimat yang hendak dibicarakan. Akhirnya  menjadi malas bicara karena sering lupa nama sesuatu .

6. Menarik Diri Dari Pergaulan
 Karena sering lupa,sering bingung  dan sering salah seperti contoh diatas. Maka penderita ,biasanya akan kehilangan semangat. 
Malas untuk bergaul atau  sekadar ngobrol dengan tetangga.
Lebih suka tidur atau  melamun sendiri. Pada beberapa kasus,mereka sibuk dengan kegiatan yang kadang-kadang tidak sesuai dengan umur 

7. Perubahan Perilaku dan Kepribadian

Tanda yang  jelas terlihat adalah emosi yang  naik turun.Dalam beberapa kasus,perilaku mereka bisa  menjadi diluar kewajaran. 
Nah seperti cerita diawal tadi, mungkinkah mereka? 
gak ada salahnya diperiksa lah wong Ronald Reagen aja kena dimensia dan gak malu mengakuinya.  Alzheimer-dimensia bukan aib, itu penyakit.Punya pengalaman soal pikun, ceritain dong di komen***



8 komentar:

hai ulya mengatakan...

Mbahku udah sepuh. Sepertinya kena alzheimer, tapi sebatas salah pake sandal gt. Selebihnya masih normal.

donasaurus mengatakan...

Seting salah pake sendal itu termasuk gejala.Keluarga harus lebih waspada,karena gejala ini bertambah banyak karena faktor umur.Thanks sudah mampir Ulya, salam untuk Mbahnya

Lucky Caesar mengatakan...

Bisa jadi juga ya mbak kalau bohong adalah gejala alzheimer. antara emang lupa dengan kejadian sebelumnya, atau kacau pikiran sehingga susah membedakan mana yg terjadi sama enggak hehehe. . btw, makasih sharing ilmunya mengenai alzheimer. salam kenaal mbak ya, baru pertama kali BW kesini. hehehe

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya

donasaurus mengatakan...

Alzheimer ini ada test indikatornya,jadi ada pembuktian ilmiah apakah orang berbohong karena emang niat atau karena Alzheimer.Thanks sudah mampir Lucky

donasaurus mengatakan...

Terimakasih sudah mampir Tira

Ilham mengatakan...

Mbah kakung saya ngalamin tuh yg disorientasi, kadang suka nanya "ini dimana?" Kadang bangun tengah malem trus nanya "udah pagi?" Pokoknya suka linglung deh.

donasaurus mengatakan...

Mbah kakungmu tidak sendir, eh nanti mampir kesini ya aku mau lanjutin tentang pengalaman saudara dan kenalan menjaga orang tua dengan gejala alzheimer/dimensia.