Rabu, 17 Oktober 2018

Produsen Kosmetik Yang Pro Rakyat



Zaman nenek dan emak kite, sekitar tahun 60an kosmetik tergolong barang mewah. Cuma cewek-cewek yang bener-bener berduit yang mampu beli bedak ama lipstik. 

Saat Viva mulai memasarkan kosmetik lokal, murah meriah tentu saja disambut gegap gempitaPerlu dicatat, Viva adalah kosmetik pertama yang  berani mencetak "made in Indoneisa" pada kemasan nya. Produksi pertama,tahun 1962 maka sekarang sudah 56 tahun Viva kosmetik eksis di Indonesia.  

Dibanding produk kosmetik lokal yang muncul belakangan,Viva sekarang udah jarang berpromosi dimedia cetak dan elektronik. Diriku penasaran apa yang membuat mereka bertahan selama 56 tahun?
Secara,beberapa merek kosmetik dalam negeri  yang baru seumur jagung sudah discontinue

Berikut fakta dan klaim  seputar Viva Kosmetik

Viva kosmetik sudah mendapat sertifikat,  cara pembuatan kosmetik yang benar (CPKB ) dari Badan Pengawas Farmasi dan Makanan.
Tapi diriku menyarankan, gunakan produk yang sesuai dengan kondisi kulit. Mau mahal atau murce , kalau emang gak sesuai jenis kulit ya tetep aja gak nampol jeng.  Chek & rechek, untuk  menghindari breakout atau purging - reaksi alergi pada kulit

Lebih banyak soal Purging sudah kita obrolin di PurgingJangan Panik

πŸ’œ Kosmetik cocok untuk iklim tropis
Klaim yang sangat ambisius  ini, menuntut formulasi produk tahan terpaan  angin dan guyuran keringat. Untuk produk Viva dengan harga  20 rebuan keatas, pertahananya lumayan juga 4-5 jam.

πŸ’œ Warna
Viva tidak mengeluarkan trend warna setiap tahun. Kalau diperhatiin warna  lipstik,blushon, eyeshadow  Viva  adalah warna-warna “klasik” yang bersahaja yang tetap cucok digunakan dari masa kemasa.

HalalπŸ’—
Untuk  Indonesia yang mayoritas Islam, halal itu penting.Tanpa gembar-gembor jargon halal yang over, Viva  Kosmetik sudah dapat sertifikasi HALAL  dari MUI  Jawa Timur.

HargaπŸ’—
For your informations diriku menulis  artikel ini  bukan karena diendors atau mengharap gratisan.  Tapi bener-bener kagum pada management PT VITAPHARM.
 Di zaman masuk WC umum mesti bayar 2K  gini, masih sanggup jual produk kosmetik  seharga bawah 1K. Berikut beberapa kosmetik Viva, dengan harga yang luar biasa. Viva  bisa terjangkau sejuta wanita Indonesia, yang miskin papah tetapi tetap pengen terlihat cantik sesuai isi kantong masing-masing.


  • Bedak Dos
Bedak tabur,  dalam  katalog Viva jenis bedak ini disebut bedak dos. Bedak ini, produk iconic Viva. Sejak zaman Soekarno, sampai Jokowi selalu ada  pemakainya . Kabarnya, sekarang masih diproduksi  sampai 8 ton /hari.
Kemasan sachet- bungkus plastik  sebarat 15 g. Di warung kampung kisaran harga Rp. 500-1000/ bungkus.


  • Hand & Body lotions
 Hand & Body lotions, ada beberapa varian body lotion Viva. Tapi yang paling senior, namanya Asmara. Diriku waktu kecil, sering liat  kakak  rajin banget pake Asmara ini.  Wanginya lumayan, dari dulu sampai sekarang konsisten dengan wangi kembang setaman itu.
Teksturnya emang  agak cair sih , tapi   body lotion merek lain  yang sama cairnya dijual 4x lebih mahal.  Sekarang, hand body Asmara dijual dengan kisaran harga  Rp.2000-3000/botol 100ml.


  • Eye Shadow dan Blush On

Untuk eyes shadow ada 2 varian yang powder dan cream. Seperti namanya emang teksturnya krim. Blush on dan Eyeshadow mumer ini, lumayan pigmented.Bertahan 3-4 jam, dikelopak mata dan pipi. Warna-warnanya juga asik, bisa kepake  gituhhh.
Kemasanya sederhana,piringan plastik bulat kecil-keci. Sekilas, mirip-mirip produk sample gitu. Untuk yang ini cuma bisa dibeli di toko kosmetik kisaran harganya bikin kaget. Eyeshadow mulai harga 3500- 12.500 untuk  gold cream  eyeshadow sementara blushon dalam kemasan plastik  dijual 3500 / satu

Jangkauan Distribusi πŸ’—
Selain Indomie, cuma Viva yang bisa begini.Dari puncak pegunungan, sampai pesisir pantai diseluruh penjuru nusantara pasti bisa menemukan pasar atau warung kecil yang jual produk Viva. Belum tergoyahkan dengan kisaran harga yang lebih murah dari satu bungkus kacang goreng atau sebatang rokok.

Kalau ada pemilihan kosmetik  yang pro rakyat, Viva juaranya. Perempuan Indonesia perlu di beri pencerahan, ternyata masih ada kosmetik yang halal  aman di kulit aman di kantong. 

Diriku percaya , kalau  PT.Vitapharm mengklaim memegang 50 % market share kosmetik Indonesia.
Perempuan Indonesia masih banyak yang berpikir panjang untuk membeli satu  lipstik, seharga 2 karung beras premium.
Viva kosmetik  punya pendukung hard core. Pengguna setia, membuatnya bertahan dalam perubahan zaman dan perubahan konsep cantik perempuan Indonesia πŸ’šdonasaurus

16 komentar:

Harumi Paramaiswari mengatakan...

Yaampun bedak sachet itu, dulu di warung oom jual ituu waktu jaman eke sd. Sekarang sih masih pake viva, terutama pensil alis, acne gel, air mawar, eh banyak jugo yooo. Viva terjangkau dan kualitas yuhuuu.

donasaurus mengatakan...

Aih Rumi pake Viva juga ya ternyata. Untukremsja yang baru coba coba pake make up Viva relatif aman.thanks sdh mampir

FIRSTY UKHTI MOLYNDI mengatakan...

Itu keliru bicik 1000k sama dengan 1.000.000 soalnya k itu dikali 1000 mksdny. Jadi yg bener 10k maybe?

donasaurus mengatakan...

Aih apo iyo aduh kelebihan nol ye .thanks moly

Riza Firli mengatakan...

kosmetik legend ini viva..

donasaurus mengatakan...

Betul Bro Riza,tampa banyak iklan bertahan di 3 orde.

Sandra Hamidah mengatakan...

Legend and cheaper ya mba, cz kemasan simple klo packaging mevvah, itulah yang bikin mahal, beli sampah πŸ˜‚

MURNI OKTARINA mengatakan...

Bedak tabur viva itu dulu mama yang pake. 😊
Pensil alis viva yang masih eksis di kami sekarang. πŸ˜†

Tira Soekardi mengatakan...

banyak yang bilang viva itu paling cocok di daerah tropis dan jarang bermasalah ke kulit dan lagi murah

Siska mengatakan...

Siang kak. kulit ku kebetulan berminyak apakah bisa menggunakannya

donasaurus mengatakan...

Betul Sandra.Ibarat kata Viva ini obat generik ye sama aja khasiatnya.Thanks sudah mampir

donasaurus mengatakan...

Pensil alis memang jadi icon Viva .Thanks sdh mampir Murni

donasaurus mengatakan...

Betul itu salah satu klaim Viva.Karena memang di formulasi di Indonesia yg beriklim tropis.Thanks sudah mampir Tira

donasaurus mengatakan...

Siang Siska,sama dong aky juga kulitnya berminyak. Tau gak cuma Viva yg allout untuk kulit berminyak. Untuk cleansing milk aja Viva itu punya varian ketimun
Jeruk
Dan belimbing .Rasanya cuma Viva yang kepikiran untuk memanfaatkan belimbing.
Ceki ceki di website nya Viva untuk info lebih lengkap.Thanks sdh mampir

Faridilla Ainun mengatakan...

Pensil alis viva juara sih bu :D

donasaurus mengatakan...

Aih.Ainun pake viva juga ya asik da