Sabtu, 27 Oktober 2018

Resep Awet Muda Dapet Bonus Bahagia



Eit  jangan lari dulu , diriku mengerti kamu  tuh udah kenyang (pake banget ) baca review kosmetik dan treatment  antiaging yang menguasai  dunia per blog an tanah air.
Kalo kebaca tulisan resep awet muda, yang berseliweran di kepala tuh ya pasti segala serum , cream dan treatment  yang mahal bin rempong. 
Diriku juga begitu, gak punya budget khusus  untuk terlihat  awet muda. Akhirnya , mencari jalan lain untuk merasa muda lebih lama.

Instead of ke dukun atau pake susuk, mari kita fokus pada  sesuatuhhh yang membuat batre hidup kita full terus. Berikut ini komposisi   untuk  tetap merasa muda ala -ala diriku

1. Teman baru
Punya teman yang udah lama banget jadi tempat curhat, itu bagus. Punya temen kerja yang  enak diajak kerja sama itu keren. Tapi  dalam resep awet muda ini,  adalah teman baru.
Mengenal orang baru meningkatkan "fungsi  eksekutif" otak . Seperti mengisi  TTS itu keterampilan mental ,  berkaitan dengan ingatan jangka pendek. Berlatih mengabaikan  gangguan, dan kemampuan untuk tetap fokus.
Bosen duduk ,melototin kotak kosong  di kertas atau  gawai ? Kamu cari aja kenalan baru, efeknya pada otak sama juga dengan TTS dan Sudoku. Gimana ceritanya ngobrol dengan kawan baru bisa sama dengan TTS?
Gini cuy, kalau ketemu orang baru kitakan tanya tuh  dimana rumahnya  - siapa namanya - kerja dimana. Informasi yang kita dapat dari lawan bicara itu sama dengan jawapan  untuk mengisi kotak kosong mendatar dan menurun. Get it !

Sudut pandang lain

Obrolan bisa panjang, kalau kita bertemu dalam situasi  khusus misal diruang tunggu rumah sakit. Mendengarkan sudut pandang orang lain, dan mencoba menempatkan diri dalam posisi mereka mendorong  otak  kamu untuk berpikir dengan cara baru.
Kalau ketemu teman kerja,  ujung-ujungnya pasti ngobrolin soal kerjaan. Niatnya mau refreshing,  jangan-jangan malah bikin pikiran tambah kusut . Kecuali emang tujuanmu ber”sosialisasi”  dalam rangka kerja itu lain cerita.

Where to find

Dimana menemukan teman baru, pasti yang kepikiran pertama itu pertemanan di media sosial. Gak ada salahnya sih, apalagi zaman sekarang  gak keluar rumah aja teman kita di FB –IG bisa ribuan . Tapi yang disarankan adalan  temen, yang beneran bisa dilihat bukan sekadar chat lewat gawai. Interaksi, person to person secara langsung.

Komunitas  Hobi

Sekarang sih, banyak banget  komunitas hobi yang bisa kamu ikuti. Dari yang gratis sampai yang mesti  bayar jutaan buat jadi mamber , as long as you happy tidak ada salahnya . Beberapa komunitas hobi , akhirnya menjadi  bisnis itu soal lain. Yang penting  cari kawan baru dulu.

Komunitas Sosial

Komunitas sosial ini biasanya diikuti orang-orang , yang punya visi dan misi sosial yang sama. Diriku pengalaman  jadi relawan, dibeberapa komunitas literasi. Umur  anggota komunitas ini, rata-rata separoh umur diriku.

Gimana rasanya temenan sama anak muda ?

Berteman dengan anak muda, membuka file-file lama dalam ingatan yang sudah  redup. Semangat  dan optimisme masa muda itu menular, diriku serasa direfresh kembali.

Karena  berpengalaman menjadi”anak muda” , aku tinggal mengingat-ingat saja apa yang aku suka dan tidak suka waktu seumuran mereka.  Untuk  yang  kawan barunya anak-anak muda, ada sedikit  tips.

⇒ Kita yang udah agak tuaan, dikit ini sebaiknya jangan banyak omong,  kenapa ?
Ntar dikira sok pinter lagi seperti kita juga dulu,mereka biasanya gak suka orang yang sok tahu ( kadang sebenarnya kita memang tahu). Biar mereka yang  mengalami, masa tidak tahu dan menjadi tahu itu secara alami.

⇒ Jangan lebay, wkkk ini ukuran lebay ini agak sedikit abstrak. Gini deh, jangan sampai omongan atau tingkah kita  membuat mereka merasa malu atau marah aja deh.

2. Banyakin Ketawa

Sense of humor orang itu beda-beda.  Terus terang,  diriku gak pernah ketawa dan belum pernah nonton  acara yang maha terkenal Extravaganza itu lebih dari 5 menit. 
Bukanya sok gimana gituhhh, tapi emang titik ketawa gue gak disitu ya gak bisa dipaksa.

Jadi kalau lagi stress bin suntuk,  carilah sendiri sesuatu yang bisa bikin kamu benar-bener ketawa. Mau tau kenapa  kalo lagi stres  orang suka ngawur  ngomongnya?

⇒ Kalo stres , otak  manusia (mungkin juga hewan) mengeluarkan hormon yang disebut kortisol, yang membuatnya sulit untuk berpikir jernih.  Tingkat stres yang tinggi,dapat menyebabkan masalah dengan ingatan. Cara yang mudah,cepat dan  menyenangkan untuk melindungi otak dari kerusakan  akibat stress  adalah dengan tertawa. Tertawa mengurangi  pengaruh hormon  kortisol. 

⇒ Tertawa memicu pelepasan endorfin, tau dong ini bahan kimia alami yang  efeknya sama dengan morfin. Endorphin bikin kita hepi, santai dan dapat meringankan rasa sakit untuk sementara waktu.

3. Belajar sesuatu yang baru

Waktu diriku ikut beberapa workshop keterampilan baru, beberapa orang memandang kepo. Nih emak-emak,  apa otaknya masih kuat belajar?

Keterampilan atau apa sajalah yang baru menurut mu,  maka otak  akan membuat jalur baru di antara banyak selnya. 
Tentu saja, jangan disamakan dengan kondisi  saat masih banyak ruang kosong dalam otak kita. Pengetahuan baru, diusia lumayan matang akan perlu sedikit waktu untuk nyelip diantara ribuan pengetahuan lama kita.

Jika tampaknya sulit, jangan menyerah. Semakin sulit untuk menguasainya, semakin baik untuk otak.  Ibarat kate motor  gede yang muahal, tapi 10 tahun gak pernah dipanasin  kekira rusak gak ?

Kalo mudanya dulu lu juara kelas, terus  ngerasa  lama-lama kok tambah OON   itu pertanda  sudah waktunya become student again. 
Yahhh  gak harus  ambil s2-s3,  untuk kembali belajar.
Pernah niat pengen belajar gitar- rajut -sulam atau belajar  benerin motor sendiri  tapi dulu gak ada kesempatan DONT GIVE UP !  

Sekarang  tinggal klak-klik  di HP  banyak  banget  tutorial keterampilan yang bisa kamu jadikan tempat belajar.

4. Dengarkan lagu favorit

Sama dengan selera humor,selera musik juga gak bisa dipaksain.  Joko Widodo yang kalem  dan kayaknya  tipikal pengemar keroncong ternyata adalah fans berat Heavy Metal . Ada lagu-lagu yang  secara pribadi, bikin kita inget sesuatu atau seseorang. 

Setiap kita, pasti punya theme song yang mengiringi perjalanan hidup. Gak peduli tinggal di gubuk derita atau apartemen susun lima pasti ada aja lagu yang kamu suka.

Lagi sepet banget menghadapi hidup, aku tuh suka muter  lagu The  Eagle and Hawk   John Denver(https://www.youtube.com/watch?v=3n4BPPaaoKc). Musik yang grande  dan lirik yang kuat  menjadi mood booster. Gak percaya denger sendiri deh, terus komen gimana efeknya ke elu. 

Lagi gak klik sama orang, atau  dalam situasi yang gak enak,  biasanya otomatis  lagu The Gamblernya - Kenny Roger (https://www.youtube.com/watch?v=7hx4gdlfamo )  bakalan main sendiri dikepalaku. Kalo inget liriknya kau tuh , jadi sabar dan telti membaca situasi.

you ask me why  musik dan lagu kok penting banget ?

Seperti rumus  matematika, otak mengembangkan diri untuk  memahami irama dan lirik. Lalu memprosesnya, sehingga menimbulkan efek tertentu yang mempengaruhi memori, suasana hati dan pikiran kita.

Pernah dong  pertama kali denger lagu langsung suka atau langsung  gak suka. Itu karena  otak kita bekerja, menghubungkan musik dan lirik dengan  memori  yang  sudah tersimpan.

Sering-seringlah mendengar  lagu, yang punya kenangan baik dan bikin hepi.  Karena itu bagus untuk kondisi mental,  membangkitkan semangat dan  merasa muda terus.



5. Jalan-Jalan

Alam  memiliki efek yang menenangkan, dan dapat meredakan stres . Aih gak harus  travel ke luar kota yang pake mobil atau pesawat. Sebenarnya yang kita perlukan, cuma sejenak pengalihan perhatian dari rutinitas.

Aliran konstan data dan stimulus, yang menyerbu otak sepanjang hari, itu yang bikin, pikiran kita suntuk. Satu- dua jam di luar ruangan, memberi otak  waktu untuk istirahat.

Kalo gak sempat juga ?
Hedew kalo sampai segitu sibuknya sih, coba aja kamu buka jendela.  Merasakan hembusan angin spoi-sepoi,   sambil memandang  pohon dan bunga lumayan  mem-boot ulang kemampuan  untuk fokus. Abis itu, kamu  mungkin merasa lebih kreatif  dan menemukan jalan untuk keluar dari masalah.

6. Jaga Makan  dan Olahraga

Kayaknya standar banget ya, apa-apa diselelesaikan dengan memperhatikan  asupan makanan  olahraga dan istirahat yang cukup.
Sadar dong, kebanyakan penyakit  itu awalnya dari apa yang  kita makan atau apa yang kita gak doyan. Apalagi  lagi sekarang , dimana kita makan terus apa yang kita makan itu  udah  jadi  alat personal branding.

Lah kalau mau awet muda dan panjang umur,  emang harus niat jaga makan  dan minum.
Olahraga, dengan  cara dan  porsi yang benar  ternyata ada efeknya sama kemampuan berpikir.

Bergerak seperti olahraga, meningkatkan aliran darah dan oksigen  ke otak.  Efek kimia yang dari hormon, saat kita berolahraga  menjaga penalaran dan keterampilan berpikir cepat dan tepat. 

Itu kenapa, atlet olahraga yang aktif bergerak, terlatih punya reflek bagus dan  bisa mengambil keputusan cepat dibawah tekanan.

7. Istirahat yok


After all said and done, waktunya istirahat .Sebenernya istilah istirahat itu sih, untuk kita sebagai operator tubuh ini saja.  
Faktanya, selama kita istirahat justru tubuh kita sibuk sekali.  Dalam tidur, organ dalam kita memproduksi sel darah, melakukan regenerasi dan seterusnya. 
Makanya, kalau kamu kurang istirahat, kurang tidur bakalan sulit fokus, cepet lupa, mudah emosi dan  bisa juga pingsan tiba-tiba.



Kalo udah tahu bakalan sibuk,  cari kesempatan untuk rehat. Sekedar memejamkan mata, atau  rebahan di meja kerja selama jam istirahat  sudah lumayan, membuatmu siap tempur sampai jam kerja berakhir.


Gak ada salahnya, kalau kita pengen terlihat muda dan menarik lebih lama. Serum, cream dan treatment itu beberapa memang membantu  terlihat lebih muda.
Tapi gak kalah penting, soal gimana dirimu tetap punya semangat seperti anak muda.

Punya resep rahasia awet muda yang bahagia selain cream dan serum ?
Punya lagu andalan ?
Atau komunitas asik?
Bagi-bagi dong di komen !๐Ÿ’›๐Ÿ’›



12 komentar:

Alma Wahdie mengatakan...

So far selamo tinggal di sini alma ngalihke stressnyo dg nonton dan jalan-jalan. Walau sekedar ke toserba la bikin hepi. Hahahaha sederhana nian ye cik

donasaurus mengatakan...

Siiiip,menjelajahi tempat baru juga bikin luas wawasan.Thanks sudah mampir Alma

Tira Soekardi mengatakan...

makasih sharingnya

donasaurus mengatakan...

U welcame Tira

Sandra Hamidah mengatakan...

Bener banget mba, entahlah kumalas s2 klo ga dapet beasiswa or ga ada dana mah yg penting masih ada 1001 cara menuntut ilmu dan awet muda bahagia๐Ÿค—

donasaurus mengatakan...

Iya sandara kalo memang gak mampu jangan ngoyo untuk mengejar outter beauty.Kalau kita hepi dengan diri dan lingkungan kita terlihat lebih muda juga kok.thanks sudah mampir Sandra

Fanny F Nila mengatakan...

Skin care aku termasuk rutin banget.ptg sih itu kalo memang mau kulit terawat. Tapiii cara lain yg aku lakuin supaya bisa awet muda, banyakin traveling, lakuin hal hal ekstreme seperti bungee jumping, dan mikir positif :D. Udh resep paling asik dan gampang lah kalo buatku :) . Hati jadi senang, ngaruh ke wajah yg jd awet muda

Jalan Seru mengatakan...

Resep awet muda yang satu ini bisa di praktekkan mba. yaitu traveling dan menikmati hidup. Di jamin pikiran akan senang dan tubuh akan awet muda lagi

donasaurus mengatakan...

Siiiip pantesan Fanny keliatan syantik plus dua jempol nyalinya gede berani bungee.Thanks sudah mampir Fani

donasaurus mengatakan...

Ya iyalah cin, itu yang diobrolin di artikel.Thanks sudah mampir Jalan seru

Janice Dirga mengatakan...

melakukan perawatan tubuh seperti maskeran sambil mendengarkan lagu mellow atau panggil tukang pijit ke rumah sambil drakor juga seruuuu, rasanya setelah itu seperti hidup baru dan fresh :D

donasaurus mengatakan...

Aih asik bener tu, thanks sudah mampir Janice ๐ŸŒป