Minggu, 14 Oktober 2018

Wow toko gue ada di google maps



Kita ngobrolin soal sesuatuh yang sekiranya  penting untuk UKM.  Ada yang pernah dengar soal  google my business – google bisnisku?
Oh may gad banyak yang belum kenal apa itu google bisnisku !
 Baiklah kita pemanasan dulu, pernah dong kebaca stiker " ulas kami di google "
Atau  kaget, waktu  ceki-ceki  lokasi eh  kebaca  warung bakso ala kadarnya  milik temen muncul di google map?

Lalu diriku yang  ekonomi  lemah  ini berpikir, gile !
Berapa duit yak, supaya bisa promosiin  usaha ampe muncul di google. Adakah yang sama noraknya dengan diriku ?
Dengan kepo, aku bertanya pada seorang teman gimana sih caranya ?
U la la, dirinya langsung menyuruh  down load aplikasi google bisnisku.

Apa itu google bisnisku
 Adalah aplikasi  yang bisa instal gratis, dari perangkat komputer atau dari hp android melalui Google Play Store dan App Store.
Google bisnisku ini, semacam toko on line yang buka 24 jam. Dilengkapi dengan berbagai “alat” untuk memudahkan produsen dan konsumen berjual-beli.

Kenapa harus buat  google bisnisku ?
Alhamdulilah, puji Tuhan alau misal, usaha kamu  secara offline sudah bagus  ya no problemo. Menurut aku, gak harus didewa-dewakan juga pemasaran on line itu.Tetapi,  sebaiknya UKM mulai  waspada pada perubahan cara orang belanja zaman sekarang .
Survei membuktikan, 82%  calon pelanggan  mencari  informasi  keberadaan toko maupun jasa disekitarnya dengan  menggunakan google (jakpat-2015). Konsumen zaman now,  sebelum membeli  biasanya :
1.Mengumpulkan informasi dari  internet (search)
2.Menemukan  beberapa kandidat  yang  cocok (find)
3.Mencari info lebih lanjut (click)
4.Memutuskan pilihan  (engage)

Aplikasi ajaib google lainya  klik google primer

Kita yang punya usaha  “rumahan” atau kelas mikro biasanya mikir panjang pake banget untuk mulai membuat  situs web atau promosi  berbayar di media sosial. 
Alasanya , selain  lama bin rumit mengelolanya, tentu saja pertimbangan harga sering jadi  masalah utama.

 Google Bisnisku gratis dan mudah digunakan
Kalau faktor duit ini, masih  bikin kamu galau maka google bisnisku  GRATIS. Walau gratis, bukan berarti sembarangan. Untuk  yang  buta teknologi   seperti  diriku, google bisnisku ini juara banget dah. Membuat dan mengelola tampilanya, sama gampangnya dengan  posting status atau gambar di media sosial.
Apa manfaatnya bagi usaha kita

Seperti yang aku bilang tadi, seperti juga toko di dunia nyata toko on line di google bisnisku juga ada etalase. Kamu bisa pajang produk, ngobrol dengan konsumen,menerima pesanan, mengatur hari-hari promosi de el el.

Google bisnisku membantu orang mengenali usaha kita , diantara usaha sejenis. Konsumen Pasti menjadi  lebih percaya, pada usaha yang muncul  pencarian google dari pada yang hanya muncul di IG atau  grup komunitas FB.

 Manfaat lainya,usaha kamu akan muncul di google maps.
Dengan mendaftarkan perusahaan kamu  di google bisnisku, otomatis  nama dan lokasi usaha akan muncul di google maps.  Keren banget , nama dan lokasi bisnis kamu bisa muncul  kalau ada orang yang cari-cari lokasi di sekitaran kamu
  Jadi  lebih mudah juga, untuk berpromosi. Kalau ada yang tanya, kamu bisa bilang “ kita ada kok di google maps”

Mendapat Review tentang  usaha mu
Aku tuh punya teman, baru buka gerai  minuman kekinian di rumahnya. Dia kirim WA ke semua  sohibnya untuk kasih komen dilaman  google bisnisku  punya dia. Awalnya sih sekadar  nolongin temen , gak ngerti efeknya sama bisnis dia.  Dan ternyata  itu tadi, dia lagi mencoba memanfaatkan  kekuatan super  dari review untuk  promosi  usahanya.
Promosi dari mulut ke mulut atau Word of Mouth (WOM)  dizaman milenial ini sudah ganti bentuk menjadi  review.  

Nah  review  atau  ulasan itu, bentuknya ada dua macam  bro
💜 Berupa komentar singkat  pada  laman media sosial  atau  postingan  kamu.
💜 Ada juga tulisan  panjang lebar , lengkap dengan menyebut keunggulan dan kelemahan produk kamu.  Jenis review begini, biasanya dibuat para blogger.

Walaupun  strategi promosi  mulut ke mulut ini udah tuaaaaa banget , tapi masih tetep ampuh. Perannya amat penting, dalam keputusan jadi-tidak konsumen membeli atau mengunakan produk kamu. 

WARNING 💣
Jangan bikin masalah baru,  membalas komen  pelanggan dengan  emosional dan arogan. Penting banget, bagi pemilik usaha  mempelajari bagaimana membalas komen  terutama review  negatif dengan cara yang profesional dan  rendah hati. Ntar kita ngobrol khusus soal  pemasaran on line medsos  dan  menanggapi komen.

Cara menginstal google bisnisku

Pertama, Periksa dulu deh  apakah nama dan lokasi usaha kamu sudah tampil otomatis di google saat di cari.Merasa belum pernah buat google bisnisku, tetapi sudah  muncul dalam pencarian ?

 Baca juga aplikasi ajaib google yang bermanfaat untuk UKM itu klik di  Google Primer 

Gini penjelasanya usaha kamu bisa tampil digoogle  karena sudah pernah ada  yang review. Untuk kasus ini, kamu  harus  mengklaim bisnis kamu. 

Penting banget mengklaim bisnis itu karena :

👉Informasi Bisnis yang belum di klaim kemungkinan menampilkan informasi yang tidak akurat atau malah akan berdampak buruk pada usaha kamu.
👉Orang  lain,bisa saja mengklaim bisnis kamu.

Sudah ada kejadian soal ini, bisnis yang banyak review positif tapi belum diklaim pemiliknya lalu diklaim pihak lain lalu digonta-ganti sesuai kepentinganya.

👉Terjadi pengubahan informasi soal  usaha kamu di google tanpa kamu ketahui. Misal,terjadi pemindahan/ bergeser titik lokasi posisi toko kamu.

Sebelum mengklaim bisnis kamu, perlu tahu bahwa

👉 Klaim bisnis adalah untuk meminta kepemilikan bisnis yang berlokasi fisik maupun dengan sistem jasa
👉 Kamu bisa klaim bisnis milikmu yang sudah tampil secara otomatis di google.


Langkah-langkah  mengklaim di google bisnisku.


Kalau usaha kamu muncul secara otomatis, kamu segera klik bagian klaim  di lingkaran biru. Selain soal klik diklaim bisnis ini, langkah mengisi data google bisnisku untuk yang udah muncul atau belum muncul itu sama saja.


Pertama  Nama Usaha
Ini contohnya adalah Google Bisnisku Dinom Florist, punya sepupuku Tom dan Dina di Jakarta.

Gunakan nama usaha, yang sudah kamu pakai sebagai  papan nama( spanduk juga boleh).
Bila usaha sudah punya cabang, buatlah google bisnisku satu persatu untuk tiap cabang
secara terpisah. Karena verifikasi, akan dilakukan pada masing-masing cabang.Denganmenyebutkan spesifikasinya  misal nih
Bakso  Galaw  Mas Momon Dua
Kedai Imut Mbak Wati Tiga

Kedua Lokasi usaha
Karena ini di rumah tinggal, gak ada yang ribet beib. Untuk yang di dalam komplek pertokoan mungkin bisa menambahkan lantai  dan blok berapa lokasi kamu.


Ketiga Peta Lokasi
Untuk menghindari salah atau bergeser titik, dirimu harus priksa peta dan memperhatikan lingkungan sekitar. Mudah kok, karena peta itu bisa diatur ukuranya. Setelah yakin klik pada posisi yang ditandai balon.

Ke empat kategori bisnis

Ada daftar kategori,yang bisa kamu scroll ke atas-bawah lalu  klik yang sesuai dengan kategori usaha.

Tips donasaurus
💗Gunakan kategori  berdasarkan fungsi atau manfaat produk kamu. Misal kamu itu usahanya kerajinan tangan tas rajutan atau dompet, sebaiknya masukan dalam kategori Fashion  bukan craft.

Kelima  Kontak Informasi

Gunakan no telepon/hp yang benar-benar bisa selalu dihubungi. Kalau ganti nomor atau tidak aktif lagi segera perbarui. Kalau usaha kamu punya sudah punya blog bisnis, dapat juga dituliskan.

Ke enam pilihan cara Verifikasi
Verifikasi sangat penting, tanpa verifikasi usahamu belum akan muncul di pencarian google. 
Selain itu, fitur – perangkat dalam google bisnisku belum bisa digunakan kalau belum terverifikasi

Ada Tiga cara pengiriman kode verifikasi 

1.Telepon, team google akan langsung menghubungi no kontak yang kamu berikan.
2.Teks-SMS, sms verifikasi ini akan dikirim tak lama setelah kamu klik verifikasi
3.Kartu Pos, ini yang agak susah menentukan kapan sampainya.
Saran saya kalau dalam  5 minggu tidak ada kartu pos yang datang lebih baik ulangi saja proses membuat account bisnisku.

Setelah menerima kode verifikasi, langsung saja tuliskan pada kolom kode.Tak lama kemudian kamu dapat pemberitahuan, usahamu sudah bisa dilihat pada pencarian google.

Penting  Nama kontak diisi sesuai nama penerima kode verifikasi. Di beberapa kota, team google akan datang langsung ke lokasi untuk verifikasi dan menempelkan stiker “ulas kami di google”

Itu tadi manfaat dan langkah-langkah, mengisi google bisnisku. Semoga bisa dimanfaatkan pegiat UKM, terutama yang tinggal diplosok Indonesia. Kenapa, karena dengan muncul di google maps, usaha kamu akan GO INTERNASIONAL ( jadi inget Agnes Monica). 

Berikutnya aku tuh,bakal berbagi tips membuat website di google bisnisku. Jadi sering-sering mampir ke mari bro. Eh kamu udah bikin goole bisnisku atau ada yang masih bingung boleh deh di komen*****


4 komentar:

dudukpalingdepan mengatakan...

Saya pernah jualan online dan memang bagian promosi itu cukup menyita waktu dan bikin ruwet. Sekarang udah nggak jualan lagi tapi baru tahu ada google bisnis. Bermanfaat banget nih untuk para online seller dan pemilik UKM.

donasaurus mengatakan...

Iyo google bisnisku ini emang asik banget.Tidak ribet persis pasang pasang foto dan komen di medsos.Thanks sudah mampir, kapan main k Plembang

NininMenulis mengatakan...

Thank you infonya. Salam kenal mba

donasaurus mengatakan...

Thanks Ninin ,sudah mampir