November 27, 2018

Luna Maya X Suzanna Satu Film Beda Cerita


Kisah cinta Luna tak sesukses karirnya

Film horor yang paling  dinantikan tahun ini, tentu saja Suzanna: Bernafas Dalam Kubur. Jujur ye cuy, bukan  ceritanya yang udah bisa ketebak yang dinanti. Tapi penampilan Luna Maya, sebagai Suzanna itu yang bikin penasaran.

Beberapa tahun lalu, Jupe sempat juga digadang-gadang untuk menduduki singasana Ratu Horor  yang kosong sepeninggal mama Suzanna.

Gatot, gagal total alasannya  Jupe gak sangup menjalani lelaku yang dilakoni Mama Suzanna.
Tapi heran gak lu, Luna kok  bisa aja akting  jadi Suzanna  gak pake disuruh-suruh puasa atau ritual sono sini.

Sesudah Warkop DKI dan Benyamin, sekarang giliran mama Suzanna. Ini bukan akting pertama Luna di film  horor,tetapi tentu saja ini berbeda karena dirinya  memerankan,Suzanna yang sedang berakting.


Luna dan Suzana
sumber :hipwee.com

Apalagi ada Tatiana Melkomova dari FX Design Group  dan Peter Gorshenin  didatangkan dari Rusia khusus untuk  make over  Luna menjadi  Suzanna dalam bentuk fisik. Setidaknya perlu 3 jam, untuk memasang topeng prostetic dan make up hingga Luna berubah jadi Suzanna (tribunenews.com)

Suzanna Martha Frederika van Osch, kelahiran Bogor  13 Oktober 1942. Memulai debut perdana dalam  film Darah dan Doa  (1950).
Film-film yang dibintanginya  menjadi ”klasik” nya film horor Indonesia. Seperti,Sundel Bolong, Beranak dalam Kubur ,Ratu Ilmu Hitam, Nyi Blorong, Bangunya Nyi Roro Kidul, Malam Jumat Kliwon, Petualangan Cinta Nyi Blorong, Malam Satu Suro, Perjanjian Dimalam Keramat, Ajian Ratu Laut Kidul.


Almh. Jupe yang bercita-cita jadi titisan sumber : kapanlagicom


Kalau artis lain main film horor sensual,untuk cari popularitas. Suzanna mah beda, dirinya terkenal jauh sebelum  main film horor. Mungkin cuma dia,artis Indonesia yang  dinominasikan sebagai  artis terbaik diajang FFI. 
Tahun 1982, judul  filmnya   Ratu Ilmu.Tidak sekedar jual body, dia memang bisa berakting.Auranya kuat membius, dari awal hingga akhir film.

Orang bisa lupa siapa yang main film Scream,Jelangkung,atau Ring tapi tak akan lupa Suzanna yang jadi Sundel Bolong.

Tatapan mata melotot,dingin menghujam. Suaranya yang lembut,sayup sayup  bikin merinding. Menjadi paket komplet, merek dagang Suzanna yang sulit ditiru. Itu juga kali ye alasan, produser habis-habisan menyulap Luna jadi Suzan. 

Cuma muka itu, suara itu dan gaya itu yang menghasilkan efek sedemikian horor.


Wajah Suzanna diawal karir.sumber: tribunnewscom


Di luar film jalan hidupan Luna dan Suzanna, sama-sama penuh drama. Cerita cinta Luna maya, selalu asik jadi bahan gosip diinfotaiment. Cewek kelahiran Bali ini, tergolong aktif  banget di media sosia.
Kebiasaan mengungkapkan perasaan, penuh emosi di media sosial. Terakhir caption di insta story ‘Makan Teman Lagi Hitz’  yang dibilang nyindir Syahrini dan mantannya Reino Barack ramai dikomen netizen.
Menurut eike, udah  gak ada rahasia lagi dalam hidup Luna Maya.

Beda banget, sama kehidupan Suzanna yang penuh misteri.Sedikit sekali kutipan, mengenai  kehidupan dan orang –orang yang dekat dengannya.

Seperti peranya di film yang kebanyakan introvert, aslinya Suzanna juga tak suka mengumbar masalahnya pada orang lain.


Suzanna Ibu Dua Anak.sumber: tribunnews.com

Tapi kebetulan sekali, ada satu nama yang mirip Arie – Ariel  yang punya pengaruh besar pada hidup Luna dan Suzanna.

Tahun 1974, pernikahan Suzanna dengan Dicky Suprapto( aktor dan produser film)  berakhir.  Dicky meninggalkan Suzanna dan dua anak mereka untuk menikah dengan Rachmawati Soekarno.

Hasil pernikahan Dicky dan Rahma, adalah Didi Mahardika. Yup bener Didi yang itu, yang langganan di infotaiment juga.

Suzanna tinggal bersama dua buah hatinya, Arie dan  Kiki Maria. Kutipan dari seorang wartawan senior,  Suzanna mengaku pernah  merasa sudah tak sanggup hidup lagi.
Ia memutuskan, menyudahi  hidup bersama kedua anaknya.

Bensin sudah membasahi kasur dan seluruh kamar tidur,tinggal menyalakan korek api.
Rencana bunuh diri gagal  karena Arie, putra pertamanya memohon diberi waktu untuk membahagiakan Mama Suzanna sebelum mereka mati. Rasa cinta Mama Suzanna sama anak, mengalahkan hasratnya untuk mengahiri hidup.

Tragedi belum berakhir, suatu malam di tahun 1977  Arie dikabarkan terkapar kehabisan darah, ABG ganteng itu, kena tusukan pisau anak seorang pejabat tinggi  orde baru.

Arie Adrianus Suprapto, meninggal  pada umur 17 tahun. Mama Suzanna yang di film ganas,bengis tanpa ampun hari itu menangis terpuruk dalam luka yang tak akan pernah kering.

Sepeninggal Arie, Suzanna dengan hati yang remuk redam semakin menarik diri dari keramaian. Tetap aktif di film,tetapi datang cuma saat ia take. Sudah  ready dengan busana dan makeup, terus langsung pulang  begitu selesai.
Jarang sekali berinteraksi, dengan pemain dan crew.


Bersama Cliff yang menemani hingga akhir hayat. sumber : detikX

Kebiasaan  menyendiri perempuan yang sedang stress ini, mulai dikaitkan dengan cerita-cerita klenik. 

Perempuan yang merasa disalahkan dan dikalahkan dalam dunia nyata, katanya beralih mencari dukungan pada dunia lain.

Sembilan tahun menjada, tak ada gosip tentang lelaki yang kemudian dekat  denganya. Apalagi bisik-bisik, Tante Suzanna  jadi demen brondong.

Jadi kejutan luar biasa, pada bulan Mei 1983  Suzanna  (40 ) memutuskan menikah dengan  Clift Sangra (17). ABG, lawan mainya dalam film Sangkuriang.

Pertanyaan bertubi-tubi kenapa  harus Clift?
Emang  gak ada lelaki yang agak tua an dikit,yang naksir sama Tante Suzanna? .

Halah bro pasti banyak yang naksir, bintang film cantik sekelas Suzanna.
Jadi ini semacam Oedipus Complex ?
Hmmmm eike juga mikir begitu, sampai  melihat foto-foto lama Clift  waktu main sebagai Sangkuriang.

Ada kemiripan, antara almarhum Arie  dengan Clift.

Mungkinkan,bukan cinta sepasang kekasih  ala  Rafii Ahmad-Yuni Shara yang mereka jalani. Sekilas Clift mirip Arie,umur mereka juga sebaya waktu Arie meninggal.

Bisa jadi Clift  mengisi ruang  kosong di hati seorang Ibu, yang ditinggal mati  anak  dengan cara tragis. 
Tempat untuk mencurahkan kasih sayang, pelipur lara yang tak bisa diungkapkan saat Arie meninggal.

Apapun itu Clift membangkitkan semangat hidup,seorang perempuan yang ditinggal suaminya kawin lagi dan ditinggal mati anak bujangnya. 

Pernikahan mereka terus awet, sampai maut menjemput Mama Suzanna 15 Oktober 2008.
Tak ada kamera TV, apa lagi siaran langsung. Beritanyapun,baru tersebar setelah dia dimakamkan.
Bersemayam,satu liang bersama orang paling berarti dalam hidupnya  Ibunda dan  anaknya Arie.


Sementara Luna............

Sementara itu kita masih menyaksikan, drama hidup Luna Maya.Lelaki-lelaki, yang singgah dalam hidupnya.Caption di media sosial, yang  kontroversial. Dan pernak-pernik kecil dalam hidupnya yang dibesar-besarkan infotainment.

Sungguh cin , dari lubuk hati yang terdalam eike berdoa semoga ada lelaki yang bener-bener mencintai Luna tanpa sarat.

Pada akhirnya Luna yang cantik, terkenal,banyak duit itu juga cuma manusia biasa.
Perlu orang-orang tulus,yang menemaninya menghadapi intrik dunia selebritis yang ganas**** donasaurus


Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect