Minggu, 02 Desember 2018

Tips Merawat Jas Hujan Bersih dan Tahan Lama

Biasanya begitu selesai  dipakai, langsung saja jas hujan  dipuntel-puntel   dalam bagasi motor. Harganya gak begitu mahal, dan cuma di pake kalau hujan di jalanan pula.Siapa juga yang  peduli, pada  baju plastik ituh.  

Aih diriku sudah kapok,dan janji untuk memperlakukan jas hujan dengan layak. 

Ceritanya suatu hari  kehujanan saat otw, menuju lokasi seminar.Cap cus  langsung menepi,mengeluarkan jas hujan dari bagasi motor. Gak pake lirik-lirik lagi, langsung aja dipakai.
Tiba di lokasi, u la la kemeja  ternoda  minyak, mungkin dari  onderdil  bekas  yang  nempel di lengan jas hujan.

Tau dong, jas hujan itu bahan dasarnya plastik. Tapi kita tuh suka  lupa,bisa jadi dalam bagasi kita ada benda-benda tajam. Mungkin juga kotoran oli dan minyak dari  peralatan yang lupa dibersihkan.


Alasan buru-buru dan lupa bawa kantong plastik. Akhirnya dibiarkan saja ia mendekam, dalam keadaan basah  di bagasi motor.

Hal-hal sepele  ini yang bikin jas hujan, rerata berumur pendek. Ibarat lagu,cuma satu musim hujan saja. Membersihkan  Jas Hujan, tidak terlalu sulit dapat selesai kurang dari 15 menit.

 Sumber; Amino app
Menggunakan Mesin Cuci

Meskinpun tidak disarankan, karena ada kemungkinan robek . Tetapi eberapa merek jas hujan dengan harga lumayan, dikalim dapat  dicuci dengan mesin cuci.

1.Sebelum memasukan jas hujan ke mesin cuci, periksa  lagi  instruksi  cara    perawatan   jaket hujan  yang disarankan pabriknya.

2.Lepaskan dulu penutup kepala (kalau bisa dilepas), periksa dulu kantungnya siapa tahu ada benda  logam /tajam . Tutupkan  retseleting ,kancingkan semua kancing pada posisinya masing-masing.

3.Tidak disarankan memakai pemutih,dan cuci terpisah dari pakaian lain.

4.Gunakan pengaturan delicate untuk mencuci .

5.Keringkan, dan jemur dengan hanger

Sumber : SAYS - Malaysia

Mencuci  Manual 

Kalaupun  jas hujan mu ( seperti miliku) barang kodian  yang seharga   Rp  50-60.000 saja,  gak sulit juga  mencucinya.
Siapkan
1.Deterjen
2.Lap basah
3.Spon cuci piring ( dari busa atau jaring)
4.Dua gantungan baju
5.Ember untuk membilas

Caranya

πŸ’¦ Noda lumpur - Biasanya bagian paling kotor, adalah  ujung celana  karena kecipratan lumpur.  Coba dulu dibersihkan dengan lap basah saja.  Kalau noda masih bandel, terpaksa deh pakai spon dan deterjen.  

πŸ’¦ Noda Minyak – Ada beberapa cairan kimia khusus untuk membersihkan noda membandel. Kalaupun gak mau ribet, dengan cara biasa juga bisa.
Gosokan spon secara perlahan, pada bagian yang bernoda. Misal noda gak hilang juga, setidaknya pastikan  gak bisa lagi nempel ditempat lain.

πŸ’¦ Setelah proses bersih-bersih selesai, bilas   dengan air bersih. Kalau gak kotor-kotor amat ,sekali bilas aja udah cukup.Keringkan dengan mengantungnya di hanger /gantungan baju.

Tips Menyimpan  Jas Hujan

πŸ’œ Jangan disetrika ( gosok) ,  bisa meleleh dan robek.

πŸ’œ Lipat jas hujan yang benar-benar sudah kering, dengan rapi dan sekecil mungkin.

πŸ’œ Masukan ,dalam kantong keresek besar.
Semisal setelah digunakan, tidak bisa langsung mengantung jas hujan. Kantong kresek ini relatif aman,tidak akan  menetes dan membasahi ruang atau benda lain.

πŸ’œJangan menyimpan jas hujan,dalam keadaan basah di dalam kantong atau bagasi. 
Bisa menumbuhkan jamur hitam-hitam kecil, (tahi lalat) dan meyebabkan bau apek.




Jas hujan  setelan celana dan baju, paling disarankan untuk pengendara motor. Karena tidak membatasi gerak dan aman untuk pengendara lain.

Sesekali di musim panas, keluarkan jas dan angin-anginkan. Siapa tahu ada hewan kecil yang nyasar dan bersarang di dalamnya .Ok, semoga tahun ini jas hujan mu selamat sampai di musim hujan,selanjutnya****


6 komentar:

Firsty Ukhti Molyndi mengatakan...

Thanks bibik don don atas sharingnya. Molly nakk belajar nyuci baju klu mak itu :)

donasaurus mengatakan...

Ini tips mencuci jas hujan.Karena dari plastik tentu beda dengan baju dari kain.Thanks sdh mampir Moli

Free exp mengatakan...

Nice

donasaurus mengatakan...

Terimakasih sudah mampir

Mugniar mengatakan...

Tips no 4 untuk pencucian dengan mesin cuci masih belum ngerti saya. Apa ya itu delicatte ....

donasaurus mengatakan...

Di mesin cuci biasanya ada pengaturan kecepatan putaran.Delicate ini yang pelan -pelan saja.