Minggu, 06 Januari 2019

Kuku cantik warna-warni



Sebagai perempuan (dan banyak juga laki-laki) yang pertama kali dilakukan, waktu masuk kamar mandi adalah berkaca.
Perempuan memerlukan suatu benda, yang bisa merefleksikan penampilanya. Baik itu kaca beneran,kaca mobil atau sekadar  kaca – kaca  jendela. Merapikan jilbab, baju, sepatu, tas, sekadar usap-usap rambut  atau cuma priksa kekalau ada lipstik nempel di gigi.Gak peduli setomboy apa dirimu,pasti mencari kaca juga.

Silakan silang, pada jawaban yang anda anggap paling cucok dengan pengalaman anda. Untuk apakah perempuan bergaya?
A.Supaya terlihat rapih dan bersih
B.Biar temen-temen pada ngiri
C.Biar gak malu-maluin suami
D.Untuk menarik perhatian lelaki

Yakin deh, semua perempuan pasti pernah bergaya dengan alasan A,B dan C. Sementara alasan D, nampaknya hanya perempuan istimewa yang sempet kepikiran begitu.Rerata perempuan ingin tampil cantik dan menarik, untuk kepuasan diri sendiri. Kalaupun mereka minta pendapat lelaki, itu sekadar basa-basi saja. Jia ha ha ha – ketawa jahat.

Ngobrolin soal gaya dan penampilan,makeover kuku dan perawatan  tangan jarang dijadikan bahan review.Gak heran juga karena, kuku adalah hal terakhir yang teridentifikasi dari penampilan seseorang.Tapi ada loh lelaki  seperti Andrea Hirata, yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada tangan dan kuku  A Ling ( Laskar Pelangi).
DHgate.com

Perempuan yang pekerjaan sehari-hari berhubungan langsung dengan publik,akan merasa lebih PD dengan kuku dan tangan terawat.Tangan yang dipakai untuk salaman,tanda tangan, so pasti makan dan minum.Kebersihan kuku, jadi tolak ukur personal higienis.

Perempuan melakukan perawatan kuku,sebagai penyempurna dari menampilan mereka. Tas mahal,muka mengkilat bak porselen bakalah jatuh berantakan kalau you punya kuku tidak berzih.
 history.com

Sejarah Perawatan Tangan dan Kuku
Pedicure dari kata latin “pes” yang artinya kaki dan “cura” berarti merawat. Bangsawan mesir kuno,sudah melakukan perawatan tangan dan kuku. Terlihat pada lukisan di dinding, gambaran mereka yang sedang melakukan perawatan kuku tangan dan kaki.

Awalnya treatmen ini dilakukan untuk relaxsasi  kaki dan tangan yang lelah. Henna dan beberapa herbal yang digunakan, dalam treatmen dan pewarnaan memberikan dampak baik bagi kesehatan. Antara lain,mengguatkan kuku dan  mengobati jamur dan membasmi parasit lainya.
Cleopatra – Ratu Mesir, mengunakan pewarna kuku dari daun henna. Warna merah oranye, adalah favoritnya. Sementara putri-putri China sudah membuat resep bahan pewarna kuku dari beeswax,putih telur,gelatin dan pewarna tumbuhan pada abad ke 3 SM. Masa itu warna dan teknik pewarnaan tertentu, menjadi lambang status sosial perempuan yang menggunakanya. Sejarah dan trend henna dapat dibaca di sini

Tidak banyak treatment yang terus bertahan selama berabad-abad.Perawatan dan pewarnaan kuku, adalah salah satunya. Dari timur ke barat,para sosialita zaman modern menjadikannya  sebagai gaya hidup.
France Manicure
Sebagai pusat trend setter,kota Paris juga jadi icon untuk France manicurenya. For your information,yang pertama mengunakan teknik  France manicure yang terkenal itu adalah Jeff Pink – makeup artis Amerika.

Jeff  makeup artis untuk runway dan film, mengalami keribetan yang bikin stress. Kebayang dong repotnya, satu  orang harus gonta-ganti warna kutek beberapa kali dalam satu hari.Tuntutan tampil mix and match,dengan baju atau adegan.
Akhirnya pada 1976,Jeff Pink mengenalkan French manicure.Ujung kuku berwarna putih dan glossy pink yang alami. Elegan dan asik untuk segala suasana kemudian  jadi all season trends.

Kutek dari Cutex
Penasaran gak sih kenapa kita disini, menyebut pewarna kuku itu kutek? 
Sama seperti softex, yang akhirnya jadi nama generik untuk pembalut wanita. Cutek adalah, merek dagang pewarna kuku.



Persian megazin  Zan-e Rooz  
Terbit 6 Januari 1968 (wikipedia)

1911- Northam Warren, pertama kali memperkenalkan pewarna dan pembersih kuku (aseton) merek Cutex di USA. Sesudah beberapa kali ganti pemilik, sekarang brand Cutex dimiliki perusahaan kosmetik Revlon. Jauh sebelum produk makeup lain dari 1920 -1930, pewarna kuku  adalah produk pertama Revlon yang dijual secara masal.

Bahan dasar pewarna kuku
Setiap brand pewarna kuku, mempunyai formula rahasia sendiri dalam proses produksinya.Tetapi secara umum setiap produk  berbahan dasar, film forming agents, resin dan plasticizer, solvent, dan tentu saja pewarna yang aman untuk manusia – madehow.com.

Sebelum di produksi masal, formula pewarna kuku tadi harus lulus test.
πŸ’… Waktu yang diperlukan untuk mengering
πŸ’… Kekentalan
πŸ’… Tingkat kekerasan
πŸ’… Tahan air
πŸ’… Tahan gores
πŸ’… Kilauan


Sekarang,kutek di jual dalam bentuk cairan kental dalam botol kecil dengan kuas kecil sebagai aplikator.Seperti produk kosmetik dan perawatan kulit,  kutek juga mempunyai varian dengan hasil akhir yang berbeda-beda.
Seperti,Shimmer,Micro-Shimmer,Micro-Glitter,Glitter,Frost,Lustre, Crème,Matte, Duo-Chrome,Translucent.

Aplikasi
πŸ’… Cuci dan keringkan tangan dan kaki yang akan diwarnai
πŸ’… Pemotongan dan perapian bagian kuku dilakukan sebelum mewarnai
πŸ’… Lakukan di tempat yang cukup cahaya
πŸ’… Bila mengoles sendiri,letakan tangan permukaan yang cukup luas datar dan kokoh.
πŸ’… Jangan menyentuh apapun,sampai cat kuku benar-benar mengering.



pixabay
Peel Off Nail Polish
Beberapa brand kosmetik,mengeluarkan peel off nail polish- kutek yang bisa dikelupas. Mengikuti trend cosmetic halal dan moslem friendly, brand Sophie Paris juga mengeluarkan koleksi warna-warni cantik  peel off nail polish.

Diriku termasuk yang menyambut suka cita, kehadiran peel off nail polish ini.
Selama ini,cuma pake kutek kalau lagi halangan aja. Kalupun emang dirasa perlu banget pake kutek, maka diriku bawa-bawa aseton dan kapas di dalam tas. Sebelum ambil air wudhu, jari-jari cantik  harus bersih dahulu.


Peel off nail polish, pewarna kuku berbahan dasar air. Menghilangkan beberapa kandungan dalam formula reguler, yang membuat pewarna kuku melekat kuat dan anti air.
Dengan tambahan  xantam gum, sejenis karet.
Kutek peel off  itu teksturenya, mirip-mirip balon karet.Itu loh balon tiup yang dijual dalam tube almunium,dan dihembus pake pipet kuning.

Plus
πŸ’… Kutek peel off itu,mudah banget dikelupas.Begitu kena air,gosok sedikit  lepas deh.
πŸ’… Lebih sehat,karena permukaan kuku tidak  terkikis aseton
πŸ’… Tidak mengandung  unsur kimia berbahaya. Seperti  toluene, formaldehyde dan phthalates yang biasanya digunakan dalam formula kutek  reguler.

sandiepointe.com

Minus
πŸ’… Kurang mengkilat
πŸ’… Mudah terkikis

Emang iya sih, kalau kuku bergesekan dengan permukaan yang kasar atau keras. Manicurist Jin Soon Choi,owner of the Jin Soon Natural Hand & Foot Spas  -New York City memberi tips.
Segera oleskan tipis top coat (kutek) bening pada area ujung kuku setelah peel off nail polishmu mengering. (allure.com).

Diriku terus berharap,perkembangan teknologi dan penemuan baru bidang kimia industri tak lama lagi bakal melahirkan kutek peel off yang lebih glossy, tahan gesekan yang tentu saja tetap halal dan mudah dibersihkan.

Expired dan Penyimpanan

Kutek bermerek,biasanya mencantumkan tanggal expired pada kemasan. Tapi disarankan tidak lagi dipakai,dalam masa dua tahun setelah pertama dibuka.Tutup rapat kemasan, setelah digunakan.

Koleksi Warna Peel Off Sophie Paris

Perlu diingat,pewarna kuku memiliki karakter yang sama dengan jenis cat pada umumnya. Akan mengering bila disimpan, di kulkas atau tempat yang terkena sinar matahari langsung. Jangan digunakan bila tercium, aroma menyengat dari botol.Kemungkinan sudah terjadi, reaksi kimia yang dapat membahayakan kesehatan.

Dirimu punya pengalaman asik bermain dengan kutek warna-warni? Bagi dong di komen***donasaurus

3 komentar:

Heni Ajaa mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Heni Ajaa mengatakan...

Suka bingung kl mau pk kuteks yg halal ya bund? πŸ’…πŸ’…

donasaurus mengatakan...

Kalau ragu baiknya pakr henna aja.Thanks sudah mampir Heni