November 09, 2018

Bagaimana Aroma Mempengaruhi Manusia


buah durian

Love It Or Hate It



Penerbangan Sriwijaya  air rute Bengkulu  menuju Jakarta  (05/11/2018) delay, karena protes penumpang yang gak tahan bau durian.
Haters ramai berkicau soal bau durian, bisa bikin penumpang mabuk  selama perjalanan. 

Dimusim durian,  hotel dan beberapa restoran  akan pasang  tanda, dilarang membawa masuk durian di loby mereka.  Yang sering keluyuran ke  Singpo, tau lah ya kalau  durian itu termasuk buah terlarang dibanyak area publik termasuk  di dalam  LRT / MRT. 

Dahsyatnya bau Durian, mungki tidak bisa ditolerir  bule-bule, yang ramai berseliweran disana. IMO, Durian ini termasuk sesuatuh yang kalau kamu suka akan jadi  forever love  tapi kalau sejak pertama sudah sensi sama aromanya, kemungkinan dirimu bakal benci  seumur-umur.
minyak esensial
Minyak Esensial

  Aroma  mempengaruhi  pikiran   

Ahli kimia dari  German Research Center for Food Chemistry  yang dipimpin Jia-Ziao Li melakukan penelitian  kandungan kimia dari Durian varietas Muntong  dengan spektrometer  massa dan kromatografi gas. Aih bro , aroma durian yang amat spektakuler, ternyata  hasil kolaborasi dari 50 senyawa kimia yang berbeda.  
Penelitian itu juga menyebutkan,  delapan senyawa yang baru diketahui ada dalam durian. Bahkan ada empat senyawa, yang sama sekali belum dikenal dalam dunia  sains sebelumya. Yang serius pengen tahu senyawa apa saja,  bisa chek di reserchgate

Terus kenapa sih manusia itu sensitif banget soal aroma yang tercium?
Gini penjelasanya, aroma itu dihasilkan molekul kimia, pada sesuatu yang sengaja atau tidak tertangkap radar indra  penciuman manusia atau hewan. 
Dihidung bersemayam  jaringan epitel olfactory epithelium, yang merupakan reseptor bau.

minyak esensial


Terdapat lebih dari 10 juta reseptor bau, dalam jaringan epitel tersebut. Tugas mereka mirip alat deteksi bau super canggih. Reseptor dapat membedakan 10.000 aroma yang berlainan.  Terus, reseptor ini yang mengirimkan pesan ke otak, tentang bau-bauan yang terdeteksi. Tubuh langsung  memberi reaksi, yang bersifat  fisik dan pisikis.

Beberapa  jenis produk yang mengandung  bahan kimia, obat nyamuk, cat, dan lem masuk kategori beracun. Kalau  dihisap, dalam jarak dan waktu tertentu  bisa menimbulkan halusinasi,mengubah suasana hati dan tentu saja bikin kecanduan. Jadi efek fly- mabok lem  FoX atau Aibon sebenernya reaksi tubuh, yang keracunan  LSD  (Lysergic Acid Diethilamide).

  Setuju gak kalau, di kemasan lem itu juga ditulis “pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan bodoh dan mati mendadak”  ala ala  peringatan di bungkus rokok gitu .    

   Aroma mempengaruhi pengambilan keputusan   


Respon otak mengenai bau, yang tercium sangat personal. Aroma  mempengaruhi manusia, secara fisik maupun psikis. Perangkat cangih dalam otak, mengelola dan  menghubungkan bau itu  dengan keinginan atau pengalaman yang berbeda. 

Gak Cuma bikin mual  dan menenangkan, menurut  Roger Dobson di Saga Health & Wellbeing  respon manusia pada aroma, bahkan dapat dimanipulasi  untuk melancarkan bisnis.

  Aroma  uang   
Pernah gak, masuk toko yang suasana dan baunya  enak banget ? 
Kita jadi betah berlama-lama disana atau  toko yang sumpek, lembab dan berantakan  membuat dirimu ingin segera melarikan diri.

uang receh


Para peneliti di Universitas Chicago,dalam suatu penelitian menemukan hubungan antara  aroma dan keinginan untuk membeli. Sebanyak 84% pembeli melihat sepatu baru, terlihat lebih menarik ketika ditampilkan di sebuah ruangan dengan aroma yang menyenangkan. Kesan yang berbeda didapat bila sepatu yang sama,  dipajang diruang  tidak berbau. 

Pengelola kasino di Las Vegas, memanfaatkan  aroma untuk  memanipulasi pikiran. Penyemprotan   aroma  memberi efek pengunjung, merasa bersemangat,bahagia dan beruntung. Terjadi kenaikan hampir 50%  uang, yang dipertaruhkan pengunjung.  


  Aroma mimpi  
Pusat gangguan tidur Universitas Heidelberg,melakukan percobaan pada  pria dan wanita. Responden, mencium aroma bunga  bunga,  bau busuk  yang mirip belerang (hidrogen sulfida) dan sisanya tidak ada paparan bau sama sekali.

Hasilnya menunjukkan responden yang mencium aroma bunga, bermimpi lebih indah daripada yang tidak mencium bau apa-apa. Sebaliknya, aroma belerang, membuat responden mimpi buruk. So, kalau sering mimpi buruk aku saranin mencoba aromaterapi dengan bau-bauan yang menyenangkan sebelum tidur.

  Aromaterapy   


woman


Aroma Lavender – vanilla -  kopi dan mawar, dianjurkan para peneliti dari Maryland University karena :
  • Lavender - Terbukti secara ilmiah, aromateapi dengan lavender  dapat menghambat  aktivitas saraf, membuat tidur lebih nyenyak, dan membuat suasana hati lebih happy.
  • Kopi – caffein dalam kopi dalam takaran tertentu baik untuk menenangkan jiwa yang gelisah ( halah  halah halah).
  • Vanilla – vanilla awalnya digunakan untuk membuat aroma kue dan biskuit lebih sedap. Ternyata hasil penelitian di Universitas Tubingen- Jerman membuktikan aroma vanila yang lembut  memberikan efek menenangkan. 
  • Mawar – Air mawar, direkomendasikan bagus untuk kulit Aromanya membuat nafas jadi teratur dan menormalkan tekanan darah.
  Aroma untuk  fokus  
Biasalah abis makan siang, bawaan ngantuk dan kerja mulai males-malesan. Ada pabrik teh di Jepang, menyemprotkan aroma Lavender  pada jam istirahat karyawan. Gunanya, untuk mempertahankan semangat kerja karyawan pada paruh kedua jam kerja. 

Gitu juga aroma Papermint yang sporty, merangsang adrenalin  bikin fokus para atlet untuk berlari lebih cepat.
Emak-emak yang mengeluh anaknya kurang kosentrasi, coba deh aromaterapi dengan bau stroberi yang fresh.Membantu anak, untuk santai dan tenang dalam belajar.

  Memori   
Kita sudah obrolin diatas, aroma itu mempengaruhi ingatan. Prosesor  yang bertugas mengurusin bau pada otak, ternyata memiliki hubungan langsung dengan divisi pengendalian emosi dan memori.

Itu yang bikin, aroma bisa mematik ingatan. Universitas Toronto(Canada) menerbitkan hasil penelitian ilmiah, yang menyatakan dengan aroamaterapi ingatan pasien amnesia  cendrung menjadi lebih jernih,intens,dan emosional.

hand in hand
                                         ilust.pixabay

  Aroma cinta  
Para peneliti di Universitas Chicago meneliti, bahwa perempuan itu mampu mencium perbedaan genetik. Itu baik, karena menjadikan wanita cendrung jatuh cinta pada  lelak,i dengan materi genetik yang berbeda dan mempengaruhi sistem imun tubuh. Perkawinan dari dua materi yang berbeda, menghasilkan keturunan yang memiliki imunitas lebih kuat.

Tuh, sekarang tau kan gimana aroma atau bau itu bisa bikin kita happy atau serasa mau mati aja begitu menciumnya. 
Boleh juga tuh, kita memanipulasi mood kita dengan aroma. Simpen aja pengharum pakaian  dengan berbagai aroma. So kalau lagi badmood, tinggal buka-buka laci dan lemari aja  sayyyyy****


Kamu punya parfum yang aromanya membuatmu merasa jadi cowok paling guanteng sedunia?

Emak-emak yang suka semprot-semprot kamar sebelum tidur?

Atau punya pengalam buruk setelah mencium sesuatu?

Berbagi dikomen dong !


Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect