Desember 03, 2018

Tips Merawat Jas Hujan Bersih dan Tahan Lama

merawat jas hujan








Berkendaraan saat hujan
Berkendaraan saat musim hujan

Biasanya begitu selesai  dipakai langsung aja jas hujan, dipuntel-puntel  dalam bagasi motor. Harganya gak begitu mahal,dan cuma di pake kalau hujan di jalanan pula.Siapa juga yang  peduli, pada  baju plastik ituh.  
 ----------------------------------------------------------------

Ceritanya suatu hari  kehujanan saat otw, menuju lokasi seminar.Cap cus  langsung menepi,mengeluarkan jas hujan dari bagasi motor. Gak pake lirik-lirik lagi, langsung aja dipakai.
Tiba di lokasi, u la la kemeja  ternoda  minyak, mungkin dari  onderdil  bekas  yang  nempel di lengan jas hujan.

Tau dong, jas hujan itu bahan dasarnya plastik. Tapi kita tuh suka  lupa,bisa jadi dalam bagasi kita ada benda-benda tajam. Mungkin juga kotoran oli dan minyak dari  peralatan yang lupa dibersihkan.

Alasan buru-buru dan lupa bawa kantong plastik. Akhirnya dibiarkan saja ia mendekam, dalam keadaan basah  di bagasi motor.

Hal-hal sepele  ini yang bikin jas hujan, rerata berumur pendek. Ibarat lagu,cuma satu musim hujan saja. Membersihkan  Jas Hujan, tidak terlalu sulit dapat selesai kurang dari 15 menit.

  •  Menggunakan Mesin Cuci
Meskinpun tidak disarankan, karena ada kemungkinan robek.Tetapi beberapa merek jas hujan dengan harga lumayan, dikalim dapat  dicuci dengan mesin cuci.
  • Sebelum memasukan jas hujan ke mesin cuci, periksa  lagi  instruksi  cara    perawatan   jaket hujan  yang disarankan pabriknya.
  • Lepaskan dulu penutup kepala (kalau bisa dilepas), periksa dulu kantungnya siapa tahu ada benda  logam /tajam . Tutupkan  retseleting ,kancingkan semua kancing pada posisinya masing-masing.
  • Tidak disarankan memakai pemutih,dan cuci terpisah dari pakaian lain.
  • Gunakan pengaturan delicate untuk mencuci .
  • Keringkan, dan jemur dengan hanger
  • Mencuci  Manual 
Kalaupun  jas hujan mu ( seperti miliku) barang kodian  yang seharga   Rp  50-60.000 saja,  gak sulit juga  mencucinya.

1.Deterjen
2.Lap basah
3.Spon cuci piring ( dari busa atau jaring)
4.Dua gantungan baju
5.Ember untuk membilas


---------------------------------------------------------------------
mencuci jas hujan
Menjemur jas hujan

----------------------------------------------
Caranya 


  • Noda lumpur - Biasanya bagian paling kotor, adalah  ujung celana  karena kecipratan lumpur.  Coba dulu dibersihkan dengan lap basah saja.  Kalau noda masih bandel, terpaksa deh pakai spon dan deterjen.  
  • Noda Minyak – Ada beberapa cairan kimia khusus untuk membersihkan noda membandel. Kalaupun gak mau ribet, dengan cara biasa juga bisa.
Gosokan spon secara perlahan, pada bagian yang bernoda. Misal noda gak hilang juga, setidaknya pastikan  gak bisa lagi nempel ditempat lain.
  • Setelah  bersih-bersih selesai, bilas   dengan air bersih. Kalau gak kotor-kotor amat , sekali bilas aja udah cukup.Keringkan dengan mengantungnya di hanger /gantungan baju.
Menyimpan jas hujan
Simpan  jas hujan yang sudah kering ke dalam plastik

Menyimpan  Jas Hujan
  • Jangan disetrika ( gosok) ,  bisa meleleh dan robek.
  • Lipat jas hujan yang benar-benar sudah kering, dengan rapi dan sekecil mungkin.
  • Masukan ,dalam kantong keresek besar.
Semisal setelah digunakan, tidak bisa langsung mengantung jas hujan. Kantong kresek ini relatif aman,tidak akan  menetes dan membasahi ruang atau benda lain.
  • Jangan menyimpan jas hujan,dalam keadaan basah di dalam kantong atau bagasi. 
Bisa menumbuhkan jamur hitam-hitam kecil, (tahi lalat) dan meyebabkan bau apek.

------------------------------
Jas hujan  setelan celana dan baju, paling disarankan untuk pengendara motor. Karena tidak membatasi gerak dan aman untuk pengendara lain.
--------------------------------

Sesekali di musim panas, keluarkan jas dan angin-anginkan. Siapa tahu ada hewan kecil yang nyasar dan bersarang di dalamnya.
Ok, semoga tahun ini jas hujan mu selamat sampai di musim hujan,selanjutnya****


Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect