Selasa, 22 Januari 2019

Well Groomed

Metro Sexual style - doc.royal anwar pixabay


               Well Groomed - Part One

Teman kita travel blogger ternama  Haryadi Yansah , pernah share pertanyaan di WAG bloger Palembang.Disebut apakah lelaki yang review, produk khusus lelaki dan pernak-perniknya. Apakah bisa disebut handsome blogger sebagai oposit beauty blogger ?

Diriku jadi kepikiran,pertanyaan itu mewakili suasana kebatinan lelaki Indonesia. Dulu-dulu sih produk dengan label, khusus lelaki tidak banyak.Paling cuma minyak rambut, pisau cukur dan obat bau badan.Dan ada satu produk minat khusus, yang kayaknya gak ada kompetitor.Pernah nemu iklan Firdaus oil – minyak penyubur bulu?  


Obat penumbuh bulu lejen - bukalapak.com

Sampai sekarang, Firdaus oil masih diproduksi, dan dijual  di toko obat  pasar tradisional.
Kenal produk dari iklan, atau ikut-ikutan ayah dan kakek yang sudah duluan memakai. Begitu memasuki usia remaja, info teman amat mempengaruhi keputusan membeli.

Kumpul - kumpul sambil  bergitar di pinggir jalan,lalu colek temen di sebelahnya.Eh brow pake rollon apaan ?
BB loe udah gak kayak kambing lagi! Wkkkk

Lelaki Indonesia dimanjakan oleh iklim, dan budaya dalam berpakaian. Sepanjang tahun, sehari-hari bisa pakai kaos oblong dan celana kargo. Persiapan kalo kondangan,cukup punya dua tiga lembar, kemeja batik, baju koko, sarung  dan  sendal sorong. Pakaian ‘resmi’ standar, yang cocok disegala suasana mulai dari kondangan sampai Yasinan.

Metrosexual  On The Rise
Mark Simpson pertama kali mengunakan istilah metrosexsual dalam sebuah artikel yang diterbitkan  The Independent - pada 15 November 1994. Menurut  Mark - metroseksual adalah pria muda, dengan penghasilan tinggi dan tinggal di kota metropolis.

Yang tak segan mengeluarkan uang untuk belanja pakaian,perawatan,kebugaran dan pernak-pernik kekinian.Tahun 80an, lelaki model begini cuma terlihat di majalah.Pada dekade 90an, mereka berseliweran dimana-mana.
Lotions  perawatan tatto dari David Backham -  cdn.newsapi.com.au

Tahun 2002 - Mark Simpson menobatkan David Beckham, sebagai "metroseksual terbesar di Inggris" (salon.com)

Dua dasawarsa terakhir,globalisasi, peningkatan pendapatan, kemudahan mengakses informasi mempengaruhi gaya lelaki Indonesia. Sekarang  lelaki sudah tak malu-malu lagi, bergaya kekinian atau melakukan perawatan ke klinik kecantikan dan salon.

Shampoo, Face wash, Scrub, Roll on, dan mosituraizer dulu dijual unisex- siapa aja bisa pake. Sekarang pabrik menjual produk yang sama, dengan kemasan yang pake embel-embel khusus men – kaum lelaki. Bintang iklanya juga, dicari yang lelaki banget dah.

Atlet – atlet kece dengan body yang luar biasa, berseliweran di TV dan media sosial. David Beckham dan  Cristiano Ronaldo adalah contoh sukses  atlet sebagai trendsetter fashion lelaki.
CR7

Cristiano Ronaldo sekarang, punya brand CR7. Brand khusus lelaki,yang menjual  kemeja sampai celana dalam. Cari tahu lebih banyak soal  brand CR7 disini  

Gak mau kalah dengan istrinya, yang jadi disainer pakaian. David Beckham  membuka House of 99 . Brand  yang menyediakan produk perawatan kegantengan. Shampoo, minyak rambut, minyak jengot,kream mata sampai moisturezer khusus kulit bertatto dengan kandungan SPF. Daftar lengkap jualan Mas Beckham klik dimari.

house-99.com
                                                                                                                     
Survey mengatakan
Untuk artikel ini, diriku melakukan survey kecil-kecilan. Bertanya melalui pesan WA,kepada beberapa lelaki. Yang mewakili generasi X,milenial dan  generasi Z dengan beragam profesi.Yang belum menikah, sudah beranak tiga.Tinggal di kota dan di desa, masih cari kerja sampai yang punya rumah tiga.

Pertanyaan pertama, iklan atau rekomendasi teman yang mempengaruhi keputusan anda membeli produk. Beberapa menjawab sudah lupa,siapa dulu yang mengenalkan produk itu. Indikasi, kalau mereka sudah lamaaaa banget mengunakan merek itu.

Kak Edi, juragan kopi yang nyambi jadi wartawan sekarang tinggal di Gunung Dempo – Sumsel. Mewakili generasi X, ia tidak begitu pusing soal kemasan.Tetap setia dengan sepatu, merek  Adidas dan Reebox. Biarpun mehong (Mang Edi pasti beli yang ori ) tapi terbukti, tahan banting dibawa off road.

Karena dulu anak gaul  Ibu Kota, dirinya trampil menyesuaikan style dan parfume dengan sikon. Spicy parfume yang bold  kalo lagi solo, sedikit lebih lembut kalo lagi  duet bareng istri.
 dokpri.Ismail

Ismail, bujangan baru lulus kuliah tinggal Palembang. Sedang  merintis “usaha” sebagai  seleb gram jadi artis Tik-Tok. Mail memberi info padaku, tentang macem-macem style lelaki. Ada gaya macho, keren, cool, culun, sampai gaya gay.
Tapi dirinya  gak terlalu mikirin, soal penampilan. Selain roll on, dia cuma punya minyak rambut Gatsby di lemari.

Ngomong-ngomong soal minyak rambut,lelaki bisa jadi amat setia. Diriku kenal lelaki yang sejak zaman bujangan sampe bangkotan, masih pake minyak rambut kemasan kaleng itu.

Pomade kemasan kaleng yang masih ada juga penggemarnya sampai sekarang.tokopedia.com


Lain pula cerita  Shekar Siddik,bapak satu anak yang enerjik. Dengan nama panggung Shèkar, ia sering diundang manggung menyanyi dan ngeMC di palembang. Sebagai entertainer, menuntutnya tampil all out. Walau dirinya mengaku,tidak punya budget khusus. Cuma beli,kalau ketemu barang bagus. Selain itu cukup padu-padan, dengan yang sudah ada di lemari.
dokpri.Shekar Siddik

Untuk pertanyaan apakah faktor umur, mempengaruhi style anda ?
Umur gak ada urusan dengan gaya, kata Dokter Posma. Ia bapak 3 anak yang, gemar jalan dan jajan ( makan-makan maksudnya). Karena selama ini, berat badan lah yang menentukan gayanya.

Well Groomed - 101
Diriku pertama kenal istilah well groomed, dari pelajaran PKK di kelas satu SMPN 2 Bengkulu. Secara umum well-groomed  adalah sebutan untuk  lelaki dengan tampilan bersih rapi.

Begitu lepas seragam SMA, lelaki biasanya mulai mikir soal penampilan secara serius.Yang meneruskan sekolah ke perguruan tinggi, mulai  sibuk cari kaos berkerah yang pantes untuk kuliah.Yang mau langsung kerja, mulai pilih-pilih kemeja buat interview.

donasaurus.com

Mungkin junior belum ngerti, pakaian itu lebih dari sekedar penutup aurat atau perlindungan dari cuaca dan hewan. Secara profesional, penampilan menjadi point penting dalam recuitment karyawan.

Model dan warna,mempengaruhi mood yang mengunakan dan penilaian orang yang melihat. Penampilan menjadi ‘statement’  tentang siapa atau kemana akan menuju.Penampilan bahkan bisa menjadi, petunjuk orientasi sexual.

Beberapa hal-hal kecil, yang harusnya sudah jadi ritual harian.In cause para junior sudah lupa, lirik lagu Bagun Tidur. Berikut  beberapa langkah sederhana untuk mulai menjadi lelaki Well-groomed

Rambut
Untuk lelaki yang tidak mau, ribet  mengurus diri. Tidak disarankan,memanjangkan rambut.Temukan model rambut, yang membuatmu terlihat rapi sekaligus trendy.Selain anak band, entertainer dan mereka yang bekerja di industri kreatif, sebaiknya mikir 4-5 kali sebelum mewarnai rambut.

Minyak Rambut
Beda minyak rambut Wax dan Gel. doc Realmen Style

First of all . Cara mengunakan minyak rambut yang benar itu, adalah dioleskan  pada rambut yang sudah  kering.Kecuali kalau rambut kamu mudah rontok, bolehlah mengoleskan saat rambut lembab.

Berkaca, menyisir dan mengoleskan minyak rambut di tempat yang cukup cahaya. Gunakan minyak rambut, secukupnya. Terlalu banyak, membuat rambut jadi lepek.Terlalu sedikit, bikin penampilan tidak sesuai harapan.

Setiap kepala punya kadar ‘cukup’ yang berbeda. Perlu sedikit ekperiment, untuk dapat ukuran yang pas.

Kita di Indonesia punya kebiasaan, apapun jenisnya semua produk itu akan disebut minyak rambut saja.

Ada baiknya juga, dirimu mengetahui jenis dan efek yang dihasilkan produk-produk tersebut. Dikutip dari laman Real Men Real Style www.realmenrealstyle.com berikut jenis produk perawatan rambut, yang biasa ditemui di warung atau supermarket.
doc lorealparisusa.com

·        Gel
Minyak rambut jenis gel, paling populer digunakan karena mudah di dapat. Kekuatan untuk menahan gaya rambut mulai dari yang ringan, sampai kaku sepanjang hari. Mantab untuk membuat mohak tetap berdiri sepanang hari.Hentikan dan ganti kejenis yang lebih ringan kalau  rambut berubah lebih keriting,menguning - kering, kasar dan rapuh.
·        Cream
Pengen  rambut yang alami  gak lengket atau kaku tapi rapi ?
Coba pake minyak rambut, jenis cream aja.Hair cream juga berguna sebagai,kondisioner dengan vitamin. Yang baik untuk kesehatan rambut tipis, kering,kaku dan mudah kusut.
·        Wax
Jenis ini asik digunakan untuk semua gaya rambut, termasuk yang panjang atau ikal.Hasil akhirnya berkilau, tidak terlalu kaku bisa ditata ulang kapa aja.
·        Pomade
Untuk yang  suka sisiran model klasik, ala –ala tahun 70-80. Cocok pake pomade,karena mudah  ditata ulang kapan saja. Pomade, tidak membuat rambut jadi kaku atau kering. Kesannya, rambut basah sepanjang hari.Lebih jelas soal minyak rambut mampir ke gatsbyglobal.com

Sisir
wiko.com

Aih jadi inget cowok-cowok gaul tahun 80an, biasa nyelipin sisir kecil di saku belakang. Bukan sesuatu yang buruk, sisir bagi lelaki itu seperti lipstik bagi perempuan. Jangan lupa bawa sisir, untuk mendukung, tampilan yang sukses.

Telinga dan hidung
Standarnya kita mandi, 2x sehari. Masa sih gak sempat, bersihin sekitar telinga, periksa juga hidung apakah bulunya udah mengapai - gapai keluar.Bisa kok dirapikan sendiri, dengan gunting kecil.

Gigi dan Mulut
Dirimu merokok atau suka makanan yang eksotis ?
Eksotis yang kumaksud itu  seperti, pete, jengkol,sambel terasi. Termasuk masakan, olahan daging kambing. Kalau jawabanya ya, dirimu harus ekstra perhatian pada kebersihan mulut dan gigi.
Selain menyikat gigi,  pada waktu reguler  seperti saat mandi atau sebelum tidur. Kalau mungkin sikat gigi kalaupun tidak, segera kumur-kumur setelah menyantap hidangan. Selalu bawa beberapa permen mint di tas.
Masalah pada gigi atau gejala penyakit dalam, juga bisa menyebabkan bau mulut. Kalau mulutmu terasa gak enak, maka bau mulutmu juga tidak.

Kuku-kuku
Kebersihan kuku tangan dan kaki yang sering diabaikan lelaki

Kuku adalah indikator cepat, untuk menilai personal hygiene.Kalau dirimu berharap kerja bidang  yang sering ketemu pelanggan. Selain wajah kuku adalah hal yang paling sering diperhatikan orang.

Perawatan kuku sederhana, tidak perlu ke salon untuk meni-pedi.Rajin-rajin sajalah memotong, jang lupa juga membersikan kuku kaki saat mandi.Siapkan satu alat potong kuku kecil, dalam tas untuk berjaga-jaga kalau diperlukan.

Bau Badan
Mengatasi masalah bau badan, dimulai dengan mandi yang bersih.Mengunkan pakaian dalam dan luar, yang juga dicuci bersih.Jangan lupa gunakan, anti bau badan. Kalau sulit cari roll on,  maka powder anti BB yang dijual di warung juga manjur kok.

Parfum
Eau de Cologne
Semakin mahal parfum, semakin mantab dan tahan aromanya. Tetapi untuk pemula,menemukan aroma yang pas  itu perlu waktu. Jangan ragu untuk, mencoba tester parfume.Kalau sudah menemukan aroma yang disukai, semprotkan dipergelangan tangan. Setelah 10 menit, cium lagi.

Reaksi kimia antara parfum dan panas  tubuhnmu, bisa saja merubah aroma. Berikut pengetahuan dasar tentang  varian yang tertulis di kemasan minyak wangi.
realmenrealstyle.com

·        Eau de cologne
Jenis ini paling sedikit, biang minyak wanginya. 3-5%  minyak dicapur dengan air dan alkohol. Aroma bertahan sekitar 2 jam saja.
·        Eau de toilette
4-8% minyak dicapur dengan air dan alkohol. Wanginya bisa tercium selama 4 jam.
·        Eau de parfume
15-18 % minyak yang dicampur alkohol. Masih tercium, setelah 6 jam pemakaian.
·        Parfum
Masuk kategori parfum apabila mengandung 15-30%  biang minyak wangi. Aromanya tetap akan smeriwing sepanjang hari.

macys.com

Tips
Mintalah pendapat  keluarga atau teman, apakah aroma parfum kamu terlalu keras. Beberapa produk akan meningalkan,bekas seperti  cipratan air pada kain. Berhati-hatilah kalau akan menyemprotkan minyak wangi langsung ke baju.

Over-preened
Over-preened, istilah ini dari kata preening - kebiasaan burung-burung  merapikan bulu-bulu mereka.Bulu –bulu perlu dirapikan, untuk menyingkirkan kutu dan enak dipakai terbang. 

Pada kasus burung  stress,kadang suka over preening.Mencabuti bulu,sampai habis. Memelihara kebersihan dan memotong kuku, itu ukuran standarwell-grooming.Tapi menjadi over preened, saat lelaki kelewat batas.

Edit foto berjambang lagi ngtrend.theexpresstribun.com

Diriku punya pengalaman, bertemu dengan petugas yang menerima  mendaftaran siswa baru di sebuah SMA Kota Palembang.

Ala...ala mak, kuku tangan lelaki muda itu bikin ngilu. Ujung kukunya dipotong menyerong, sehingga  seruncing kuku  Macan. 
OMG, kalo kesengol kulit orang bisa berabe ciyyyn. Demikian juga kalau,melihat lelaki over-do merapikan  alis. Lelaki ini, serong kiri atau serong kanan ye brow?

Grooming expert- Lee Kynaston, berpesan  ada beberapa batasan yang perlu diingat laki-laki saat bersolek. Jangan berlebihan, sehingga menarik  perhatian. Simple, adalah  keyword  bagi  lelaki well groomed. Pada posting berikutnya, diriku akan ngobrol tentang  menyesuaikan gaya dan dompet anda. Your First kemeja dan celana formal ***donasaurus

32 komentar:

  1. Menambah wawasan dan menambah kesadaran, bahwa aku gak metrosexual banget, hanya metromini bangetssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkkkkk terimakasih sudah mampir dan berpartisipasi menjawab survey dr Posma

      Hapus
  2. Haha tuh kan, bener sekarang produk kosmetik pria itu banyak. Gak sesederhana dulu. Makasih udah diulas yuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadeew bukan lagi dari minyak rambut sampe minyak Kumis dan pelembab tatto.Thanks sdh mampir Yayan

      Hapus
  3. Karena penampilan itu penting. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul penampilan bisa vital dan jadi vatal.Thanks sdh mampir Yance

      Hapus
  4. wak wak wak. mana mana mana cuci muka yang minyakan abis ke kebon. salaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalo ke Ibu Kota lansunng order sabunmuka house 99.thanks sdh mampir

      Hapus
  5. Haha ... ini bahasan menarik Mbak. Sik kutunjukkan pak suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkkk semoga bermanfaat. Salam buat pak suami

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Yang paling penting tuh nggak bau badan.
    Duh ya, meski suami sendiri kalau bau badan, ogah juga.
    Saya kadang kagum ama para wanita yang bilang bau badan paksu nya asyik, mungkin bau parfum kali ya, bukan bau ketek, karena bau badan tuh identik ama bau ketek hahaha

    BalasHapus
  8. Utk saya pribadi, yang utama adalah tatanan rambut. Selain itu, apa adanya saja hihihihi

    BalasHapus
  9. salfok sama yang kaleng warna hijau itu yang pomade zaman dulu hihi . yang penting bersih rapi dan wangi udah gitu aja heeheheh

    BalasHapus
  10. Iya saat ini udah banyak produk oerawatan untuk laki2, dan memang ikutin jaman juga udah banyak laki2 yang pengen "dandan" alias pengen penampilan lebih keren, dan juga kebanyakan liat model iklan yang keren2 gitu

    BalasHapus
  11. Suamiku termasuk berpenampilan rapi jali, mbak..tapi enggak sampai nyalon sih. Dan semua dibeli sendiri, tapi enggak sebanyak punyaku di lemari hihihi
    Masalahnya pekerjaan memang jadi salah satu alasan karena kadang mesti meeting dengan orang penting (dianya sih belum penting kwkwk) juga kalau penampilan oke jadi makin pede

    BalasHapus
  12. Menjaga penampilan diri, bagi seorang pria itu penting apalagi kalau berurusan dengan pekerjaan. Cuma aku kadang kalau lagi rajin perawatan ya rajin banget, kalau males ya cuek cuek aja ha..ha.. Tapi serajin rajinnya cowok perawatan enggak aneh aneh sih. Cuma rambut sama badan dan cukup di rumah. Enggak perlu ke salon. Sertidaknya itu berlaku buat saya he..he...

    BalasHapus
  13. Sah-sah, jadi mereka mau bersaing dengan Beauty blogger gitu? Jadi Handsome blogger juga GPP Kok, kita tidak merasa tersaingi ya kan? Hihihihi. Wah, sekarang banyak banget ya pernak-pernik cowok Untung gak ikut eyeshadow etc, bisa terjadi persaingan di rumah.

    BalasHapus
  14. Bentar-bentar aku salfok sama babang Beckham sama Cr7 ganteng banget yak hahaha. Btw menurutku oke aja sih mereka melakukan perawatan asal ga berlebihan karena toh kita juga mencari pasangan yang bersih juga kan ? Hehe.

    BalasHapus
  15. Ya ampun lengkap banget ulasannya Mbak Dona... wah ntar kl ngasih saran ke suami, aku ngintip ke sini lagi deh hihi... secara suamiku "kosmetiknya" cuma roll-on deodorant sm facial wash.

    BalasHapus
  16. Sekarang urusan penampilan ga cuma monopoli perempuan. Laki-laki kalau urusan perawatan juga ga kalah hebohnya. Hihi..ya, begitulah fenomenanya..

    BalasHapus
  17. Soalnya zaman now selalu ada kalimat begini, Mbak Dona : Bukan cuma wanita saja yang perlu perawatan, pria juga.. hahaha.

    Hanya memamng perawatan itu mahal. Beli minyak rambut, pembersih wajah. dan pisau cukur saja juga harus modal. Belum parfumnya ya, Mbak Dona hahaha.
    Maknya, saya beruntung tidak terlalu "bergaya", cukup memperhatikan kebersihan saja. Tapi bisa jadi karena modal saya buat bergaya tidak mencukupi ya, Mbak Dona hahaha.

    BalasHapus
  18. Wah om ndut disebut di baris pertamo
    Aku kadang ngeri punya kawan metroseksual. Takut dio maho kak hehe

    BalasHapus
  19. Iya ya selama ini yang sering disebut khan beauty blogger, dan belum pernah tuh yang nyebut handsome blogger. Tapi kedengarannya kok lucu ya hihi

    BalasHapus
  20. Tampil rapi itu bagus. Apalagi kalau sudah terkait dengan tuntutan pekerjaan. Ini menjadi nilai tambah bagi diri laki-laki. Tampil rapi juga diperlukan tuh saat bertemu calon mertua, hiihi ... Menurut aku sih jaman sekarang laki-laki punya skin care itu sudah biasa banget. Nggak apa-apalah itu kan untuk kebersihan. Asal jangan bermake up ria aja, ya.

    BalasHapus
  21. Woowww, ternyata yaaaa, cowok2 pun juga tak sedikit yang begitu memperhatikan penampilan. Eh tapi kalau kuamati mbak zaman skrng cowok tak lagi malu2 menunjukkan kalau mereka butuh perawatan lho, aku liat di tempatku facial tu udah banyak cowok antri gak kyk bbrp tahun lalu haha. Tapi gak masalah sih, laki2 kan kudu keliatan rapi yaaa, jgn cuma ngarepin ceweknya doank yg rapi dan cantik, biar kalau jalan serasi gtu hehehe

    BalasHapus
  22. Aku pribadi sebagai cowok, biasanya kebanyakan karena memang mencoba langsung tanpa pengaruh iklan atau rekomendasi teman. Terutama soal parfum dan beberapa produk facial foam

    BalasHapus
  23. metroseksual adalah pria muda, dengan penghasilan tinggi dan tinggal di kota metropolis. Hmm kalau udh tua kira kira disebutnya apa

    BalasHapus
  24. Aku termasuk tipe pria metroseksual sih. Tapi, aku nggak yang harus mengikuti tren. Minimal, aku mengetahui perawatan untuk kulit dan semua bagian tubuh dari ujung kaki sampe ujung rambut 😀

    BalasHapus
  25. Pengen jadi menbloger ya pak,kayakny blm ada yg perempuannu lucu x y

    BalasHapus