Februari 21, 2019

5 Penyebab Bau Badan 6 Tips Mengatasinya

remaja jepang Mariamichelle - pixabay

Waktu SMA dulu diriku punya teman sekelas, dengan masalah bau badan. Si Eneng duduk, tepat di depanku. Menjelang tengah hari,biasanya aku sudah siap buku untuk tutup hidung.
Eneng anaknya baik, niat sekali untuk menuntut ilmu.Setiap pagi jalan kaki pulang-pergi 3 kilo, cari angkot ke kota. Wajar dong, dia keringetan. Tapi karena kita sudah memasuki masa puber, maka keringatnya menjadi polusi udara.

Suatu hari Yanti-teman sebangkunya Eneng, bermain sandiwara.Sembari kami ngorol, tetiba dirinya mengeluarkan keresek belanjaan.  Munculah dua bungkus, BB Harum Sari. Bedak anti BB, paling ngetop zaman itu.
“ Eh ...kok aku beli dua ya, di rumahkan masih ada!”
Yanti melirik Eneng, kemudian mengulurkan satu bungkus sambil bilang “ nih satunya buat kamu aja!”
Yanti,diriku dan kawan-kawan,semua terdiam.Menunggu reaksi Eneng, laksana menanti pengumumam pemilihan Presiden.
OMG, antiklimaks banget mak. Eneng cuma mengelengkan kepala,tanda menolak.
Dengan muka kesel banget, Yanti masukin kembali bedak BB itu ke dalam tasnya.Diriku dan teman-teman langsung lemes,kecewa berat.
Kita gak enak hati, untuk bicara jujur perkara BB nya Eneng. Sandiwara BB ini, mestinya adalah win-win solution. Akhirnya, kita cuma bisa ‘ jaga jarak’ saja darinya.

black girl
 travorykellyphotograpy - pixabay5

5 Penyebab Bau Badan

Keringat, Hormon Dan Bau Badan

Keringat itu adalah mekanisme,pendinginan alami yang dilakukan tubuh. Berkeringat gak cuma sehabis jalan jauh, banyak gerak atau olahraga.Keringat juga bisa muncul saat cemas , stress bahkan saat kita tidur.
Bau badan mulai mengangu, saat anak beranjak remaja.
Memasuki masa puber,hormon dalam tubuh mulai aktif.Kelenjar keringat mulai berproduksi,dalam kapasitas maksimal.Keringat bercampur dengan bakteri di kulit,menimbulkan bau.Tidak cuma di ketiak, bau juga bisa timbul di kaki dan kepala.Selain faktor hormon, makanan dan minuman juga mempengaruhi bau badan.

 Aroma Makanan

Temanku pengemar berat durian.Setelah pulang dari berburu durian,diluar kota. Selama tiga hari, keringatnya bau durian.

Gak cuma durian.Beberapa makanan dan minuman yang beraroma kuat ,bisa menimbulkan bau badan. Senyawa kimia aktif yang terkandung di dalam makanan dan minuman itu, tidak semua terserap tubuh.
bawangNjoyHarmony - pixabay


Tubuh akan membuang, zat yang tidak terserap itu melalui sistem ekskresi. Dikeluarkan bersama urune,keringat dan nafas.Semakin besar jumlah asupan, nah makin kenceng juga baunya.
Misalnya:
Bawang – bawangan,termasuk juga jenis daun bawang dan Kucai
Olahan daging merah,terutama kambing dan kuda.
Minuman beralkohol
Jengkol, Pete,Kabau,Durian
Tembakau rokok

rokok Geralt - pixabay

Tips Mengurangi Bau Badan

• Mandi
Untuk kita yang tinggal dinegara tropis,kadang cuma duduk di rumah saja kita bisa berkeringat.Jadi gak ada alasan tidak mandi, karena gak keluar rumah.
Mandi dua kali sehari,itu sudah cukup. Bersihkan dan gosok area lipatan kulit seperti ketiak , leher , pangkal paha.

• Sabun Anti Bakteri
Sabun jenis ini, biasa dikenal sebagai sabun keluarga. Misalnya Lifebuoy,Medicare dan Detol.Sabun Sere dari Herborist, juga baik untuk mengobati sakit kulit dan mengurangi bau badan.

sabun mandi ulleo - pixabay

• Keringkan Badan
Gunakan handuk, kering dan bersih.Pastikan lipatan kulit dan bagian bawah dada benar-benar kering. Lipatan kulit yang basah, menjadi tempat berkembang biak bakteri penyebab bau badan.

• Gunakan Pencegah Bau badan
Parfume bukanlah pencegah bau badan. Menyemprotkan parfum pada pakaian yang bau, malah bikin tambah runyam.
Banyak pilihan produk, pencegah bau badan
Powder – Bedak BB
Rollon
Stick
Gel
Apa kamu juga sering sebel karena noda rollon di baju?
Untuk menghindarinya, oleskan semua produk, pencegah bau badan saat badan sudah benar-benar kering dan sebelum memakai baju.

roll on dove donasaurus

Diriku dapat satu sample Dove - Go Fresh Cucumber dan  Green Tea  dari hometester.id 
Rollon ini,beraroma ketimun yang kalem.Dengan formula moisturising cream unik dari Dove.Selain bebas bau badan, diklaim bisa bikin kulit ketiak halus dan lembut.

Nah yang bikin aku suka Dove - Go Fresh ini, adalah rollnya. Ukuran bolanya, jauh lebih kecil dari rollon lain. Gak meleber kemana-mana,waktu dioleskan. Semoga saja, ukuran bola kecil begini tetap dipertahankan untuk produk yang dijual.Karena sangat praktis dan tidak mengotori pakaian.
Pengunaan 1x sehari, sebenarnya sudah cukup. Tetapi kalau kamu masih belum PD, bisa gunakan 2x sehari sesudah mandi.

• Pakaian yang bersih
gantungan baju stocksnap - pixabay

Gunakan pakaian dalam dan luar,yang bersih. Selain enak dilihat, juga nyaman dipakai. Gantilah baju, segera setelah banyak berkeringat.Keringat yang kering di baju, baunya lengket.Membriarka keringat kering di badan, juga bisa bikin masuk angin dan gatal-gatal.

Makan dan Minum
Bila melakukan perjalanan jauh dengan mobil.Hindari terlalu banyak mengkonsumsi, makanan yang bisa menimbulkan bau. Aroma keringat yang keras, bisa bikin mabuk perjalanan.
Beberapa tanaman dipercaya, bisa mengurangi bau badan - www.trubus.id
sambel terasi donasaurus


Kemangi - Ocimum × citriodorum
Kandungan zat aktif eugenol pada daun kemangi,berfungsi sebagai antiparasit dan antioksidan. Yang dapat membantu mencegah, bakteri penyebab bau badan.Penggunaan, bisa dimakan langsung.

daun bluntas

Bluntas - Pluchea indica
Mengandung senyawa aktif seperti minyak atsiri, flavonoid, dan tanin.Yang efektif sebagai antibakteri penyebab bau badan.Penggunaan bisa dimakan langsung, atau diminum sebagai teh.

daun sirih

Sirih - Piper betle
Kandungan antisptik pada daun sirih,manjur juga untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.Pengunaan bisa di makan langsung, atau minum air rebusanya.
Serai - Cymbopogon citratus
Selain mengandung senyawa aktif antioksidan, anti jamur dan bakteri.Serai juga mampu mengurangi, keringat yang berlebih. Pengunaan dapat diminum air rebusanya.

lemon grassdonasaurus

Jarang sekali yang terbuka, langsung mengomentari bau badan seseorang.Tapi kalau teman, pada gak mau duduk deket kamu. Atau orang-orang di sekitarmu, mulai kipas-kipas muka. Waspada deh, mungkin bukan sikapmu tapi bau badan kamu yang membuat mereka menjauh.
Eh punya pengalaman soal BO yang bikin puyeng ?
Cerita-cerita di komen dong !

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect