Februari 13, 2019

Chocolate and Love


pixabay

Chocolate In Love 

 Pernak- pernik warna pink......kartu bentuk hati dan...... coklat  oh may gosh.... Love is on the air. Aih jangan bosen gitu dong! diriku tidak  akan remix cerita  Santo Valentine.
Gimana kalau cerita manis,tentang coklat yang jadi  icon valentine.

First  Heart  Shaped Box Of Chocolates 💖

Sebelumya coklat, hanyalah minuman hangat yang dihidangkan pada para bangsawan.Thanks to ilmuan  Belgia, yang  pada 1840 berhasil menyempurnakan   resep adonan coklat padat.Campuran bubuk coklat,butter,gula dan tepung.Kemudian dicetak menjadi coklat padat, yang bisa digigit.

www.cadburygifting.in

1849 Cadbury bersaudara menjual coklat, dalam kotak mereka yang pertama.Selain mawar dan kartu bentuk hati,coklat adalah sesuatu yang identik dengan Valentine.
Ricard Cadbury,bolehlah disebut sebagai pioner yang menjadikan coklat sebagai icon valentine. Tahun 1861, Cadbury adalah merek coklat pertama, yang mengeluarkan cokelat dalam kemasan berbentuk hati ( love).


 smitsonianmag.com

Penduduk asli  Amerika Tengah, sudah menguasai pengolahan biji coklat sejak tahun 900 sebelum masehi. Suku Maya dan Aztex  menyajikan coklat sebagai minuman  pahit-pedas. Bubuk cokelat diseduh  dengan cabe merah. Kemudian dituang bolak-balik, pada dua mangkuk sehingga berbusa.Mirip-mirip membuat teh tarik.
Dari resepnya yang cuma air,cabe dan bubuk cokelat udah kebayang dong  rasanya gimana. 
 Kata  chocolate, berasal dari  bahasa  Maya  - xocolatl- air pahit  
Biji coklat, bernilai setara uang dan bisa dibarter. Saat Aztec menaklukan suku Maya, coklat adalah barang yang diminta sebagai upeti. Orang Yunani menyebut pohon cokelat,Theobroma Cacao – makanan para dewa.

pixabay

Sejak ditemukan resep coklat padat,cokelat mulai diproduksi masal.Lebih praktis,bisa di bentuk dan dikemas, serta tahan lama. Bentuk padatnya,memudahkan distribusi. Tetapi tetap saja, coklat bukan makanan sehari- hari. Disamping harganya, tergolong mahal untuk jajanan.

Coklat juga, punya reputasi buruk. Dituduh sebagai penyebab jerawat, bisa bikin gendut atau membuat Willy Wonka sakit gigi.Walau diriku termasuk fans berat coklat, tetapi tetap harus menulis se-obyektif  mungkin dong.Berikut beberapa fakta tentang coklat yang dikemukakan Medicinehunter 

pixabay

Kadar Gula Tinggi
 Bisa dipastikan semua produk olahan coklat, yang dijual  dipasaran tinggi kadar gulanya. Gula dalam jumlah berlebihan, tidak baik untuk gigi. Biasakan anak-anak, untuk menyikat gigi setelah memakan coklat.

Lemak
Coklat mempunyai kandungan lemak, yang  lumayan tinggi.Lemak dalam coklat, masuk kategori Stearic acid. Lemak yang timbul secara alami, dalam proses pengolahan biji-bijian dan beberapa tumbuhan keluarga palem seperti kelapa dan sawit. Sementara jerawat dan obesitas, tidak terjadi serta merta setelah kamu mengkonsumsi sebatang coklat saja.

Migren
 Tidak disarankan makan coklat kalau sedang migren atau sakit kepala. Meskipun para ahli belum sepakat, tapi kandungan tyramine,histamin,phenylalanine  pada coklat dikhawatirkan bikin migren dan sakit kepala tambah parah.

Sisi baik Coklat

💙Mood- Booster
Lagi sedih atau stress, jangan buru-buru cari obat penenang.Coba aja makan cokelat dulu. Karena cokelat, mengandung phenylethylamineZat kimia yang merangsang sistem saraf, melepaskan hormon endorfin. Hormon ini, membangkitkan rasa senang,membuat tenang dan bergairah.Sensasi itu, tidak didapat dari permen loly,permen mint atau permen karet.Untuk beberapa orang,sensasi ini membuat mereka jadi ketagihan coklat.

pixabay


💙 Menunda lapar
Punya rencana traveling ke lokasi terpencil ?
Jangan lupa, selipkan dua tiga batang coklat dalam ransel. Buat berjaga-jaga, siapa tahu tidak menemukan warteg saat jam makan tiba. Produk olahan coklat,adalah sumber energi. Karena mengandung karbohidrat,gula dan lemak. Yang bisa menaikan kadar gula dalam darah. Sehingga membuat kita, merasa kenyang lebih lama. 

💙  Kaya Antioksidan
Penasaran dengan manfaat lulur coklat?
Selain aromanya yang bikin hepi, ternyata lulur coklat emang bener  bermanfaat untuk kulit. Pilih produk lulur yang mengandung 70-85 % cocoa.
Biji coklat,mengandung phenolics - antioksidan yang dua kali  lebih tinggi dari blueberrie dan lima kali dari green tea. Antioksidan membantu melindungi kulit dan memperbaiki kerusakan sel.

                                                                                                                                                     Malaysia daily sales

💙Menurunkan kadar kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL)

Penelitian yang diterbitkan pada The Journal of Nutrition. Mencari tahu, apakah cokelat yang mengandung sterol (PS) dan cocoa flavanols (CF) memiliki efek pada kadar kolesterol.  Kesimpulan penelitian - Konsumsi cokelat batangan secara teratur yang mengandung PS dan CF, sebagai bagian dari diet rendah lemak, dapat mendukung kesehatan kardiovaskular dengan menurunkan kolesterol dan meningkatkan tekanan darah

💙Membantu Tumbuh Kembang Janin

Societyfor maternal – fetal Medicine di Atlanta- USA. Pada tahun 2016 mempublikasikan study, pengaruh komsumsi coklat selama masa kehamilan.Makan 30g coklat, setiap hari berdampak baik bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan.Sebagai informasi, coklat batangan Silverqueen yang paling kecil itu beratnya 33g.

💙Meningkatkan stamina atlet

Di Indonesia,rasanya belum pernah dengar coklat dipromosikan sebagai minuman suplement untuk atlet. Tapi sudah ada publikasi dari The Journal of the International Society of Sports Nutrition yang menghubungkan coklat dan stamina atlet.
Dikatakan cokelat hitam, dapat meningkatkan ketersediaan oksigen selama pelatihan.Uji coba dilakukan pada, atlet balap sepeda Inggris.

 keithjj-pixabay

Para peneliti menguji kandungan flavonol  sebagai epicatechin, yang meningkatkan pelepasan oksidanitrat dalam tubuh. Hasilnya,setelah makan coklat hitam,atlet mengunakan lebih sedikit oksigen ketika bersepeda dengan kecepatan sedang dengan jarak tempuh yang lebih jauh.Indikasinya nafas atlet menjadi lebih panjang dan tidak mudah lelah.

Beberapa penelitian yang menghubungkan coklat dengan stamina serta pemulihan cidera atlet bisa chek sendiri deh

Ada beberapa klaim lain, tentang coklat. Seperti baik diminum penderita Alzehaimer,penyakit jantung dan beberapa  penyakit lainya. Tetapi diriku, tidak mencantumkanya dalam list. Karena belum menemukan, sumber kuat yang mendukung klaim tersebut.

-pixabay

Selagi dikonsumsi dalam jumlah yang wajar,coklat tidak akan menimbulkan masalah kesehatan dan keuangan yang  serius. Kamu punya pengalam berkesan tentang coklat ?
Bagi dong di komen.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect