Mei 25, 2019

Lebih Khusyuk Beribadah Selama Ramadan


Good deed in Ramadan

Waktu ibadah dan waktu mengerjakan urusan dunia, kadang tumpang tindih. Yang bekerja kantoran, pasti tahu rasanya.
Harus buru- buru makan siang, supaya bisa mengejakan sholat Zuhur. Sebaliknya sholat terburu – buru, supaya bisa makan siang.Urusan akhirat akhirnya lebih banyak kita pinggirkan.

Pada beberapa bagian diriku setuju, dengan iklan Sprite itu – waktu terasa berjalan lebih lambat saat ramadan.Mungkin Allah sengaja, mengatur sedemikian rupa.Supaya kita tidak terburu-buru,dalam  beribadah.

Selain sholat tarawih,ada beberapa  amalan yang bisa kita lakukan selama ramadan. Berikut beberapa ibadah,yang bisa kita lakukan lebih banyak atau lebih khusyuk.

Sholat Sunnah Rawatib
Seperti diriku bilang tadi,selama ramadan bisa lebih leluasa beribadah. Tanpa takut telat makan atau telat kembali ke ruang kerja. Kita bisa sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat fardu, namanya sholat sunnah rawatib.

Berikut tata cara sholat sunnah rawatib
Qabliah
Sholat sunnah yang dikerjakan sebelum sholat fardu. Sebelum sholat membaca niat
Ushalli sunnatan......( nama sholat fardu)...... rak’ataini Qibliyyatan lillahi Ta’aalaa’ Artinya: ‘aku niat shalat sunnah sebelum ..........dua rakaat karena Allah’

Sunnah qabliah dikerjakan:
  • 2 rakaat sebelum sholat Subuh
  • 2 rakaat sebelum Dzuhur
  • 2-4 rakaat sebelum Asar
  • 2 rakaat sebelum Isya
Ba’diyyah
Sholat sunnah yang dikerjakan setelah sholat fardu.
Niatnya ‘Ushalli sunnatan..... rak’ataini Ba’diyyatan lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah sesudah ...... dua rakaat karena Allah’

Sunnah qabliah dikerjakan:
  • 2 -4 rakaat sesudah sholat Subuh
  • 2 rakaat sesudah Magrib  
  • 2 rakaat sesudah Isya
Sholat Tahajud
Sebelum makan sahur, baiknya sholat Tahajud dulu. Bagi yang susah sekali bangun malam Ramadan ini waktu yang baik, untuk mulai membiasakan diri sholat malam.
Sholat tahajud ini minimal dilakukan dua rakaat, kalau kuat boleh sebanyak yang kita mampu.
Niat sholat Thajud
 ‘Ushalli sunnatan tahajjudi  rak’ataini lillahi Ta’aalaa’ Artinya : ‘aku niat shalat sunnah tahajjud dua rakaat karena Allah’

Ada beberapa doa khusus setelah sholat tahajud yang bisa dibaca disini 

Membaca Al quran
Luangkan waktu  sebelum atau sesudah sholat untuk membaca Al Quraan. Baiknya memang membaca surat – surat panjang sampai khatam.Beberapa komunitas saya dengar,menargetkan 2 kali hatam dalam satu bulan ramadan.

Jikalau belum mampu, gimana kalau menghapal ayat – ayat pendek saja.Ayat – ayat pendek bisa langsung digunakan saat sholat. Dan sekali lagi yang penting niat dihati,untuk belajar dan beriman.
Zikir Dan Istigfar
Belum lama diriku nonton Uztad Quraish Shihab, beliau bilang  syaitan itu akan mencoba menyesatkan kita dari semua arah.

Dari depan-belakang-atas-bawah-kiri-kanan, juga melalui tangan kita. Beliau menerangkan soal HP dan media sosial, yang bisa bikin kita lupa waktu dan menebar kebencian.

Sadar dong, apa saja yang sudah kita baca,kita share dan kita komen di media sosial?
Gimana kalau kita bikin deal, dengan diri sendiri.Waktu yang digunakan untuk zikir dan istigfar, harus dua kali lebih lama dari waktu kita ngubek-ubek media sosial.

Zikir dan istigfar bisa kita lakukan selama berkendaraan, sambil nunggu lampu ijo atau nunggu antrian. Berikut  istigfar dan zikir yang simple tapi artinya dalem banget. 

Astaghfirullah hal aziim
Artinya, aku mohon ampun pada Allah yang maha agung

Bacaan Zikir
Subhaanallahi wabihamdihi,subhaanallahil’azhiim
Artinya, Maha suci Allah dengan memuji- Nya,Maha suci Allah Yang maha agung.

Bukan jumlah atau cepatnya kita komat kamit membaca zikir dan istigfar, yang penting itu iklas dan khusyuk. 

Berikut manfaat ber zikir dan istigfar.
  • Diampuni dosa
  • Dimudahkan segala urusan
  • Menenangkan hati
  • Menenangkan pikiran
  • Menjauhkan dari sifat sombong-riya
Lebih banyak tentang zikir dan istigfar mampir kesini ya
Belum banyak amalan, yang kulakukan selama bulan ramadan.Semoga ditahun-tahun mendatang ibadahku lebih baik dan khusyuk lagi.Amin***donasaurus.com

#30hariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect