Mei 22, 2019

Mengajarkan Anak Untuk Berbagi


Berbagi ke Panti Asuhan

We make a living by what we get   but we make a life by what we give - Winston Churchil –
Sabtu 18 Mei 2019  diriku bersama komunitas Kompasianer Palembang ( Kompal ) dan Komunitas Play Date,berkunjung ke Panti Asuhan Cahaya Umi – Palembang.

Kita gak cuma nyumbang sembako dan uang. Anak – anak play date juga nyumbangin mainan dan peralatan sekolah untuk teman mereka di panti.

Biasanya kalau kunjungan charity,kasih barang foto – foto terus pulang. Udah gitu aja.

Yang kita lakukan kemarin berbeda.
Anak – anak komunitas play date ( bersama orang tua tentu saja), menunggu waktu berbuka dengan bermain bersama  anak panti asuhan.Aih meriah sekali suasananya.



Berinteraksi  dan bermain bersama anak - anak panti asuhan
Sebelum memulai praktek berbagi di lapangan, ada baiknya anak kita bekali dulu tentang beberapa kriteria berbagi menurut Islam.

Sedekah
Diriku  bicara soal sedekah dulu deh,Ini bentuk sumbangan yang paling mudah dan kadang gak perlu keluar biaya.
Sedekah ini adalah konsep berbagi,yang paling sering kita dengar.

Menyumbangkan barang untuk korban bencana alam, memberi makanan pada fakir miskin itu salah satu bentuk sedekah.Sedekah itu gak harus, berupa uang atau barang.

Konsep sedekah adalah segala kebaikan, yang kita lakukan. Bentuknya juga bisa, senyum, bantuin orang menyeberang  jalan, sampai ngajarin orang baca tulis juga sedekah.

Infaq
Infaq adalah berbagi yang dalam bentuk harta benda. Pernah lihat orang, memasukan uang dalam celengan masjid? Itu contoh sederhana dari infaq.

Tidak ada batasan jumlah dalam berinfaq, semampunya.Hukum infaq adalah sunnah, tidak ada ketentuan waktu juga dalam berinfaq, kapan saja boleh.

Zakat
Menurut bahasa, kata zakat berarti tumbuh, berkembang, subur, atau bertambah. Zakat adalah sedekah yang wajib, sedekah yang ditarik.

Zakat bukan sumbangan sukarela, tapi kewajiban bagi seseorang yang sudah memenuhi kriteria.Secara umum zakat dikelompokan kedalam dua bagian.

  • Zakat Fitrah
  • Zakat Harta (Maal)
Yang paling populer tentu saja,zakat fitrah. Waktunya wajib selama ramadan, sampai menjelang sholat Idul Fitri.
Jumlah zakat fitrah yang harus dikeluarkan setiap tahun, adalah tetap. Berupa 3,5 liter (2,7 kg) beras atau makanan pokok daerah tersebut. Bisa diganti dengan uang, yang senilai dengan barang tersebut.

Zakat harta mempunyai kriteria dan pengukuran tertentu. 
Sementara waktunya lebih fleksibel, bisa sepanjang tahun.Lebih  jelas mengenai zakat harta baca dulu disini deh. 


Mengajarkan anak berbagi dengan mencontohkan langsung, akan lebih efektif
Mengalami langsung bagaimana proses berbagi dan berinteraksi sangat penting, untuk anak- anak yang pikiranya masih abstrak.

Bersama menyiapkan barang untuk disumbangkan,mengantarkan dan  berinteraksi lebih nempel diingatan mereka.

Kita jadi gak usah panjang pendek, pidato soal dalil. Anak akan terbiasa berbagi, karena orangtuanya memberi contoh bagaimana cara berbagi.****donasaurus.com

#30HariKebaikanBPN
#bloggerperempuan

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect