Januari 28, 2020

Pertamina Enduro : Motor Selalu Eksis

Empat tahun lalu aku ganti motor bebek standarku, dengan motor matic.Waktu pertama ganti oli, abang bengkel (teknisi) tanya mau ganti oli mesin atau oli belakang ?
Aku balik bertanya,eh emang motor matic itu olinya dua yak ?
Untung aja abang bengkel berbaik hati, kasih keterangan SOP ganti oli untuk motor matic. Lah kalau tidak, aku masuk team  Joko Sembung naik ojek – enggak nyambung jek

Skuter Matic



Perawatan Kendaraan Bermotor

Tau sendirikan perempuan emang kurang update, soal servis dan onderdil kendaraan. Padahal kalau dipikir – pikir perawatan manusia dan perawatan motor itu, serupa tapi tak sama.

Akutuh enggak ada pendidikan dan pengalaman soal mesin. Tapi setidaknya harus tahu, langkah perawatan motor sederhana.
Masa sih perawatan motor sederhana, aku kagak paham – paham. 10 langkah skincare Korea aja, aku bisa hapal di luar kepala. Cemuguud kaka !

Biar mudah mengerti sekarang aku menganalogikan perawatan motor, dengan perawatan kulit.
Untuk terlihat selalu cantik dan awet muda, perempuan kudu rajin perawatan.
Bersih-bersih muka, menggunakan moisturizer, bisa aku kerjakan sendiri di rumah. Sedangkan treatmen yang memang harus dikerjakan ahlinya, aku serahkan pada ahlinya di salon.

Nah perawatan motor juga begitu. Memanaskan dan membersihkan motor bisa dilakukan sendiri di rumah. Sementara yang memerlukan kecakapan khusus, harus dibawa ke bengkel.

Memanaskan Mesin
Tujuan memanaskan mesin, untuk mempersiapkan oli melumasi onderdil. Onderdil perlu dilumasi, supaya lancar bergerak.
Gimana tandanya motor sudah cuku panas?
Aku suka dengerin perubahan suara mesin. Biasanya 5 menit setelah dihidupkan, suara mesin akan terdengar lebih stabil. Itu tanda motor udah ready bergerak.

speedo meter motor

Ketersediaan Bahan Bakar
Gara – gara motor pernah mogok di jalan, sekarang setiap hari aku selalu update status bahan bakar.
Untuk performa yang maksimal, sesuaikan jenis BBM dengan rasio kompresi motor. Contohnya motor matic Hoda Beat F1  rasio kompresi 9,2 : 1, cocoknya mengunakan Pertalite.

Simplenya rasio kompresi motor, seperti jenis kulit pada manusia. Skincare untuk kulit berminyak, enggak cocok dikulit kering, karena itu gunakan BBM  yang sesuai jenis mesin motor.

Membersihkan Motor
Selain biar terlihat kece, rajin membersihkan motor juga membantu mesin bekerja lebih efisien.
Enggak harus dibawa ke steam motor kalau enggak kotor banget, aku biasa cuci sendiri di rumah.

Dinginkan dulu mesin motor antara 20-30 menit,sebelum diguyur air. Berdasarkan info dari laman autoevolution.com perubahan suhu yang tiba – tiba, bisa mengubah bentuk logam.
Mencuci motor saat mesin masih panas, berisiko merusak onderdil. Akhirnya motor tidak bisa bekerja, sebagaimana harusnya.

Servis Berkala Kendaraan Bermotor

 Perawatan berkala lebih pada pemeriksaan, kinerja onderdil motor.Jadwal dan point perawatan berkala bisa dilihat dibuku servis dan garansi.

buku servis dan garansi pemilik kendaraan bermotor

Setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu, onderdil akan mengalami kerusakan.
Beberapa bagian yang biasa dicek dalam servis berkala motor matic antara lain:
  • Saluran bahan bakar
  • Cara kerja gas tangan
  • Karburator dan menset
  • Kelayakan kanvas kopling
  • Kelayakan drive belt
  • Kelayakan aki
  • Saringan kasa oli mesin
  • Oli gear transmisi
  • Oli mesin

Ganti Oli

Secara umum, pelumas yang lebih populer kita sebut oli, berfungsi untuk mendinginkan mesin.
Oli juga melindungi mesin dari karat dan merapatkan onderdil. Sambil melumasi oli sekaligus membersihkan kotoran, yang menyusup ke dalam mesin.

Seperti aku ceritakan diawal tadi, ada perbedaan servis untuk motor matic dan motor bebek standar, salah satunya penggunaan dua jenis pelumas.
Motor matic memerlukan oli mesin dan oli transmisi. Keduanya mempunyai tugas, yang saling melengkapi.
Oli mesin bekerja sebagai bahan pelumas, agar mesin berjalan mulus tanpa hambatan. Sedangkan oli transmisi, bertugas melindungi komponen transmisi, yang ada di dalam box gardan dari gesekan.

Pada buku service dan garansi, pemilik motor disarankan, untuk menganti oli mesin setiap 2.000 km atau sekitar 2 bulan sekali.
Untuk motor matic, perbandinganya 2:1. Maksudnya, setiap dua kali ganti oli mesin, kita cuma perlu satu kali ganti oli transmisi.

ganti oli motor

Pertamina Enduro Oli

Setiap hari hilir mudik menerobos macet, mesin motor rentan overheat. Aku butuh oli yang menjaga temperatur mesin, agar tetap dingin. Sedangkan sebagai wanita ekonomis, aku cari oli yang bisa mengoptimalkan penggunaan BBM.

Alhamdulilah memasuki tahun ke empat, motor maticku masih lancar meluncur.
Sementara teman – teman seangkatanya, udah bolak balik turun mesin atau mesti di kick baru mau jalan. Motor maticku tarikanya masih seperti tahun pertama pemakaian.

Rahasianya adalah oli Enduro Matic G SAE 20W-40 dan Endoro Gear oli motor terbaik, yang direkomendasikan para expert.
enduro oli

Sebelum cerita panjang lebar, aku mau obrolin dulu arti kode dan akronim yang tercantum dalam kemasan Enduro Matic G SAE 20W-40.
  • SAE - Society of Automotive Engineers adalah organisasi internasional bermarkas di USA, yang mengeluarkan nilai untuk tingkat viskositas oli. Kode angka 20W- 40 W adalah nilai viskositas oli yang biasa tertera pada kemasan.
Contoh : Enduro Matic G SAE 20W-40.
20W adalah tingkat kekentalan oli pada suhu terendah ( mesin dingin). 40W adalah tingkat kekentalan oli suhu tertinggi ( mesin panas)
  • JASO MB - Japanese Automotive Standards Organization. Pelumas ini sudah memenuhi standar oli untuk mesin sepeda motor empat langkah matik (skutik) yang ditetapkan JASO.
  • Enduro Matic G SAE 20W-40 diformulasikan, untuk memenuhi spesifikasi mesin motor matic.Liquiditasnya tinggi sehingga mudah mencapai semua bagian motor matic yang relatif sempit, dengan letak komponen (onderdil) yang rapat.
  • Viskositas yang lebih tinggi dibandingkan pelumas lain, sehingga dapat menjaga temperatur mesin saat terjebak macet.
  • Enduro Matic G SAE 20W-40 diperkaya zat aditif, yang dapat mengatasi resiko mesin jadi panas (overheat), karena gesekan antar komponen.
Biar enggak pusing kepala Berbie, aku ingetin dulu viskositas itu apaan. Viskositas adalah satuan ukur, untuk menyatakan tinggkat kekentalan dari suatu cairan atau fluida.

Bisa deh nilai viskositas dianalogikan, dengan istilah SPF ( Sun Protector Factor ) pada kemasan sunscreen – tabir surya. Semakin tinggi angkanya semakin kuat kemampuanya, menahan efek buruk ultraviolet.
enduro express

Lancar luncur

Aku enggak cemas mesin motorku akan kepanasan, atau mati mendadak saat terjebak macet. Enggak harus ngotot ngegas, waktu mendaki jalan menanjak.Tarikan motor tetap enteng dan mantap dikendarai.

Lebih hemat
Masa pakai pelumas, bisa lebih panjang.Oli Enduro Matic, punya ketahanan tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin.
Biaya ganti oli bisa irit. Setelah 3 kali ganti oli mesin, baru 1 kali ganti oli transmisi. Di Palembang, harga oli motor Enduro Matic G SAE 20W-40 kemasan 0.8 Lt dijual dengan kisaran Rp 35.000/botol.

enduro oli motor matic
Enduro oli juga bisa dibeli dengan harga yang sama di lapak online,tentu saja ditambah ongkir. Pastikan untuk membeli Enduro oli di bengkel dan lapak online yang punya reputasi baik. 

Final Lap
Ada barang yang rela kita beli dengan harga mahal, karena daya gunanya. Oli Enduro Matic G SAE 20W-40 termasuk kategori yang bernilai karena manfaatnya itu. Pelumas yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan oli motor matic. Terbukti melindungi mesin sekaligus mengoptimalkan penggunaan BBM. Selain masa penggantian oli yang lebih panjang, harga  Enduro Matic G SAE 20W-40 sangat terjangkau. Pokoknya aku enggak mau pindah ke lain oli, karena cuma Enduro oli yang aman di motor dan nyaman dikantong *** Donasaurus



Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect