Purging

purging


Jarang banget bahkan belum pernah baca   produk kosmetik, yang  kasih woro-woro bahwa dalam masa  awal  memakai  produk mereka  ada kemungkinan kamu bakalan purging.  Paling banter  cuma kasih  saran, hentikan pemakaian bila terjadi iritasi. Apakah iritasi itu termasuk proses purging?

-----------------------------

Ceritanya setelah  baca-baca  review  para beauty blogger,aku  tetarik coba  skincares  anti aging. Cussssss  langsung  shoping kita,  for your information   motto hidupku adalah ”forever young”  

Satu minggu setelah  cream dioles-oles manjah dikulit muka  tante.....merah  dan jerawat  kecil-kecil mulai bermunculan.Takut terjadi hal-hal yang tidak diingikan, diriku langsung  stop pemakaian. Bingung  deh , muka gue kok jadi gini ?

Setelah ngobrol sana-sini , baru deh  ngeh ada yang namanya purging. Penampakan kulit  yang bikin shock itu  disebut purging.

  Purging  apa an sih ?  
Purging  adalah reaksi  kulit terhadap zat aktif dalam kosmetik.
Purging pada kulit itu penampakanya  bisa berupa
  • Jerawat  Papula, kecil-kecil  terasa keras tapi gak ada nanahnya.
  • Jerawat Pustula,  gede-gede  kemerahan dan sering kali berisi nanah
  Beberapa  zat berikut bisa menimbulkan purging  

- AHA BHA (glycolic acid, malic acid, salicylic acid) 
- Benzoyl  peroxide , populer sebagai obat jerawat
- Betinoids (tretinoin, isotretinoin, retinol)  paling sering ada di cream antiaging
- Vitamin C
- Exfoliants , biasa terdapat pada  cream dan  lotions  pengelupasan kulit.

Baru ngeh  deh cream antiaging,  obat pemutih wajah, obat jerawat, bisa menyebabkan reaksi purging karena mengandung  bahan aktif  ini.Trus berapa lama purging berlangsung?

purging
                                                                                        pic-stux pixabay

  Proses Purging  
Kita mikir nih, ini proses purging atau emang  beneran gak cocok . Buat kita yang bukan dermathologist  -  ahli penyakit kulit, sekilas kok gak ada bedanya. 
Perlu diingat roses  purging setiap orang bisa jadi  beda karena beberapa hal
  • Faktor hormonal
ABG masa pertumbuhan beda dong sama orang dewasa.  Misalnya kamu  emang jerawatan, trus mengalami  purging. Maka  jerawat elu  bisa  laksana  peserta demo 212. Nah yang gak berbakat jerawatan, paling nongol di dagu aja.
  • Terbiasa menggunakan  cream  dosis tinggi
Treatment- obat atau kosmetik yang pernah dipakai sebelumnya. Kamu  langanan klinik kulit ternama  atau pernah  menjalani pengobatan penyakit  kulit ?
Bisa jadi  gak bakalan  purging kalau memakai  kosmetik drugstore. Simple aja, karena produk kosmetik yang diproduksi  masal   kandungan aktifnya tidak setinggi  racikan dokter.  Gak ngefek, istilah anak zaman now.

Beberapa clue apakah itu purging atau memang tidak cocok buat kamu

  Positif Purging  
Masalah kulit mulai muncul,  satu-2  minggu setelah pemakain  produk kosmetik  dengan ingredient yang memungkinkan purging.
Setelah  2 minggu pemakaian,perlahan  mulai  jarang  muncul.  Dibarengi dengan membaiknya kondisi kulit dilokasi itu.

  Positif Tidak Cocok  
Jerawat   bermunculan serempak , di lokasi  yang  jarang dikunjungi jerawat.  Semakin hari semakin menjadi .
Mulailah waspada, kurangi  frekwensi  pemakaian. Jangan langsung stop tetap lanjutkan pemakaian selama 3-4 minggu.

Kenapa harus menunggu 3-4 minggu, untuk mengetahui ini purging atau tidak cocok ?
4 minggu itu, adalah masa regenerasi kulit
Kalau proses yang kamu alami itu,  fase purging maka  kulit  perlahan akan membaik bahkan lebih sehat dari sebelumnya.
Secara alami,kulit yang sehat, akan membaik setelah regenerasi. Teruskan pemakaian sesuai aturan,  terlalu sering  atau malah jarang-jarang bisa bikin purging  kamu gak kelar-kelar.

Gimana kalau ternyata ini pertanda  gak cocok?
Dalam 3-4 minggu, gak keliatan perbaikan. Hentikan, pemakaian produk. Tapi untuk urusan bersih-bersih muka,  pake  cleansing milk dan toner  lanjut terus  ya cuy. 
Sebelum mulai dengan treatment baru, berilah jeda antara 3-4 minggu lagi . Biarkan kulit beristirahat sejenak dan memperbaiki  jaringan yang rusak.
Contoh kasus  lamanya proses purging
Para penguna  cream retinoid acid.Salah satu nama dagangnya adalah Vitacid. Vitacid ini, obat jerawat  tingkat mahir .Disebut demikian karena Retinoid masuk kategori obat keras, dengan label merah.
label obat
Label obat

Pengunaan ritinon harusnya dengan resep dokter. Entah kenapa di Indonesia ini mudah banget beli retinoid, sampi ke toko – toko obat di pasar becek juga ada.
Bek to the topik ,proses purging  yang dialami pengguna retinoid-rata  antara 3 bulan sampai 1 tahun. 

Setelah melewati masa  gak berani ngaca selama 1 tahun itu, rata –rata mereka puas dengan hasil akhirnya.
                          pic-Sharon Mccutcheon Pixabay

Diriku menyarankan , teliti dulu  ingredient  perawatan kulit yang akan digunakan. Kalau emang kulitnya gak ada masalah, ya gak usah pake yang aneh-aneh. Punya pengalaman purging juga? Ceritain dong di komen.

16 komentar:

  1. Yang bikin deg-degan .. menebak-nebak apakah memang positive purging ataukah positif tidak cocok yah Dan kalau memang tidak cocok ... Jangan langsung stop tetap lanjutkan pemakaian selama 3-4 minggu? Yang pakai bakalan makin waswas ya ...

    BalasHapus
  2. Wah aku baru tau nih purging. Tp bener setiap pake produk skincear pasti aku awal2 jerawat kecil2 di dagu dan mulai ilang sendiri

    BalasHapus
  3. Purging itu memang bikin kita maju mundur cantik buat perawatan ya mba. Dulu pas masih awal-awal kerja saya sering nemenin teteh saya ke klinik kecantikan berinisial N. Nah, dari awal memang sudah dikatakan bakal ada purging ini setelah treatment. Muka si teteh kayak kepiting rebussss plus jerawatan. Tapi langsung takjub diriku begitu melihat hasilnya seminggu kemudian. Benar kata orang, sometimes it's painful, but sometimes it's beautiful.

    BalasHapus
  4. Aku malah baru tahu Kak istilah purging ini. Kulitku tuh sensitif banget. Makanya kalau mencoba produk baru dan keluar jerawat, buru-buru deh aku stop pemakaiannya daripada semakin parah. Padahal, bisa jadi ini termasuk proses purging, ya. Makanya aku pun selektif banget saat menggunakan kosmetik.

    Aku sedang mencoba masker juga dan setiap kali habis pakai tuh jerawatan. Nanti selang 1-2 hari bakalan mulus, lalu saat maskeran lagi, eh jerawatan lagi.

    Hmmm, jadi mikir apakah ini bagian dari purging juga.

    BalasHapus
  5. Baca psotingan Mbak Dona, wawasan saya jadi bertambah Mbak.
    Saya baru tahu dalam kosmetik ada zat aktif. Selain itu yang namanya furging.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah aku belum pernah purging kak Dona.


    Saran, yang mau tukar skin care, coba deh kosongin dulu wajah dari perawatan lama.
    Kalo aku sih minimal seminggu untuk menghindari purging

    BalasHapus
  7. Hmm.. entah purging atau bukan, dulu saya pernah alami muncul bruntusan ( ga parah sih) di dahi dan pipi tapi setelah pemakaian produk sehari doang.. malamnya pakai, besoknya langsung bruntusan.. karena blm ngerti dunia perskinkeran, akhirnya aku stop aja.. Alhamdulillah skrg cocok sama satu produk setelah cari info sana sini ttg kondisi kulit dan kenalan lebih dalam dengan produknya..hihi

    BalasHapus
  8. Pas banget baca ini, aku lagi kena.
    Ceritanya mau coba skincare baru yang full set anti aging karena sadar diri dah 44 tahun masak pakai yang biasa haha
    Lha, ternyata malah jerawatan dll alias purging. Waktu ke gerainya lagi nanay ke SPG-nya dia bilang: lanjutin dulu, Bu. KArena memang belum sebulan.
    Baca ini, jadi tahu apa itu purging

    BalasHapus
  9. Kalau pakai skincare baru, kadang memang muncul reaksi purging gitu, Mbak. Biasanya perkenalan awal.
    Perkenalan awal kan ga harus memesona, kan, ya.
    Hihihi.
    Makanya, saya pakai kosmetik yang sama yang saya pakai saat kuliah, padahal sudah butuh antiaging. Beberapa kali coba, sih... langsung bagus. Tapi trus lupa pakai lagi, sampai skincare-nya kadaluarsa. Sayang uang, kaaan... kalau karakter cuek macam saya ini.

    BalasHapus
  10. Aku pernah mengalami purging dan percayalah itu neggak enak. Kulit berasa tipis banget, nyeri, kena panas dikit pengen nangis. Kapok pokoknya, huhu

    BalasHapus
  11. Aku kok jadi ngeri-ngeri sedap gitu yaa dengan proses purging ini. aku termasuk yang sulit membedakan mana yang purging karena cocok atau memang tidak cocok. Duh, jadi takut mau coba berbagai merk kosmetik ya. Pake yang emang udah cocok aja deh hehe

    BalasHapus
  12. Wah kalau purging gini jadi agak ga tenang juga ya, agak susah bedain kalau memang terjadi di diri sendiri. Tapi kalau memang ga parah agak tenang sih kalau harus mengalami purging.

    BalasHapus
  13. Wahahah..purging itu apa? Baru tahu setelah baca postingan ini. Minim bener pengetahuan saya inihhh.. Ya gimana, ngeskin care aja jarang. Mentok cuci muka sama pakai bedak bayi doang.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah selama ini belum pernah purging saat pake produk perawatan kulit. Tapi jadiny bertanya-tanya sendiri, ini berarti saya cocok dengan produknya atau malah ga ngefek ya :D

    BalasHapus
  15. HUAHAHAHA Aku termasuk orang yg muncul jerawat atau beruntusan udah ngejudge produk itu nggak cocok. Alhasil sering buang2 duit. Astaghfirulla. Aku parno aja gitu kalo dibiarin 3-4 minggu. Kalo ternyata semakin parah kan jadi susah benerinnya.

    BalasHapus
  16. Mampir ke blog mba Dona selalu dapat info baru nih. Sekarang kenalan sama istilah purging ini. Ipeh pikir efek pengelupasan yang sering ditulis di ulasan kosmetik itu karena emang gak cocok. Ternyata memang ada efek dari penggunaan sebelumnya juga ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir