Carousel

September 16, 2023

Tradisi Rebu Kasan di Kota Palembang

rebu kasan palembang

Tradisi Rebu Kasan Dan 320 Ribu Marabahaya

Tradisi Rabu Kasan  di Palembang.  Membaca  flyer dan run down acara Rebu Kasan yang diadakan Sanggar Budaya Dayang Merindu  Palembang aku  jadi bersemangat. Sebenernya niat untuk ikut acara ini sudah sejak beberapa  tahun lalu.

Tapi ada aja hal merintang yang bikin aku gak jadi hadir. Jadilah pada hari Rabu terakhir bulan Safar yang bertepatan dengan tanggal 13 September 2023 lalu aku nyempatin diri hadir.

Sanggar Budaya Dayang Merindu pimpinan maestro tari  Sumatera Selatan Anna Kumari, adalah satu dari sedikit  sekali yang masih mengadakan acara Rebu Kasan.

Untuk  mengenalkan kembali tradisi Rebu Kasan pada Masyarakat Palembang, Ibu Anna  kemudian mengadakan Rebu Kasan di lokasi yang berbeda setiap tahun.

Tahun 1445 hijriyah ini Rebu Kasan diadakan di Masjid Darul Muttaqien,Komplek Pertamina Bagus Kuning Palembang. Jarak tempuh lokasi  acara Rebu Kasan dan rumahku di Kebun Bunga sebenarnya lumayan jauh  ada kali 20 Km. 

Pada run down ditulis sholat sunnah mutlak dilaksanakan pada pukul 10.00  Wib.Biar gak telat aku  berangkat jam 9 dari rumah.

Rebu Kasan,Mandi,Sholat,Makan

Komplek Pertamina Bagus Kuning  termasuk dalam  kawasan objek vital yang dilindungi. Kawasan yang berada di tepi Sungai Musi ini berfungsi sebagai Dok Yard-  tempat perawatan  kapal-kapal milik Pertamina. Jadi para tamu yang masuk harus izin dulu pada petugas di gerbang masuk.

Tak sulit mencari lokasi acara yang berada di ujung komplek persis di tepi Sungai Musi.Tiba di lokasi aku melihat beberapa youtuber dan seniman-seniman beken Palembang sudah hadir.

Setelah memarkir kendaraan.Aku menyapa Mang Dayat  konten kreator sejarah dan seni budaya Sumatera Selatan yang sudah bersiap pasang  tripod. Beberapa panitia kulihat  membentang  ambal dan karpet untuk tempat duduk tetamu. Kulirik jam sudah hampir pukul sepuluh. Aku bergegas menuju Masjid Darul Muttaqien.

rebu kasan palembang

Di masjid sudah menunggu Mirza Indah Dewi  putri kedua  Anna Kumari yang akrab dipanggil Cek IIn.Beberapa kawan dari komunitas budaya dan sejarah Palembang kulihat sudah pula hadir di sana. 

Tak lama kemudian Ibu Anna Kumari datang diantar cucu yang mendorong kursi rodanya. Meski baru sembuh dari sakit, perempuan kelahiran 10 November 1946 itu masih bersemangat untuk mengikuti rangkaian acara Rebu Kasan.  

Asal Mula Rebu Kasan

Beberapa sumber menyebutkan konon tradisi Rebu Kasan atau Rebo Wakasan bermula Pulau Jawa khusunya daerah Kudus Jawa Tengah. Ulama Abdul Hamid Quds yang berasal dari Kudus  menulis  kitab  Kanzun Najah Was-Surur Fi Fadhail Al-Azminah wash – Shuhur. Adalah buku kumpulan doa dan amalan untuk tiap bulan hijriyah.Lengkap dengan kutipan ayat dan hadis-hadis yang mendasari amalan.

Dalam kitab tersebut Kiai Abdul Hamid Quds mengutip pesan para wali Allah tentang 320.000 marabahaya yang diturunkan pada hari Rabu terakhir di bulan Safar.Nah, Kiai Abdul Hamid Quds yang lama tinggal di Saudi Arabia ini menganjurkan umat Islam untuk melakukan sholat sunat. Untuk mohon perlindungan dari marabahaya yang mungkin ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Tradisi  Rebu Kasan dibawa menyebar ke seluruh nusantara oleh murid-murid dari Kiai Abdul Hamid Quds. Meski ritual utamanya dalah sholat sunnah dan doa tolak bala. Tapi tiap daerah kemudian punya tradisi Rebu Kasan yang diwarnai  budaya lokal.

Beramai- Ramai Mandi Safar di Sungai Musi

Nah,muatan lokal dalam Rebu Kasan di Palembang adalah tradisi mandi safar yang diadakan di Sungai Musi. Di pagi hari Rebu Kasan masyarakat Palembang terutama lelaki dan anak-anak ramai-ramai mandi di Sungai Musi.

Sejak kondisi air Sungai Musi semakin tidak sehat,maka Mandi Safar dilakukan di rumah masing-masing. Setelah mandi Safar, ritual Rebo Kasan dilanjutkan dengan sholat Sunnah Mutlak Berjamaah.

acara bekela rebo kasan palembang

Shalat Sunnah Rebo Kasan Dan Doa Tolak Bala

Sebelum sholat dimulai panitia membagikan kertas fotokopian yang berisi keterangan tata cara sholat sunnah Rebu Kasan dan doa tolak balanya. Setelah semua siap, Ustad Kiagus Amin Wahid memulai sholat sunnah mutlak Rebu Kasan

Sholat 4 rakaat dengan satu salam,dari berbagai sumber disarankan untuk membaca niat sholat sunnah mutlak atau sunnah hajat saja.  Setiap rakaat membaca:

  • Al Fatiha 1x
  • Al Kautsar 17x
  • Al Iklash 5x
  • Al Falaq 1x
  • An Nas 1x

Sholat Sunnah Mutlak diakhiri dengan membaca doa tolak bala.Kuhitung setidaknya kami melaksanakan sholat hampir 30 menit.

Bekela,berbagi makanan saat Rebu Kasan

Usai sholat kami beramai-ramai menuju ke dockyard di tepi Sungai Musi. Acara selanjutkan adalah berbagi makanan dan makan bersama atau yang disebut Bekela.Kue-kue sudah tersusun rapi di atas ambal yang dibentang di bawah pohon beringin.

Beberapa tamu penting datang beriringan.Diantaranya Sultan Fauwaz yang bergelar Sultan Mahmmud Badarudin IV.Hadir juga Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang dan beberapa staff.

Usai beberapa sambutan,tetamu dipersilakan untuk mencicipi hidangan. Setelah foto bersama, kamipun pamit pada Bu Anna Kumari sebagai tuan rumah.

Dalam perjalanan pulang,aku teringat cerita seorang paman. Dulu acara Rebu Kasan  sangat meriah. Untuk acara bekela setelah sholat,mereka akan patungan menyewa perahu untuk piknik di sekitaran Sungai Musi.

Rebu Kasan  masuk dalam daftar tradisi yang hampir sirna dari ingatan warga Kota Palembang. Untung masih ada Ibu Anna Kumari beserta keluarga yang mau meluangkan waktu,tenaga dan tentu saja biaya untuk terus melestarikan acara ini.

Semoga tahun depan Rebu Kasan dapat diikuti lebih banyak lagi warga Palembang.donasaurus.com

Juni 17, 2023

Menjaring Ide Ala Travel Blogger Pemula

 Bagaimana Menemukan Angle Yang Menarik Untuk Ditulis

duduk di tepi pantai

Pernah gak sih kamu tiba di destinasi yang kenyataanya tidak sebagus yang di review orang-orang.Kadang kita sampe bengong sendiri bener enggak sih ini tempatnya. Masalahnya kepalang basah udah sampe sono,masak sih cuma duduk manyun sambil ngedumel dalam hati.

 Nah, dari baca-baca artikel para suhu travel blogger aku mulai  mengabaikan kesan pertama. Cobalah 'mengorek-orek’ tempat itu sampai menemukan sesuatu yang unik.

Dalam bahasa jurnalistiknya kita harus  mencari angle  sehingga destinasi  itu menjadi asik untuk diceritakan. Namun tidak semudah itu Fergusho.....ada usaha yang harus dilakukan.  Eh.....sebelum ngobrolin cari-cari sesuatu yang unik, penasaran gak sih kenapa kesan  orang tentang objek wisata yang sama bisa berbeda?

Human Interest  Dan Kesan Yang Berbeda Terhadap Destinasi Wisata

Kesan bagus,asik, atau menarik itu subjektif banget.Bisa dipengaruhi pengalaman,pekerjaan, cita-cita bahkan hobi. Kadang tempat itu jadi istimewa karena kamu punya minat khusus yang berkaitan langsung atau gak langsung dengan  apa yang dilihat di sana.

Nah, contoh menarik tentang human interest dari destinasi yang sama. Seorang angler (hobi mancing) ngajakin pacarnya yang beauty blogger eksplor kawasan hutan mangrove. Kira-kira apa yang akan mereka ceritakan sepulangnya dari sana?

Angler,menulis review dengan penuh semangat tentang ikan yang ada di kawasan tersebut.Tak lupa pula pada akhir artikel ia merekomendasikan tempat itu sebagi spot memancing yang asik. Sementara beauty blogger hanya menulis caption singkat. Mengungkapkan betapa membosankanya duduk menunggu berjam-jam hanya  untuk 6 ekor ikan.

Membandingkan destinasi yang pernah dikunjungi sebelumnya

Pengalaman yang berbeda menimbulkan kesan yang berbeda pula. Sudah jadi kebiasaa, kita  membandingkan dengan  apa yang pernah dilihat dan rasakan sebelumnya. Misalnya kamu membandingkan pengalaman wisata air di Sungai Musi dengan Chau Phraya  River Cruise. Kesan yang dirasa bisa lebih baik,lebih jelek,atau yahhhh B aja.

Konten Kreator Harus Positif Thingking dan Open Minded

Seperti yang kita obrolin di atas ada beberapa faktor yang membuat destinasi itu tidak berkesan. Tapi jangan baper bestie, biar gak rugi-rugi amat ada beberapa trik yang bisa membangkitkan semangat di destinasi yang begitu – begitu aja.

Pertama  berpikirlah positif, positive thingking  yakin ajalah destinasi wisata apapun jenisnya pasti ada hal menarik disana. Cerita jalan-jalan di pantai tidak semua isinya tentang  pasir,ombak,dan air.

Jadilah open minded,buka pikiran buka wawasan. Seperti yang kita obrolin di atas,biasa aja menurut kita bisa saja luar biasa di mata yang lain. Sesuatu yang unik itu bisa bermacam-macam bentuknya. Mungkin alam atau wahananya biasa-biasa aja, tapi penduduknya punya tradisi atau kuliner yang unik.

Langkah berikutnya bagaimana menemukan angle yang menarik di tempat yang menurutmu kurang menarik?

Blusukan di sekitar objek wisata

Setelah lihat kiri-kanan,lalu depan-belakang  kamu masih belum bisa menemukan hal menarik.Gimana kalau  jalan agak jauhan dikit atau blusukan di sekitar objek wisata itu. Selain dapat spot foto yang beda,cerita kamu  juga pasti berbeda dari yang lain.

Apa yang kita cari saat belusukan di sekitar obyek wisata?  Misalnya nih, melihat aktivitas di warung jajanan tradisional,toko souvenir,toko alat pertanian,toko alat pancing atau sanggar seni tradisional. 

Seperti waktu aku ikutan tour ke Rumah Baba Boentjit di Palembang. Keterbatasan informasi tentang  rumah Baba Boentjit membuat aku sulit mengembangkan cerita. Jadi sebelum pulang aku coba blusukan di rumah-rumah penduduk di belakangnya.Voila, hasilnya adalah  dua artikel tentang  pengrajin lidi nipah dan rokok nipah.

Pengrajin Lidi Nipah Yang Jadi Bumbu Travel Story Di Rumah Baba Boentjit

Interaksi dengan orang-orang di sekitar

Berikutnya ide bisa didapat dari interaksi dengan lingkungan. Masalahnya, entah karena alasan bahasa atau alasan keamanan. Kita tuh agak-agak males untuk berinteraksi dengan orang yang kita temui di objek wisata. Pada hal banyak ide yang bisa muncul dari obrolan dengan sesama pengunjung kamu temui di sana.

 Seperti yang kualami  saat berkunjung ke pantai di Bengkulu Selatan.Pas tiba di pantai itu aku sempat bengong.Aduh,beneran gak ada apa-apanya di tempat ini. Sejauh mata memandang cuma laut berwarna kelabu dan suara ombak berdebur kencang yang bikin nyali jadi ciut. Selain meja-meja penjual opak ubi,tidak ada atraksi lain di pantai itu.

Wadoh,sudah jauh-jauh kemari ternyata tidak seindah dan seasik yang direview orang-orang.Rasanya tuh kesel ada nyesel juga iya.

Setelah berjalan hulu-hilir  belum nemu angle yang menarik,aku duduk saja di tanggul pemecah gelombang. Selagi memeriksa foto-foto yang baru aku jepret,terdengar suara tawa dari  tiga lelaki yang tadi kulihat memasang joran  pancing.  Uwow,mereka berhasil menangkap  seekor ikan besar.

Buru-buru aku menghampiri mereka dengan  jurus SKSD – Sok Akrab Sok Kenal Sok Dekat.Dimulai dengan pujian betapa besarnya ikan napoleon- Cheilinus undulates yang mereka dapat. Obrolan berlanjut ngarur ngidul tentang hal- hal menarik tentang pantai ini  yang hanya di ketahui penduduk lokal.

ikan napoleon pantai pasar bawah manna
Ikan Napoleon yang mengobati kesalku di Pantai Pasar Bawah

Nah, dari blusukan dan ngobrol - ngobrol ternyata aku bisa mendapat angle yang menarik untuk  membumbui  cerita perjalanan.  Jadi bestie, sekarang kalau mendarat di destinasi yang B aja kecewanya  jangan  lama-lama. Harus  gerak cepat untuk cari-cari hal unik sebagai oleh-oleh dari sana.dona Juni 2023

Juni 02, 2023

Nutrisi Bagi Anak Yang Alergi Susu



Sumber Nutrisi Yang Aman Untuk Anak Dengan Alergi Susu Sapi 

alergi susu sapi

Punya anak dengan alergi susu sapi,jadi tantangan tersendiri bagi orang tua.Selain harus menghindari bahan – bahan yang memicu alergi, harus pula menemukan sumber nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal.

Sebelum lanjut nborolin soal nutrisi,pada tahu gak sih kenapa anak yang alergi susu sapi perlu diperhatikan asupan nutrisinya?

Alasanya tentu saja karena susu sapi adalah sumber nutrisi yang sulit tergantikan. Susu sapi mengandung vitamin,mineral,kalsium, dan nutrisi lain yang berperan membantu tumbuh kembang anak secara optimal sejak usia dini.

Penolakan tubuh terhadap susu sapi,akan menyebabkan hilangnya sumber gizi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.

bicara gizi danone

Dr. dr. Zahrah Hikmah, SpA(K) - Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi di Webinar Bicara Gizi: Ketahui Kaitan Anak Alergi Susu Sapi dengan Stunting menjelaskan,bila tidak mendapatkan asupan nutris yang seimbang, anak dengan alergi susu sapi akan mengalami gizi buruk dan berpotensi stunting.Tuh seremkan…

Dr.Zahrah menambahkan anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi bukan berarti harus berpantang minum susu sapi seumur hidup.Sebab alergi susu sapi biasanya akan hilang  dengan sendirinya begitu anak memasuki usia 4 – 5 tahun.

Nah,sembari menunggu tubuh mengenali susu sapi sebagai ’kawan’ anak dapat diberikan suplemen susu lain seperti susu kedelai.Bila suda waktunya diberi makanan pendamping akan lebih mudah bagi orang tua untuk interfensi nutrisi

cara mengetahui jenis alergi

Protein Hewani dan Protein Nabati Sumber Nutrisi Bagi Anak Alergi Susu

Menemukan sumber nutrisi pendamping ASI bagi anak dengan alergi susu sapi tidak begitu sulit. Ada banyak pangan local dan sumber protein hewani yang dapat diberikan pada anak yang alergi.

Protein Hewani Untuk Anak Yang Alergi Susu Sapi

Meskipun tidak selalu,tapi ada kemungkinan anak juga memberikan reaksi alergi pada protein hewani lain selain susu sapi. Pemberian sumber protein hewani lain seperti ikan,telur, daging unggas seperti ayam dan bebek atau daging merah pada anak dengan alergi susu sapi perlu diamati dengan teliti.

Protein Nabati Relatif Aman Untuk Anak Dengan Alergi Susu Sapi

Selain faktor genetik,alergi  seringkali disebabkan pola makan yang rendah serat. Karena itu penting banget,sejak dini anak dibiasakan makan makanan tinggi serat. Selain sumber  vitamin dan mineral, sayur,kacang-kacangan,dan buah  kaya akan serat.

Serat akan membantu  gerakan  membersihkan usus, dan  mencegah sembelit. Karena itu asupan sayur dan buah,penting untuk  tumbuh kembang anak.

Sajikan satu persatu sayur dan lauk pauk,sebelum digabun dalam satu menu.Cara ini akan memudahkan deteksi awal reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan.

Contohnya, menu hari pertama wortel dengan nasi saja,hari berikutnya nasi dengan tahu,hari ketiga menunya menjadi nasi, tahu dan wortel.Metode ini sebaiknya juga digunakan untuk mengetahui reaksi anak pada jenis protein hewani.

sayur dan biji-bijian

Waktu dan Porsi Makan Anak Dengan Alergi Susu Sapi

Secara umum porsi makan untuk anak dengan alergi susu sapi sama dengan anak lainya.Porsi disesuakan dengan kebutuhan pada tiap kelompok umur. Jangan memaksa makan dalam jumlah besar sekaligus .

 Yang penting diperhatikan adalah waktu makan.Disarankan untuk memberikan menu baru pada waktu pagi. Bila kemudian  ada reaksi alergi kita punya banyak waktu untuk melakukan pertolongan pertama.

alergi susu sapi

Nah bagaimana besti,sudah tidak panik lagi menghadapi anak denganalergi susu sapi.Yang perlu diingat alergi susu sapi bisa disembuhkan.Menghindari faktor risiko dan memberi asupan nutrisi yang seimbang akan membatu anak dengan alergi susu sapi tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Mei 19, 2023

Spot Foto instagramable di Pulau Kumayan

Pulau Kumayan  Tempat Asik Nan Aesthetic Di Bengkulu

Kali ini aku mau ceritain serunya cari spot foto yang kece di Pulau Kumayan. Sedikit info,Pulau Kumayan  adalah kawasan wisata alam mangrove di Kota Bengkulu. Eits, jangan salah meski namanya pulau,objek wisata Bengkulu ini berada di darat.

Lokasi Pulau Kumayan Bengkulu

Meskipun  terasa jauh dan ndeso,Pulau Kumayan masih berada dalam wilayah Kota Bengkulu. Tepatny di Jalan Raya Air Nakau - Sebakul Kelurahan Surabaya Kecamatan Sungai Serut Kota Bengkulu. 

Tidak ada rute angkutan umum kemari, jadi kamu yang berniat mampir kemari harus menggunakan kendaraan pribadi. Tapi jangan khawatir jalannya relatif baik  dan bisa dilalui semua jenis kendaraan.

Nah selain tidak tersedia transportasi umum, juga kagak ada yang namanya welcome gate atau gerbang masuk menuju Wisata Alam Pulau Kumayan.Di pinggir jalan cuma diberi plang papan nama sebagai petunjuk arah.Kalau mata enggak jeli bisa kebablasan. 

petunjuk arah pulau kumayan

 Jalan menuju wisata alam Pulau Kumayan yang kurang lebih sepanjang 2 kilo meter  masih tanah( waktu berkunjung  Mei 2023 )Setelah 1500 meter,barulah ketemu petugas penjual tiket. Kami membayar Tiket masuk Rp.10.000/orang dan Rp.2.000 untuk  parkir motor pada pemuda yang tidak pakai seragam pun tanda pengenal.


Beres urusan administrasi kami melanjutan sisa 500 meter perjalanan mencari tempat parkir. Ada yang unik, biasanya tiket  parkir diminta sebelum keluar di sini petugas parkir menanyakan tiket begitu kita masuk area. Untung aku sempat jepret tiket sebelum di bagi duo sama Kang Parkir.

Spot – Spot Foto Di Pulau Kumayan

Dari jalan masuk sampai ke parkiran sebenernya aku agak-agak pesimis ama tempat ini. Cuma disambut patung  harimau  yang tersenyum ramah, terus  taman bunganya juga di tata ala kadarnya. Megingatkan suasana taman di alun-alun suatu kabupaten.

Aku celingak - celinguk..............spot foto  hitsnya  dimana nihhhhhh........

Tentu saja aku tidak semudah itu putus asah Markonah. Pada Kang Parkir aku bertanya ’dek dimano yang adao tulisan besak Pulau Kumayan?’

‘ Di situ na ….’ telunjuknya mengarah ke bangunan berlantai kayu mirip panggung  tak jauh dari tempat kami berdiri. 

Photo Booth Pulau Kumayan

Biar mudah, aku sebut aja spot ini sebagai photo boothnya Pulau Kumayan. Dari sudut ini ini mulai keliatan photogenicnya objek wisata ini. Spot ini udah pasti jadi lokasi paling banyak  digunakan untuk pefotoan. Ukuranya lumayan luas jadi bisa ambil gambar dari berbagai sudut.

Pedestrian Pulau Kumayan


 Next stop adalah pedestrian Pulau Kumayan.Pedestrian di sini selain sebagai sarana mobilitas pengunjung sekaligus jadi atraksi. Memang tidak  terlalu lebar namun cukup kokoh.
Walau agak sulit cari angle  tapi foto dengan latar jalan kayu berkelak-kelok diantara batang-batang bakau terlihat cantik.

Pondok - Pondokan Pulau Kumayan

Selanjutnya  spot foto yang tidak kalah serunya  adalah  pondok-pondok kayu yang ada banyak di pulau kumayan. Setidaknya ada 3 jenis pondokan yang aku lihat di sini. Pertama pondok  yang bentuknya  miniatur rumah panggung dicat warna-warni. 

Pondokan ini ada beberapa belas di sepanjang jalur pedestrian. Ruang di bagian atas lumayan besar cukuplah untuk duduk berempat. Kalau naik ke pondok hati-hati,sebab beberapa pondok tangganya sudah lapuk.

Pondok ke 2 bentuknya seperti dangau sawah.Pondok jenis ini dibangun dibagian yang mungkin rencananya akan dikembangkan sebagai kolam pemancingan ikan. Pondok terakhir bentuknya seperti rumah boneka yang beneran bisa  bisa dimasukin. Donasaurus cuma sempat berfoto di pondok rumah panggung dan rumah boneka.

Menurut aku pondokan Pulau Kumayan Bengkulu ini cucok banget buat yang mau bikin konten atau menyepi cari inspirasi


BTW,pengelola Pulau Kumayan pada review googlemap menggunakan istilah saung untuk menyebut pondok - pondokan.

Tanpa mengurangi penghargaan  terhadap bahasa Sunda,karena lokasinya di Kota Bengkulu pada artikel ini aku menggunakan kata yang aslinya digunakan  orang  Bengkulu untuk menyebutnya yaitu pondokan.

Nah,di ujung lintasan pedestrian ada spot ‘love’ yang selalu muncul di medsos.Niat hati ingin berfoto juga,apa daya ada dua sejoli yang  terlihat enggan beranjak dari sono. Akhirnya donasaurus cari spot foto di atas jembatan saja.

Jembatan Pulau Kumayan

Jembatan dengan tiang-tiang kayu gelam terlihat kokoh. Cocok banget nih buat shooting video clip lagu atau OOTD. Dari sini bentang alam  terlihat lebih luas dan spektakuler gitu bestie.Enaknya berkunjung di hari kerja adalah jembatan ini kagak ada yang lewat,jadi serasa ane yang punya.

Waduh gak terasa  sudah hampir 2 jam keliling-keliling Pulau Kumayan. Menjelang tengah hari,cuaca udah tidak kondusif lagi buat berfoto. Donasaurus berteduh di pondok  dekat ticket box sepeda air dan karaoke. Sambil lalu,aku ngobrol sama kakak penjual tiket. Kalau mau karaoke berapa kak?

Pengunjung yang ingin melepas lelah setelah keliling hutan mangrove bisa rehat sambil karaokean dengan  tarifnya Rp 30.000/jam. Sementara mama dan papa karaokean, anak-anak bisa naik sepeda air atau yang biasa disebut perahu bebek Rp.10.000/20 menit. 

Bestie, satu yang unik dari Pulau Kumayan dibanding objek wisata alam sejenis ialah  sesungguhnya Pulau Kumayan adalah objek wisata buatan. Pada tahun 2019 Pak Herman pemilik lahan punya ide, untuk mengembangkan kawasan rawa dan hutan bambu seluas 15 hektare miliknya menjadi objek wisata.

Usaha Pak Herman dan team menyulap rawa bambu tempat  jin buang anak ini menjadi kawasan wisata alam yang cantik patut kita beri 2 jempol. Sekarang selain  pondok karaoke pengunjung  Pulau Kumayan dapat juga menikmati beberapa  sarana rekreasi seperti flying fox,sepeda air bebek,dan aktivitas outbond.Bengkulu Mei 2023

Fasilitas Wisata Alam Pulau Kumayan

Kamar Mandi Umum ✅

Mushola ❎

Waktu terbaik berfotoria

09.00 Wib - 12.00 Wib

April 08, 2023

Dampak kelahiran caesar pada kesehatan anak

Mengulik Imunitas Anak Yang Lahir Caesar

anak-ibu-mother-parenting

‘Anak yang lahir melalui operasi caesar atau yang secara umum disebut sesar  rentan mengalami ganguan saluran pencernaan dan mudah alergi’ penjelasan  Dr.dr Ariani  Dewi  Widodo SPA (K) membuat aku teringat  kepanikan  beberapa tahun lalu

Bangun tidur  aku panik melihat  ruam merah  di wajah dan kulit Ananda. Kupikir  itu bekas gigitan semut  tapi setelah diolesin minyak kayu putih ruamnya tak juga hilang malah menyebar ke seluruh tubuh.Singkat cerita emak mulai galau dan langsung tancap gas menuju Puskesmas terdekat.

Usai pemeriksaa dokter menjelaskan kemungkinan Ananda alergi makanan.Sebagai emak  pemula aku sempat bertanya, Ananda belum makan apa-apa cuma  mimik ASI doang kok bisa alergi makanan?

Dokter  yang kutemui di Puskesmas  ngejelasin,salah satu komponen pembuatan ASI adalah makanan yang diasup ibu. Walau tidak berdampak  alegi pada ibu tapi  karena sistem pencernaan imun anak masih lemah  membuatnya alergi jenis makanan  tertentu yang kebetulan dimakan ibunya.

Nah,karena Ananda lahir melalui operasi sesar maka risiko kena alerginya jauh lebih tinggi dibanding anak yang lahirnya  Pervaginam (melalui vagina ). Lantaran  panik saat itu aku gagal paham apa hubungannya kelahiran caesar dengan alergi?

bicara gizi-danone-dokter-ray

Walah ternyata aku tidak sendiri, Dr. dr. Ray Wagiu  Basrowi, MKK Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia menyampaikan hasil survey  ternyata 81%  Ibu tidak tau anak yang lahir caesar memiliki perbedaan mikrobiota saluran cerna dengan anak lahir normal.Dan 87% Ibu tidak tau bahwa kelahiran caesar dapat menyebabkan  ketidak  seimbangan bakteri baik di saluran cerna yang berpengaruh pada sistem imun anak.

Setelah mendengar  pakar-pakar  Bicara Gizi pas di webinar  Kunci  Kesehatan Jangka Panjang Anak Lahir Caesar yang digelar Danone Specialized Nutrition Indonesia (5/4/2023 )  baru deh aku mendapatkan pencerahan.

Salah satu risiko kesehatan yang dialami anak kelahiran caesar  adalah ketidak seimbangan mikroorganisme  di dalam ususnya. Ketidak seimbangan atau yang dikenal dengan disbiosis usus terjadi karena jumlah bakteri buruk lebih banyak dari bakteri baik

Jadi gini, anak yang lahir  pervaginam secara alami  akan terpapar mikrobiota yang berada saluran keluar  atau jalan lahir di vagina Ibunya. Mikrobiota  yang secara awam dikenal sebagai bakteri baik  tadi langsung membentuk koloni di dalam saluran cerna anak. Bakteri baik ini berperan penting  dalam  pembentukan sistem imunitas.

Sementara anak  kelahiran caesar – sesar tidak sempat terpapar mikrobiota di jalan lahir.Bakteri yang pertama kontak dengan anak yang lahir sesar adalah mikrobiota yang berada di permukaan kulit ibu dan petugas kesehatan yang membantu persalinan.

dr ariani spa

Dokter Ariani menambahkan  biasanya mikrobiota yang lengket di kulit lebih banyak bakteri buruk dari bakteri baiknya.Dominasi bakteri buruk dalam saluran cerna membuat saluran pencernaan tidak berfungsi sebagaimana harusnya.

Selain menyebabkan alergi dalam jangka panjang disbiosis pada saluran cerna juga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak kelahiran caesar.

Bagaimana Memperkuat Imunitas Anak kelahiran Caesar 

Setelah mengetahui duduk perkara mengapa penting menjaga kesehatan saluran cerna anak yang kelahiran caesar,misi selanjutnya  bagaimana cara memperkuat sistem imun anak kelahiran caesar.

Dokter Ariani menegaskan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan imunitasanak  anak kelahiran caesar adalah dengan asupan nutrisi yang tepat. Mereka  memerlukan asupan probiotik dan prebiotik untuk menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan tidak baik dalam saluran cerna.

Air susu ibu( ASI)  adalah cara terbaik untuk menyeimbangkan profil mikrobiota. ASI mengandung semua yang dibutuhkan anak, termasuk zat gizi makro (karbohidrat, lemak, protein) maupun zat gizi mikro (vitamin, mineral).

Selain itu ASI juga mengandung sinbiotik merupakan antara prebiotik dan probiotik yang membentuk sistem imun dengan mendukung interaksi antara sistem imun dengan bakteri saluran cerna.

Saat anak kelahiran caesar sudah melewati umur 6 bulan,prebiotik dan probiotik dapat disisipkan dalam jumlah sewajarnya sebagai Makanan Pendamping ASI.

Nah,beruntung banget karena makanan dan minuman yang mengandung prebiotik dan probiotik relative mudah didapat di Indonesia.

parenting bicara gizi

Sumber Makanan Yang Baik Untuk Saluran Cerna Anak Kelahiran Caesar

Masih ingetkan ya,Probiotik adalah bakteri aktif yang terdapat dalam bahan makanan yang difermentasi. Sementara Prebiotik adalah zat yang terkandung dalam makanan yang tidak bisa dicerna  di dalam usus.Guna prebiotik sebagai makanan untuk merangsang perkembangan bakteri probiotik.

Dari difinisi probiotik tadi kamu pasti sudah bisa mengira-ngira  apa saja yang bisa jadi sumber bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna anak kelahiran caesar.

Tempe

Tempe sumber probiotik yang baik untuk saluran cerna. Selain mudah didapat tempe juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang disukai anak-anak.

Kimchi

Kimchi permentasi sayuran yang populer di Korea inipun sangat baik untuk konsumsi karena kaya probiotik.

Yoghurt

Susu yang sudah melalui proses fermentasi ini sudah lama dikenal sebagai sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Nah sekarang bestie  gak perlu khawatir lagi tentang  apa yang harus dilakukan  untuk menjaga dan meningkatkan imunias anak-anak yang lahir melalui operasi caesar.

komunitas teman bumil

Kalau masih ada yang menganjal di hati,bestie bisa gabung di Komunitas Teman Bumil yang diinisiasi Danone Specialized Nutrition Indonesia.

Komunitas online ini ada aplikasinya juga loh,yang bisa diunduh geratis di google playstore.Kamu bisa sharing pengalaman ataupun pertanyaan seputar kehamilan,ASI dan tumbuh kembang anak. Yuk,bergabung bersama moms lainya untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak Indonesia.donasaurus.com

Maret 17, 2023

Komunitas Blogger Yang Paling Asik

Pentingnya Komunitas Bagi Blogger


Bebas Menulis Di Blog

Dulu media cetak seperti koran dan majalah adalah satu-satunya ruang pamer karya para penulis. Ribuan artikel,puisi,juga cerpen diterima redaksi tapi cuma beberapa yang sempat diterbitkan.Walhasil banyak penulis berbakat patah arang lalu berhenti berkarya.

Zaman now media cetak masih ada dan tetap penting,tapi tidak lagi menjadi satu-satunya tempat unjuk karya.Thanks to teknologi informasi yang melahirkan  media sosial.

Cuma perlu waktu 15 menit untuk membuat blog dan cukup satu 'klik'  untuk memublikasikan artikel yang bisa diakses dari seluruh penjuru dunia.

Selain akses yang mudah,jangauan luas yang enggak kalah menariknya adalah  kebebasan mengekspresikan diri. Jadi blogger itu bebas mau nulis artikel apa dengan gaya bahasa suka-suka enggak ada yang ngelarang. Kebebasan yang mahal ini menjadikan blog media publikasi alternatif yang populer di seluruh dunia.

Dari tadi muji-muji keunggulan menulis di blog,apa blog enggak ada kekuranganya? Woles bestie,siapkan matamu untuk  membacanya …………..

Selain keterampilan merangkai kata menjadi cerita,seorang blogger juga harus Melek Digital.Wajar dong karena blog adalah media online yang terhubung dengan internet.

Maka  idealnya blogger itu harus paham sedikit tentang bahasa pemograman,Search Engine Optimization (SEO)  dan keyword. Nah, susahnya menjadi blogger dimulai dari sini.

Awal-awal ngeblok aku beneran dibuat bingung dengan segala pernak-penik template dan bahasa pemograman.Sudah coba belajar dari baca-baca blog para suhu,masih saja belum faham maksudnya.

Nah,kebetulan di facebook aku menemukan Komunitas Kompasianer Palembang – Kompal , gabunglah aku disana. Singkat cerita,berkenalanlah aku dengan Kompasianer  yang ternyata adalah blogger-blogger local yang sudah Go Nasional.

Awalnya ragu juga,apa aku bisa nyambung dengan mereka yang rata-rata belasan tahun lebih muda dariku. Alhamdulilah,anak-anak muda yang pinter-pinter ini tak keberatan berbagi ilmu dengan Bibik Dona.

Kompasianer Palembang adalah komunitas blogger pertamakau. Dari mereka aku mendapat informasi tentang komunitas – komunitas blogger yang lain.

Komunitas Online Lebih Praktis

Dibanding ikut kursus atau workshop ikutan komunitas blogger itu praktis dan ekonomis. Hampir semua kegiatan dilakukan secara online.Jadi tidak mengangu pekerjaan utama dan bisa diakses daru mana saja

 Komunitas  Blogger  Sumber Informasi

Komunita blogger sudah pasti punya agenda untuk upgrade kemampuan anggotanya dalam mengelola blog secara umum. Misalnya ngadain webinar dengan mengundang narasumber yang kompeten dibidang penulisan copywriting atau berbagi ilmu seputar SEO.

Walaupun ada juga komunitas blogger yang secara khusus membantu memperbaiki nila Domain Autority anggotanya dan seperti mengesampingkan pentingnya kemampuan menulis artikel yang enak dibaca.

Komunitas Blogger Memperluas Networking

Anggota komunitas blogger dari berbagai tingkatan kemampuan dari yang ngerasi Nubie  sampai yang sudah dipanggil Suhu. Selain berbagi ilmu para Suhu juga suka bagi-bagi job pada anggota komunitasnya.

Jadi selain  sumber informasi dan mencari inspirasi gabung di komunitas blogger juga memperluas networking.

Support Antara Sesama Anggota Komunitas Blogger

Interaksi yang terjadi di dalam blog itu sifatnya terukur.Berapa banyak visitor dan berapa jumlah komentar dalam satu artikel menentukan nilai blog.Nah,keuntungan gabung di komunitas blogger itu antara lain bisa ikutan Blog Walking atau saling kunjung dan komen di blog anggota komunitas.

 Selain meningkatkan trafik,blog walking juga bisa mendatangkan inspirasi untuk penataan blog dan ide artikel.

Pilih Komunitas Yang Mendukung Aktivitas

 Aku suka bercocok tanam,biar mudah memahami aku menganalogikan blog itu seperti petak di kebun Meskipun punya bibit unggul kalau tidak mengetahui karakter tanaman dan cara pemeliharaanya kamu bakalan gagal panen. Karena itu blogger  kudu belajar serba-serbi pengelolaan blog agar bisa panen raya.

 Bergabung bersama komunitas yang mendukung aktivitas akan menumbuhkan semangat belajar. Apalagi komunitas dengan minat yang sama akan lebih mudah mengerti masalah yang kita hadapi. Solusi menyelesaikan masalah juga lebih beragam,karena tiap  anggota punya pengalaman dan pengetahuan yang beragam pula.

Komunitas Bloggercrony Indonesia

Nah, Bloggercrony Community – BCC adalah komunitas blogger Indonesia yang banyak direkomendasikan untuk diikuti. BCC yang  eksis sejak 4 Februari 2015 tetap konsisten jadi fasilitator bagi blogger untuk membuat konten yang informatif,edukatif dan memberdayakan pembaca.

Tuh kan enggak ada alasan lagi untuk males gabung dengan komunitas blogger.Kamu bisa mulai dengan follow semua akun media sosial bloggercrony dan bergabung bersama ribuan blogger menginspirasi dan memberdayakan Indonesia.

Januari 19, 2023

Injeksi Endrolin Di RS Muhammad Hoesin Palembang

Pengalaman 3 Kali  Injeksi Endrolin Di RSMH Palembang

review injeksi endrolin

Bestie, artikel pengalaman injeksi endrolin ini adalah kelanjutan dari artikel pengalamanku operasi mioma dan kista.Nah, buat kamu yang terlewatkan ceritanya  mampir dong dipengalaman dona operasi mioma.

Sebelum lanjut tentang Injeksi endrolin,aku flashback dulu kenapa dokter memberi rekomendasi terapi hormon dengan  injeksi endrolin.


Jadi,dari hasil hasil pemeriksaan  Patologi (PA) pada tumor mioma dan kista disimpulkan  aku mengalami Andenomiosis Uteri dan Endometriosis Ovarium.

Ringkasnya  Endometriosis  Ovarium  adalah jaringan yang seharusnya tumbuh di dinding rahim  malah tumbuh di luar rahim. Penyebabnya adalah retrograde  menstruasi, yaitu kelainan pada proses pengeluaran darah menstruasi. 

Darah yang harusnya menuju keluar  dari rahim, jadi putar balik masuk lagi ke dalam rahim.Hal itu  menyebabkan penebalan dan iritasi pada dinding rahim. Untuk mengembalikan  sirkulasi darah  sebagimana mestinya, dokter spesialis kandungan merekomendasikan   aku terapi hormon.

Sebagai info, injeksi hormon lumayan mahal biayanya. Kisaran harga  untuk dosis sekali suntik  adalah Rp.1.500.000 – Rp.1.750.000, tergantung brand yang digunakan. 

Jadi wajar saja kalau tidak semua fasilitas kesehatan  tingkat 2 menyediakan  layanan injeksi hormon dengan tanggungan  BPJS. 

Untuk  wilayah  Sumatera Selatan misalnya,   pasien yang memerlukan terapi  endrolin akan dirujuk ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang (RSMH).

Efek Samping Injeksi Endrolin

Info yang aku baca di blog – blog kesehatan merekomendasikan injeksi hormon, harus dimulai selama  5 hari pertama siklus menstruasi.Tapi dokter yang memberi rujukan sama sekali tidak  menyinggung soal ini.

Akupun berprasangka baik saja, mungkin dokter memberi  pengecualian mengingat  riwayat penyakit dan tindakan operasi yang sudah pernah  dijalani. 

So,empat  minggu  usai pembedahan  Laparotomi aku datang ke unit Ongkologi dan Ginekologi - Poli Obgyn RSMH  untuk mendapat injeksi hormon.

Sudah lama banget tidak berobat ke  RSMH, agak kagok juga mengikuti perubahan prosedur. Seperti pendaftaran pasien lama yang wajib ndaftar online terus juga prosedur tindakan yang lumayan ribet.

Contohnya, kupikir setelah lapor ke poli obgyn tinggal tunggu panggilan untuk diinjeksi.Ternyata tidak bestie.Pasien diberi resep lalu ambil sendiri ke unit farmasi lalu balik lagi ke poli obgyn  untuk menyerahkan obat. 

Setelah sabar menanti hampir dua jam di ruang tunggu tiba juga giliranku. Ruang pemeriksaan  tidak seberapa besar, disalah satu sudut ada kursi ginekologi  yang diberi partisi horden warna putih.

Ada 2 meja untuk dokter dan satu meja petugas administrasi(yang kemudian baru aku tahu bahwa Ibu perawat ini juga bertugas menyuntik pasien).

Seorang dokter lelaki  pertengahan 30an, menyuruhku duduk sementara  ia membaca surat rujukan.Kelar membaca,ia menjelaskan  bahwa  aku akan mendapat 3 kali injeksi  hormon tapros dengan jarak satu bulan per injeksi. 

Sambil menuliskan resep Pak dokter menjelaskan terapi hormon dapat  menyebabkan tulang belakang  kehilangan kepadatan  atau densitas  tulang. 

Jadi efek samping yang sering dirasakan adalah  sendi kaku atau tulang akan terasa ngilu. Untuk mengurangi rasa sakit pasien diberi  tablet kalsium  (kalk). Disarankan juga untuk minum susu dengan kandungan kalsium tinggi. 

Setelah menerima resep aku bergegas ke bagian farmasi  dan ……satu jam kemudian kembali ke poli obgyn   untuk disuntik. 

Nah, sampai disini aku salah paham mengenai nama obat (brand) yang digunakan. Gini loh, sejak awal dokter spesialis kandungan bilang kalau aku akan di suntik tapros. Aku heran  pas baca kotaknya kok mereknya  Endrolin ? 

Takut salah obat akupun bertanya pada petugas kesehatan di  poli obgyn . Dengan santai bu perawat menjelaskan Tapros  atau Endrolin  fungsinya sama saja. Sambil senyum ia menambahkan "yang beda  cuma harganya......"

Hadehhh ini ibarat  menyebut softek untuk semua jenis pembalut. Sekarang tapros sudah jadi nama generic obat terapi hormon.


Efek samping injeksi endrolin

Efek Samping Injeksi Endrolin Ke Satu

Karena jarak pasca tindakan operasi dan suntik endrolin yang relatif dekat (cuma  1 bulan) setelah operasi mioma. Membuat aku bingung  merasa-rasa, apakah ini reaksi pasca operasi atau efek samping injeksi endrolin ?

Misalnya nih dua minggu setelah suntik endrolin aku mulai ngerasa kram  dan pegel-pegel, eh ternyata itu  PMS - Premenstrual Syndrome.Ternyata setelah bersih haid pegel dan ngilu terus berlanjut.

Nah, puncaknya suatu pagi aku kesulitan bangun dari tempat tidur.Tulang  sendi rasa kaku dan nyeri semua.Waduhhh, sepertinya perlahan-lahan  aku mulai kehilangan densitas tulang. 

Mengikuti petunjuk dokter, aku teruskan minum tablet kalsium merek cortez  yang kemarin diresepkan. Menjelang injeksi endrolin ke dua kaku,pegal dan nyerih berlahan menghilang.

Efek Samping Injeksi Endrolin Ke Dua

Tepat satu bulan dari injeksi endrolin pertama,aku datang lagi ke RSMH untuk  injeksi ke dua. Prosedur endrolin kedua sama dengan yang pertama. Diberi resep-ngantri obat-balik lagi untuk injeksi.

Aku kembali bertemu pasien yang sama-sama injeksi endrolin bulan lalu.Seperti biasa sambil menunggu giliran kami bertukar pengalaman yang dirasakan pasca injeksi.

 Efek samping yang dirasakan pada setiap tahapan injeksi ternya berbeda-beda. Ada yang mengalami mentruasi yang panjang dan deras setelah injeksi ke dua.Sementara yang lain malah sama sekali tidak mengalami menstruasi,setelah injeksi pertama dan kedua.Tapi secara umum semua merasakan kaku, pegal dan nyeri sendi.

Satu minggu kemudian.......

Seminggu setelah injeksi endrolin ke dua aku mulai merasa pusing,mual,dan kulit dan rongga mulut terasa kering.

Kali ini efeknya beneran mengangu aktivitas sehari-hari.Akhirnya dari pada salah minum obat, aku konsultasi pada dokter di Puskesmas.

Menghindari misinformasi aku jelaskan, kalau saat ini sedang mengikuti terapi injeksi endrolin. Dokternya bilang kemungkinan besar ini adalah efek samping dari terapi hormon itu. Untuk meringankan sakit kepala dan mual ia meresepkan vitamin,tablet sakit kepala, plus obat untuk mengurangi rasa mual.

Perlahan sakit kepala dan mual berkurang dan menjelang injeksi ke 3 rasa itu hilang sama sekali. Yang tinggal hanya rasa kering di kulit dan mulut. Kulit kering ku akali dengan rajin pake body lotion.Kemudian banyak minum air putih utuk mengurasi rasa kering di rongga mulut.

Efek Samping Injeksi Endrolin ke Tiga

Akhirnya aku sampai pada injeksi endrolin ke tiga.Kali ini  ketemu dokter baru lagi yang tidak seramah dokter-dokter sebelumnya.

Bisa dibilang aku dan dokter ini sama sekali tidak berkomunikasi.Aku duduk lalu dia memberiku resep, kemudian aku keluar ruangan. Udah gitu aja,tidak ada sepatah dua patah katapun.

Kadang aku berpikir,apakah dokter-dokter muda itu tidak ingin mendapat wawasan baru tentang penyakit dan efek suatu pengobatan dengan bertanya langsung pada pasien.Ah,mungkin buku-buku referensi yang setebal-tebal bantal itu sudah dirasa cukup untuk mereka.

Setelah injeksi endrolin ke 3, ibu petugas kesehatan poli obygen memberiku Surat Kontrol Rawat Jalan untuk evaluasi bulan depan.

After 3 week........

Selain kulit dan mulut yang masih terasa kering, aku hampir tidak merasakan pusing,mual dan pegal.Menstruasiku juga teratur dan durasinya normal.

Kalau baca-baca daftar efek samping penggunaan Endrolin,aku  mengalami 3 kondisi plus 1 kondisi yang tidak ada dalam daftar.

  • Pegal dan nyeri sendi
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kulit dan rongga mulut kering

Hasil Evaluasi Pasca 3 Kali Injeksi Endrolin

Satu bulan setelah injeksi endrolin ke 3,berarti aku sudah mengikuti treatmen injeksi hormon ini selama 4 bulan. Penasaran juga sih gimana efek injeksi senilai 4,5 jt  pada kondisi Endometriosis  Ovarium.

Serupa tapi tak sama dengan  prosedur  injeksi endrolin  4 bulan sebelumnya. Kali ini tidak ada pengambilan obat, tapi Petugas kesehatan di poli obgyn memberi surat pengantar untuk tindakan USG ke divisi Fetomaternal. Dengan pesan nanti aku harus balik lagi poli obgyn untuk  pembacaan hasilnya.

Akhirnya dipanggil untuk mendengar pembacaan hasil USG sekitar  5 jam kemudian.  Terhitung sejak mulai ngantri  di poli obgyn sampai menunggu hasil USG.  Uwow sekali  bosennya,capeknya,keselnya. 

Kali ini ketemu dokter yang berbeda lagi dari 3 dokter sebelumya. Wusssss, gak sampe 5 menit dia cuma bilang ‘selamat bu, hasil USGnya  semua bagus’  selembar kertas dan print out hasil USG diserahkan padaku. Gitu doang…..

Tidak ada kesan dan pesan dari dokter tentang bagaiman langkah selanjutnya agar penyakitku tidak balik lagi atau apalah gitu.

Keluar dari ruang priksa, aku buru-buru  baca hasil USG itu. Meski tidak semua istilah medinya aku mengerti, tapi kesimpulanya kondisi rahimku secara umum  terlihat normal. Aku meninggalkan RSMH dengan rasa bahagia.Dalam hati aku berdoa semoga aku sehat terus sampai akhir hayatku nanti.Amin.

surat keterangan post reseksi andenomiosis kisektomi
Hasil USG  Empat bulan setelah Injeksi Endrolin

Kesimpulannya…

Bestie,efek samping yang dirasa setelah injeksi endrolin berbeda-beda.Perbedaan reaksi tubuh dan efek samping yang dirasakan setelah injeksi Endrolin mungkin dipengaruhi oleh

  • Usia

Makin tua usia maka masa tulangpun akan semkin menyusut. Hal inilah memperparah rasa nyeri,pegal,dan kaku pada sendi.

  • Mempunyai riwayat penyakit lain

Mereka yang punya riwayat penyakit lain seperti darah rendah,darah tinggi  akan merasakan efek pusing,mual,bahkan emosi yang tidak stabil selama masa terapi.

  • Tingkat stres

Keputusan ‘terpaksa’ untuk menerima tindakan injeksi  endrolin bisa saja  membuat beberapa orang stres. Tekanan perasaan bisa membuat daya tahan menurun dan rasa sakit semakin menjadi.

Injeksi Endrolin  Yay or Nay ?

Apakah aku meyarankan penderita Endometriosis  Ovarium untuk mengikuti terapi injeksi endrolin?

 Yess,aku merekomendasikan semua penderita Endometriosis  Ovarium untuk mendapatkan terapi hormon endrolin. Alasanku sederhana  pertama Endometriosis  Ovarium tidak bisa sembuh sendiri. 

Alasan ke dua Endometriosis  Ovarium menyebabkan retrograde menstruasi,rasa sakit, kemandulan dan masalah pada organ reproduksi.

Alasan terakhir  dalam jangka panjang Endometriosis  Ovarium dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker. 

Jadi aku merekomendasikan injeksi endrolin sebagai iktiar kita untuk mencegah penyakit yang lebih berat dimasa depan.

             Alasan mengapa injeksi Endrolin penting

Nah bestie, itu resume dari  pengalamanku 3 kali injeksi endrolin.Semoga bisa membuka  wawasan dan kalau kamu punya pengalaman atau saran seputar  Endometriosis  Ovarium dan injeksi endrolin  yuk berbagi di komen. donasaurus 2023

Connect