Carousel

Januari 19, 2023

Injeksi Endrolin Di RS Muhammad Hoesin Palembang

Pengalaman 3 Kali  Injeksi Endrolin Di RSMH Palembang

review injeksi endrolin

Bestie, artikel pengalaman injeksi endrolin ini adalah kelanjutan dari artikel pengalamanku operasi mioma dan kista.Nah, buat kamu yang terlewatkan ceritanya  mampir dong dipengalaman dona operasi mioma.

Sebelum lanjut tentang Injeksi endrolin,aku flashback dulu kenapa dokter memberi rekomendasi terapi hormon dengan  injeksi endrolin.


Jadi,dari hasil hasil pemeriksaan  Patologi (PA) pada tumor mioma dan kista disimpulkan  aku mengalami Andenomiosis Uteri dan Endometriosis Ovarium.

Ringkasnya  Endometriosis  Ovarium  adalah jaringan yang seharusnya tumbuh di dinding rahim  malah tumbuh di luar rahim. Penyebabnya adalah retrograde  menstruasi, yaitu kelainan pada proses pengeluaran darah menstruasi. 

Darah yang harusnya menuju keluar  dari rahim, jadi putar balik masuk lagi ke dalam rahim.Hal itu  menyebabkan penebalan dan iritasi pada dinding rahim. Untuk mengembalikan  sirkulasi darah  sebagimana mestinya, dokter spesialis kandungan merekomendasikan   aku terapi hormon.

Sebagai info, injeksi hormon lumayan mahal biayanya. Kisaran harga  untuk dosis sekali suntik  adalah Rp.1.500.000 – Rp.1.750.000, tergantung brand yang digunakan. 

Jadi wajar saja kalau tidak semua fasilitas kesehatan  tingkat 2 menyediakan  layanan injeksi hormon dengan tanggungan  BPJS. 

Untuk  wilayah  Sumatera Selatan misalnya,   pasien yang memerlukan terapi  endrolin akan dirujuk ke Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang (RSMH).

Efek Samping Injeksi Endrolin

Info yang aku baca di blog – blog kesehatan merekomendasikan injeksi hormon, harus dimulai selama  5 hari pertama siklus menstruasi.Tapi dokter yang memberi rujukan sama sekali tidak  menyinggung soal ini.

Akupun berprasangka baik saja, mungkin dokter memberi  pengecualian mengingat  riwayat penyakit dan tindakan operasi yang sudah pernah  dijalani. 

So,empat  minggu  usai pembedahan  Laparotomi aku datang ke unit Ongkologi dan Ginekologi - Poli Obgyn RSMH  untuk mendapat injeksi hormon.

Sudah lama banget tidak berobat ke  RSMH, agak kagok juga mengikuti perubahan prosedur. Seperti pendaftaran pasien lama yang wajib ndaftar online terus juga prosedur tindakan yang lumayan ribet.

Contohnya, kupikir setelah lapor ke poli obgyn tinggal tunggu panggilan untuk diinjeksi.Ternyata tidak bestie.Pasien diberi resep lalu ambil sendiri ke unit farmasi lalu balik lagi ke poli obgyn  untuk menyerahkan obat. 

Setelah sabar menanti hampir dua jam di ruang tunggu tiba juga giliranku. Ruang pemeriksaan  tidak seberapa besar, disalah satu sudut ada kursi ginekologi  yang diberi partisi horden warna putih.

Ada 2 meja untuk dokter dan satu meja petugas administrasi(yang kemudian baru aku tahu bahwa Ibu perawat ini juga bertugas menyuntik pasien).

Seorang dokter lelaki  pertengahan 30an, menyuruhku duduk sementara  ia membaca surat rujukan.Kelar membaca,ia menjelaskan  bahwa  aku akan mendapat 3 kali injeksi  hormon tapros dengan jarak satu bulan per injeksi. 

Sambil menuliskan resep Pak dokter menjelaskan terapi hormon dapat  menyebabkan tulang belakang  kehilangan kepadatan  atau densitas  tulang. 

Jadi efek samping yang sering dirasakan adalah  sendi kaku atau tulang akan terasa ngilu. Untuk mengurangi rasa sakit pasien diberi  tablet kalsium  (kalk). Disarankan juga untuk minum susu dengan kandungan kalsium tinggi. 

Setelah menerima resep aku bergegas ke bagian farmasi  dan ……satu jam kemudian kembali ke poli obgyn   untuk disuntik. 

Nah, sampai disini aku salah paham mengenai nama obat (brand) yang digunakan. Gini loh, sejak awal dokter spesialis kandungan bilang kalau aku akan di suntik tapros. Aku heran  pas baca kotaknya kok mereknya  Endrolin ? 

Takut salah obat akupun bertanya pada petugas kesehatan di  poli obgyn . Dengan santai bu perawat menjelaskan Tapros  atau Endrolin  fungsinya sama saja. Sambil senyum ia menambahkan "yang beda  cuma harganya......"

Hadehhh ini ibarat  menyebut softek untuk semua jenis pembalut. Sekarang tapros sudah jadi nama generic obat terapi hormon.


Efek samping injeksi endrolin

Efek Samping Injeksi Endrolin Ke Satu

Karena jarak pasca tindakan operasi dan suntik endrolin yang relatif dekat (cuma  1 bulan) setelah operasi mioma. Membuat aku bingung  merasa-rasa, apakah ini reaksi pasca operasi atau efek samping injeksi endrolin ?

Misalnya nih dua minggu setelah suntik endrolin aku mulai ngerasa kram  dan pegel-pegel, eh ternyata itu  PMS - Premenstrual Syndrome.Ternyata setelah bersih haid pegel dan ngilu terus berlanjut.

Nah, puncaknya suatu pagi aku kesulitan bangun dari tempat tidur.Tulang  sendi rasa kaku dan nyeri semua.Waduhhh, sepertinya perlahan-lahan  aku mulai kehilangan densitas tulang. 

Mengikuti petunjuk dokter, aku teruskan minum tablet kalsium merek cortez  yang kemarin diresepkan. Menjelang injeksi endrolin ke dua kaku,pegal dan nyerih berlahan menghilang.

Efek Samping Injeksi Endrolin Ke Dua

Tepat satu bulan dari injeksi endrolin pertama,aku datang lagi ke RSMH untuk  injeksi ke dua. Prosedur endrolin kedua sama dengan yang pertama. Diberi resep-ngantri obat-balik lagi untuk injeksi.

Aku kembali bertemu pasien yang sama-sama injeksi endrolin bulan lalu.Seperti biasa sambil menunggu giliran kami bertukar pengalaman yang dirasakan pasca injeksi.

 Efek samping yang dirasakan pada setiap tahapan injeksi ternya berbeda-beda. Ada yang mengalami mentruasi yang panjang dan deras setelah injeksi ke dua.Sementara yang lain malah sama sekali tidak mengalami menstruasi,setelah injeksi pertama dan kedua.Tapi secara umum semua merasakan kaku, pegal dan nyeri sendi.

Satu minggu kemudian.......

Seminggu setelah injeksi endrolin ke dua aku mulai merasa pusing,mual,dan kulit dan rongga mulut terasa kering.

Kali ini efeknya beneran mengangu aktivitas sehari-hari.Akhirnya dari pada salah minum obat, aku konsultasi pada dokter di Puskesmas.

Menghindari misinformasi aku jelaskan, kalau saat ini sedang mengikuti terapi injeksi endrolin. Dokternya bilang kemungkinan besar ini adalah efek samping dari terapi hormon itu. Untuk meringankan sakit kepala dan mual ia meresepkan vitamin,tablet sakit kepala, plus obat untuk mengurangi rasa mual.

Perlahan sakit kepala dan mual berkurang dan menjelang injeksi ke 3 rasa itu hilang sama sekali. Yang tinggal hanya rasa kering di kulit dan mulut. Kulit kering ku akali dengan rajin pake body lotion.Kemudian banyak minum air putih utuk mengurasi rasa kering di rongga mulut.

Efek Samping Injeksi Endrolin ke Tiga

Akhirnya aku sampai pada injeksi endrolin ke tiga.Kali ini  ketemu dokter baru lagi yang tidak seramah dokter-dokter sebelumnya.

Bisa dibilang aku dan dokter ini sama sekali tidak berkomunikasi.Aku duduk lalu dia memberiku resep, kemudian aku keluar ruangan. Udah gitu aja,tidak ada sepatah dua patah katapun.

Kadang aku berpikir,apakah dokter-dokter muda itu tidak ingin mendapat wawasan baru tentang penyakit dan efek suatu pengobatan dengan bertanya langsung pada pasien.Ah,mungkin buku-buku referensi yang setebal-tebal bantal itu sudah dirasa cukup untuk mereka.

Setelah injeksi endrolin ke 3, ibu petugas kesehatan poli obygen memberiku Surat Kontrol Rawat Jalan untuk evaluasi bulan depan.

After 3 week........

Selain kulit dan mulut yang masih terasa kering, aku hampir tidak merasakan pusing,mual dan pegal.Menstruasiku juga teratur dan durasinya normal.

Kalau baca-baca daftar efek samping penggunaan Endrolin,aku  mengalami 3 kondisi plus 1 kondisi yang tidak ada dalam daftar.

  • Pegal dan nyeri sendi
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kulit dan rongga mulut kering

Hasil Evaluasi Pasca 3 Kali Injeksi Endrolin

Satu bulan setelah injeksi endrolin ke 3,berarti aku sudah mengikuti treatmen injeksi hormon ini selama 4 bulan. Penasaran juga sih gimana efek injeksi senilai 4,5 jt  pada kondisi Endometriosis  Ovarium.

Serupa tapi tak sama dengan  prosedur  injeksi endrolin  4 bulan sebelumnya. Kali ini tidak ada pengambilan obat, tapi Petugas kesehatan di poli obgyn memberi surat pengantar untuk tindakan USG ke divisi Fetomaternal. Dengan pesan nanti aku harus balik lagi poli obgyn untuk  pembacaan hasilnya.

Akhirnya dipanggil untuk mendengar pembacaan hasil USG sekitar  5 jam kemudian.  Terhitung sejak mulai ngantri  di poli obgyn sampai menunggu hasil USG.  Uwow sekali  bosennya,capeknya,keselnya. 

Kali ini ketemu dokter yang berbeda lagi dari 3 dokter sebelumya. Wusssss, gak sampe 5 menit dia cuma bilang ‘selamat bu, hasil USGnya  semua bagus’  selembar kertas dan print out hasil USG diserahkan padaku. Gitu doang…..

Tidak ada kesan dan pesan dari dokter tentang bagaiman langkah selanjutnya agar penyakitku tidak balik lagi atau apalah gitu.

Keluar dari ruang priksa, aku buru-buru  baca hasil USG itu. Meski tidak semua istilah medinya aku mengerti, tapi kesimpulanya kondisi rahimku secara umum  terlihat normal. Aku meninggalkan RSMH dengan rasa bahagia.Dalam hati aku berdoa semoga aku sehat terus sampai akhir hayatku nanti.Amin.

surat keterangan post reseksi andenomiosis kisektomi
Hasil USG  Empat bulan setelah Injeksi Endrolin

Kesimpulannya…

Bestie,efek samping yang dirasa setelah injeksi endrolin berbeda-beda.Perbedaan reaksi tubuh dan efek samping yang dirasakan setelah injeksi Endrolin mungkin dipengaruhi oleh

  • Usia

Makin tua usia maka masa tulangpun akan semkin menyusut. Hal inilah memperparah rasa nyeri,pegal,dan kaku pada sendi.

  • Mempunyai riwayat penyakit lain

Mereka yang punya riwayat penyakit lain seperti darah rendah,darah tinggi  akan merasakan efek pusing,mual,bahkan emosi yang tidak stabil selama masa terapi.

  • Tingkat stres

Keputusan ‘terpaksa’ untuk menerima tindakan injeksi  endrolin bisa saja  membuat beberapa orang stres. Tekanan perasaan bisa membuat daya tahan menurun dan rasa sakit semakin menjadi.

Injeksi Endrolin  Yay or Nay ?

Apakah aku meyarankan penderita Endometriosis  Ovarium untuk mengikuti terapi injeksi endrolin?

 Yess,aku merekomendasikan semua penderita Endometriosis  Ovarium untuk mendapatkan terapi hormon endrolin. Alasanku sederhana  pertama Endometriosis  Ovarium tidak bisa sembuh sendiri. 

Alasan ke dua Endometriosis  Ovarium menyebabkan retrograde menstruasi,rasa sakit, kemandulan dan masalah pada organ reproduksi.

Alasan terakhir  dalam jangka panjang Endometriosis  Ovarium dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker. 

Jadi aku merekomendasikan injeksi endrolin sebagai iktiar kita untuk mencegah penyakit yang lebih berat dimasa depan.

             Alasan mengapa injeksi Endrolin penting

Nah bestie, itu resume dari  pengalamanku 3 kali injeksi endrolin.Semoga bisa membuka  wawasan dan kalau kamu punya pengalaman atau saran seputar  Endometriosis  Ovarium dan injeksi endrolin  yuk berbagi di komen. donasaurus 2023

Desember 10, 2022

Kereta Api Dan Gerakan Kembali Ke Angkutan Umum

payo naek kereta api

“KA Sriwijaya” tertulis di papan informasi, anak panahnya mengarahkan diriku kepada kereta yang akan aku tumpangi. Dengan santai aku memasuki gerbong kereta dan mencari kursi yang tertera dalam tiketku.

 Setelah menaruh  ransel di rak kabin, sambil menunggu kereta berangkat aku melihat keluar jendela. Sudah lewat magrib  tapi stasiun Tanjung Karang masih dipenuhi aktivitas.Orang lalu-lalang, petugas  PJKA berseragam mengawasi keadaan sekitar dan memeriksa kondisi kereta.

Kereta Api Angkutan Umum Murah Meriah

            Berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dengan  kereta punya keasikan tersendiri. Naik kereta api adalah pilihan terbaik buat kamu yang suka emosian melihat pengguna jalan yang ugal-ugalan. Jalur rel yang melintasi  sawah,ladang,kebun dan kota-kota kecil membuat penumpang serasa nonton virtual tour. Sayangnya kali ini aku naik kereta malam,jadi tak banyak hal yang bisa dilihat di sepanjang lintasan.

            Kereta  mulai melaju dari Tanjung Karang  menuju  Stasiun Kertapati di Palembang.Perkiraan waktu tempuh Lampung – Palembang dengan naik kereta api  sekitar 9 jam. Sambil menunggu kantuk datang,aku iseng  cari-cari info sejarah perkereta apian  jalur  Lampung – Palembang.

Kereta api Sriwijaya yang sedang kunaiki ini telah beroperasi semenjak 1974. Dari browsang-browsing di internet  aku tahu,awalnya rute kereta api diwilyah Sumatera bagian selatan fungsi utamanya sebagai kereta logistik. Mengikuti trend angkutan umum untuk masyarakat  akhirnya rute kereta Lampung-Palembang juga mengangkut penumpang.

Sebelum pembagunan jalan lintas Sumatera,kereta api jadi alat  transportasi umum andalan bagi masyarakat yang  melakukan perjalanan antar kota di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung. Pembangunan infrastruktur jalan diikuti booming  kendaraan pribadi dengan pembelian yang bisa dicicil, menjadi salah satu faktor menurunkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.

Trend  kendaraan pribadi yang awalnya dianggap sebagai barometer keberhasilan  financial akhirnya jadi pisau bermata dua.Kemacetan yang menghambat mobilitas, pencemaran udara karena emisi karbon,serta menurunnya kualitas kesehatan masyarakat menjadi isu global.

Untuk mengatasi masalah lingkungan dan sosial sebagai dampak penggunaan kendaraan pribadi. Pemerintah melalui Dinas Perhubungan  Provinsi Sumatera Selatan membuat Gerakan Nasional Kembali Ke Angkutan Umum

Kereta Api Angkutan Umum Unggulan Sumsel

Sumatera Selatan merupakan provinsi terluas di Sumatera dan menempati urutan ke 6  provinsi terluas di Indonesia dengan luas 91.592.43 kilo meter persegi. Luasnya wilayah menjadi tantangan tersendiri bagi Dishub Prov Sumsel dalam menyediakan layanan transportasi  massal.

Nah, karena itu kereta api menjadi salah satu moda transportasi umum yang  dapat menjadi pelopor gerakan kembali ke angkutan umum. Selain daya angkut yang besar, stasiun kereta api Kertapati juga sudah terintegrasi dengan moda-moda transportasi lain  Seperti  kapal cepat, Teman Bus, dan LRT di Sumatera Selatan . 

Payo naek kereta adalah moto yang digunakan untuk mengingatkan kembali pengguna lama dan calon pengguna akan keberadaan kereta api.Tak cukup dengan moto saja, Dinas Perhubungan Prov Sumsel sudah melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kinerja  kereta api  agar kembali diminati masyarakat.

Keuntungan Naik Kereta Api

Jadi sekarang, selain tiket yang terjangkau ada banyak keuntungan yang kamu dapat kalau naik kereta api :

  • Bebas macet
  • Cepat dan tepat waktu
  • Fasilitas dalam gerbong yang nyaman
  • Cocok untuk kegiatan photo hunting
  • Jangkauan rel yang terintegrasi dengan moda transportasi lain

kereta api sriwijaya
Interion KA Sriwijaya 

Ada banyak keunggulan kereta api yang tidak dimiliki kendaraan pribadi atau juga moda trasnportasi lainya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak kembali menggunakan kereta api. Yuk warga Palembang ‘Payo Naek Kereta Api ‘ lagi.

Desember 09, 2022

Tuntutan Ganti Rugi Barang Milik Daerah

Ganti Rugi Atas Barang Milik Daerah

 Sering dong membaca berita tentang  kendaraan operasional atau properti milik instansi pemerintah disalah gunakan dan menyebabkan kerugian daerah?

Sebagai orang awam kita penasarankan, apakah ada tuntutan untuk mengembalikan atau mengganti kerugian daerah. Jawabnya tentu saja ada,setiap daerah mempunyai Tim Penyelesaian Kerugian Daerah. 

TP TGR adalah proses penuntutan internal terhadap Bendahara,Pengurus/Penyimpan Barang,Pegawai Bukan Bendahara,atau Pengurus/Penyimpan Barang,atau Pihak ketiga yang telah melakukan perbuatan mengakibatkan kerugian keuangan daerah.

Tapi sebelum ngobrolin tentang  penyalah gunaan dan ganti rugi,baiknya kita cari tahu dulu ya apa saja yang masuk kategori barang milik daerah. Sehingga jadi tahu bagaimana bentuk penyelewengan yang menyebabkan kerugian daerah

Kategori Barang Milik Daerah 

Dalam sistem akuntansi Pemerintah Daerah Sumatera Selatan  terdapat dua kategori  Barang Milik Daerah yaitu aset tetap dan aset tidak tetap,

Aset Tetap dapat berupa :

  • Tanah

Lahan yang digunakan dalam kegiatan operasional pemerintahan dan dalam kondisi siap digunakan.

  • Gedung dan Bangunan

Gedung yang mencakup seluruh bangunan yang dibeli atau dibangun dengan maksud untuk dipakai dalam kegiatan operasional pemerintah dan dalam kondisi siap pakai.

  • Peralatan  dan Mesin

Meliputi peralatan elektronik, mesin- mesin, alat kerja, alat angkut  dalam berbagai ukuran,kendaraan bermotor yang  yang  tersebar di semua instansi  yang berada dalam administrasi Pemprov Sumatera Selatan. Kesemua peralatan dan mesin nilainya signifikan dan masa manfaatnya lebih dari 12 bulan dan dalam kondisi siap pakai.

  • Infrastruktur

Semua infrastruktur yang dibiayai  APBD seperti jalan,irigasi,jembata, instalasi dan jaringan.

  • Aset Tetap Lainnya

Meliputi aset yang tidak dapat dikelompokan ke dalam tanah, bangunan,mesin ataupun infrastruktur. Misalnya  buku perpustakaan,barang kesenian,hasil budaya,hewan,ikan dan tanaman.

  • Konstruksi Dalam Pengerjaan

Konstruksi yang sedang dibangun atau dalam pengerjaan termasuk aset tetap.

  • Aset Barang Bersejarah

Tidak ditampilkan dalam neraca tapi aset barang bersejarah tapi harus dinyatakan dalam Catatan Atas Laporan Barang Milik Daerah.

Aset Lancar Berupa  :

  • Persedian

Adalah aset lancar berupa barang atau perlengkapan yang dimaksud untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah, serta barang –barang yang akan dijual atau diserahkan kepada masyarakat dalam rangka pelayanan pada masyarakat.

Nah,melihat betapa banyaknya item barang milik daerah tak heran ada saja oknum tidak bertanggung jawab yang menyebabkan pemerintah daerah merugi.

Kerugian yang dialami daerah dapat berupa hilang atau kurangnya jumlah uang,surat berharga,dan barang fisik dan jumlah yang pasti akibat perbuatan melawan hukum baik sengaja maupun lalai.

Berdasarkan jenis kerugian maka tuntutan dibedakan atas  dua kategori. Pertama tuntutan perbendaharaan yaitu pengembalian barang milik daerah yang sudah digelapkan.Kedua adalah  tuntutan  ganti rugi atas kerugian yang dialami keuangan daerah.

Dasar Hukum Tuntutan Perbendaharaan Dan Tututan Ganti Rugi (TPT GR)

Setelah Tim Penyelesaian Kerugian Daerah memeriksa duduk perkaranya akan diputuskan tuntutan apa yang akan diajukan. Bicara soal menuntut dan dituntut mesti ada dasar hukumnya dong.

 Nah,dasar hukum yang digunakan dalam Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TPT GR) adalah :

  1. Undang-undang Nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 63 ayat (2) “Tata cara tuntutan ganti rugi negara/daerah diatur dengan peraturan pemerintah”.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 38  Tahun 2016 tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Negara/Daerah terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara  atau  Pejabat Lain.
  3. Pemendagri Nomor 133 Tahun 2018 tentang penyelesaian  Tuntutan Ganti Kerugian Daerah Terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara atau Pejabat Lain.
  4. Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 33 Tahun 2020 tentang Tata Cara Tuntutan Ganti Kerugian Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

dasar hukum tuntutan ganti rugi barang milik daerah
Tuntutan Ganti Rugi    ilus.Freepic

Sejalan dengan visi Sumsel Maju Bersama,maka sudah sewajarnya barang-barang milik daerah sewajarnya digunakan untuk kemakmuran masyarakat Sumatera Selatan. Semoga segenap aparatur Pemprov Sumsel mampu menjaga integritas bekerja dengan jujur,amanah dan profesional.

Energy Baru Terbarukan Sumatera Selatan

pelopor energi hijau sumsel

Sumatera Selatan Pelopor Energi Hijau

Istilah green energy – energi hijau merujuk pada penggunaan sumber daya alam selain bahan bakar fosil sebagai sumber energi.Jadi enggak heran green energy selalu ditawarkan sebagai solusi mencegah pemanasan global dan efek rumah kaca.

Energi baru terbarukan (EBT) atau renewable energy adalah sumber daya yang berasal dari proses alam berkelanjutan dengan kata lain tidak akan habis.Contohnya sinar matahari, tenaga angin, arus air, panas bumi, dan biomasa.

Banyak yang bertanya,dengan sumber daya energi baru terbarukan yang melimpah ruah mengapa green energi tidak berkembang di Indonesia?

Beberapa kendala yang sering dikeluhkan pemerintah daerah dalam dalam pengembangan energi baru dan terbarukan antara lain adalah besarnya investasi dan infrastruktur yang tidak mendukung

Beruntung,Pemprov Sumatera Selatan amat sadar akan pentingnya  energy baru terbarukan untuk kesinambungan ketersediaan energi di Sumsel karena itu pemerintah daerah amat mendukung upaya penelitian sumber daya alam yang potensial untuk digunakan sebagai sumber energi baru terbarukan.

Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan di Sumatera Selatan

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan dengan visi Sumsel Maju Untuk Semua  sudah menjajaki beberapa sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai energy alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil

DESDM Sumsel memilih Kota Pagar Alam sebagai pelopor pemanfaatan energi baru dan terbarukan.Selain punya pemandangan yang indah Kota Pagar Alam yang berada di kaki Gunung Dempo ini  juga kaya akan sumber daya alam.

Keuntungan geografis menjadikanya Pagar Alam  ideal untuk menggunakan sumber energi baru terbarukan sebagai tulang punggung infrastruktur energinya.

Dinas Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Selatan membangun 3 Pembangkit listrik dengan sumber daya baru terbarukan yang ada di Pagar Alam

  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap dengan kapasitas 91 Megawatt
  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai berkapasitas 55
  •  Megawatt Pembangkit Listrik Tenaga Microhidro (PLTM) Green Lahat berkapasitas 9.99 Megawatt.

Selain sebagai sumber energi listrik ada beberapa keuntungan lain yang didapat dari penggunaan energy baru terbarukan.

Keuntungan Menggunakan Energi Baru Terbarukan

  • Tersedia Sepanjang Masa

Sumber daya alam yang digunakan seperti sinar matahari, tenaga angin, arus air, panas bumi, dan biomasa selalu diproduksi oleh alam. Manusia tinggal menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk mengolahnya menjadi energy baru terbarukan.

  • Ramah Lingkungan

Proses perubahan bentuk energi baru terbarukan menjadi energy listrik atau energy gerak  tidak menghasilkan emisi karbon. Energi baru terbarukan tidak memerlukan penambangan yang akan merusak lingkungan hidup.

  • Udara Sehat Bebas Polusi

Polusi udara berdampak buruk pada kesehatan dan kualitas hidup manusia. Penggunaan energy baru terbarukan yang bebas emisi karbon tentulah berdampak baik bagi kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan.

Presiden Joko widodo
Presiden Joko Widodo di Pagar Alam - Sumatera Selatan

Semoga semakin banyak Provinsi di Indonesia yang mengikuti jejak Sumatera Selatan dalam memanfaatkan energi baru terbarukan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Desember 07, 2022

7 Alasan Untuk Menggunakan LRT Palembang

angkutan umum lrt
LRT Palembang Mendukung Gerakan Kembali Ke Angkutan Umum

Kemajuan teknologi transportasi  makin memudahkan mobilitas masyarakat Sumatera Selatan. LRT – Light Rail Transit adalah sarana transportasi umum terbaru yang hadir di Sumsel sejak tahun 2018. Dengan hadirnya LRT masyarakat  Sumsel menjadi yang pertama bisa menikmati transportasi kelas dunia di Indonesia.

LRT Palembang dapat diakses dengan mudah dan relative murah bagi seluruh masyarakat.Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatra Selatan mencatat sekitar 7000 penumpang yang menggunakan LRT di hari biasa dan ada sekitar 10.000 di akhir pekan.

Meningkatnya pengguna kendaraan pribadi di Kota Palembang disinyalir sebagai salah satu sebab terjadinya kemacetan di hari kerja. Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Dishub Sumsel) yang giat mengkampanyekan Gerakan Kembali Ke Angkutan Umum angkutan umum menjadikan LRT sebagai ikon angkutan umum masa depan.

Alasan Kamu Harus Naik LRT

 1.Naik LRT Palembang Bebas Macet

Yess salah satu alasan  utama masyarakat menggunakan LRT Palembang sebagai alat transportasi adalah dijamin bebas macet.

2.LRT Palembang Muda di akses dari mana saja

LRT melintasi  12 stasiun dan 1 Depo yang berlokasi di area strategis  Kota Palembang.

3.Tersedia mobil pengumpan (feeder)

Untuk mempermudah penumpang LRT mencapai stasiun terdekat, saat ini Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan mengoperasikan angkutan feeder yang sudah terintegrasi dengan akutan umum Teman Bus Palembang

4.Tepat Waktu

 Yang aku paling suka dari LRT Palembang adalah selalu on time dengan waktu tunggu atau jeda tiap keberangkatan LRT Palembang hanya 18 menit. Setiap hari LRT Palembang melakukan 94 trip pulang-pergi.

Trip pertama  dari Bandara Sultan Mahmud Baddarudin 2 pada  pukul 05.00 WIB  menuju Stasiun DJKA melalui 12 stasiun. Trip terakhir pukul 19.55  dari Bandara dan tiba di Stasiun DJKA sekitar pukul 20.43.

5.Tiket Terjangkau

Tarif LRT Palembang relatif terjangaku,apalagi kalau melihat jarak tempuhnya. Secara umum tarif LRT Palembang  terbagi dalam 2 rute. Rute dari Bandara SMB atau menuju Bandara SMB dari stasiun manapun dikenakan tarif Rp.10.000. Nah,untuk rute dari dan menuju stasiun manapun selain bandara dikenakan tarif Rp.5.000 saja.

6.Aman dan Nyaman

Untuk rasa aman dan nyaman para penumpang  managemen LRT  Palembang menyedian gerbong yang bersih dilengkapi dengan sisitem pendingin ruangan (AC) dan CCTV di setiap gerbong.

7.Ramah Disabilitas

Bertepatan dengan peringatan hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 17 September di Palembang,Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan Kartu Teman Disabilitas.Kartu ini merupakan fasilitas khusus yang diberikan kepada penyandang disabilitas untuk dapat menikmati LRT Palembang sebagai  angkutan umum yang memudahkan mereka beraktivitas.

Upaya Menarik Minat Masyarakat Menggunakan LRT

Dinas Perhubungan Sumatera Selatan dan instansi lain yang terlibat dalam manajemen LRT terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan jumlah pengguna LRT.

  • Membuat Ramp
  • Menyediakan keranjang belanja 
  • Kartu berlangganan bagi pelajar,mahasiswa dan disabilitas
  • Menetapkan LRT sebagai back bone transportasi umum Palembang
  • Perbaikan ruteangkutan umum
  • Perbaikan transfer point
  • Layanan sistem pembayaran terpadu
  • Mewajibkan ASN naik LRT 

Tentu saja Dishub Sumsel tidak dapat bekerja sendiri. Partisipasi active masyarakat pengguna untuk kelancaran operasional LRT Palembang sangat diperlukan. Bentuk dukungan pengguna LRT Palembang dapat berupa

  • Menjaga Kebersihan
  • Mematuhi tata tertib di stasiun dan dalam gerbong
  • Tidak merusak properti  yang ada di stasiun atau di dalam gerbong

 Gubernur sumatera selatan Herman Deru mengatakan bahwa pemerintahan provinsi Sumsel siap untuk menjadikan rancangan pembangunan transportasi wilayah Palembang menyeluruh, berkelanjutan, nyata. Dari kereta ringan (LRT), bus pengumpan BRT, dan angkutan kota yang berfungsi ganda sebagai feeder untuk LRT semua fasilitas transportasi ini dipersiapkan demi menjamin Sumsel Maju Untuk Semua.

Dinas PUBMTR Sumsel Peduli Keselamatan Pengguna Jalan

bunderan tugu parameswara jakabaring

Jenis Tikungan Yang Perlu Diketahui Pengguna Jalan

Pikir-pikir dulu deh  sebelum  mulai  kebut-kebutan  ala  Valentino Rossi  di tikungan jalan. Senengnya  enggak sebanding dengan risiko kecelakaan yang  akan terjadi. Jalan menikung mempunyai  karakteristik yang menuntut pengendara untuk lebih waspada  saat melintasinya.

Berbeda dengan jalan lurus ,jalan menikung  membuat   pengendara mengalami keterbatasan jarak pandang,sehingga  sulit menghindar apabila ada kendaraan  yang datang dari arah berlawanan.Resiko tergelincir  juga bisa terjadi bila memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi ditikungan .

Nah Dolor Bimataru,ternyata  selain pengguna  jalan  Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan juga harus pikir-pikir dulu sebelum memutuskan membagun jalan menikung.

Jalan adalah prasarana transportasi darat yang meliputi segela bagian jalan,termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapanya yang diperuntukan bagi lalu-lintas,yang  berada dipermukaan tanah,di atas permukaan tanah,di bawah permukaan dan atau air,serta di atas permukaan air,kecuali kereta api, jalan Lori dan jalan kabel – UU No 38 Tahun 2004

Konstruksi  Jalan Berdasarkan Keadaan Topographi

Keadaan topography  seperti dataran ,bukit dan pegunungan  menjadi  landasar perencanaan dan rancangan jalan yang akan dibuat. Maka berdasarkan topographi  Dinas PUBMTR Sumsel  membagi  jalan menjadi  3 kawasan yaitu, datar,rawa-rawa,perbukitan dan pegunungan. Keadaan topograph akan berpengaruh pada penetapan desain speed.

Kecepatan rencana – Desain Speed adalah kecepata kendaraan yang mendasari perencanaan teknis geometri jalan.Merupakan rencana kecepatan kendaraan yang akan melalui jalan dalam kondisi tanpa hambatan.

Jenis-Jenis Tikungan  Di Jalan Raya

Dolor Bimantaru mungkin bertanya kenapa harus dibuat tikungan, apa enggak bisa lurus lempeng aja gitu? Jadi gini, tikungan dibuat miring ke dalam  untuk menjaga kecepatan kendaraan agar tetap stabil agar kendaraan tidak oleng dan terpental ke sisi luar tikungan.

Berdasarkan pertimbangan topographi dan desain speed maka Dinas PUBMTR Sumsel  menentukan jenis tikungan yang  aman dan cocok untuk  suatu kawasan. Semakin kompleks karakter jalan,maka  racangan  tikungan  semakin rumit .Walaupun begitu secara umum dikenal  3 jenis tikungan – Turning Roadway.

  • Full circle – tikungan  penuh

Tikungan yang berbentuk lingkaran secara penuh. Sebagai contoh tingkungan full circle adalah bunderan Tugu Parameswara di Jakabaring – Kota Palembang.

  • Spiral circle

Tikungan yang terdiri atas 1 lengkung circle dan 1 lengkung spiral. Tikungan seperti ini banyak kita temui jalanan  sekitar  Kabupaten Lahat  dan Kota Pagar Alam -Sumatera Selatan

  • Spiral- spiral

Tikungan yang terdiri atas dua atau lebih lengkung spiral.Tikungan spiral-spiral untuk wilayah Sumatera Selatan akan kita temui di kawasan kaki Gunung Dempo.

Bagaimana Menentukan Sudut Kemiringan  Tikungan

Dolor Bimatara penasaran gak sih, bagaimana cara Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan menetukan jenis tikungan yang akan dibangun di suatu lokasi?

Ada beberapa pertimbangan sebelum memutuskan jenis tikungan yang diperlukan untuk wilayah tersebut antara lain :

  • Kontur atau keadaan topographi
  • Karakteristik lalu lintas apakah termasuk jalur  lambat atau jalur cepat

Dolor Bimantara sekalian, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan bekerja keras merancang dan membagun infrastruktur terutama jalan sebagai prasarana transportasi untuk pemerataan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan. Semua itu bentuk partisipasi Dinas PUBMTR Sumsel   dalam mewujudkan Sumsel Maju Bersama untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Sumatera Selatan.

Desember 06, 2022

Inspektorat Prov Sumsel

opini audit wajar tanpa pengecualian
Auditor Internal Provinsi Sumatera Selatan 

Wajar tanpa pengecualian adalah opini audit impian semua institusi pemerintahan.Laporan keuangan dengan opini audit wajar tanpa pengecualian menjadi bukti integritas  pengelolaan keuangan. Opini audit  internal untuk institusi pemerintah dikeluarkan institusi Inspektorat. Seperti  Inspektorat  Provinsi Sumatera Selatan yang  bertugas  melakukan pengawasan internal keuangan dalam lingkup pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Laporan keuangan daerah yang berkualitas harus memenuhi prinsip-prinsip yang terkandung dalam  Standar Akuntansi Pemerintah berdasarkan PP No 71 tahun 2010 yaitu Relevan, andal, dapat dibandingkan, dan mudah dipahami.

Wewenang Audit  Inspektorat Prov Sumsel

Pemeriksaan atau audit  yang dilakukan Inspektorat Prov  Sumsel  mencakup proses identifikasi, analisis, dan evaluasi  bukti yang dilakukan secara independen obyektif dan professional yang harus memenuhi prinsip dasar audit antara lain  :

  • Kebenaran
  • Kecermatan
  • Kredibilitas
  • Efektifitas
  • Efisiensi
  • Keandalan pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah

Audit keuangan internal  adalah pemeriksaan dan evaluasi laporan keuangan untuk memastikan data keuangan yang ditunjukan benar serta akurat berdasarkan catatan transaksi yang diakui.

Lingkup kegiatan yang diatur dalam standar pelaksanaan adalah aktivitas pemberian jaminan kualitas dan  pemberian jasa konsultasi. Sebelum melakukan audit Inspektorat Prov  Sumsel  akan mengatur  mengenai karakteristik umum yang meliputi tanggung jawab sikap dan tindakan dari penugasan audit intern serta organisasi dan pihak –pihak yang  melakukan kegiatan audit intern dan berlaku umum untuk semua penugasan audit intern.

Dalam menjalankan fungsi pengawasan Inspektorat Prov  Sumsel  berwenang melakukan tiga kategori audit .

  • Audit  keuangan yang bertujuan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan sesuai prinsip akuntansi SPKN dan SAP  atau terhadap aspek keuangan tertentu
  • Audit kinerja untuk mengaudit pelaksanaan tugas dan fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas audit aspek ekonomi efisiensi  dan audit aspek efektivitas serta ketaatan peraturan
  • Audit tujuan tertentu yang ada di luar audit keuangan dan audit kinerja

Selain harus memenuhi standar audit ,auditor yang melakukan pemeriksaan juga wajib mengedepankan prinsip etika auditor.

Prinsip Etika Auditor Inspektorat Prov  Sumsel 

  • Kompetensi
  • Akuntabel
  • Profesional
  • Objektivitas
  • Kerahasiaan

Nah,setelah melakukan chek and recheck laporan keuangan maka akan dinyatakan dalam opini audit. Opini audit adalah pernyataan professional sehubungan dengan tingkat kewajaran  informasi yang disajikan dalam laporan keuangan.

logo inspektorat sumsel
Tugas dan Wewenang Inspektorat Sumatera Selatan

Klasifikasi  Opini Audit Inspektorat Prov  Sumsel 

Setelah melakukan audit tentang kesesuaian dan standar akuntansi,kecukupan pengungkapan,kepatuhan terhadap peraturan dan efektivitas sistem pengendalian intern maka Inspektorat  Provinsi Sumatera Selatan  akan mengeluarkan  opini  audit dengan klasifikasi sebagai berikut

  • Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)

Opini  wajar tanpa pengecualian diberikan bila laporan keuangan disajikan secara wajar,dalam semua hal yang material,posisi keuangan ,hasil usaha,serta arus kas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia

  • Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP DPP)

Opini wajar tanpa pengecualian adalah opini pada kasus tertentu yang  mengharuskan auditor menambahkan paragraf penjelasan

  • Wajar Dengan Pengecualian (WDP)

Opini wajar dengan pengecualian laporan keuangan disajikan secara wajar,dalam semua hal yang material,posisi keuangan ,hasil usaha,serta arus kas tertentu sesuai dengan prinsip akutansi, kecuali untuk dampak-dampak tertentu yang dikecualikan

  • Tidak Wajar (TW)

Opini tidak wajar diberikan bila auditor menemukan bukti laporan keuangan ,dalam semua hal yang material,posisi keuangan ,hasil usaha,serta arus kas  tidak disajikan secara wajar.

  • Tidak Memberikan Pendapat  (TMP)

Opini tidak memberikan pendapat dapat diberikan auditor bila tidak puas dengan laporan keuangan dan bukti-bukti yang menyertainya.

sumsel maju untuk semua
Sumsel Maju Untuk Semua 

Audit yang dilakukan   Inspektorat Prov  Sumsel  sebagai upaya untuk mencegah, mendeteksi, bahkan menginfestigasi kecurangan dan kemungkinan korupsi yang terjadi dalam pelaksanaan proyek dan operasional Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan. Hal ini sejalan dengan visi Sumsel Maju Untuk Semua.

Desember 05, 2022

Perda Jasa Konstruksi Sumsel

jasa konstruksi sumsel

Jasa Konstruksi Dalam Pembangunan Infrastruktur Sumatera Selatan

Pesatnya pembangunan infrastruktur  di Sumatera Selatan dalam dua dasa warsa terakhir melahirkan kebutuhan akan jasa konstruksi yang berkualitas.  

Eh sebelum ngobrol panjang lebar tentang jasa konstruksi  udah tahu belum difinisi jasa kontruksi itu apa ?

Jasa konstruksi adalah suatu kegiatan untuk membangun sarana ataupun prasarana yang pada pengerjaanya meliputi pembagunan gedung (konstruksi bangunan),instalasi mekanik dan elektrikal,dan  pembangunan prasarana sipil (civil enginerer)

Seperti difinisinya maka pekerjaan konstruksi adalah keseluruhan atau sebagian kegiatan yang meliputi

  • Pembangunan
  • Pengoperasian
  • Pemeliharaan
  • Pembongkaran
  • Pengoperasian kembali suatu bangunan

Jasa konstruksi punya peran penting dalam pembangunan infrastruktur di Sumatera Selatan. Pembangunan fisik yang dilakukan jasa kontruksi menjadi sara penunjang pemerataan pembangunan dan penggerak roda perekonomian.

 Ada banyak produk jasa konstruksi yang sudah dinikmati masyarakat  Sumatera Selatan seperti

  • Komplek Jakabaring Sport City
  • Jalan Tol
  • Jembatan Musi 6
  • Rel kereta Api dan LRT
  • Bandar Udara
  • Pelabuhan laut
  • Fasilitas pertambangan minyak,batu bara dan gas
  • Fasilitas pembangkit kistrik
  • Jaringan air bersih dan irigasi
  • Jaringan telekomunikasi

Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi Sumatera Selatan

Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Sumatera Selatan sebagai lembaga yang mewakili kepentingan rakayat memandang perlu adaya Peraturan Daerah tentang jasa konstruksi

Karena pekerjaan jasa konstruksi yang melibatkan banyak pemangku kepentingan sejak dari perencanaan, penganggaran, pengerjaan sampai pengawasan dan evaluasi berisiko menimbulkan konflik.

Masalah eksternal maupun internal dalam proyek jasa kontruksi akan menghambat penyelesaian proyek yang pada akhirnya akan merugikan kepentingan rakyat.

Akhirnya  DPRD Prov Sumsel dan Pemprov Sumsel  berhasil menyepakati  penetapan Perda nomor 2 tahun 2022 tentang pembinaan dan pengawasan jasa konstruksi Sumatera Selatan

Ruang lingkup Perda Provinsi Sumatera Selatan no 2 tahun 2022 tentang Pembinaan dan Pengawasan Jasa Konstruksi

  • Kewenangan
  • Struktur usaha dan segmentasi pasar jasa konstruksi
  • Penyelenggaraan usaha jasa konstruksi
  • Sengketa
  • Pembinaan
  • Pemantauan dan evaluasi
  • Pengawasan
  • Forum Jasa Konstruksi Daerah
  • Pendanaan
  • Sanksi

Perda Jakon (jasa konstruksi) dibuat untuk menjamin kesetaraan pengguna dan penyedia jasa konstruksi. Sehingga proyek infrastruktur di Sumatera Selatan berjalan sesuai perencanaan,tepat waktu dan tentu saja berkualitas.

rapar dewan perwakilan rakyat sumatera selatan
DPRD Prov Sumsel  rapat Perda Jasa Konstruksi

Pembinaan Jasa Konstruksi Sumatera Selatan

Pembinaan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan  untuk meningkatkan kemampuan penyedia jasa konstruksi yang berasal dari Sumatera Selatan dibidang teknologi,managemen sumber daya manusia dan managemen sumber daya keuangan.

Pengawasan Jasa Kontruksi Sumatera Selatan

DPRD Prov Sumsel dan Pemerintah Daerah melakukan pengawasan pada proyek jasa konstruksi sejak masa perencanaan. Pengawasan moneter, standar fisik, dan standar waktu dilakukan untuk meminimalisir risiko kerugian pada pengguna dan penyedia jasa konstruksi.

Pembangunan infrastruktur yang dilakukan jasa konstruksi sejalan dengan visi Sumsel Maju Untuk Semua yang diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan taraf perekonomian rakyat di Sumatera Selatan.

Connect