Carousel

April 25, 2022

Gaya Hidup Halal Ala Wong Palembang

kriteria produk halal

Pilah-Pilih Produk Halal

Di negara mayoritas muslim seperti  Indonesia, label  halal  menjadi  faktor  penentu  keputusan  konsumen  membeli. Jadi Gaya Hidup Halal,adalah mandatory bagi umat Islam.

Bicara tentang produk halal,tidak sebatas hanya dari bahan baku. Proses produksi  yang bersih bebas najis. Juga alat produksi yang memenuhi standar kesehatan,masuk daftar pertimbangan untuk memberikan label halal.

Karena ketatnya Standar Oprasional Prosedur untuk mendapat label halal.Maka hanya produk yang  benar-benar berkualitas saja yang layal berlabel halal. Tak heran sekarang  konsumen non muslimpun mulai menggunakan produk halal. Bukan karena alasan agama,tapi lebih kepada  alasan kualitas. Halal menjadi gaya hidup kekinian.

Nah, kebetulan lagi  ngobrolin  produk  halal. Aku mau cerita dikit nih,gimana  #gayahiduphalal dibudayakan dalam lingkungan  keluarga  Palembang.

Sebagai wong plembang,kito terkenal  suka jajan dan  makan enak. Gak heran tiap sudut  Kota Palembang  ada  aja meja yang jual Pempek,Model dan Tekwan.

Ayahku  pernah cerita,calon mertua di Palembang  tempo  dulu  menjadikan keterampilan memasak  sebagai   syarat  memilih  mantu. Lah kok  gitu?

Selain alasan kalau masak sendiri,bisa dapet  banyak.  Menurut Ayah  ada  unsur religi dalam budaya makan wong  Palembang.Beliau cerita dulu penjual makanan, di Kota Palembang kebanyakan non muslim.

infografik pemeriksaan produk halal

Mereka  umumnya kurang informasi,mengenai  proses penyajian  makanan halal menurut  Islam. Inilah awalnya kenapa  warga muslim Kota Palembang ,banyak yang ragu-ragu untuk membeli dagangan mereka. Nah, kebiasaan  memasak di rumah  adalah gaya hidup halal ala Palembang. Sebagai upaya menghindari  makanan, yang  tidak halal menurut  syariat Islam. 

Kabar baiknya,zaman now  informasi  seputar  produk  halal  semakin mudah di akses. Pemerintah  Kota Palembang juga aktif  mengadakan sosialisasi label halal kepada penggiat UKM.

Alhamdulilah,sekarang semakin banyak  produk  Pempek  dan Kerupuk  Palembang  yang  berlabel halal. Sehingga  kaum muslimin dan muslimat,tak perlu ragu makan dan ngirup cuko pempek Palembang.

logo halal yang baru

Kamu  mungkin penasarankan,  gimana ceritanya pempek yang terbuat dari sagu dan ikan.Bisa masuk kategori tidak halal,menurut Wong Plembang.

Tentu saja  kita tidak boleh asal menghalal ,ataupun mengharamkan sesuatu.Semua ada ukuran dan aturan.

Nah di  event  webinar  Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat  bersama #DanoneIndonesia ( 20 April 2022 ) lalu. Aku  menyimak  ulasan Bapak  Muhammad Aqil Irham – Kepala Badan Penyelengara  Jaminan Produk Halal ( BPJPH ).

Beliau  menerangkan dalam proses pemberian  sertifikat halal. Selain bahan baku yang harus halal, proses produksi , pengemasan dan penyimpanan, juga wajib memenuhi  standar halal.

Manfaat Serifikasi Halal Bagi Produsen 

Sertifikasi  atau label halal tidak bermanfaat untu  konsumen. Seperti  yang kita obrolin di atas tadi,label halal juga menguntungkan produsen.

Beberapa keuntungan yang dimiliki  produk dengan label halal antara lain

  • Pelanggan setia  ( loyal)
  • Daya saing yang lebih  tinggi
  • Segmen pasar yang lebih luas

Nah,Danone Indonesia  adalah contoh baik, pelaku usaha  yang  peduli   dengan  kenyamanan,keamanan,keselamatan,dan kepastian ketersediaan produk  halal bagi masyarakat.

Danone Indonesia  Mendukung Gaya Hidup Halal

Danone Indonesia  adalah perusahaan  yang  memandang penting  sertifikasi  halal  untuk produk mereka. Prima Sehanputri – Head of Regulatory Affair Danone Indonesia dengan penuh semangat menjelaskan. Danone Indonesia memiliki team management halal,yang memastikan semua tahapan produksi sesuai SOP.

Apa saja yang sudah dilakukan  Danone Indonesia untuk mendukung  ekosistem halal.

Pemilihan Material

Danone  Indonesia  memiliki Standar Oprational Prosedur  (SOP  ) yang memastikan pemilihan material untuk produk halal terjamin kehalalanya.

Pengecekan Material Datang

Setelah  material datang,sebelum  masuk proses sortir dan pencucian .Material  yang  diterima  akan diperiksa ulang. Pemeriksaan meliputi :

  • Nama material
  • Nama Produsen
  • Asal Negara Produsen

Proses Produksi

Ada SOP yang memastikan produksi produk halal  Danone Indonesia hanya dilakukan di line bebas pork dan bebas kontaminasi haram/najis.

Adanya SOP  proses pencucian sesuai  yang disyaratkan

Pencucian Fasilitas

→Adanya SOP pencucian fasilitas produksi

→Adanya SOP  yang menjamin proses pencucian menghilangkan najis

Produksi,Pengemasan ,Penyimpanan dan Distribusi

Setiap produk  baru Danone Indonesia,harus  tersertifikasi halal.Demikian pula SOP pengemasan ,penyimpanan dan distribusi  produk  diawasi dengan ketat.Sehingga tidak ada kontaminasi  haram/najis.

web binar gaya hidup halal danone indonesia

Sehabis ikut webinar   Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat akutuh merasa tercerahkan.Sekarang kalau aku udah gak bingun lagi untuk ber #gayahiduphalal.Tinggal gunakan produk Danone Indonesia. Udah ada  label halal dan udah pasti berkualitas.

Maret 25, 2022

Masak Pindang Ala Kota VS Masak Pindang Ala Desa

 Sekilas Gastronomi Pindang Palembang


 Saat aku tiba di halaman rumah Boen Tjit yang luas. Sesi pertama acara Masak Di Pinggir Sungai  baru saja dimulai.Teras berlantai kayu  sedikit berderak ,saat sandal  jepit ku menapak naik.  

Meja dan kursi mungil  warna-wani , memenuhi  teras rumah disulap jadi caffee  dadakan. Pemuda dan pemudi  yang  sering aku temui,di event-event  budaya  sudah duduk manis.

 Lirik sana-sini  cuma  ada  satu kursi yang  tersisa. Bagian depan, paling pojok pula. Aku ngikik dalam hati.Indonesia  banget deh, biar  datang terlambat  pasti  dapet  duduk  depan.



Panci dan sederet   condiment  pindang  tersusun rapi. Di belakang meja  bertaplak kuning, sudah bersiap Yudhy  Syarofie. Budayawan dan  Staff Ahli Cagar Budaya Sumatera Selatan ini, siap unjuk kebolehan masak pindang.

Melihat dari bumbu yang  mudah didapat.Serta  proses memasaknya yang relatif  mudah. Sepertinya pindang sudah  dimasak nenek moyang  Wong Plembang selama ratusan tahun. Jadi gak heran  semua perempuan di Sumatera Selatan bisa masak pindang.

Tapi yang istimewa dari acara masak pindang kali ini karena juru masaknya adalah Yudhy  Syarofie.Yup, sebagai budayawan yang asli Pelembang. Beliau pasti punya banyak info seputar   gastronomi  pindang   Sumatera Selatan.

Bumbu Pindang Ala Sumatera Selatan

Asimilasi dan akulturasi  yang berkembang sejak zaman Sriwijaya.Turut mempengaruhi budaya kuliner  masyarakat Sumatera Selatan. Demikian juga cara memasak pindang .

Sekarang ada dua jenis pindang yang popular di Sumatera Selatan. Yaitu pindang  ikan dan pindang  tulang. Sebenarnya semua jenis  ikan dapat dimasak pindang.Tapi karena kondisi geografis  Sumatera Selatan yang  berada di daerah perairan darat. Maka yang paling sering dimasak pindang adalah  ikan air tawar.


Sahabat Cagar Budaya Palembang

BTW,pindang yang kita obrolin ini, bukan  ikan  pindang  gereh yang  dijual  dalam besek bambu kecil. Tapi pindang  gulai berempah  tanpa  santan kelapa.

Bumbu yang digunakan dalam dua pindang  ini pada dasarnya sama saja.  Seperti cabe, bawang Putih,bawang merah,kunyit,jahe,laos,daun salam,dau kemangi dan serai.

Asam-asaman yang digunakan untuk  masak pindang

Nah, untuk asam ada beberapa jenis  yang  biasa digunakan.Tergantung musim atau ketersedian saja. Misalnya tomat ceri , yang biasa disebut cung kediro.Kemudian ada  belimbing  wuluh atau belimbing besi.

Ada juga yang  menggunakan, asam kandis atau  asam gelugur. Berdasarkan pengalaman pribadi, kedua asam yang terakhir itu, memiliki rasa asam tingkat dewa.Semakin lama mereka berada di dalam kuah, maka rasa kuah  akan semakin asam. Jadi kalau dirasa asamya sudah pas,segera  singkirkan dari kuah.

Selain  garam, beberapa resep pindang menggunakan terasi, gula pasir atau gula merah sebagai penyedap rasa pindang. Dan ada  satu yang  khas dari pindang kami di Sumatera Selatan. Yaitu menambahkan  potongan  buah nanas  saat masak pindang.

Beda Masak Pindang Ala  Kota Dan Pindang  Ala Desa

Meskipun sudah lama  tahu, bahwa tiap daerah di Sumatera Selatan  memiliki pindang  versinya   sediri. Tapi  akutuh baru paham, setelah mendengar  penjelasan  Pak Yudhy .

Selain ketersedian bahan,ternyata keragaman  cara masak  pindang  ada hubunganya  dengan  kebiasaan penduduk di masing-masing  wilayah.

Misalnya dulu penduduk yang tinggal di wilayah perkotaan  dengan aktivitas  berdagang atau  bekerja sebagai buruh. Mereka mengembangkan cara masak pindang  yang lebih praktis dari pada  masyarakat di pedesaan.

Semua bumbu pindang kota, akan digeprek  atau diiris-iris saja.Kemudian langsung dicemplungkan  ke dalam panci.  Sementara  orang desa  yang berprofesi sebagai petani atau nelayan biasanya lebih santai.Mereka punya waktu  luang, untuk menggiling semua bumbu sampai  halus.

Jadi ringkasnya pindang kota dan pindang desa itu berbeda pada  cara pengolahan bumbu.

Pindang  Serani Untuk Belanda

Siapa sangka, lamanya orang Belanda bermukim di Sumatera Selatan, turut andil melahirkan satu lagi varian  pindang. Walau orang Belanda yang bermukim di pesisir pantai, gemar makan ikan Harring mentah. Ternyata mereka tidak tahan amisnya kaldu ikan dalam kuah pindang.

Maka munculah ide,untuk  menggoreng dulu ikan  sebelum  diceburkan  kedalam  kuah pindang.Dan jadilah varian pindang baru dengan ikan goreng. Pindang  itu kemudian dikenal dengan nama pindang serani.

Walau  belum ada bukti pendukung asal muasal kata serani. Yudhy Sarofie  punya  teori ,menurutnya serani kemungkinan besar berasal dari kata Nasrani. Karena awalnya yang suka jenis pindang ini,adalah pemeluk  Nasrani .Orang Palembang kemudian menyebut  pindang varian baru itu sebagai Pindang  Serani.

Tak terasa sudah satu jam berlalu.Asik sekali mendengar cerita  Pak Yudhy seputar pindang. Acara dilanjutkan dengan makan bersama,lauk pindang tulang dan pindang patin masakan Pak Yudhy.

Hari sudah beguyur siang. Pada sesi ke dua acara masak di pinggir sungai ,ada Ibu Farida R Wargadalem  Ketua MSI (Masyarakat Sejarah  Indonesia) yang  akan ngulen Pempek  Sebagai  Identitas  Palembang.

Masalahnya,aku mulai gelisah.Kulihat air Sungai Musi sudah masuk ke halaman rumah Oeng Boen Tjit.  Sambil mikir apakah akan pulang atau terus mengikuti acar.Aku  lanjut ngobrol dengan Islamyah.Perempuan pengrajin lidi nipah,yang  buka lapak di teras rumah Boen Tjit.

Cerita  sebelumnya  Ngocek Rokok Nipah  di Lorong Yucing

Maret 02, 2022

Kampung Pegocek Rokok Pucuk di Palembang

Kampung Rokok Pucuk

setelah dipisahkan dari kulit arinya.daun nipah di jemur sampai kering

Tujuanku  hari ini adalah Rumah Oeng Boen Tjit, di Jalan  Fakih Usman  Lr. Saudagar Yucing  3 Ulu Palembang. Mau ikutan acara Acara Masak Di Pinggir Sungai   bareng Sahabat Cagar Budaya.Kali ini  aku motoran saja lewat  darat, via Jembatan Musi 6. Jarak tempuh dari rumah di Kebun Bunga ke sana, dengan kecepatan santai sajalah kira-kira 30 menitan.Rokok Pucuk Daun Nipah.

Tiba di pangkal Musi 6, langsung belok kiri. Lorong Saudagar Yucing sekitar  1 km lagi. Harap sabar kalau melewati Jalan Fakih Usman waktu pagi. Karena barat  sandal  jalan Fakih Usman  sudah kekecilan. Tak muat lagi, menampung ramainya mobil,motor ,becak,dan pedagang  sayur  di Pasar 2 Ulu. Akhirnya tiba juga di depan gapura Lorong  Saudagar Yucing. Untuk kamu yang baru pertama datang  ke sini, mungkin serasa masuk ke dalam Maze - taman labirin.

Seperti kampung-kampung di tepi sungai lainnya. Jalanan lorong ini, adalah pedestarian kecil berkelak-kelok. Yang di bangun di atas rawa pasang - surut.Belum berapa jauh masuk, kulihat ada motor dari arah berlawanan. Motor  terlihat  sedikit oleng,lantaran penuh muatan tampah lidi nipah. Pedestarian ini  cuma muat  dilalui satu motor. Dan tak  ada bidang untuk  pengendara itu  menepi.

Membersihkan Daun Nipah Untuk Rokok Pucuk

Kuberi  isyarat  tangan, mempersilakan pengendara  motor  itu jalan  duluan. Sementara aku melipir  minggir  keteras rumah terdekat. Di teras yang  tak seberapa luas itu, kulihat  jemuran daun nipah tersampir mengurai.

 “ Mau kemana dek ?” Sapa seorang  Ibu yang sedang menyiangi daun nipah. Mengikuti naluri kepo, aku putuskan untuk ngobrol sebentar dengannya.

“Mau ke  Budiman  Boen Tjit (Budiman  adalah cucu buyut Boen Tjit generasi ke 6) “ jawabku sambil mendekat  padanya. Warga Lorong Yucing terkenal sebagai  pengocek rokok. Ngocek  dalam bahasa Indonesia artinya mengupas. Nah kegiatan menyiangi daun dari lidi dan  melepaskan kulit  ari  daun nipah  inilah yang  disebut  ngocek rokok.

“Kenapa  harus dilepaskan kulit arinya ?”  aku penasaran. Wak  Rusmini  cerita, daun nipah itu berfungsi seperti kertas  untuk membalut tembakau pada rokok kretek atau filter.Nah,kalau  kulit  ari  tidak dikupas,maka daun  nipah tidak  akan bisa bergulung  saat kering.Kalau tidak bergulung, akan sulit meyelipkan tembakau ke dalamnya.

Penjemuran Daun Nipah 

Untuk menghindari daun  berubah warna menjadi coklat  kemerahan. Daun nipah yang sudah dipisahkan dari kulit arinya daun harus  segera  dijemur. Setelah dijemur 3-4  hari daun akan kering dan bergulung.Rokok daun yang berkwalitas, warnanya mirip coklat muda mirip susu coklat.

Untuk  mempercepat proses pegeringan, daun yang sudah dibersihkan diikat. Kemudian disampirkan pada jemuran yang terbuat dari bambu. Ikatan daun nipah ini dalam istilah perkocek rokok an disebut  unting. Satu unting  terdiri dari 10 lembar daun  nipah. Nah, untuk  100 unting dihargai  Rp.17.000.Karena sudah tingkat mahir, Wak Rusmi dkk sedikitnya bisa mengocek  500an unting perhari.

“Lumayan dek untuk beli beras dan gas “  ujar Wak Rusmi

Sebelum dijual ke pasar  unting daun nipah, akan diasapi  dengan belerang selama satu malam. Tujuan pengasapan agar rokok pucuk tahan, disimpan selama berbulan – bulan.Wak Rusmi dan kawan –kawan  mendapat penghasilan tambahan dari lidi nipah. Lidi nipah digunakan  sebagai bahan membuat  tampah, keranjang  atau alas piring.

Tak terasa hampir 30 menit aku ngobrol ngalur-ngidul dengan Wak Rusmi. Takut  terlambat menghadiri acara Sahabat Cagar Budaya di Rumah Boentjit. Aku pamit  dan melanjutkan perjalanan. Setelah beberapa belokan kiri dan kanan, aku tiba dibelokan terakhir  menuju  Rumah Boen Tjit.

 Apa mau dikata, sudah begitu dekat  tapi ada satu tantangan lagi yang harus aku lewati. Tepat  dibelokan yang entah mengapa, bentuknya patah jadi seperti huruf L. Seorang  mamah muda duduk manja di pinggir pedestarian. Sedang mecuci piring di air yang mengenang.

Hati-hati  aku ngesot melintasinya. Takut  kalau ban belakang selip dan motor nyungsep. Takut juga  kekalau kakiku tak sengaja, menyenggol piring,gelas, dan panci yang  berserakan.

Acara Masak Di Pinggir Sungai  baru saja dimulai,saat aku tiba dihalaman rumah Boen Tjit yang luas.Teras rumah yang disulap jadi caffee itu sudah ramai. Hadirin tekun menyimak Pak Yudi  yang Dosen Sejarah  itu, menjelaskan  aneka jenis pindang  di Sumatera Selatan. Apa bedanya pindang  Kota dan pindang Desa, terus apa nama pindang yang disukai bule Belanda?

 Hmmmm ikutin terus ya banyak hal  menarik yang  bakalan aku ceritakan di artikel selanjutnya.

Januari 25, 2022

Bagaimana Membuat Gantungan Kunci Resin

Sudah lama kepengen  belajar membuat gantungan kunci resin. Alasanya,ya karena resin itu fleksible   banget. Mudah dibentuk sesuai cetakan, juga  bisa dihias dengan apa aja.

Meskipun sudah sering nonton tutorial resin craft di youtube. Aku tetap  belum  yakin, kalau belum  belajar  secara luring.Jadi waktu ada ajakan  workshop, bikin  gantungan kunci resin  bareng Metamorphoo, aku langsung mendaftar.

Sebagai informasi, Kolektif  Metamorphoo yang bermula di Kota Palembang. Metamorphoo  digagas  Epraya Citra,Della Imelia dan kawan-kawan. Aktivitas kolektif ini, antaralain ngadai  workshop  craft.

Belajar bikin gantungan kunci resin,diadakan di Rumah Sintas. Rumah vintage di kawasan Jalan Jambu, Kota Palembang yang  disulap jadi tempat  nongkrong  yang  berkesan homy.

Kegiatan belajar – mengajar ( hadehhhh 😁 ) digelar di bawah  pohon beringin,di halaman belakang Rumah Sintas.  Epraya yang  akrab disapa Kak Miw-miw membuka  acara,dengan menjelaskan tentang jenis-jenis  resin.

Nah,karena ini kelas pemula, Epraya menggunakan resin Lycal. Jenis resin ini biasa digunakan, untuk membuat craft. Meskipun resin relatif aman bila digunakan sesuai  saran. Tetapi sebaiknya  gunakan sarung tangan plastik ,sebelum mulai bekerja.

Alat dan Bahan Membuat  Gantungan Kunci Resin

Alat dan bahan untuk membuat gantungan kunci resin
Epraya Citra ( Kak Miw-miw) menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan 






 

1.     Resin Lycal 1011
2.    Hardner /Katalisator
3.    Cetakan silikon
4.    Alat ukur
5.    Sarung tangan plastik
6.    Cup plastik
7.    Stik kayu
8.     Tusuk gigi
9.    Pinset
10.  Pewarna khusus resin
11.   Pernak –pernik  untuk hiasan
12.  Ampelas

Cara  mencampur resin dan katalis

Agar dapat mengeras dengan sempurna, cairan resin  perlu dicampur dengan cairan  katalis atau ada juga yang menyebutnya hardner.

Idealnya perbandingan resin dan katalis  adalah  10:1. Maksudnya  10 bagian  Resin  dan 1 bagian  Katalis. Ada beberapa alat ukur yang dapat  digunakan, untuk menakar resin dan katalis. Antara lain timbangan digital, gelas ukur,atau sendok.

  
Aduk resin dan katalis perlahan-lahan sampai membaur rata

Kalau gak punya timbangan, kita juga bisa menggunakan sendok plastik sebagai takaran.  Aku nyaranin, gunakan  sendok makan untuk  resin dan sendok   teh untuk  katalis.

Langkah selanjutnya, adalah  mengaduk resin dan katalis dalam wadah  plastik  sekitar  5 -10  menit.  Aduk  searah  jarum jam,sampai resin dan katalis membaur  sempurna. Setelah tercampur rata, resin siap dicetak.

Cara Mencetak Gantungan Kunci Resin

Gunakan cetakan yang terbuat dari silikon.Tuangkan cairan resin sedikit – demi sedikit  ke dalam  cetakan. Lakukan sampai resin,memenuhi  semua  bagian cetakan.

Cetakan silikon yang digunakan untuk membuat gantungan kunci resin
Bentuk cetakan silikon yang digunakan untuk membuat gantungan kunci resin

Nah,selama proses pengaduakan  dan pengisian resin, mungkin akan  terbentuk gelembung- gelembung udara .Kalau dibiarkan, saat kering gelembung udara ini akan meninggalkan bekas, seperti lobang jerawat di permukaan resin.

Karena itu  segera pecahkan gelembung udara sebelum resin mengering. Pemecahan dapat dilakukan , dengan bantuan tusuk gigi.

Kalau sudah tingkat mahir,kamu bisa memecahkannya  dengan  memanaskan permukaan resin  pakai  korek api gas. Tapi hati-hati ya sob, resin adalah bahan kimia yang bisa terbakar.

Tips  membuat gantungan kunci resin dengan hiasan

Aku ingin berbagi  tips dari pengalaman ikut workshop kemarin.

  • Ukuran  hiasan  harus  lebih kecil dari ukuran  cetakan.Sehingga  resin benar-benar  rata menutup seluruh bagian hiasan. .Kalau kebesaran bisa kamu gunting  untuk menyesuaikan ukuran.
  • Gunakan bunga dan daun  yang  tipis saja. Kalaupun tebal,maka tumbuha itu harus benar- benar kering saat digunakan. Tumbuhan yang tebal dan basah, memperlambat proses  resin mengering. 
hasil kerajinan resin
Ini gantungan kunci resin yang aku buat selama workshop

Setelah  pencetakan selesai, kita tunggu resin  mengeras. Proses pengerasan resin memerlukan waktu   antara 5 – 10 jam.Setelah  benar- benar kering, lepaskan resin dari cetakan.Gunakan amplas untuk merapikan  bagian permukaannya.Sekarang gantungan kunci resin siap digunakan.

Punya pengalaman bikin resin craft juga? Bagi – bagi dong di komen.

Desember 31, 2021

Bagaimana menjadi pendengar yang baik

teman sedang curhat
Curhat pada kawan. dok.Pezibear - Pixabay   
 

Dalam bahasa Indonesia kita  mengenal kata,mendengar dan menyimak. Kedua kata  digunakan untuk, menjelaskan aktivitas  menggunakan alat indra telinga. Mendengar adalah menangkap bunyi dengan telinga.Sedangkan  menyimak adalah mendengarkan,dengan  seksama apa yang dibicarakan atau dibaca orang.

Untuk jadi pendengar yang baik, maka  harus berlatih menyimak  pembicaraan.Gak cuma  untuk curhatan keluarga dan teman, menjadi pendengar yang baik  adalah soft skill, yang vital di lingkungan pekerjaan.

Seperti halnya  belajar bicara di depan umum,menjadi pendengar yang baik juga perlu banyak berlatih. Aku mengutip  langkah – langkan  menjadi  pendengar yang baik  dari laman WebMD.

Cara Menjadi Pendengar Yang baik   

1.Singkirkan Gawai 

Pernah dong denger  ungkapan, gawai mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. HP punya  daya tarik yang  bisa memecah  fokus.Jadi langkah pertama  untuk  mulai mendengarkan dengan benar, adalah  matikan  atau bisukan HP kamu. 

2.Kontak Mata

Jadi pendengar yang baik, bukan berarti duduk diam melamun. Bedakan antara sedang mendengarkan orang bicara, dengan  sedang nguping pembicaraan orang. Tataplah  wajah  lawan bicara, ekspresikan bahwa kamu menyimak.

3.Jangan potong  pembicaraan, dengarkan  sampai selesai

Saat  lawan bicara sampai pada bagian yang  bikin emosi, biasanya kita terpancing  untuk menanggapi. Tahan dulu sob, reaksi kamu  bisa bikin pembicara  lupa point penting  yang ia ingin sampaikan. 

sedang meetup di caffee
Pendengar yang baik .dok StockSnap-Pixabay

4.Ajukan Pertanyaan

Setelah lawan bicara mengungkapkan unek – uneknya, kamu punya kesempatan bertanya. Batasi pertanyaan  hanya pada hal yang ber kaitan dengan masalah.

5.Tanpa Prasangka dan Tidak Menghakimi

Sering  kali kita denger curhatan yang  bikin  sebel. Kok,masalah gitu aja  jadi ribut? Sabar sob,orang punya kapasitas fisik dan mental yang  beda – beda. Berat banget buat kamu, eh ternyata remeh-temeh  di mata yang lain.Demikian pula sebaliknya. Kalau emang  gak sejalan  atau belum ada ide, untuk membantunya. Maka  cukuplah  memberikan dukungan moral, dengan jadi pendengar yang baik.

6.Komentar dan Saran

Setelah  mendengar , dan mengajukan pertanyaan. Biasanya  kamu  bisa menebak, nih orang cuma perlu  didengarkan  atau beneran  minta  masukan  dan saran. Begitu selesai mengeluarkan unek – uneknya, dia  yang  hanya butuh pendengar akan  terlihat lega. Tak perlu  khawatir, biasanya dirinya sudah punya jalan keluar dari masalah itu.Kamu bisa  kasih komentar, yang menyemangatinya.

Bagaimana kalau dia masih termehek-mehek  setelah curhat?

Pertimbangkan baik-baik   saran, yang akan kamu  berikan. Berilah  contoh penyelesaian masalah,yang  pernah kamu hadapi. Bisa juga kasih  contoh dari pengalaman, orang – orang yang kalian kenal.

7.Menyimpan  Rahasia

Buka mata dan buka telinga, tapi tutuplah mulut rapat-rapat.Jangan merusak reputasi dengan share cerita curhatan itu  kemana -mana. Bedakan antara sedang menjadi tempat curhat seseorang , dengan  sedang ngumpulin bahan gosip.

Nah, apa sih manfaatnya jadi pendengar yang baik itu?

jalan bareng teman
Pendengar yang baik disukai banyak orang dok.Kevin Phillips -Pixabay

Manfaat Menjadi Pendengar Yang Baik

  1. Disukai banyak orang
  2. Lawan bicara merasa dihargai
  3. Menumbuhkan  kepercayaan
  4. Meluaskan  wawasan  tentang  topik yang dibicarakan
  5. Memahami  sebab  akibat dari suatu masalah

Menjadi pendengar yang baik,ternyata tidak terlalu sulit.Kita lebih dulu  dapat mendengar, dari pada bisa bicara.Yang diperlukan  sedikit latihan untuk  bersabar mendengar, fokus dan niat baik untuk membantu orang lain.donasaurus2021

November 06, 2021

Alergi Susu Sapi

alergi susu sapi
Waktu balita sampai  tamat sekolah dasar, aku  gak  suka  minum susu. Aku merasa air susu itu, berbau amis  dan bikin mual. Jadi kalaupun terpaksa  minum, tak lama kemudian aku langsung muntah sendiri. Akhirnya  karena bosan,mereka berhenti memaksa aku minum susu.
 
Nah, dalam event  Danone Digital Academy  2021, aku ketemu  dr.Endah Citraresmi, Sp.A(K)- Dokter Spesialis Anak,Konsultan Alergi dan Imunology. Barulah aku mengerti, yang aku alami  itu adalah gejala alergi susu sapi.

Kita terlanjur menganggap susu sapi adalah super food. Jadi  gak kepikiran, kalau anaknya  bisa saja  alergi terhadap  susu. Apalagi  gejala alergi susu tidak ada yang spesifik. Sekilas  mirip dengan alergi telur atau makanan laut. Hal ini yang kadang membuat  orangtua salah  treatmen, pada  anak yang mengalami alergi susu sapi. Terus, gimana cara membedakan alergi susu sapi dan alergi makanan lainya?

Penyebab Alergi Susu Sapi

Seperti alergi makanan pada umumnya, alergi susu sapi juga disebabkan  malfungsi sistem imun tubuh. Nah,pada kasus  alergi susu sapi, sistem imun mengidentifikasi protein, yang terkandung didalam susu sebagai bahaya.

Mengutip dari laman mayoclinic ada beberapa faktor resiko sebab malfungsi  sistem  imun pada anak.

  • Alergi susu sapi mengarah pada alergi lainya

Anak  yang  alergi susu kemungkinan besar, dia pun mengidap alergi lainya.Jadi alergi susu adalah petunjuk awal,bahwa anak menderita  elergi lain.

  • Riwayat  alergi dalam keluarga

Bila salah satu dari orangtua mempunyai riwayat  alergi makanan,resiko  anak  untuk  mengidap alergi juga lebih besar.

  • Umur

Organ dan sistem  pencernaan, yang belum tumbuh,dan  berfungsi sebagaimana harusnya.Menyebabkan anak mudah mengidap  alergi makanan.

Untuk menetralisir  protein susu sapi  yang dianggap berbahaya tadi.Sistem  imun tubuh memproduksi antibodi  immunoglobulin E (IgE). 

Antibodi  yang bertugas menetralisir  protein- protein (allergen) tersebut. Nah, pertempuran protein dan IgE tadi, menimbulkan  gejala  alergi susu sapi.

Berdasarkan  riset ada  dua jenis protein, dalam susu  sapi yang sering memicu alergi.

  • Kasein-Casein  komponen protein  utama  susu sapi.Susu hewan mengandung 80%  kasien, yang  sangat bermanfaat dalam pembentukan otot, tulang dan kesehatan jantung.
  • Whey-bubuk susu  yang didapat sebagai  sisa dalam  proses pengolahan  susu murni menjadi keju.

Berapa lama  gejala alergi terlihat setelah  minum susu

ilustrasi gejala-gejala alergi susu sapi

Gejala  alegi susu yang disebabkan   pertempuran, antara  antibodi IgE dan protein susu  sudah terlihat  kurang dari 2 jam sejak susu diminum.

Gejala  awal yang timbul pada setiap  anak, mungkin berbeda. Tapi  dr.Endah  mengatakan, ada  beberapa  gejala umum yang bisa jadi  pertanda  ada reaksi alergi susu.

  • Gejala alergi susu pada kulit

Muncul bentol – bentok kecil mirip keringat malam

Timbul ruam atau bercak merah

  • Gejala alergi susu pada  mulut dan saluran cerna

Gatal di rongga mulut

Bibir dan lidah membengkak

Mual dan muntah

Sakit perut

  • Gejala alergi susu pada saluran napas

Mendadak  batuk dan pilek

Mendadak sesak nafas

  • Kehilangan kesadaran

Pada   kasus alergi susu yang sudah parah, dapat menyebabkan pingsan-hilang kesadaran.

Menurut pengalaman dr.Endah, meskipun  terlihat ada   gejala seperti  alergi susu sapi. Bukan berarti orangtua, langsung mengambil tindakan sendiri. Dokterpun perlu observasi, selama 4 bulan atau sekitar 18 kali pertemuan . Untuk memastikan  seseorang, benar – benar alergi susu sapi atau bukan.

Nah untuk  masyarakat awam, dr. Endah menyarankan  melakukan  percobaan sederhana. Pertama,kalau  menduga  anak mengalami  gejala alergi susu sapi, segera hentikan konsumsi susu. Kedua,setelah   gejala  benar - benar sembuh, coba berikan lagi susu.Bila gejala tidak  berulang,bisa dipastikan  tidak ada reaksi alergi.Ketiga,bila  gejala berulang atau bertambah parah, kemungkinan besar memang anak  alergi.Nah, pada kasus ini yang harus dilakukan, tentu saja segera  konsultasi ke dokter anak.

Susu  yang cocok untuk  anak  alergi susu sapi

Alergi susu sapi  tidak menjadi halangan, untuk memberikan asupan protein yang penting dalam tumbuh kembang anak. Kita dapat memberikan  susu nabati, dengan kandungan protein yang sama baiknya dengan susu sapi.

Dari laman healthline, ada beberapa sumber protein nabati yang dapat dijadikan  pengganti  bagi anak – anak yang alergi susu sapi.

Susu Kedelai

Susu kedelai tersedia dalam bentuk bubuk atau sudah dikemas siap minum.

Susu Beras

Dahulu masyarakat yang tinggal dipedesaan Indonesia, rata – rata  menggunakan susu beras sebagai alternatif protein  bagi anak mereka. Proses pembuatanya sederhana, hanya dengan mengambil air dari beras  yang sedang dimasak. Air beras atau air tajin, teksturnya kental , beraroma nasi dengan rasa sedikit gurih.

Susu Kelapa

Susu kelapa atau santan yang digunakan  adalah kelapa muda. Untuk memudahkan proses pengolahanya , kita dapat  membuat  juice kelapa muda.

Susu Almond

Susu almond sekarang sudah mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Dijual dalam bentuk bubuk dan juga kemasan siap minum.

Seperti juga susu sapi, rasa dari tiap jenis susu nabati berbeda – beda.Tapi penting untuk memilih produk,yang tidak banyak mengandung gula dan pewarna. Biar anak  gak bosan, dapat mengganti jenis susu alternatif secara berkala.

susu alternatif untuk anak yang alergi susu sapi

Apakah alergi susu sapi bisa sembuh

Meskipun pada beberapa kasus, alergi susu sapi berlanjut sampai dewasa.Tapi secara umum,alergi  susu sapi  akan  sembuh dengan sendirinya.Aku sudah buktikan sendiri, sekarang aku tidak mual  dan muntah lagi kalau minum susu sapi.

Seiring bertambahnya usia, saluran pencernaan dan sistem imun sudah berfungsi  dengan baik.Tubuh akan semakin kuat dan reaksi alergi terhadap  susu sapipun akan menghilang.

Connect