-->

Carousel

9/14/2021

Obat Nyamuk Yang Aman Untuk Anak

gigitan nyamuk meyebabkan gatal dan membawa virus

Bermacam – macam jenis obat nyamuk dijual. Semua diklaim dapat melindungi keluarga dari serbuan nyamuk.Mulai dari obat nyamuk bakar yang klasik, obat nyamuk semprot - aerosol, obat nyamuk elektrik,ada juga stiker anti nyamuk, sampai yang terakhir gelang dan jam tangan anti nyamuk. Diantara sekian banyak jenis obat nyamuk, mana yang paling aman untuk anak – anak.

Mengutip pernyataan Dr.rer.nat.Budiawan,ahli toksikologi kimia FMIPA UI, faktanya tidak ada obat anti nyamuk yang ampuh, sekaligus aman untuk manusia.Karena hanya obat nyamuk yang mengandung isektisida - racun serangga,yang terbukti ampuh membasmi nyamuk. 

Nah, sedangkan kita tahu insektisida adalah senyawa kimia, yang berbahaya bagi manusia. Seperti pisau bermata dua. Disatu sisi, obat nyamuk penting untuk menghindari gigitan, dan penularan penyakit berbahaya. Disisi lain, paparan insektisida berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Bagaimana Menggunakan Obat Nyamuk Yang Aman Untuk Anak

Jangan panik dulu,pemilihan senyawa kimia dan takaran yang digunakan dalam produksi obat nyamuk diawasi Kementrian Kesehatan.Yang harus kita lakukan adalah meminimalisir, resiko pemakaian. Nah,langkah pertama untuk menghindari efek samping penggunaan obat nyamuk,kita tuh perlu mengetahui bagaimana senyawa insektisida bekerja.Sehingga kita tahu,bagaimana menggunakan obat nyamuk dengan aman.

obat nyamuk  menghindarkan anak digigit nyamuk saat tertidur

 Jenis Insektisida Yang Umum Digunakan Dalam Pembuatan Obat Nyamuk

 Insektisida sejenis alletrin,transflutrin,praletrin digunakan pada obat nyamuk elektrik, obat nyamuk bakar bakar, dan juga obat nyamuk semprot. Sementara dietiltoluamida (DEET) digunakan dalam pembuatan obat anti nyamuk oles.

Meski demikian sebelum membakar, menyemprot atau mengoleskan obat nyamuk, kita wajib mengetahui cara kerja tiap jenis obat nyamuk tadi.Gunanya untuk meminimalisir resiko ganguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan.

Menggunakan Obat Nyamuk Bakar Dengan Aman

 Saat lingkaran obat nyamuk dibakar, terjadi proses penguapan yang melepaskan insektisida ke udara. Nah, yang jarang kita sadari udara yang terkontaminasi insektisida akan sama berbahayanya untuk manusia seperti halnya bagi nyamuk. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meminimalisir menggunakan obat nyamuk bakar bagi kesehatan anak – anak.

  •  Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar
  •  Letakan obat nyamuk bakar di lokasi yang jauh dari kepala anak ketika tidur 
  • Taruh obat nyamuk dalam wadah yang aman Jauhkan obat nyamuk yang menyala dari benda yang mudah terbakar 
  • Gunakan satu obat nyamuk bakar saja dalam ruangan 

Bagaimana Menggunakan Obat Nyamuk Semprot Yang Aman Untuk Anak

 Obat nyamuk semprot melepaskan isektisida ke udara, dalam bentuk tetesan kecil. Dalam 2 jam , droplet yang mengandung insektisida akan mendarat. Kemudian menempel pada permukaan yang tadi berada di area semprotan. Nah, itu salah satu alasan kenapa tidak boleh menyemprotkan obat nyamuk ke udara kosong. Sebab bisa memicu alergi dan ganguan pernafasan pada anak. Terus gimana dong, cara menggunakan obat nyamuk semprot yang aman ?

  •  Penyemprotan untuk kamar tidur, sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum jam tidur anak – anak .Tutup pintu dan jauhkan anak selama penyemprotan.
  • Semprot hanya pada bagian ruangan, yang sering jadi tempat nyamuk bergerombol.Misalnya di bawah meja, bawah tempat tidur,dll.
  • Hindari menyemprot obat nyamuk,pada benda – benda yang sering digunakan anak – anak. Seperti kotak mainan anak,permukaan meja belajar, atau rak buku.
  • Untuk menghindarkan anak menghisap droplet insektisida, siapkan kain yang khusus dipakai, untuk menutup kasur dan bantal. Tutup dulu area tempat tidur,sebelum menggunakan obat nyamuk semprot.

 Aman Menggunakan Obat Nyamuk Elektrik 

Meskipun terlihat beda banget, ternyata prinsip kerja obat nyamuk elektrik hampir sama dengan obat nyamuk bakar. Jadi cara meminimalisir resiko paparan insektisida,pada obat nyamuk elektrik mirip obat nyamuk bakar. Seperti colokan obat nyamuk elektrik jauhkan dari kepala, gunakan di ruangan dengan sirkulasi udara baik, dan jauhkan dari jangkauan anak.

Menggunakan obat nyamuk oles pada anak – anak 

Dietiltoluamida (DEET) senyawa insektisida yang dikembangkan menjadi obat anti nyamuk oles ( lotion), pertama kali digunakan pada tahun 1946 untuk keperluan tentara Amerika Serikat. Obat anti nyamuk oles udah pasti lebih praktis dan aman, dari pada bawa – bawa obat nyamuk bakar bergrelia ke hutan belantara. 

Tapi walaupun aman untuk tentara, penggunaan obat nyamuk oles pada anak – anak lumayan beresiko. Senyawa insektisida dalam obat nyamuk oles, langsung menyentuh kulit. Pengolesan yang berlebihan atau pada tempat yang sensitif dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anak.Seperti  iritasi kulit,iritasi mata, ganguan pernafasan sampai keracunan.

Bagaimana meminimalisir resiko kesehatan pada anak ketika menggunak obat nyamuk oles

  • The American Academy of Pediatrics, melarang penggunaan lotion obat nyamuk pada bayi dibawah 3 bulan Obat nyamuk oles ( lotion) lebih direkomendasikan untuk digunakan diluar ruangan
  • Gunakan secukupnya, pada bagian kulit yang tidak tertutup pakaian.
  •  Baurkan dulu lotion di tangan mama atau papa, baru kemudian diusapkan pada anak.
  • Hindari bagian kulit yang terluka ( walau kecil) 
  • Hindari area sekitar mata, hidung, mulut, dan telapak tangan anak
  •  Segera cuci dengan air, bila terlihat reaksi alergi seperti gatal atau kemerahan pada bagian kulit yang diberi obat nyamuk oles. 

Menyadari resiko kesehatan yang mungkin timbul dari penggunaan obat nyamuk bagi anak- anak. Membuat kita semakin bijak menggunakan obat nyamuk di rumah. Mulai deh, memikirkan cara lain untuk menghindarkan anak kita dari gigitan nyamuk. Selain menyingkirkan barang – barang, yang berpotensi jadi sarang nyamuk.Kelambu bayi atau kelambu lipat, bisa dijadikan pengganti obat nyamuk.donasaurus

8/16/2021

Kuliner Khas 17an di Palembang

Jajanan Memeriahkan  Ulang Tahun Ratu Sampai Ulang Tahun Indonesia 

"telok abang-telok ukan- ketan jepit"

Selain  pempek,kemplang dan produk olahan ikan lainya. Kota Palembang juga punya jajanan tradisional yang  cuma ada di bulan Agustus. Kuliner Khas 17an di Palembang, antara lain  ada ketan jepit, telok ukan, telok pindang dan sudah pasti telok abang.Nah,  selama bulan Agustus  pedagang  ramai – ramai  buka lapak di Jalan Merdeka Palembang.

Emang sih , kalau melihat  bahan bakunya kuliner  itu bisa dibikin kapan aja sepanjang tahun. Tapi ada sejarahnya yang mengikat ingatan  warga Palembang dibulan Agustus.

Misalnya tradisi  telur merah di bulan Agustus  sudah ada sejak zaman Belanda. Telok abang  sudah dijual  di pasar malam  koninginnedag – hari ratu.

Yup,pesta rakyat yang diadakan setiap bulan Agustus biasa disebut juga hari ratu. Karena memang diadakan untuk memeriahkan hari ulang tahun Ratu Wihelmina pada tanggal 31 Agustus.

Sama juga seperti sekarang, dimana ada keramaian disitu ada yang jual jajanan. Nah, jajanan telok abang menemukan momen yang pas. Walaupun kalau ditilik sejarahnya,masyarakat Tionghoa yang mendiami kota Palembang sudah biasa membuat telok abang untuk syukuran hari kelahiran.

Dalam budaya timur telur sebagai symbol kelahiran dan kesuburan. Sementara warna merah lambang keberuntungan  dan kemakmuran. Jadi klop kan, telok abang  digunakan sebagai jajanan dihari ratu. Nah, radisi itu terus dilanjutkan masyarakat Palembang  untuk memeriahkan  hari ulang tahun Republik Indonesia.

Cara membuat Telok Ukan    

Menurut cerita nenek, wong plembang  zaman dulu, hanya menggunakan kuning telur bebek untuk  membuat kue – kue basah seperti lapis legit, maksuba atau kue  lapan jam. Nah supaya tidak mubazir, putih telur bebek yang tidak  terpakai  dibuatlah  menjadi telok ukan. Jadi bisa dibilang kalau  telok ukan  adalah telur bo ong – bo ongan.

"telur bebek-telok ukan"

Cara membuat  telok ukan  sebenarnya sederhana, cuma perlu telaten mengerjakanya.Bahan yang diperlukan untuk membuat telok ukan.Putih telur,santan kelapa,esen pandan,garam,kapur sirih. Semua bahan diaduk rata, lalu dituangkan kembali ke dalam cangkang telur bebek satu persatu.Tutup cangkang dengan  gabus, lalu kukus dengan api sedang selama sekitar 15-20 menit. Rasnya gurih dengan aroma pandan yang khas.

Cara Membuat Ketan Jepit

Jajanan ketan jepit (kepit) ini, terbuat dari beras ketan putih  ditanak  dengan santan. Bumbunya sereh, daun salam,daun pandan,dan garam secukupnya.Setelah dikukus sampai matang,ketan tadi dibungkus daun pisang. Lalu dijepit dengan dua bilah bambu. Ketan lalu dipanggang sebentar di atas  bara api. Ketan jepit biasanya dihidangkan dengan sambel lingkung.

Sejarah Telok Abang

 

Yup, telur yang berwarna merah. Telur rebus yang kulitnya diberi warna merah.Yang bikin telok abang istimewa adalah telur dijual satu paket dengan mainan miniatur pesawat atau kapal. Mainan yang terbuat dari kayu gabus kemudian dihias warna – wani. Telok abang ditancapkan ke miniatur tadi dengan lidi yang diberi bendera kertas.

 Udah tau dong sekarang  kuliner khas Palembang  selain pempek.Jadi kalau penasaran dengan rasa telok ukan atau pengen koleksi miniatur pesawat gabus. Mampir yuk ke Palembang pada bulan Agustus.donasaurus

Kode adsense

Connect