Carousel

September 07, 2022

Jalan Mulus Hemat BBM


Sigap Membangun Infrastruktur Jalan Sumsel

Kris dan Cita bekerja pada sebuah lembaga literasi di Kota Palembang. Selain mengelola perpustakaan dan pos baca di dalam Kota Palembang,mereka juga bertugas mengunjungi
 ke pos baca yang berlokasi dibeberapa kabupaten.

Nah,untuk pos baca luar kota yang jarak tempuhnya satu-dua jam,dua cewek tangguh ini biasa boncengan naik motor.Kata mereka bawa kendaraan sendiri,lebih praktis dan ekonomis.Plus bonus bisa berhenti dimana aja,kalo liat spot-spot foto unik.

Uwow,apa mereka enggak takut,mereka  motor-motoran sampai ke pelosok desa. Tenang bestie,perjalanan dilakukan disiang hari.Selain itu kondisi jalan-jalan  antar kota – antar provinsi di Sumatera Selatan rata-rata sudah sangat baik. Kris dan Cita adalah contoh dari sekin ribu penduduk Sumatera Selatan,yang merasakan langsung manfaat pembangunan infrastruktur jalan. 

jalan lintas sumatera indralaya
Cita eksis di jalan Palembang - Indralaya

Untuk kita  yang awam gini, fungsi  jalan sebatas untuk mempercepat  waktu tempuh,hemat ongkos juga hemat BBM. Gaes ternyata , jalan itu punya peran yang penting dari sekedar infrastruktur lalu lintas saja. Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004  Peranan jalan antara lain

Peranan Jalan Menurut Undang-Undang

  • Jalan Sebagai Sarana transportasi.Mempunyai peran penting dalam bidang Ekonomi Sosial BudayaLingkungan hidup politik pertahanan keamanan,serta dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat
  • Jalan sebagai prasarana distribusi barang dan jasa. Merupakan urat nadi kehidupan prekonomian masyarakat,bangsa dan negara.
  • Jalan Mempunyai Fungsi Politik. Jalan  yang merupakan satu kesatuan sistem jaringan jalan menghubungkan  dan mengikat seluruh wilayah Republik Indonesia

Pembagian Jalan Menurut Wewenang Pembangunan dan Perawatan

Menariknya lagi bahwa jalan yang kita lalui setiap hari itu,ternyata serupa tapi tak sama. Maksudnya gini loh, beda kewenangan untuk pembuatan dan pemeliharaanya. Berdasarakan pembagian wewenang makan jalan dibedakan atas

  • Jalan Provinsi
  • Jalan Kabupaten
  • Jalan Kota
  • Jalan Desa

Jadi setelah mengetahui  siapa yang berwenang,sekarang sudah tahu dong siapa yang harus dihubungi untuk perbaikan jalan rusak.

Manfaat Ruas Jalan Provinsi Untuk Kesejahteraan  Masyarakat Sumsel

Kebetulan Ngobrolin tentang jalan,aku mau kasih info  ruas jalan Provinsi di sumatera selatan ada 92  ruas jalan. Ruas jalan provinsi ini ditetapkan,dengan Surat Keputusan ( SK) Gubernur.

Jalan Provinsi dibagi lagi menjadi beberapa kriteria berdasarkan lokasinya.

  • Jalan Kolektor Primer

Jalan yang menghubungkan Ibukota Provinsi dengan ibukota kabupaten atau kota

  • Jalan Kolektor Primer

Jalan yang menghubungkan antar ibukota kabupaten atau kota

  • Jalan strategis Provinsi

Ruas jalan diprioritaskan untuk melayani kepentingan provinsi.Dengan pertimbangan untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi,kesejahteraan dan keamanan provinsi.

Peta dan data demografi Sumsel  dok binamarga-pu-go-id   

Provinsi Sumatera Selatan, adalah provinsi dengan wilayah terluas ke 6 di  Indonesia. Dengan luas wilayah 91.592 km², yang terbagi menjadi 13 kabupaten dan 4 kota. Bisa dibayangkan betapa maha pentingnya, infrastruktur jalan yang baik bagi masyarakat  Sumsel.

Karena itu Pemda Sumsel melalui Dinas Pekerjaan Umum,Bina Marga,dan Tata Ruang Sumatera Selatan (DPUBMTR Sumsel ),bekerja Sigap Membangun Sumsel.

 Nah, pembangunan infrastruktur jalan provinsi  oleh DPUBMTR Sumsel, sudah pasti  memberi manfaat bagi masyarakat. Seperti meningkatnya kelancaran arus lalu lintas,angkutan barang dan orang antar kota dalam provinsi.Yang pada giliranya berdampak baik pada perkembangan sektor ekonomi,disetiap daerah yang dilalui jalan provinsi.

Nah gaes,pembangunan jalan adalah investasi jangka panjang.Karena manfaatnya tidak terbatas hanya pada masa jalan tersebut selesai dikerjakan.Tapi akan berkelanjutan sampai  generasi yang akan datang.

Persentase Panjang Jalan Di Sumatera Selatan

 dok binamarga-pu-go-id   

Thanks to Dinas Pekerjaan Umum,Bina Marga,dan Tata Ruang Sumatera Selatan (DPUBMTR Sumsel ) sekarang transportasi ke seluruh wilayah Sumatera Selatan menjadi lebih cepat,lancar dan aman. Sehingga pemerataan pembangunan dapat dirasakan sampai kepelosok desa.donasaurus.2022

September 05, 2022

Aktivitas Fisik Untuk Penderita Penyakit Tidak Menular

lompat tali olahraga untuk penyakit tidak menular

Rekomendasi Latihan Kardio Untuk Penderita Penyakit Tidak Menular 

Sabtu  pagi yang cerah. Irama latin yang ceria menggema, di halaman belakang Puskesmas Sukarami - Palembang.  Sesuai anjuran Dinkes Sumsel untuk mensukseskan gerakan Sumsel Sehat, Satu minggu sekali Puskesmas Sukarami mengadakan  aktivitas senam bersama. Selain Petugas Puskesmas,masyarakat sekitar  juga berpartisipasi.

Seperti pagi  ini kulihat  beberapa  ibu, yang tinggal tak jauh dari Puskesmas ikut senam. Salah satunya  Bicik Mala, yang kebetulan tinggal tak jauh  dari rumahku. Ia bersemangat sekali menirukan, gerak lincah instruktur senam. Usai senam aku dan Bicik  beriringan pulang  bersama. 

Sambil jalan, Bicik cerita sudah hampir dua tahun,anak-anaknya membatasi  kegiatan Bicik  di luar rumah. Beliau  punya penyakit Asma, yang akan berbahaya kalau terinfeksi  COVID-19. Tapi tinggal di rumah saja, dan tak banyak aktivitas membuatnya jadi ‘suntuk. 

Aku jadi penasaran adakah aktivitas fisik, yang bisa dilakukan di rumah. Untuk penderita Penyakit Tidak Menular  (PTM ) seperti Bicik Mala. Sehingga mereka bisa terus aktif bergerak, walau di rumah saja.

Sebelum lanjut ngobrolin tentang aktivitas, sudah pada tau belum  apa yang dimaksud dengan penyakit tidak menular?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia –WHO Penyakit Tidak Menular,adalah penyakit yang tidak menular langsung dari satu orang ke orang lain. PTM  adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman. Penyakit yang masuk kategori  PTM antara lain  Hipertensi, Diabetes, Jantung, Stroke, Asma dan Kanker.

Selama pandemi, Pasien PTM  mendapat perhatian khusus. Disebabkan penyakit tidak menular dapat menjadi penyerta (Komorbid ),yang  bisa berakibat fatal bila pasien terinfeksi COVID-19. 

Selain faktor genetik,penyakit tidak menular  dapat disebabkan  gaya hidup dan lingkungan yang tidak sehat. Kurang aktivitas fisik selama masa pandemi,meningkatkan faktor risiko PTM. Nah,ternyata aktivitas fisik sangat bermanfaat bagi pasien PTM antara lain dapat:

Manfaat Aktivitas Fisik Bagi Orang Yang Memiliki Faktor Risiko PTM

  • Mengurangi Kecemasan
  • Mengendalikan Stress
  • Mengendalikan Kadar Kolesterol
  • Memperbaiki kelenturan dan kekuatan otot
  • Meningkatkan daya tahan dan imunitas


Nah, kira-kira aktivitas fisik apa yang sesuai, untuk pasien PTM seperti Bicik Mala. Untuk orang dengan faktor risiko PTM, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan menganjurkan  aktivitas fisik atau olahraga dengan intensitas sedang. Orang yang memiliki faktor risiko PTM,sebaiknya menghindari olahraga atau aktivitas  dengan intensitas tinggi. Dikhawatirkan akan menyebabkan turunnya daya tahan tubuh (imunitas ).

Kegiatan rutin bersih-bersih rumah atau berkebun, termasuk aktivitas fisik yang disarankan.Tapi bila kondisi memungkinkan penderita penyakit tidak menular dapat juga melakukan beberapa latihan kardio.

Latihan Kardio Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Ringkasnya olahraga kardio adalah aktivitas fisik yang gerakannya berulang-ulang secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Contoh olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah antara lain:

  • Sepeda statik
  • Jalan cepat dengan treadmill
  • Lompat tali
  • Naik turun tangga  selama 10-15 menit, yang  dapat diulang  2-3 kali sehari.

Olahraga kardio sangat dianjurkan untuk penderita hipertensi, obesitas dan penyakit kardiovaskular lain seperti jantung. Aktivitas fisik ini dapat dilakukan 3 kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.Untuk menghindari cidera dan bermanfaat untuk kesehatan. Maka aktivitas fisik yang dilakukan harus baik, benar, terukur dan teratur.

  • Dalam Kondisi Tubuh Yang baik

Jangan memaksakan diri, lakukan aktivitas fisik sesuai kondisi tubuh.

  • Dengan Cara Yang Benar

Lakukan aktivitas fisik dengan mengikuti urutan yang benar.

  1. Pemanasan
  2. Gerakan inti
  3. Pendinginan

  • Terukur dan Bertahap

Disarankan untuk melakukan latihan fisik secara bertahap.Beri waktu tubuh untuk menyesuaikan diri. Intensitas dan lamanya aktivitas dapat ditingkatkan secara bertahap.

  • Dilakukan Secara Teratur

Perlu diingat Penyakit Tidak Menular adalah jenis penyakit, yang dapat diderita selama bertahun-tahun. Karena itu perlu niat yang kuat, untuk dapat konsisten teratur melakukan aktivitas fisik ini.


Meskipun aktivitas fisik itu bermanfaat. Tapi sebelum mulai ada baiknya orang yang memiliki faktor risiko PTM, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk mengetahui jenis aktivitas fisik,yang sesuai dengan penyakit dan kondisi tubuh saat itu.

September 03, 2022

KIAT Membuat Konten Sustainable Living

 
air,airmineral

Keseruan Acara Danone Community Engagement Day 2022

Gaya hidup kita berdampak langsung, pada keberlanjutan ekosistem bumi. Semua aktivitas yang kita lakukan, akan mempengaruhi kelestarian sumber daya alam.

Karena kita semua ikut andil dalam”eksploitasi” sumber daya bumi. Maka tidak adil rasanya,kalau kampanye  Sustainable Living. Hanya  dilakukan oleh aktivis lingkungan dan  corporate saja.

Setiap orang dapat dan wajib,turut serta  membela bumi. Tentu menurut kapasitasnya masing-masing. Misalnya sebagai  content  creator yang peduli lingkungan. Bisa sering-sering posting  Sustainable Living), seperti  #ADayInMyLife  di media sosial kita.

Agar  konten yang dihasilkan informatif dan   bermanfaat . Sudah pasti harus membekali diri dengan pengetahuan umum,seputar perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

Nah,terkait isu keberlanjutan lingkungan dan  masyarakat. Danone Indonesia  mengundang bloger dan vloger dalam  Event  Danone Community Engagement Day 2022. Webinar yang berlangsung pada tanggal 1 September  2022, mengusung tema “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan Untuk Indonesia Lestari”.

Narasumber Danone Community Engagement Day 2022

Menghadirkan narasumber Budi Rahardjo -Agriculture Manager Danone Indonesia, Annie Wahyuni-Downstream Packaging Manager Danone Indonesia. Yang  jadi bintang acara ini tentu saja  serta Gerald Vincent . Content creator yang jadi narasumber Kelas Intensif Membuat Konten ( KIAT)

Bagaimana Mengelolah Tanah Dan Air Secara Berkelanjutan

Pak Budi Raharjo mengenalkan peserta,pada Regenerative Agriculture. Singkatnya, regenerative Agriculture adalah sistem pertanian, dengan  manajemen penggarapan  tanah yang bertanggung jawab.

Regenerative Agriculture,manajemen penggarapan tanah yang bertanggung jawab

Prinsip-prinsip Regenerative Agriculture yang berdampak baik bagi lingkungan

  • Pengolahan lahan yang dilakukan seperlunya saja (seminim mungkin). Hanya pada bagian dimana tanaman akan  ditanam
  • Korservasi  tanah. Pertanian dengan sistem teras siring,mengilir tanaman,rorak dan organic mulch
  • Melindungi air. Kawasan pertanian menjadi recharge area atau kawasan resapan air
  • Meningkatkan Biodiversitas. Budidaya beragam tanaman pada satu kawasan juga akan menjadikan kawasan pertanian sebagai ekosistem alam (agroforestri), yang potensial untuk mendatangkan income yang beragam bagi petani. Misal:  Sistim tanam sela, multispecies crops, tanaman tepi bisa menjadi habitat lebah dan serangga yang berguna.
  • Keterpaduan pertanian dan peternakan. Pengembalaan yang baik memicu perbaikan pertumbuhan tanaman, meningkatkan konten carbon dalam tanah, dan

Tujuan utama Regenerative Agriculture,untuk memperkuat dan mempertahankan keberagaman  biologis dan nutrisi  tanah. Gaya bicara  Pak Budi yang  informative,bikin peserta betah  menyimak setiap slide yang ditayangkan.

Kemudian  perbincangan dilanjutkan Kak  Annie Wahyuni yang humoris.Beliau  menjelaskan  program Circular Packaging yang sudah dilakukan  Danone  Indonesia.

Apa Yang  Sudah Dilakukan Danone Indonesia Untuk Sustainable Living

Circular Packaging adalah proses daur ulang botol plastik. Botol-botol yang dikumpulkan dari para pemulung dan bank sampah.Kemudian didaur ulang menjadi biji plastik,sebagai bahan baku  pembuatan botol plastik. Selain mengurangi sampah,kegiatan ini juga bernilai ekonomi.

aqua recycling  prosedur
Pendekatan Ekonomi Sirkular Pada Pengolahan  Sampah Botol Plastik

Beberapa langkah yang  dilakukan Danone  Indonesia untuk mendukung program bijak plastik.

Collection 

Untuk mengumpulkan lebih banyak sampah plastik lebih dari yang digunakan pada tahun 2025

Education

Untuk memperluas program pendidikan di sekolah untuk menjangkau 5 juta anak-anak dan memimpin kampanye nasional yang menargetkan 100 juta konsumen pada tahun 2025

 Innovation

Untuk menggunakan kemasan yang 100% dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, atau kompos, serta meningkatkan konten bahan daur ulang hingga 50%

Keseruan  Danone Community Engagement terus berlanjut di  Kelas Intensif Membuat Konten #KIAT2022  bersama Gerald Vincent.

KIAT Membuat Konten Yang Sustainable

Kenal dong sama babang  ganteng nan humoris Gerald Vincent. Menurut aku content creator  yang satu ini super banget. Dia bisa bikin topik yang biasa aja ,jadi luar biasa banget.Nih,akau spil #KIATMembuatKonten menarik ala Geral Vincent.

konten menarik ala Gerald Vincent
 Apa yang diperlukan untuk membuat konten yang menarik

 Ide

Ide untuk  membuat  konten,bisa dari mana saja.Bisa dari kejadian yang lagi viral atau bahkan hal-hal yang  udah biasa banget  bagi masyarakat.Karena tidak ada hal yang benar-benar baru di muka bumi ini.Maka  harus memikirkan sebuah  konsep,yang membedakan konten  kamu dengan yang lain.

Motivasi

Apa tujuan konten ini dibuat ? Sebagai  jawapan atas pertanyaan,sebagai  informasi baru,atau hiburan semata.

Value

Apa velue  atau nilai lebih yang didapat  orang setelah menonton konten kamu.

Passion

Buatlah sesuatu  yang kamu senang melakukanya. Sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa atau sekedar ikut-ikutan trend.Akan berbeda hasilnya dengan  pekerjaan yang dilakukan sesuai  passion kamu.

Percaya Diri

Hidup terlalu singkat untuk jadi pemalu. Jadi  yakinkan dirimu  bahwa kamu punya potensi. Punya bakat yang bisa ditampilkan dan bermanfaat untuk orang lain.

Terus Belajar

Profesi  sebagai content creator, menuntut kita belajar seumur hidup. Terus menerus belajar dan mencari informasi. Seputar soft skill dan hard skill yang berhubungan dengan membuat konten.

botol aqua dapat direcyle
Semua botol plasik Aqua dapat didaur ulang

Uwow, rasanya tak  cukup 1000 kata untuk  menuliskan  info-info bermanfaat,  yang disampaikan para narasumber  #DanoneCommunityEngagementDay2022  kemarin. Semoga  semakin banyak bloger dan vloger,yang berkesempatan mengikuti event  - event  bermanfaat dari  Danone Indonesia  selanjutnya.

Agustus 31, 2022

Keju Kraft Quick Melt Bikin Kompak Tetangga

kue gunjing keju kraft

Menjaga Hubungan Baik Dengan Tetangga

Medio  Agustus 2021. Setelah  menjalani  test  Swab,kami sekeluarga dinyatakan  positif covid. Panik sudah pasti,tapi masih bersyukur.  Gejala infeksi yang kami alami masuk kategori ringan. Setelah  tukar pikiran dengan Pak RT (tentu saja lewat hp). Kami  sekeluarga menjalani  isolasi mandiri (isoman ) di rumah.

Meski di rumah,bukan berarti semua jadi lebih mudah.Isoman mendadak  tanpa persiapan  logistik,tentu saja bikin bingung. Beruntung,kami punya tetangga – tetangga yang baik dan berpikiran terbuka.

Contohnya  pada hari ke tiga isoman,beras dan gas habis. Aku chat tetangga, yang punya warung sembako.Minta tolong diantarkan  gas dan beras. Tidak sampai satu jam,beras dan gas sudah tiba di teras .

 Begitu juga  saat kami sudah bosan makan,makanan cepat saji dan mie instan. Aku  chat Teh Eem,tetangga sebelah.Kalau ketemu Kang sayur,aku nitip. Tak berapa lama, ia sudah datang mengantarkan  sayur,ikan, dan bumbu dapur pesananku.

Berada dilingkungan yang peduli,mempercepat proses pemulihan. Alhamdulilah 10 hari  isolasi mandiri, kami  lalui dengan selamat.

Kita mungkin punya banyak teman gaul di kantor,sekolah dan komunitas.Intensitas  pertemuan  dengan mereka, kadang  lebih sering dari pada bertemu keluarga sendiri. Tapi tetangga  adalah orang terdekat dan  tercepat ,yang dapat menolong saat darurat.

 Tips Lebih Akrab Dengan Tetangga

Membina hubungan akrab,dengan tetangga itu gampang-gampang susah. Apalagi  setiap lingkungan,punya karakter warga yang berbeda. Tapi setidaknya ada beberapa  pendekatan,yang  dapat diterapkan di lingkungan manapun.

  • Senyum dan Sapa

Cuma tersenyum sambil bilang halo, atau assalamualaikum.Itu sudah cukup untuk membuka pintu  pertemanan.Seiring berjalanya waktu,akan banyak topik yang bisa dijadikan bahan obrolan

  • Bergabung Dalam Komunitas Warga

Bergabunglah dalam grup warga di media sosial atau Whatsapp Group.Informasi penting atau darurat biasanya akan dibagi disana.

  • No Body Perfect

Seperti  halnya dilingkungan sosial yang lain.Dilingkungan tempat tinggal,ada saja warga dengan karakter unik. Perlu diingat, No body perfect. Suatu hari mungkin tetangga yang berbuat salah,dihari lain mungkin kita yang khilaf.

 Selagi itu tidak membahayakan,atau benar-benar merugikan, abaikan saja. Yang suka meributkan hal remeh-temeh,biasanya tidak akan betah tinggal dimanapun.

  • Saling Menghormati

Akrab dengan tetangga, bukan berarti kita bisa bertindak semau gue.Tetap ada batasan  mengenai hak dan kewajiban.Misalnya minta izin kalau, terpaksa parkir di depan rumahnya. Minta izin kalau mau mengambil daun pandan atau daun pisang di halamanya.

  • Tolong Menolong

Masih ingat pepatah “ada ubi ada talas,ada budi ada balas”.Nah,begitulah gambaran kehidupan  bermasyarakat. Bantuan –bantuan kecil yang kita berikan,mungkin member kesan mendalam.Jadi saat kita butuh pertolongan,akan banyak yang bersedia membantu.

Nah, kalau ngobrolin soal tolong menolong ,aku jadi inget sering minta tolong ajarin masak sama  Bik Yuyun. Tetangga sebelah rumahku, yang jago masak jajanan pasar.

 Bik Yuyun suka berbagi ilmu dengan ibu-ibu muda, yang ingin belajar masak. Seperti  minggu lalu,aku dan beberapa teman minta ajarin  masak kue Gunjing.

Kemasan Keju Kraft
Keju Kraft Quick Melt 165g

Pada jam yang disepakati aku  bergegas ke rumah Bik Yuyun. Sambil membawa bahan, untuk membuat Gunjing.  Tak lupa aku bawa  Keju Kraft  Quick Melt,yang  jadi andalanku.

Kenapa Kraft  Quick Melt ? Proses memasak gunjing, tidak terlalu lama. Jadi aku perlu   keju, yang  dapat  segera melelah. Dan  aku sudah buktikan Kraft Quick Melt, beneran 3 menit leleh.Jadi  pas banget untuk digunakan dalam resep Gunjing.

Resep Gunjing Keju Ala Kraft Quick Melt

Bahan

  • 90   gr Keju Kraft Quick Melt. 
  • 250 gr tepung beras
  • 125 gr tepung terigu
  • 250 gr kelapa parut
  • 500 ml air
  • Garam  secukupnya
  • Gula pasir untuk taburan ( opsional)

Bahan Membuat Gunjing Keju
Bahan membuat Gunjing Keju

Cara Membuat

  • Campurkan tepung beras dan tepung terigu dan kelapa parut
  • Tuangkan air sedikit demi sedikit.Aduk rata.
  • Potong memanjang Keju Kraft Quick Melt - kurleb 1 cm
  • Oleskan mentega  tipis-tipis pada cetakan kue pukis
  • Panaskan cetakan dengan api kecil, sampai mentega mencair
  • Tuang adonan setengah cetakan
  • Masukan 1 potong keju Kraft Quick Melt.Tuang lagi adonan sampai menutupi keju.
  • Tutup cetakan.Panggang sampai matang (kurleb 8 mnt)
  • Lepaskan kue dari cetakan dan sajikan selagi hangat

Keunggulan Kraft Quick Melt,3 menit leleh

Kulepaskan  satu-persatu kue dari cetakan  gunjing. Aroma  khas keju yang mengugah selera,memenuhi  dapur. Sebagai  mentor dan tuan rumah, kami persilakan Bik  Yuyun jadi yang pertama, mencicipi  Gunjing Gurih  Ala  Kraft  Quick  Melt.

Bik Yuyun mengacungkan dua jempolnya. Gunjing hasil kolaborasi kami hari ini,teksturnya lembut, ada aroma khas Kraft  Quick  Melt lezat dan gurih.Dan yang paling mengugah selera tentu saja keju,yang meleleh tapi enggak cair  saat  kue dibelah.

 Fix,  keju Kraft  Quick  Melt recommended  untuk membuat hidangan praktis dan lezat saat kumpul  bareng keluarga,teman dan tentu saja tetangga.

Agustus 27, 2022

Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

sayuran tinggi serat
Sayuran dan Kesehatan Saluran Cerna

Punya anak yang gemar  atau mau makan sayur,adalah impian tiap ibu.Tapi kadang impian tak seindah kenyataan. Membuat anak-anak suka makan sayur,susahnya minta ampun.Dari pada anak gak makan, terus sakit. Biasanya  orang tua mengalah. Membebaskan anak makan makanan  kekinian, yang tinggi lemak dan rendah serat.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba dirumah,agar anak gemar makan sayur.Tapi sebelumya, pada tau gasih  pentingnya makanan  berserat  untuk  tumbuh kembang anak?

Nah, biar jelas aku mau share informasi, seputar  pentingnya saluran cerna. Dalam mendukung tumbuh kembang  anak, yang aku dapat dari Webinar - Pentingnya  Serat Terhadap Kesehatan Saluran Cerna  dan Mengurangi Risiko Alergi Pada Anak (23/08 ). Event Bicara Gizi ini diprakarsai, Danone Specialized Nutrition ( SN  ) Indonesia.

Nara Sumber Webinar 
Pentingnya  Serat Terhadap Kesehatan Saluran Cerna  dan Mengurangi Risiko Alergi Pada Anak


Dr.Endah Citraresmi,Sp.A(K)-Konsultan Alergi dan Imunologi Anak,yang menjadi salah satu narasumber  menjelaskan. Saluran cerna  adalah bagian penting dalam tubuh. Fungsi saluran cerna,seperti  pabrik  pengolahan makanan.Nah, berikut beberapa manfaat sayuran tinggi serat.

  • Sumber vitamin dan mineral
  • Membantu gerakan membersihkan usus
  • Mencegah sembelit
  • Membuat perut terasa kenyang

Makanan yang  tinggi lemak dan rendah serat,akan meningkatkan faktor resiko kesehatan. Alergi merupakan penyakit, yang sering dijumpai pada anak. Selain faktor genetik,alergi  seringkali disebabkan pola makan yang rendah serat. Karena itu penting banget,sejak dini anak dibiasakan makan makanan tinggi serat.

Dua  Jenis Serat Yang Terkandung Dalam Sayuran

Kebetulan lagi ngobrolin serat, dokter  Endah  juga menjelaskan,manfaat makan sayuranyang tinggi serat. Ada dua jenis serat yang  terkandung dalam  sayuran. Kedua serat mempunyai,  peran  berbeda dalam saluran cerna.

Serat  makanan yang larut dalam air (Soluble Fiber )

Banyak terdapat dalam sereal, kacang-kacangan,bawang putih,wortel,apel,dan alpukat. Dalam usus serat jenis ini  akan  berubah  menjadi  jel . Yang diserap perlahan  oleh saluran cerna. Sehingga  membantu  menstabilkan,  gula darah dan kolestrol.

Serat makanan  yang tidak larut dalam  air (Insoluble Fiber )

Secara umum dikatakan  sayur-sayuran lokal,seperti kacang panjang, terong,timun, kangkung, bayam,daun singkong,sawi-sawian  dll. Masuk dalam kategori serat makanan, yang tidak larut dalam air. Serat yang tak larut dalam air,berguna untuk melancarkan pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Bagaimana membuat anak tertarik makan sayuran

Nah, setelah mengetahui pentingya serat bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak.Sekarang  gimana caranya,menarik minat anak makan sayur?

Kreatif  Mengolah Sayuran

Alat indra,gigi,juga saluran cerna anak-anak ,belum  berkembang dengan sempurna. . Kita harus kreatif mengolah sayuran,agar mereka tertarik untuk makan.

  • Potonglah sayur  sedikit lebih kecil atau lebih tipis dari biasa.
  • Kukus,rebus, atau tumis  sayuran, dalam tingkat kematangan yang pas. Sehingga memudahkan anak mengunyah
  • Perlu diingat, anak-anak  belum meyukai  sayur yang berasa pahit. Juga masakan pedas dan banyak rempah. Mulai saja dengan masakan simple, seperti  wortel kukus,sayur bening, atau sop sayuran.

Porsi  Sesuai  Kebutuhan

Jumlah kebutuhan serat  anak-anak ,berbeda  menurut kelompok umur. Anak-anak cepat merasa kenyang dan mudah lelah.Jangan memaksa makan sayur, dalam jumlah besar sekaligus.

Misalnya anak  usia  7-11 bulan hanya memerlukan  10 gr serat/hari. Kira-kira setara dengan, dua sendok makan tumis kangkung. Kebayang dong,betapa sedikitnya. Itupun tak harus  habis  sekali makan, dicicil 3x sehari juga boleh.

Kebutuhan Serat Menurut Kelompok Umur

Makan Sayur Itu Menyenangkan

Nah, sebagai penutup  saya ingat pesan dokter  Endah. Mari kondisikan hal positif, tentang sayur-sayuran.Karena anak  belajar dari meniru,maka  Ayah dan Ibu  dapat member contoh gemar makan sayur.

Membiasakan anak makan sayuran,memerlukan kesabaran. Ada riset yang menyatakan anak –anak,baru  akan makan sayur setelah 12 kali disajikan.Jadi jangan emosi dan putus asa.Terus tawarkan dan cicipi mereka, dengan aneka rasa sayuran.donasaurus2022

Juli 01, 2022

Peran Ayah Dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak


apa saja yang harus dilakukan ayah untuk mendidik anak

Tumbuh Kembang Anak di Masa Transisi

Sepulang sekolah Tejo  (9 tahun)  terlihat senang bercampur bingung. Ini hari pertama  belajar di sekolah,setelah berbulan-bulan belajar online. Sambil makan  siang Tejo cerita. Ada banyak yang berubah,tak hanya suasana sekolah , tapi juga teman-temannya.

Anak  itu cekikikan waktu teringat, ia hampir tak mengenali  Farel. Teman sebangkunya  yang  tiba-tiba jadi lebih besar  dari terakhir  mereka bertemu. Ternyata  kurang  aktivitas fisik dan pola makan yang berubah, membuat  Farel  jadi obesitas.

Pembatasan sosial (  Social Distancing ) yang hampir dua tahun di berlakukan. Tidak  hanya membuat Tejo bingung dan Farel  kelebihan berat badan. Tapi  secara umum  juga  mempengaruhi  perkembangan  fisik dan psikologis anak-anak.

Sementara kita tahu, untuk  merangsang tumbuh kembang  optimal. Anak –anak memerlukan dukungan keluarga dan lingkungan.

faktor yang mempegaruhi perkembangan sosial emosional anak

Terus, gimana dong  cara kita untuk mendukung  tumbuh kembang anak dimasa transisi setelah  pembatasan sosial?

Nah,dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional 2022,Danone Indonesia mengadakan webinar.Event  parenting bertema  Kiat Keluarga Indonesia Optimalkan Tumbuh Kembang Anak di Masa Transisi.

Pakar dan praktisi yang urun rembuk mengupas tema ini adalah dr. Irma Ardiana, MAPS Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak, Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A (K), MPH, dan Ibu Inspiratif FounderJoyfulParenting 101 Cici Desri.

narasumber webinar nutrisi untuk nusa

Kalau ngobrolin soal kecerdasan sosial dan emosional,ternyata  gaya pengasuhan orangtua jadi faktor yang amat menentukan.Seperti yang diterangkan dr.Irma , bahwa  gaya  pengasuhan  mempengaruhi perkembangan kognitif,emosional,dan sosial  anak.

Setiap  tipe pola asuh,menghasilkan anak dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial yang berbeda.Karakter anak yang terbentuk dari pola asuh,akan terus melekat sampai anak dewasa.

Yang  sudah jadi orangtua pasti mengerti, sulitnya untuk konsisten  menerapkan pola asuh  yang ideal. Hambatan bisa disebabkan  tidak adanya komunikasi   antara ayah dan Ibu. Mengenai pola asuh yang diterapkan dalam keluarga.

Nah,kalau selama ini karena kesibukan,Ayah jadi jarang berinteraksi dengan anak. Kebijakan Work From Home yang diberlakukan selama pandemic.Dapat dijadikan momen untuk memulai pola asuh kolaboratif. Ayah  dapat  aktif  berperan menciptakan suasana rumah, yang kondusif untuk tumbuh kembang anak.

Tentu saja tidak ada ada lelaki, yang langsung  terampil mengasuh dan mendidik anak.Kompetensi  didapat,dengan bersedia meluangkan waktu  untuk  learning  by doing.

Langkah pertama untuk memulai  pola asuh kolaborasi,adalah mengetahui tahapan tumbuh kembang dan apa saja yang diperlukan dalam tiap tahapan.

Pahami  Proses  Tumbuh Kembang Anak

Masalah dan kerepotan dalam membesarkan anak pasti  terjadi.  Sebab itu Ayah memang harus  membekali diri, dengan pengetahuan  dasar  tumbuh kembang anak.Kabar baiknya,  informasi mengenai tahapan tumbuh kembang  anak, sangat mudah didapat.

Salah satu sumber  referensi   terpercaya adalah laman media sosial  Nutrisi  Untuk Bangsa atau kunjungi  website  Nutrisi Untuk Bangsa  

Tidak perlu khawatir dengan istilah medis yang  ruwet. Informasi yang disajikan Nutrisi Untuk Bangsa menggunakan bahasa sederhana  yang mudah dipahami.

Pola Asuh Kolaborasi

Menurut dr. Bernie  Ibu dan Ayah mempunyai peran yang berbeda dalam mengasuh anak.Jadi fokus utama pola asuh kolaborasi  adalah kerjasama yang saling melengkapi. Nah,berikut berapa  langkah untuk memulai peran ayah dalam optimalisasi tumbuh kembang anak

Menjadi  Contoh

Anak-anak  merupakan peniru ulung.Semakin besar anak,semakin besar pula  pengaruh lingkungan.Cara terbaik  mengurangi pengaruh buruk lingkungan. Ayah bisa mulai sedini mungkin memberi contoh,kebiasaan baik  yang ingin diterapkan dalam keluarga. Kesabaran dan konsistensi,sangat penting dalam proses pembentukan karakter.

Menjadi Teman

Sudah tidak zamanya mempertahankan imej  Ayah, sebagai sosok  yang menakutkan bagi  anak.Kembangkan  interaksi  yang akrab, membuat anak merasa aman dan nyaman bersama Ayah. Bangun komunikasi dua arah, terbuka, dan saling menghargai.

Koreksi dan Apresiasi

Ibu yang lemah lembut,biasanya tidak  tega melakukan ‘koreksi’ saat anak melakukan kesalahan. Ayah bisa  mengambil  peran ,untuk mengembalikan anak  ke jalurnya. Beritahu apa yang salah,dan bagaimana yang benar.Jangan lupa, segera berikan apresiasi,bila mereka sudah bersikap baik.

pola asuh yang diterapkan dalam keluarga

Quote Ki Hajar Dewantara, ‘Setiap Orang Menjadi Guru,Setiap Rumah Menjadi Sekolah’. Pas sekali  untuk mengambarkan, peran keluarga dalam tumbuh kembang anak.Ayah dan Ibu adalah inisiator dalam menjadikan rumah, sebagai  tempat  belajar yang  ramah dan menyenangkan untuk anak*****donasaurus 2022

April 25, 2022

Gaya Hidup Halal Ala Wong Palembang

kriteria produk halal

Pilah-Pilih Produk Halal

Di negara mayoritas muslim seperti  Indonesia, label  halal  menjadi  faktor  penentu  keputusan  konsumen  membeli. Jadi Gaya Hidup Halal,adalah mandatory bagi umat Islam.

Bicara tentang produk halal,tidak sebatas hanya dari bahan baku. Proses produksi  yang bersih bebas najis. Juga alat produksi yang memenuhi standar kesehatan,masuk daftar pertimbangan untuk memberikan label halal.

Karena ketatnya Standar Oprasional Prosedur untuk mendapat label halal.Maka hanya produk yang  benar-benar berkualitas saja yang layal berlabel halal. Tak heran sekarang  konsumen non muslimpun mulai menggunakan produk halal. Bukan karena alasan agama,tapi lebih kepada  alasan kualitas. Halal menjadi gaya hidup kekinian.

Nah, kebetulan lagi  ngobrolin  produk  halal. Aku mau cerita dikit nih,gimana  #gayahiduphalal dibudayakan dalam lingkungan  keluarga  Palembang.

Sebagai wong plembang,kito terkenal  suka jajan dan  makan enak. Gak heran tiap sudut  Kota Palembang  ada  aja meja yang jual Pempek,Model dan Tekwan.

Ayahku  pernah cerita,calon mertua di Palembang  tempo  dulu  menjadikan keterampilan memasak  sebagai   syarat  memilih  mantu. Lah kok  gitu?

Selain alasan kalau masak sendiri,bisa dapet  banyak.  Menurut Ayah  ada  unsur religi dalam budaya makan wong  Palembang.Beliau cerita dulu penjual makanan, di Kota Palembang kebanyakan non muslim.

infografik pemeriksaan produk halal

Mereka  umumnya kurang informasi,mengenai  proses penyajian  makanan halal menurut  Islam. Inilah awalnya kenapa  warga muslim Kota Palembang ,banyak yang ragu-ragu untuk membeli dagangan mereka. Nah, kebiasaan  memasak di rumah  adalah gaya hidup halal ala Palembang. Sebagai upaya menghindari  makanan, yang  tidak halal menurut  syariat Islam. 

Kabar baiknya,zaman now  informasi  seputar  produk  halal  semakin mudah di akses. Pemerintah  Kota Palembang juga aktif  mengadakan sosialisasi label halal kepada penggiat UKM.

Alhamdulilah,sekarang semakin banyak  produk  Pempek  dan Kerupuk  Palembang  yang  berlabel halal. Sehingga  kaum muslimin dan muslimat,tak perlu ragu makan dan ngirup cuko pempek Palembang.

logo halal yang baru

Kamu  mungkin penasarankan,  gimana ceritanya pempek yang terbuat dari sagu dan ikan.Bisa masuk kategori tidak halal,menurut Wong Plembang.

Tentu saja  kita tidak boleh asal menghalal ,ataupun mengharamkan sesuatu.Semua ada ukuran dan aturan.

Nah di  event  webinar  Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat  bersama #DanoneIndonesia ( 20 April 2022 ) lalu. Aku  menyimak  ulasan Bapak  Muhammad Aqil Irham – Kepala Badan Penyelengara  Jaminan Produk Halal ( BPJPH ).

Beliau  menerangkan dalam proses pemberian  sertifikat halal. Selain bahan baku yang harus halal, proses produksi , pengemasan dan penyimpanan, juga wajib memenuhi  standar halal.

Manfaat Serifikasi Halal Bagi Produsen 

Sertifikasi  atau label halal tidak bermanfaat untu  konsumen. Seperti  yang kita obrolin di atas tadi,label halal juga menguntungkan produsen.

Beberapa keuntungan yang dimiliki  produk dengan label halal antara lain

  • Pelanggan setia  ( loyal)
  • Daya saing yang lebih  tinggi
  • Segmen pasar yang lebih luas

Nah,Danone Indonesia  adalah contoh baik, pelaku usaha  yang  peduli   dengan  kenyamanan,keamanan,keselamatan,dan kepastian ketersediaan produk  halal bagi masyarakat.

Danone Indonesia  Mendukung Gaya Hidup Halal

Danone Indonesia  adalah perusahaan  yang  memandang penting  sertifikasi  halal  untuk produk mereka. Prima Sehanputri – Head of Regulatory Affair Danone Indonesia dengan penuh semangat menjelaskan. Danone Indonesia memiliki team management halal,yang memastikan semua tahapan produksi sesuai SOP.

Apa saja yang sudah dilakukan  Danone Indonesia untuk mendukung  ekosistem halal.

Pemilihan Material

Danone  Indonesia  memiliki Standar Oprational Prosedur  (SOP  ) yang memastikan pemilihan material untuk produk halal terjamin kehalalanya.

Pengecekan Material Datang

Setelah  material datang,sebelum  masuk proses sortir dan pencucian .Material  yang  diterima  akan diperiksa ulang. Pemeriksaan meliputi :

  • Nama material
  • Nama Produsen
  • Asal Negara Produsen

Proses Produksi

Ada SOP yang memastikan produksi produk halal  Danone Indonesia hanya dilakukan di line bebas pork dan bebas kontaminasi haram/najis.

Adanya SOP  proses pencucian sesuai  yang disyaratkan

Pencucian Fasilitas

→Adanya SOP pencucian fasilitas produksi

→Adanya SOP  yang menjamin proses pencucian menghilangkan najis

Produksi,Pengemasan ,Penyimpanan dan Distribusi

Setiap produk  baru Danone Indonesia,harus  tersertifikasi halal.Demikian pula SOP pengemasan ,penyimpanan dan distribusi  produk  diawasi dengan ketat.Sehingga tidak ada kontaminasi  haram/najis.

web binar gaya hidup halal danone indonesia

Sehabis ikut webinar   Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat akutuh merasa tercerahkan.Sekarang kalau aku udah gak bingun lagi untuk ber #gayahiduphalal.Tinggal gunakan produk Danone Indonesia. Udah ada  label halal dan udah pasti berkualitas.

Connect