-->

Carousel

Rabu, 03 Maret 2021

Cara Cepat Mengobati Batuk Berdahak

donasaurus.com
Tebak - tebakan yok ....penyakit ...penyakit apa.......  ketauan dari suaranya.......

Kesehatan - donasaurus.com

 Suara batuk kering  yang bikin geli, sampai batuk berdahak yang mengelegar. Suara batuk dapat terdengar,  sampai beberapa meter dari sumber suara.

Batuk termasuk penyakit, yang gak ada tobatnya. Kamu bisa puluhan kali, terserang batuk selama hidup. Penasaran  gimana proses penularan, trik mencegah, terus apa obat batuk berdahak paling manjur sedunia ?

Infeksi Saluran Pernafasan Bagian Bawah

Dulu aku sempat batal, ikutan  lomba  vocal group  antar SMA.  Pasalnya  empat hari menjelang lomba, aku terserang batuk berdahak.

Suara batuk yang horor, bikin teman – teman gagal fokus. Wadidawwwww, keselnya  masih terasa sampai sekarang. 

Dari web site Halodoc, aku mendapat informasi penting. Batuk berdahak  terjadi, akibat infeksi saluran pernafasan  bagian bawah.  Waspadalah kalau batuk  berdahak, lama sembuhnya.

Sebab saluran pernafasan bagian bawah, terhubung  langsung dengan  organ  dalam. Nah....  ada beberapa kasus penyakit saluran nafas akut,  yang gejalanya seperti batuk berdahak.

Jaring  Perangkap  Virus  Batuk

Suara khas batuk berdahak,  berasal dari  lendir. Lendir (mukus)  diproduksi  tubuh , sebagai  alat pertahanan. Lendir yang  kemudian kita sebut dahak, berfungsi  seperti  jaring  perangkap  virus.  

Organisme  penyebab  infeksi, terperangkap   dalam  mukus. Selanjutnya secara  berkala,  dahak terdorong  keluar.

Batuk  Berdahak  Menular

….… terus  gimana  mereka  bisa  sampai ke  dalam saluran pernafasan ?  Virus atau bakteri  menyusup, masuk  saluran pernafasan melalui  dua  cara.

donasaurus.com
 Penyebaran Virus melalui udara Pic Mohammed Hassan - Pixabay

Serangan  Udara

Saat penderita  batuk atau bersin, ada 100.000  virus yang terlepas  ke udara.  Bagai jet tempur supersonic, kumun  melesat  sampai  160 KM/jam ( Sumber – EEPRIS - bristol.ac.uk).

Benda yang  terpapar  kuman

Benda yang kerap berpindah tangan, atau  digunakan secara bersama – sama dapat  jadi sarang  kuman . Beberapa  barang yang  jadi tempat  favorit  kuman   antara lain

  • Kemasan  makanan dan minuman
  • Sarung bantal dan sprai tempat tidur
  • Peralatan makan
  • Alat tulis
  • Handphone
  • Uang

Mencegah  dan  Mengobati  Batuk Berdahak

Melihat modus operandi yang digunakan,  antisipasi penularan dapat dilakukan dengan 3M.

Jaga jarak

Seperti yang kita obrolin  tadi, penyakit ini bisa diketahui dari suaranya. Hal ini memudahkan  kita , menjaga jarak. Jauhi orang sedang terinfeksi.  1-2 meter adalah jarak aman, yang dianjurkan.

Gunakan masker

Nah kalo gak  yakin dengan jarak aman, maka gunakan masker. Masker  mencegah   penularan, melalui cipratan liur. Sekaligus  menghalau  virus, yang coba masuk  melalui  udara yang kita hirup.

Mencuci tangan

Bersihkan tangan, dengan cairan antiseptik. Lebih disarankan, untuk  menggunakan air dan sabun. Bersih – bersih  dilakukan  sebelum  dan sesudah,  menggunakan   fasilitas umum atau benda,  yang dipakai  bersama – sama.

    Batuk berdahak dapat diobati dengan obat kimia maupun obat tradisional

Pic Bruno - Pixabay

Obat Batuk Berdahak

Udah jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan eh masih ketularan juga !

Santai  aja …….batuk berdahak termasuk penyakit ringan dan cepat sembuh.  Sebagai pertolongan pertama, kita bisa bikin sendiri  obat tradisional, untuk batuk berdahak. Kalau mau  praktis , kamu tinggal  beli  aja, obat batuk berdahak  tanpa  resep di warung.

Ada tips  memilih  obat batuk berdahak, yang  aku kutip dari laman  Halodoc.com. 

Ekspektoran

Pilih obat batuk berdahak yang mengandung  ekspektoran. Zat ini bekerja aktif mengencerkan  lendir, sehingga  dahak  lebih mudah dikeluarkan.

Ibuprofen dan Parasetamol

Seringkali   batuk berdahak, diikuti  demam dan sakit tenggorokan.  Nah  gunakan  obat, yang mengandung  Ibuprofen dan Parasetamol. Keduanya membantu meredakan, demam dan  sakit  tengorokan.

Guaiphenesin atau Bromhexine

Batuk berdahak bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil.  Hindari minum sembarang obat. Konsultasi dulu, dengan dokter  atau bidan kamu. Biasanya  mereka,  akan meresepkan obat batuk berdahak  guaiphenesin atau bromhexine.

Buat  yang  menghindari obat kimia,  aku  udah kumpulin obat tradisional  batuk berdahak, dari berbagai sumber.Selain  kecap dan jeruk nipis, ada beberapa tratmen lain, yang dapat digunakan, untuk mengatasi batuk berdahak.

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Bawang  Merah

Air rebusan bawang merah berkhasiat, untuk  mengencerkan  dahak  dan menghangatkan badan

Belimbing besi ( Belimbing sayur)

Minum air perasan  belimbing besi, bermanfaat mencairkan dahak, dan membersihkan tenggorokan.

Kencur

Mengunyah kencur ternyata bermanfaat, untuk  mencairkan dahak, dan menghangatkan  badan

Nanas

Zat aktif enzim bromelain  dalam nanas, membatu meredakan peradangan, serta mencairkan dahak .

Air Garam

Kumur – kumur dengan air hangat, yang sudah diberi garam dapur. Garam mengurangi produksi lendir, dan membantu melepaskan dahak, yang lengket ditenggorokan.

Disadari atau tidak, batuk   menguras tenaga  dan  mengangu tidur.  Untuk mempercepat proses  penyembuhan, optimalkan waktu  beristirahat, dan banyak minum air putih

Bila minum obat secara teratur, batuk  berdahak akan sembuh dalam   6 - 10 hari. Kalau  tak kunjung membaik, bahkan  tambah parah, itu tandanya kamu memerlukan pemeriksaan lanjutan.  

Kabar  baiknya, sekarang  kamu enggak perlu  datang langsung  ke rumah sakit. Kamu bisa  konsultasi, atau daftar  berobat secara online.

Aku rekomendasikan  www.halodoc.com, sebagai  web site  layanan kesehatan  nomor satu  Indonesia.

  • Akses  chat  langsung  dengan dokter
  • Informasi   klinik dan rumah sakit. Lengkap dengan  layananpendaftaran online  pula.
  • Delivery pembelian obat
  •  Dan yang paling aku suka adalah, peserta BPJS  juga dapat mengaksesfasilitas yang disediakan   halodoc . 

Udah deh, gak ada alasan lagi, untuk malas  ke berobat.Semua kemudahan just a click away, di www.halodoc.com .donasaurus2021

Kamis, 29 Oktober 2020

Opor Jantung Pisang Sedap Dan Sehat

donasaurus.com

Resep Opor  Jantung Pisang Sedap Dan Sehat

Jantung pisang kalah populer, dibandingkan buahnya.  Sebab sekarang sudah jarang, orang  menanam pohon pisang di rumah. Jadi  lupa kalau jantung pisang,  enak dikonsumsi.

Sebagai lauk ,  jantung pisang memiliki nilai plus. Selain   enak  bakal buah pisang ini mengandung vitamin , karbohidrat,mineral, serat dan beberapa  zat aktif, yang  bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat  jantung pisang untuk kesehatan

Mencegah Anemia

Merangsang  produksi Air Susu Ibu

Mencegah sembelit

Menurunkan tekanan darah

Mengatasi sakit maag

 Antioksidan

Anti-inflamasi

Jadi kalau bosen masak sayur yang itu-itu aja, kenapa tidak coba masak jantung pisang.  Apalagi jantung pisang sudah menjadi bagian, dari tradisi kuliner nusantara. Setiap daerah punya hidangan khas, hasil olahan  jantung pisang. Kamu juga bisa berkreasi, bikin hidangan kekinian dari jantung pisang.

Tekstur jantung pisang yang  berserat, sekilas mirip ayam suwir. Aku jadi tertarik  menggunakan jantung pisang, sabagai  ganti daging  ayam dalam resep opor.

Yay  ternyata opor jantung  pisang  gak kalah kok  sama opor ayam. Nih aku share resep, opor  jantung  pisang  ala donasaurus.

    Resep  Opor Jantung Pisang   

Bahan

  • 1 buah jantung pisang  dirajang  ( ± 700 gr)
  • 1 litter  Santan Kelapa
  • Minyak  goreng untuk menumis

   Bumbu  

  • 1 sdm bumbu opor  kering siap pakai
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Jahe   ±  2cm
  • Lengkuas  ±  2cm
  • 1 batang  Serai
  • 2 Lembar  daun salam
  • 1 sdt Kaldu  Ayam
  •  Garam Dapur Secukupnya

   Cara Memasak  

  • Buang kulit luar dan  buntut  jantung pisang. Ambil bagian  yang  berwarna krem saja. Belah empat, kemudian rajang kasar. Cuci dan rebus  dalam air mendidih  ± 10 menit. Angkat dan tiriskan.

  • Giling  jahe, lengkuas,bawang putih, dan bawang merah hingga halus. Tumis dan tambahkan  bumbu opor halus,daun salam dan serai yang sudah digeprek

  • Setelah aroma bumbu tercium, masukan rebusan jantung pisang. Aduk  jantung pisang dan bumbu hingga rata.Tambahkan santan, garam dan  kaldu ayam. Masak dengan api sedang , sampai santai mengental ( ± 20 menit).

   Note 

Gunakan minyak goreng untuk membersihkan getah jantung pisang  yang menempel pada pisau. 

                                                                                 *****

Selain  sebagai lauk makan nasi, opor  jantung pisang  bisa juga  dihidangkan dengan lontong. Oke selamat  mencoba atau kalau kamu punya resep olahan jantung pisang yang maknyus boleh dong  share dikomen.*******donasaurus.com********

Sabtu, 10 Oktober 2020

Manfaat Berkebun Selama Pandemi


Berkebun Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

Paket combo  sedih,marah ,takut,  dalam   pendemi ini  sukses mengobrak – abrik mental. Kita perlu  kegiatan, untuk melepaskan energi dan meredakan  emosi.

Sementara  gak ada kerjaan, dan gak bisa kemana – mana, gimana kalau kita berkebun aja di halaman. Berkebun tidak selalu harus diarea yang luas. Urban Farming sekarang jadi trend diperkotaan.    

donasaurus.com

Riset yang dilakukan dua peneliti  di Texas A&M  University, Melinda Knuth dan Charles Hall ( publikasi - Journal of Environmental Horticulture) menunjukan,  interaksi dengan alam atau kegiatan berkebun,  berdampak  baik  bagi kesehatan fisik dan mental manusia.

Tetap  Aktif  Bergerak Selama Work From Home

Work from home membuat rutinitas  berubah. Rebahan  dan ngemil sepanjang  hari, bikin  badan melar, tekanan darah dan kolesterol naik. Berkebun bisa jadi alternatif  buat, yang  tetap aktif  dan produktif   selama di rumah aja.

Riset yang dilakukan team Harvard Medical School menemukan, terjadi pembakaran 135 kalori selama  30 menit kegiatan berkebun. 

donasaurus.com

Pix…. berkebun  cocok ,untuk  mempertahankan lingkar pinggang. Eit tak cuma baik untuk mencegah obesitas, nih beberapa manfaat  berkebun lainya.

  • Meningkatkan immunitas
  • Menjadi lebih bersemangat
  • Mengurangi stress dan gejala  depresi
  • Membuat tidur lebih lelap
  • Mencegah obesitas

Manfaat Aktivitas  Berkebun Untuk Anak

Biasanya  pepotoan  waktu piknik atau makan diluar, dikasih caption “ quality time”. Gimana kalau selama masa pandemi, kegiatan berkebun bareng keluarga  dijadikan quality time.Bercocok tanam bisa jadi kegiatan life skill yang menyenangkan untuk anak.

Beri mereka tugas regrow – menanam kembali, sayuran berumur pendek. Sawi, daun bawang  atau kangkung cabut  bisa jadi pilihan regrow.

Meskipun sederhana   berkebun adalah pengalaman hidup yang mungkin saja amat berguna dimasa depan anak.

  • Berlatih sabar dan disiplin
  • Mengerti proses untuk  menghasilkan sesuatu
  • Menghargai usaha yang  dilakukan untuk menyajikan makanan  di meja makan

Keuntungan Ekonomis Berkebun Di Rumah   

Dalam kondisi ekonomi yang  darurat begini, kita perlu berhemat. Bertanam  beberapa batang cabe , tomat , singkong , kangkung  disekitar rumah, bisa  menghemat uang belanja.

Hobi  bertanam  bunga hias ,bisa jadi  sumber  penghasilan.  Tak  harus berinvestasi, dengan membeli bunga – bunga impor.  Bunga – bunga  lokal, yang subur dan dikemas cantik juga bernilai ekonomis. 

donasaurus.com

Belum ada yang bisa memastikan, kapan pandemi berlalu. Sementara menunggu  situasi membaik, kita isi waktu dengan berkebun saja. Berkebun  bisa menjadi  terapi, agar tetap fokus dan optimis menghadapi  pandemi. Hope for the best,but prepare for the worst***donasaurus 10/10/20

Selasa, 06 Oktober 2020

Merawat Bunga Dalam Pot

Jenis dan Perawatan Tanaman Dalam Pot

 

Menurut penelitian kegiatan berkebun, baik untuk kesehatan mental. Aktivitas berkebun melepaskan stress, meredakan kecemasan,  juga menurunkan tekanan darah. Memandangi bunga dan dedaunan,bisa jadi hiburan saat kita gak bisa kemana – mana.

Tinggal di perumahan  berlahan sempit, tidak jadi halangan. Bertanam dalam bunga dalam pot, bisa jadi pilihan.

donasaurus.com

Jenis Tanaman Dalam Pot

Sesuaikan jenis bunga,  dengan  rencana penempatan. Secara umum  jenis bunga dalam pot, dibagi  dua kelompok. Pertama  tanaman yang berbunga, seperti mawar,azalea,bougenvil, anyelir dan aster.

Berikutnya  tanaman  dengan dedaunan cantik. Tanaman ini ada yang  berwarna, atau hijau saja seperti kaktus dan pakis. Contoh tanaman berdaun warna – warni,seperti  aglonema, lili prancis dan keladi – keladian.  Kecuali  keluarga kaktus rata – rata tanaman  dalam kategori ini,menyukai tempat yang teduh.

Memilih Pot Bunga

Pot bunga  berbagai ukuran bisa dibeli online maupun  beberapa super market.Pilih pot yang  kira – kira mampu menjadi wadah tumbuh tanaman, setidak nya satu  tahu kedepan.

Kok panjang  banget mikirnya mak?

Yup  biasakan berpikir sebelum bertanam. Bayangkan  setinggi atau sebesar apa, mereka bertumbuh dalam satu tahun.  Sering gonta – ganti pot tanaman , selain tidak praktis juga beresiko.  Bagian tanaman bisa cidera dan akhirnya mati.

Pot bunga gantung

Selain pot bunga biasa, pot gantung bisa jadi alternatif . Beberapa tanaman merambat seperti krokot , sisik ikan, dan jangut nabi, terlihat cantik dalam pot gantung.  Untuk menghindari bahaya tertimpa pilih pot yang tidak terlalu besar. Gantung di area yang  tidak mengangu mobilitas.

donasaurus.com


Pot dari  bekas kemasan

Memanfaatkan botol air mineral, jerigen minyak goreng  atau  botol sabun cair, sebagai pot bunga bisa jadi pilihan. Sebelum menempatkan tanaman, pastikan kemasan sudah bersih,  dari sisa minyak dan sabun.

Tanah untuk tanaman dalam pot

Tumbuhan dalam pot,sangat  tergantung pada tanahnya.  Cari referensi tentang media tanam yang sesuai, untuk  tiap jenis tumbuhan. Tak usah khawatir kalau sulit, mendapatkan tanah disekitar rumah.  Tanah yang sudah dicampur, sekam padi dan pupuk kandang, bisa kamu  pesan di depot bunga.

Perawatan Tanaman

Sering nih kejadian beli tanaman, yang sedang berbunga dari depot. Tapi  sejak pindah ke rumah, mereka mogok gak pernah berbunga lagi. Salah satu alasan stop berbunga, adalah kurang perawatan. Merawat tanaman dalam pot,sebenarnya  gak ribet. Hanya perlu konsisten dan berkelanjutan.

donasaurus.com


Cara Menyiram Tanaman Dalam Pot

Nah seperti yang kita obrolin tadi, beda jenis beda juga kebutuhan  air. Frekuensi menyiram  kaktus pasti berbed, dengan  bunga mawar dan pakis. Terlalu banyak atau kurang air, bisa menyebabkan tumbuhan merana.

Penting juga untuk memperhatikan, waktu menyiram. Pagi dan sore hari adalah saat paling baik, untuk menyiram tanaman

  • Lakukan penyiraman sebelum jam 10 pagi . Faktanya  air  yang tergenang di daun, jadi panas  terkena sinar matahari. Akibatnya dedaunan akan rusak. Pada sore hari sebaiknya  antara jam 4 - 5 sore.
  • Supaya efektif dan efisien, siramkan air  tepat dipangkal batang.  Air yang disiramkan dari atas, kemungkinan  sudah menguap sebelum terserap akar.
  • Gunakan alat bantu menyiram tanaman, untuk memudahkan pekerjaan.

Wikihow punya cara mudah, untuk mengetahui apakah siraman kamu sudah cukup atau belum. Masukan jari kamu  beberapa cm ke dalam tanah di pot. Tanah yang kurang air akan terasa kering dan keras.

Menjemur  Tanaman  Hias

Yup selain air, sinar  juga penting untuk tanaman. Paling   baik tentu saja sinar matahari.

Tanaman  penghias ruangan, perlu dijemur  setidaknya 2 minggu sekali. Inget dong tanaman memerlukan sinar matahari, untuk memasak makanan ( fotosintesis).

donasaurus.com

Beberapa sumber merekomendasikan  paparan sinar selama 12-16 jam, untuk tanaman berbunga. Sedangkan dedaunan idelanya  terkena sinar antara 14-16 jam ( ref - wikihow)

Perlu diingat  intensitas matahari tropis, amat  membahana. Tidak perlu menunggu tanaman kering baru diangkat.  Sesuaikan durasi, dengan kondisi tanaman.

Memangkas dan membersihkan tanaman dalam pot

Memangkas dan membersihkan tanaman bisa dilakukan kapan saja . Tanaman dalam pot bisa jadi tempat favorit serangga. Siangi daun  dan ranting, yang sudah mengering. Pangkas cabang  yang  mengangu  tanaman lain atau mobilitas  kita.  Bersihkan bagian batang,daun dan tanah dari larva, serangga atau sarang laba- laba.

Menganti  tanah dalam pot

Gantilah tanah dalam pot  setiap  5 – 6 bulan, atau mengikuti tumbuh kembang tanaman. Tanah diganti untuk refresh  nutrisi  sekalian  memeriksa kesehatan akar tanaman. 

Siapkan dulu tanah yang baru, sebelum membongkar tanah lama.Basahi dulu tanah hingga lunak agar lebih mudah dicongkel

donasaurus.com

Memupuk tanaman dalam pot

Tanaman yang tumbuh  langsung  di tanah, mempunyai banyak sumber nutrisi.  Sedangkan pupuk, adalah  sumber nutrisi utama tanaman dalam pot. Pupuk  bisa kita buat, atau beli di depot bunga, dan toko pertanian.

Kompos dan Pupuk kandang

Dedaunan, sisa sayuran dan  cangkang  terlur, dapat diolah menjadi kompos.  Kotoran kambing dan sapi  biasa digunakan, sebagai  pupuk kandang.  Cara menggunakanya praktis,  langsung dicampur  dengan tanah  yang kita  gunakan untuk menanam.

Mengingat bahan bakunya, dapat menimbulkan aroma dan mengundang  serangga. Penting banget untuk memastikan  kompos dan kotoran hewan tadi, sudah siap digunakan sebagai pupuk.

Pupuk  NPK

Pupuk NPK  termasuk yang paling populer digunakan,  dalam  perawatan tanaman dalam pot. NPK  mengandung  zat aktif  Nitrogen,Kalium , Kalsium dan Phospate.  Manfaat pupuk NPK bagi tanaman antara lain

  • Membatu proses fotosintesis
  • Menyuburkan daun
  • Menguatkan dan menyuburkan akar
  • Merangsang pertumbuhan anakan akar

donasaurus.com

 

Ada dua jenis pupuk NPK yang dijual dipasaran. NPK mutiara yang berbentuk butiran kecil dan NPK  cair. NPK mutiara butir digunakan, dengan  langsung ditabur ke tanah . Sedangkan  NPK cair  harus dicairkan  dahulu  sebelum digunakan.

Waktu dan dosis pupuk

Sama seperti manusia makan obat, takaran pupuk juga harus pas. Penggunaan pupuk  buatan biasanya  disesuaikan, dengan diameter  pot tanaman. Baca aturan pakai  pada kemasan, untuk  mengetahui  takaran pupuk.  

Selalu gunakan alat bantu,saat melakukan pemupukan. Sekop,alat semprot, dan sarung tangan  membuat kita lebih leluasa bekerja.  Selain mempermudah pekerjaan, juga mencegah kemungkinan keracunan, bahan kimia  atau bakteri dari kotoran hewan.

Berinteraksi  dengan tanaman

 Oh aku lupa ada satu kiat merawat tanaman, yang  dipercaya membuat tanaman tumbuh subur. Tipsnya  yaitu ngajakin tanaman berinteraksi.

Botanis dari Royal Hortucultural Society – London, melakukan riset untuk membuktikanya. Yup mereka  bereksperimen, dengan membaca bersuara, bernyanyi dan mendengarkan musik bersama tanaman.

Hasilnya tanaman yang dibacakan buku, atau diajak nyanyi bersama,tumbuh lebih tinggi dan sehat dibanding yang tidak.

Takut digibahin tetangga, karena keasikan ngobrol sama tanaman?

Ya suara kamu gak usah kenceng – kenceng juga kelesss.

Setidaknya ucapkan  pujian, saat  kuncup mulai mekar atau daun – daun tampak segar.

Semoga hari – hari di rumah aja jadi lebih produktif dengan mengurus tanaman*** donasaurus

Connect