Oktober 15, 2018

Wow toko gue ada di google maps

google maps applikasi
Icon Google my Business

Google my business untuk promosi dan pemasaran usaha

Pencarian dan pengumpulan informasi, melalui mesin pencari menjadi trend.Tak perlu berkeliling atau tanya kesana - kemari.Cukup ketik dan klik, maka apa yang dicari akan muncul, di layar komuter atau Hp kamu. 
 
Tapi penggiat  UMKM mikro biasanya mikir panjang, untuk mulai membuat  situs web atau promosi  berbayar di media sosial. Selain masalah budget, mereka  tidak punya staff khusus untuk mengelolanya. 
Nah untuk membantu para penggiat UMKM dan usaha kecil, google membuat applikasi google my business.

Aplikasi ini adalah  semacam toko online, yang buka 24 jam. Cukup menggunakan PC atau Hp android, kamu sudah dapat menggunakan google my business. Proses menjual dan membelipun, dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.
 
Aplikasi Google my business, dapat diunduh gratis dari Google Play Store.  Membuat dan mengelola tampilanya mudah. Sama gampangnya dengan  posting, status atau poto di media sosial.
 
Survei membuktikan, 82% calon pelanggan mencari informasi keberadaan toko maupun jasa disekitarnya dengan menggunakan google (jakpat-2015)

Keuntungan Mendaftarkan Usaha di Google My Business

  • Muncul di google maps
Konsumen pasti menjadi  lebih percaya, pada usaha yang muncul  pencarian google. Dengan mendaftarkan usaha kamu  di google bisnisku  otomatis  nama dan lokasi usaha, akan muncul di google maps. 
  • Toko yang buka 24 jam

Nah, kalau toko fisik ada jam oprasionalnya, maka toko online di google my business akan bukan 24 jam dalam seminggu. Keren bangetkan!

  • Mendapat Review tentang  usaha mu
Tau dong, the power of good review akan sangat membantu promosi. Dengan google my business, konsumen dapat langsung menuliskan review mereka di laman kamu. 
Strategi promosi  melalui review, masih tetep ampuh.Bahkan penting dalam keputusan jadi-tidak konsumen, membeli atau mengunakan produk kamu. 

Cara Mendaftar Google My Business

Sebelum mendaftarkan usaha di google my business ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Periksa dulu deh  apakah nama dan lokasi usaha kamu sudah tampil otomatis di google.Kalau belum muncul dalam pencarian,kamu bisa melanjutkan langkah pendaftaran.
Seandainya kamu belum mendaftar, tapi nama dan lokasi usaha sudah muncul.Berarti kamu tinggal melalukan langkah klaim bisnis.Klaim bisnis adalah untuk meminta kepemilikan bisnis,berupa lokasi fisik maupun dengan sistem jasa.
Penting mengklaim bisnis di google my business  karena :
  • Informasi Bisnis yang belum di klaim kemungkinan menampilkan informasi yang tidak akurat atau malah akan berdampak buruk pada usaha kamu.
  • Orang  lain,bisa saja mengklaim bisnis kamu.
  • Terjadi pengubahan informasi soal  usaha kamu di google tanpa kamu ketahui. Misal terjadi pemindahan,atau  bergeser titik lokasi posisi toko kamu.

Cara Klaim Nama dan Lokasi Usaha di Google My Business

nklaim nama usaha
Kalau usaha kamu muncul secara otomatis, kamu segera klik bagian klaim  di lingkaran biru. Selain soal klik diklaim bisnis ini, langkah mengisi data google bisnisku untuk yang udah muncul atau belum muncul itu sama saja.
Pertama Nama Usaha
nama usaha dalam akun google my business

Gunakan nama usaha, yang sudah kamu pakai sebagai  papan nama ( spanduk juga boleh).
Bila usaha sudah punya cabang, buatlah google bisnisku satu persatu untuk tiap cabang
secara terpisah.Karena verifikasi, akan dilakukan pada masing-masing cabang.
Untuk usaha cabang, jangan lupa menyebutkan spesifikasinya misal :
  • Bakso  Galaw  Mas Momon 2
  • Kedai Imut Mbak Wati #3
Kedua Lokasi usaha
lokasi usaha di google mas
Karena lokasi usaha di rumah tinggal, gak ada yang ribet. Untuk yang di dalam kompleks pertokoan, bisa menambahkan lantai  dan blok lokasi toko kamu.
Ketiga Peta Lokasi
peta lokasi dinom florist

Untuk menghindari salah atau bergeser titik, dirimu harus priksa peta dan memperhatikan lingkungan sekitar.
Mudah kok, karena peta itu bisa diatur ukuranya. Setelah yakin klik pada posisi, yang ditandai balon merah.

Ke empat kategori bisnis

Ada daftar kategori bisnis, yang bisa kamu scroll ke atas-bawah. Kliklah sesuai dengan kategori usaha. Gunakan kategori  berdasarkan, fungsi,,atau manfaat produk kamu. 
Misal usaha dibidang kerajinan tangan tas rajutan atau dompet, sebaiknya masukan dalam kategori Fashion  bukan craft.
Kelima  Informasi Kontak
informasi kontak yang bisa dihubungi
kontak info

Gunakan no telepon/hp yang benar-benar bisa selalu dihubungi. Kalau ganti nomor atau tidak aktif lagi, segera perbarui. Kalau usaha kamu punya sudah punya,media sosial atau blog bisnis, dapat juga dituliskan.

Ke Enam Pilihan Cara Verifikasi
cara memverifikasi akun google my busniness
cara meverifikasi google my business


 
Verifikasi sangat penting.Tanpa verifikasi usahamu belum, akan muncul di pencarian google. 
Selain itu beberapa fitur  dalam google bisnisku, belum bisa digunakan sampai kamu terverifikasi

Ada Tiga cara pengiriman kode verifikasi untuk Google My Business

1.Telepon, team google akan langsung menghubungi no kontak yang kamu berikan.
2.Teks-SMS, sms verifikasi ini akan dikirim tak lama setelah kamu klik verifikasi
3.Kartu Pos, ini yang agak susah menentukan kapan sampainya.
 
Setelah menerima kode verifikasi, langsung saja tuliskan pada kolom kode.Tak lama kemudian kamu dapat pemberitahuan, usahamu sudah bisa dilihat pada pencarian google.

Nama kontak diisi sesuai nama penerima kode verifikasi. Di beberapa kota, team google akan datang langsung ke lokasi untuk verifikasi dan menempelkan stiker “ulas kami di google”.
Kalau dalam  5 minggu, tidak ada kartu pos yang datang. Lebih baik ulangi saja, proses membuat account bisnisku.
 
Nah,sekarang kamu sudah dapat mendaftar atau mengklaim bisnis kamu di google my business. Semoga bermanfaat untuk penggiat UMKM dan usaha kecil di seluruh Indonesia.

Tags :

bm
Created by: autumleafs

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect