Selasa, 29 Januari 2019

Tips memilih kemeja dan celana formal


Well Groomed  Part 2

jeeshoot-pixabay


 Tips Memilih Kemeja dan Celana Formal


Bergayalah sesuai isi dompetmu. Kedengeranya, judes banget yak. Tapi itu betul. Harus cerdas dan cerdik untuk bergaya sesuai isi dompet. Dengan belajar padu-padan dan pengetahuan tentang tekstil dan cara merawatnya.
Pakaia lelaki  tidak banyak, terpengaruh trend. Baju dan celana lelaki bermain warna, atau finishing jahitan saja. Lelaki muda yang sedang,cari-cari  gayanya. Perlu tahu macam-macam, model klasik yang tak lekang oleh waktu.
Sebelum belanja, young man harus punya refrensi.  Pakain apa yang mereka butuhkan. Supaya kemeja yang dibeli  tahun ini, masih asik digunakan tiga  tahun lagi

                                                                                                                                                                                                             startupstockphoro-pixabay
Kemeja
Kata Kemeja dari bahasa Portugis: camisa. Baju atau pakaian atas, terutama untuk pria. Pakaian ini menutupi tangan, bahu, dada sampai ke perut. Nama lainnya adalah kamisa ( Arab) yang masih dekat dengan bentuk aslinya; blus, dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda. 
Ceritanya, dulu membeli dan mengembalilan formulir  pendaftaran masuk  perguruan tinggi masih di antarakan secara langsung. Di kaca loket dan meja pengembalian formulir  ada tempelan.
Tidak melayani  yang  memakai kaos oblong dan sendal jepit ‘

Banyak  calon mahasiswa, yang kecele. Disuruh pulang, ganti baju yang lebih pantas.
Pemuda-pemudi harapan bangsa, yang baru keluar dari kungkungan baju seragam.Perlu dikasih pengetahuan umum, tentang  etika berpakaian. Mengubah  sudut pandang,bukan larangan tapi anjuran.
Gunakan kemeja / kaos berkerah dan sepatu saat  mengurus administrasi’

Setelah tamat SMA, anak-anak lelaki Indonesia sudah diperhitungkan sebagai lelaki dewasa.Secara sosial budaya, masyarakat mengharap dirinya mengerti  tata cara berbusana yang formal.
Kemeja  termasuk pakaian, yang lelaki Indonesia wajib punya. Kemeja motif modern maupun batik, sudah  masuk kategori pakaian formal.


Kita di Indonesia,cuma kenal dua jenis kemeja. Yaitu kemeja lengan panjang dan lengan pendek. Di negara-negara yang mengadopsi  etika pergaulan Eropa.Tiap jenis kemeja, punya  acaranya sendiri. Ada  baiknya  tahu,nama internasional  dari  beberapa mode  kemeja  yang sering kita lihat di toko pakaian.

Oxford Button - Down Shirt
 donasaurus.com

Kemeja  Oxford. Awalnya seragam  Universitas Oxford - UK. Punya ciri khas, kancing di ujung kerah. Ada dua model, pertama dibuat lubang kancing di ujung kerah.Kedua, dibuatkan kaitan di bawah kerah yang berpungsi sebagai lubang kancing.
Memberi kesan kerah yang tegas berdiri,kalau memakai dasi. Sekarang kemeja ini, tidak melulu berwarna putih. Warna-warni maskulin, yang lebih kekinian juga tersedia.

Dress Shirt
donasaurus.com

Potongan dress shirt ini,adalah  disain kemeja yang.For your information,kemeja mode ini di negara dengan etika pergaulan Eropa biasa digunakan untuk acara malam hari.
Kemeja dress shirt,disebut juga classic  evening dress. Motifnya  yang biasa ditemui adalah, kotak dan garis dibahan dasar putih.
Kemeja untuk acara tidak begitu formal, tidak harus memakai dasi. Tapi dirasa kurang sopan, kalau memakai kaos saja.Seperti halnya kemeja motif batik,sudah jadi pakaian yang dianggap formal untuk lelaki Indonesia.

Cuban Collar Short Sleeve Shirt

shopstyle.com

Kemeja lengan pendek, dengan kerah gaya Cuba.Sudah jarang banget,dipakai lelaki Indonesia. Potongan begini sekarang kita temui, kalo liburan ke  Karibia atau di film –film dengan setting Kuba. Warna putih atau dengan motif, buah dan bunga yang cerah ceria.

Chambray
Chambray ini lebih tepat,disebut  finishing menjahit.Kemeja  berbahan katun denim warna biru tua atau warna denim yang lebih muda. Dijahit dengan benang warna putih, dengan  tampilan yang kontras dengan warna bahan.

Warna  dan Ukuran 
Key word untuk motif kemeja formal adalah keep it simple-sederhana saja.
·       Warna kotak-kotak, bintik-bintik dan motif lain berkesan santai cocok dipakai kuliah.
·       Warna polos soft  seperti  abu-abu,biru muda ,cream atau hijau bisa jadi pilihan untuk  kerja. Sesekali kalau bosan, dengan warna polos. Kemeja dengan motif kotak atau garis-garis satu warna bisa jadi alternatif.

Ukuran
For your informations, supaya gak dikira asal kopas. Diriku berijazah  SMKK,  jurusan Tata Busana.Sudah hatam belajar pengetahuan dasar menjahit,tekstil dan disaind.
Selain teknik ukur- mengukur badan, secara langsung ( custom size). Juga  diajarkan,ukuran standar. Yaitu S,M,L dan Xl yang kita temui di label pakaian.
Kode-kode  itu didapat, dengan mengukur lingkar  badan orang dewasa.Diukur dengan melingkarkan  pita meteran,di bawah lengan dan melewati bagian puncak dada.

Lingkar badan   antara 96-102 cm ( 38 - 40 inc) ukuranya  standarnya adalah Medium (M). Lengkapnya dapat dilihat  pada chart  yang dikutip dari  www.imperialcollegeunion.org


Untuk alasan mengirit bahan.Perusahaan garmen/konveksi  memberi label L  pada ukuran M. Itulah kenapa kebanyakan produk lokal,ukuran tidak  standar. Kasus begini  biasa terjadi pada produk fashion, murah meriah yang dibeli secara on line. Jangan terkecoh  penjual sering mengunakan istilah - L kecil. Untuk menyebut ukuran, yang  tidak sesuai standar itu.

Mengepas sebelum membayar
Sebenarnya  bisa sih, kita bawa untuk vermak di tukang jahit. Tapi lebih tentu saja lebih praktis dan ekonomis, kalau sejak awal kita pilih yang  sesuai dengan ukuran kita. Pakaian yang pas ukuran, membuat penampilan kita berkesan mahal.

Trik mengepas kemeja, supaya nyaman dan aman.

donasaurus.com

·       πŸ’§Pasang semua kancing,termasuk kancing manset (di pergelangan tangan) kalau ada. Perlahan angkat  tangan, lurus ke atas.
·       πŸ’§Kekecilan - kalau saat mengangkat ketiak terasa sempit dan bagian depan sekitar dada  baju terasa ketarik. Sebelum tangan terlalu  tinggi, biasanya sudah terasa  sempit. Kemeja yang kesempitan, tiba-tiba bisa sobek. Saat mengangkat barang sambil membungkuk, atau meraih sesuatu yang tinggi.
·      πŸ’§ Ukuran pas - apabila  sukses diangkat ke atas. Tanpa terasa ketarik.Sambungan sisi badan dan lengan,  jatuhnya rapat di bawah ketiak.
·       πŸ’§Baju kebesaran biasanya,sudah terlihat sebelum digunakan.

       Tips diatas berlaku untuk mengepas semua model pakaian untuk pria dan wanita.

Panjang kemeja
Semua kemeja dirancang untuk digunakan,dengan dimasukan ke dalam celana. Kecuali kemeja batik dan baju koko, yang punya dua kantong di depan.
·       πŸ’§Ideal panjang kemeja, pas jatuh pangkal paha. Jadi tidak bikin  celana, sesak dan kembung.Kemeja yang kependekan, kurang rapi. Kalau duduk, ujung baju sering menyembul keluar. 

Panjang Tangan
·       Untuk lengan pendek  pilihlah yang  kekira 2-4 cm diatas siku.
·       πŸ’§Kemeja lengan panjang, posisi manset sebelum di kancing berada pas di pergelangan tangan.
·       πŸ’§Kemeja dengan model  slim dan fit ( pas badan) perhatikan jahitan pada  lengan kemeja. Sambungan bagian atas harus tepat di titik pertemuan, sendi bahu dan tulang lengan.

Wkkk memang  seperti kelas biologi-anatomi saja. Custom size  pengukuran badan manusia, harus menyesuaikan dengan posisi tulang,sendi dan lekuk tubuh manusia. Itu kenapa  jahitan butik profesional,terasa lebih enak dipakai.

Celana Panjang
indiamart.com

Jangan khawatir  harus berpisah, dengan jeans kesayanganmu. Masih boleh kok, pakai jeans di kampus. Banyak karyawan perusahaan terutama di sektor ekonomi kreatif, yang bisa ngantor dengan jeans dan kemeja.Tapi kamu  tetap harus tahu dan punya, celana panjang formal.

Formal  -  Reguler
Tukang jahit di Indonesia biasa menyebutnya, celana model standar.Secara internasional celana model begini, dikenal sebagai formal trouser ( celana panjang formal). 

Slim Fit
Merasa formal trouser  itu,kesannya tua banget. Bisa coba celana, dengan potongan slim fit.Celana model pas badan, tidak dianjurkan  dipakai  pada kegiatan yang banyak gerakan kaki atau duduk lesehan di lantai. Di beberapa daerah,model begini disebut celana pinsil. Ilusi mata, kaki jadi lebih panjang dan lurus.

Warna


effortlessgent.com

Hitam, abu-abu,biru dongker,coklat tua,hijau tua (olive) adalah warna umum celana formal.Keuntunganya,warna –warna itu mudah untuk dipadu-padan dengan warna kemeja.

Mengepas Celana
·      πŸ’§ Pesak - adalah istilah jahit-menjahit untuk menyebut, bagian selangkangan celana. Pesak celana , harus pas pada posisinya diselangkangan.
·      πŸ’§ Pinggang celana.Masih muda atau merasa  muda, gunakan celana dengan ban pinggang yang tak terlalu jauh dari  garis pinggang.
Ban pinggang yang tingginya, melewati garis pinggang . Disarankan untuk mereka dengan, perut yang lumayan besar.
·  πŸ’§Pasang seleting dan kancing, lalu bernafaslah dengan normal. Kalau terasa sesak menjepit,itu tandanya kesempitan.
·      πŸ’§ Cobalah untuk  satu dua, langkah panjang ke depan. Pesak yang ketinggian, akan terasa sempit.
·       πŸ’§Bila  terlalu rendah( kebesaran) tidak nyaman melangkah.
·      πŸ’§ Idealnya panjang kaki celana formal,sekitar 2-3 cm di bawah mata kaki. Saat duduk, maka posisinya akan tertarik pas di mata kaki.Tapi kalaupun terpaksa membeli, bisa diakali dengan memotongnya.

Bahan dan Jahitan


Wool, katun,rayon,denim, kudorai dan  sutra adalah  bahan yang umum digunakan untuk pakaian lelaki. Setiap bahan, punya karakteristiknya sendiri. Untuk lebih jelas mengenai karakter tiap bahan, dapat berkunjung ke situs  Knowabout textile.

donasaurus.com

Memeriksa Jahitan
·         πŸ’§Periksa bagian pesak celana, tarik perlahan. Kalau benang terlihat rengang,berarti  jahitan terlalu jarang. Akan mudah robek,atau terkait.Demikian pula bagian baju dan celana yang lain. Misalnya keliman tangan dan kaki celana.
·       πŸ’§Seleting,beberapa merek biasanya memasang seleting dengan logo mereka sendiri. Seleting yang kuat itu,gigi atau relnya terlihat kokoh dan rapat.Seleting adalah bagian celana yang paling sering,dilaporkan  macet atau rusak.Kalu beli maju tidak bermerek, cari yang di seletingnya ada kode YKK. Soriii  tidak sedang placement ataupun endorsment.Sekedar berbagi informasi, tentang produk lokal berkualitas.
·       πŸ’§Kampu atau klim, adalah bidang kain yang dijahitkan untuk menyatukan dua bagian  bahan. Atau lipatan di ujung lengan dan celana.Lebarnya idealnya, adalah 2-3 cm.
·       Sekarang sudah jarang, pakaian siap pakai yang kampunya segitu. Mereka hanya menyisakan,1cm untuk bidang menjahit. Kampu yang luas, berpengaruh pada bentuk dan kekuatan jahitan
·       
Kancing
Kancing kemeja lelaki,idealnya kecil dan tebal.Dengan warna  netral atau  mendekati warna pakaian.Jikalau tidak nemu yang begitu, jangan kecewa.Yang penting saat kamu coba tarik sedikit, kancingnya terasa kuat  menempel itu sudah lumayan.

Ikat Pinggang
πŸ’§Beli beberapa ikat pinggang, dengan lebar yang berbeda-beda. Untuk menyesuaikan dengan ukuran, loops ban pinggang. 
πŸ’§Pilih warna netral hitam-atau coklat, yang bisa dipadu dengan celana formal. 
Penjual ikat pinggang biasanya menyediakan alat, untuk membuat lubang. Setelah kamu coba pakai, kalau dirasa terlalu sempit – longgar bisa nambah lubang.
πŸ’§Sebaiknya tidak membeli ikat pinggang KW, dengan kepala besi yang besar. Kepala ikat pinggang yang simple, dan tidak terlalu nyentrik itu lebih baik.

Seleksi dan Koleksi

Lihat-lihat pakaian mahal
Pengen  beli pakaian dengan kualitas baik, dengan harga yang rasional. Perlu tahu dulu bagaimana,tampilan pakaian berkualitas. Sehingga bisa menetukan kekira berapa harga yang  wajar  kalau belanja di tempat lain. 

donasaurus.com

Belum tahu gimana  tekture bahan woll dan sutra.Gimana rasanya make kemeja seharga Rp.700 ribu/lembar. Cakepan mana kamu pake celana standar  atau yang model slim fit?
Petak  busana pria di depstore  dan mall, adalah tempat terbaik untuk belajar. Luangkan waktu,ajak kawan kalau malu jalan sendiri. Ingat di sana kamu hanya mencari informasi, bukan ambil barang gratisan.

Gaya loe
Menemukan gaya berbusan khas kita, perlu waktu. Banyak hal yang menjadi pertimbangan.Wajib kepo juga soal,etika  berbusana dalam bidang kerjamu.
Beda dong pakaian  magang, di kantor Pengacara Luhut  Sitompul dengan perusahaan advertaising. Sesantai apapun lingkungan kerja,ada waktunya dirimu harus tampil formal juga.

Formal itu maksudnya nak,  pakaian yang wajar digunakan untuk bekerja, menghadiri  undangan resmi, berurusan surat menyurat  di kantor pemerintah dan mengikuti  kuliah.

donasaurus.com

Berpenampilan formal, tidak berarti kamu harus pake kemeja dengan kancing full sampe leher. Atau keman-mana pake jas dan sepatu kulit hitam mengkilat.

Formal – casual
Kamu merasa  PD dan pengen tampil beda ? Pilih kemeja dengan warna-warna terang atau motif etnik. Dipadu dengan celana panjang model cargo, jeans, atau kodoray.
Setelah blusukan dan coba-coba di depstore,sudah dapet bayangan  dong. Kekira celana model apa atau warna apa, yang nyaman dan bikin kamu terlihat ganteng.
Kalu duitnya cukup,gak masalah langsung beli di depstore itu. Tapi kalau tidak, jangan malu untuk blusukan ke pasar  biasa.

Trik belanja di Pasar Tradisional
Yang membuat males belanja di pasar itu, adalah urusan tawar menawar. Sekarang kamu sudah tahu,kisaran harga di depstore.Untuk pasar tradisional, harga tersebut biasanya bisa jadi seperempatnya.
Di setiap kota, pasti ada  toko  pakaian dengan kualitas baik dengan harga bersahabat. Coba ke sana, siapa tahu kamu menemukan barang yang mirip.
Misal  kemeja  dengan  kualitas yang sama, di depstore harganya  200 ribu. Di pasar tradisional, kamu bisa tawar  seharga 75- 100 ribu. Semakin sering belanja di pasar biasa,semakin trampil kamu menawar.

                                                                  ****


lelaki kecilku   donasaurus.com

Artikel ini  sumbang saran untuk lelaki muda, yang sedang menata diri  untuk hidup yang lebih baik.  Khususon untuk lelaki kecilku, yang sudah bersiap menantang hidup. Sekarang dia masih  asik aja, kemana-mana pake baju dan sendal jepit  yang kadang gak  nyambung. Bila masanya tiba nanti,diriku berharap artikel ini akan jadi refrensinya.Pengalaman akan mempertemukan dirimu, dengan  gayamu sendiri******



3 komentar:

  1. terimakasih sekali tipsnnya mas, beneran sangat bermanfaat. Kalau memang harus mengecek seperti ini saya ambil kesimpulan sebaiknya menghindari pembelian kemeja secara online ya... saya beli kemeja ga pernah online memang, dan harus di coba dulu...

    soalnya tangan saya "agak" panjang, sekitar kurang dari 10 cm diatas lutut, padahal tinggi saya 172. Saya selalu kesulitan mencari kemeja panjang yang pas, terutama untuk ukuran lengan.

    Kadang badan udah pas, eh lengannya kependekan. Kalau beli kemeja lengan pendek lebih mudah sih,

    BalasHapus
  2. Alhamdulilah kalau bermanfaat. Semoga bisa lebih mudah kalau belanja sendiri.thanks kunjunganya Mas Sabda

    BalasHapus
  3. numpang share ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus