Juni 02, 2023

Nutrisi Bagi Anak Yang Alergi Susu



Sumber Nutrisi Yang Aman Untuk Anak Dengan Alergi Susu Sapi 

alergi susu sapi

Punya anak dengan alergi susu sapi,jadi tantangan tersendiri bagi orang tua.Selain harus menghindari bahan – bahan yang memicu alergi, harus pula menemukan sumber nutrisi agar tumbuh kembangnya optimal.

Sebelum lanjut nborolin soal nutrisi,pada tahu gak sih kenapa anak yang alergi susu sapi perlu diperhatikan asupan nutrisinya?

Alasanya tentu saja karena susu sapi adalah sumber nutrisi yang sulit tergantikan. Susu sapi mengandung vitamin,mineral,kalsium, dan nutrisi lain yang berperan membantu tumbuh kembang anak secara optimal sejak usia dini.

Penolakan tubuh terhadap susu sapi,akan menyebabkan hilangnya sumber gizi yang diperlukan untuk tumbuh dan berkembang.

bicara gizi danone

Dr. dr. Zahrah Hikmah, SpA(K) - Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi di Webinar Bicara Gizi: Ketahui Kaitan Anak Alergi Susu Sapi dengan Stunting menjelaskan,bila tidak mendapatkan asupan nutris yang seimbang, anak dengan alergi susu sapi akan mengalami gizi buruk dan berpotensi stunting.Tuh seremkan…

Dr.Zahrah menambahkan anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi bukan berarti harus berpantang minum susu sapi seumur hidup.Sebab alergi susu sapi biasanya akan hilang  dengan sendirinya begitu anak memasuki usia 4 – 5 tahun.

Nah,sembari menunggu tubuh mengenali susu sapi sebagai ’kawan’ anak dapat diberikan suplemen susu lain seperti susu kedelai.Bila suda waktunya diberi makanan pendamping akan lebih mudah bagi orang tua untuk interfensi nutrisi

cara mengetahui jenis alergi

Protein Hewani dan Protein Nabati Sumber Nutrisi Bagi Anak Alergi Susu

Menemukan sumber nutrisi pendamping ASI bagi anak dengan alergi susu sapi tidak begitu sulit. Ada banyak pangan local dan sumber protein hewani yang dapat diberikan pada anak yang alergi.

Protein Hewani Untuk Anak Yang Alergi Susu Sapi

Meskipun tidak selalu,tapi ada kemungkinan anak juga memberikan reaksi alergi pada protein hewani lain selain susu sapi. Pemberian sumber protein hewani lain seperti ikan,telur, daging unggas seperti ayam dan bebek atau daging merah pada anak dengan alergi susu sapi perlu diamati dengan teliti.

Protein Nabati Relatif Aman Untuk Anak Dengan Alergi Susu Sapi

Selain faktor genetik,alergi  seringkali disebabkan pola makan yang rendah serat. Karena itu penting banget,sejak dini anak dibiasakan makan makanan tinggi serat. Selain sumber  vitamin dan mineral, sayur,kacang-kacangan,dan buah  kaya akan serat.

Serat akan membantu  gerakan  membersihkan usus, dan  mencegah sembelit. Karena itu asupan sayur dan buah,penting untuk  tumbuh kembang anak.

Sajikan satu persatu sayur dan lauk pauk,sebelum digabun dalam satu menu.Cara ini akan memudahkan deteksi awal reaksi alergi yang mungkin ditimbulkan.

Contohnya, menu hari pertama wortel dengan nasi saja,hari berikutnya nasi dengan tahu,hari ketiga menunya menjadi nasi, tahu dan wortel.Metode ini sebaiknya juga digunakan untuk mengetahui reaksi anak pada jenis protein hewani.

sayur dan biji-bijian

Waktu dan Porsi Makan Anak Dengan Alergi Susu Sapi

Secara umum porsi makan untuk anak dengan alergi susu sapi sama dengan anak lainya.Porsi disesuakan dengan kebutuhan pada tiap kelompok umur. Jangan memaksa makan dalam jumlah besar sekaligus .

 Yang penting diperhatikan adalah waktu makan.Disarankan untuk memberikan menu baru pada waktu pagi. Bila kemudian  ada reaksi alergi kita punya banyak waktu untuk melakukan pertolongan pertama.

alergi susu sapi

Nah bagaimana besti,sudah tidak panik lagi menghadapi anak denganalergi susu sapi.Yang perlu diingat alergi susu sapi bisa disembuhkan.Menghindari faktor risiko dan memberi asupan nutrisi yang seimbang akan membatu anak dengan alergi susu sapi tumbuh dan berkembang secara maksimal.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

29 Comments

Keponakan saya sewaktu masih bayi pernah alergi susu sapi. Mamanya sudah membawa berobat ke berbagai dokter, hasilnya belum memuaskan. Terakhir, ada satu dokter yang mengatakan alerginya akan hilang kalau nanti berumur 5 tahun. Benar, lho. Sekarang umurnya sudah 7 tahun dan sehat-sehat saja. Tidak ada alergi lagi.

Reply

bener sekali kak anak yang alergi terhadap susu sapi ini harus kita perhatikan benar-benar karena banyak sekali makanan anak yang mengandung susu di dalamnya kan ya, takut malnutrisi juga ya

Reply

Terima kasih untuk informasinya, Kak. Pastinya berguna banget nih buat para parents.

Reply

Memang susah kalau sudah berurusan dengan alergi ini ya Mba apalagi alergi susu bagi anak-anak, harus selekti betul milih makanan yang kandungannya tanpa susu. Artikel menarik niih.

Reply

Iya ya, kalau kurang nutrisi, stunting..dst malah ngeri. Padahal ada banyak pangan lokal dan sumber protein hewani yang dapat diberikan pada anak yang alergi susu sapi sehingga tetap tercukupi nutrisinya

Reply

Alergi susu sapi ini memang cukup njelimet ya Mbak cara deteksinya. Karena banyak juga produk turunan seperti keju, yoghurt, dan lainnya juga. Memang memperhatikan asupan anak-anak itu butuh usaha ekstra. Setuju dengan memberikan menu satu per satu agar hal-hal seperti bisa diketahui lebih cepat.

Reply

Penanganan anak yang alergi susu sapi memang ngak mudah, harus teliti karena ada banyak makanan dan minuman memiliki kandungan susu. Pengalaman dengan tiga anak yang alergi susu sapi membuat aku lebih selektif dan memilih membuat makanan sendiri, untuk melengkapi nutrisinya sekarang sudah ada susu untuk anak yang alergi susu sapi.

Reply

Alhamdulillah, ada edukasi yang baik dan secercah harapan bagi yang anaknya mengalami alergi susu sapi.
Meski alergi, tetap bisa penuhi nutrisi terbaik dengan pola makan yang beragam, sehingga asupan gizi pun bisa terpenuhi dengan baik dari sumber makanan lain.

Reply

Iya alergi bisa kok disembuhkan, ada beberapa terapi penyembuhan yang dapat dipilih
alternatif untuk pengganti susu sapi bisa juga dengan susu kambing atau soya, harganya lebih mahal sih daripada susu sapi

Reply

Ternyata bisa sembuh sendiri ya? Kirian harus berobat segala macam gitu. Thanks nih mba saya jadi ngerti tentang alergi susu ini

Reply

Ya benar sekali .. ini perlu di edukasi banyak yang belum paham akan hal ini. Semoga makin banyak yang paham ya

Reply

Alhamdulillah ada nutrisi susu kedelai sebagai pengganti susu sapi ya bagi anak dengan alergi susu sapi. Semoga aja ntar setelah di atas usia 5 tahun perlahan-lahan tubuhnya bisa bersahabat dengan segala jenis susu.

Reply

Wah aku baru paham kalo alergi susu sapi bisa sembuh. Dulu aku sering ditanyai tapi aku g punya info terkait ini. Wah maksih wawasannya mbak.

Reply

Wah ini kusimpan ah artikelnya, karena anakku ada indikasi alergi susu sapi tapi mau di cek ulang lagi pas usianya 2 tahun

Reply

Benar sekali Mbak Friska ,alergi susu sapi dapat sembuh dengan pertambahan usia.Tapi sementara itu asupan gizinya perlu terus diperhatikan

Reply

yess harus lebih teliti membaca kandungan yang tertera dalam kemasan

Reply

semiga bermanfaat terimakasih sudah mampir

Reply

Benar sekali mbak Auliya semoga bermanfaat

Reply

iya kak Dian,orang tua harus kreatif ya

Reply

Setuju banget,kadang mikir emang sebaiknya masak sendiri saja ya untuk anak yang alergi jadi kita tahu benar kandunganya

Reply

Aih pasti banyak pengalaman yang bisa dibagi ya kak untuk parent yang punya anak alergi susu

Reply

Benar sekali kakak, sebagai orang tua yang penting kita ikhtiar dulu ya

Reply

setuju sekali,alergi susu sapi bisa di kurangi dengan simulasi asupan tapi tentu saja dengan pengawasan dokter ya

Reply

Ibu dokter Zahra menjelaskan setelah usia 3 tahun biasanya reaksi alergi sudah berkurang 90 %

Reply

semoga bermanfaat thanks sudah mampir

Reply

benar sekali,karena repot juga ya kalo dia alergi sampai dewasa

Reply

Benar sekali kakak hasil riset membuktikan alergi susu sapi dapat sembuh sendiri

Reply

semoga bermanfaat thanks sudah mampir

Reply

Kalau kata dokter anak saya, alergi makanan atau minuman itu nggak ada yang ada itu tingkat potensi adaptasi yang cukup lambat.

Reply
Connect