Kate del Castillo


Drama Raja  dan Ratu  Narkoba

Waktu baca berita Netflix akan  menayangkan  telenovela  La Reina del Sur, yang dibintangi Kate del Castillo, aku pikir  ah paling  gitu – gitu aja. Ceritanya   muter – muter disekitar, penghiatan, perselingkuhan,  rebutan harta . Ternyata aku salah  Ferguso !

Kate del Castillo
                                                                                                                              dok.TELEMUNDO


Kate del Castillo  dengan garang memerankan Teresa Mendoza , ratu narkoba  dari selatan.  Perempuan  atletis  ini lahir tanggal 23 October 1972, di Mexico. Umur 5 tahun  sudah ikutan  jadi  figuran di film  Los de Abajo, yang di bintangi ayahnya aktor Eric Del Castillo.
Sadar nama besar ayahnya  membuat orang, memandangnya sebelah mata. Sejak remaja  Kate   terus mengasah, bakat actingnya di panggung  teater. 

1991 telenovela  remaja  berjudul Muchacitas yang dibintanginya, menjadi hits di beberapa negara. Sejak itu tak ada lagi, yang meragukan  kemampuanya.
Kate del Castillo laris manis, bermain diserial TV dan Film. Selain  Muchacitas beberapa telenovela hits yang dibintanginya antara lain Ramona, La Mentira, Imperio de Cristal dan  Azul.
Dari sekian belas judul telenovela yang dibintanginya, mungkin cuma 2 -  3  telenovela  yang tayang di Indonesia. Menurut aku sih  karena beberapa  judul yang dibintanginya,    terlalu ‘panas’ atau terlalu mahal  untuk   opera  sabun Indonesia.

Kate del Castillo
Selain aktivis kesetaraan gender, kate del Castillo juga simpatisan PETA
Setelah perceraiannya dengan  bintang sepak bola Mexico Luis García di tahun  2001. Kate  mencoba move on, dengan mengadu nasib  di Hollywood. Ketatnya persaingan di  Hollywood, tidak membuatnya  menyerah.
Sempat ditolak, karena  penampilanya  latin banget . Pernah  juga menolak  permintaan  agency , untuk merubah  warna rambut.
Sampai  tahun  2002  ia mendapat peran diserial America Family season 2 . 

Kate del Castillo
Kate del Castillo  jadi  contoh artis latin, yang  sukse tanpa kehilangan jati diri  sebagai  latina
( perempuan latin).

Melewati umur 30an, karir  bintang telenovela biasanya mulai meredup.  Kate termasuk yang beruntung,  makin tua karirnya makin moncer. Selalu ada peran, yang cocok ia mainkan. Dirinya  lebih dari sekedar , bintang  telenovela  berwajah  cantik.

  La Reina del Sur  

Season pertama    La Reina del Sur  dibuat sepanjang   60 episode. Ditayangkan  Netflix    pada 28 Februari 2011  sampai  30 May 2011 .
Cerita lika- liku hidup Teresa mendoza, dalam pelarian, ketakutan dan putus asah. Jangan  samakan   Teresa Mendoza dengan  protagonis  telenovela, yang termehek – mehek manja. 
Novel best saler  karya penulis Spanyol Arturo Pérez-Reverte, sebenarnya  sudah beberapa kali remake. Tapi penulis dan produser selalu merasa, kok kurang pas ya.

kate del castillo
Teresa pemabuk, suka ngomong kasar, kampungan, pemakai narkoba, tak kenal ampun,  tak  kenal takut dan pantang menyerah.  Seorang perempuan, yang  berubah menjadi monster, untuk bertahan hidup.

Jalan cerita dan penokohan, dalam novel ini sudah begitu kuat. Perlu pemeran yang bersedia allout,  untuk menghidupkan karakter Teresa Mendoza. Dan Kate del Castillo adalah orangnya.
Tak segan mendalami peran  untuk memahami  masalah   sosial, orang yang terlibat dalam perdagangan narkoba. Ikut merasakan emosi dan rasa takut Teresa Mendoza, sebagai  perempuan dalam  daftar hitam.

Kate bahkan gak keberatan, melakukan beberapa adegan berbahaya sendiri.  Kejar – kejaran bermotor,  memanjat , melompati tembok dan baku hantam, dilakukanya  tanpa peran penganti.

Kerja keras terbayar,  La Reina del Sur jadi  telenovela terpopuler yan pernah diproduksi  Telemundo.
Delapan tahun kemudian, La Reina del Sur kembali. Season dua mengudara, 60 episode  mulai tayang  akhir April 2019 sampai akhir Juli 2019.

Produser  bilang tidak ada niatan, untuk membuat sekuel La Reina del Sur. But something hapen, popularitas  La Reina del Sur  membawa Kate del Castillo  terlibat, dalam scandal  narkoba dalam dunia nyata.

  El Chapo Skandal  
Aktivitas sosial dan politik Kate del Castillo, membuatnya sering bersebrangan dengan pemerintah Mexico. Beberap twitt yang menyebut nama  El Chapo untuk menyindir  pemerintah , sampai juga ke telinga  El Chapo.

Pada musim panas 2014, seorang  kuasa hukum Joaquín "El Chapo" Guzmán, menghubungi Kate.  El Chapo menawarkan, untuk  membuat film perjalanan hidupnya.

Dalam satu wawancara  Kate mengaku sangat kaget, dengan tawaran ini. Waktu  itu Joaquín "El Chapo" Guzmán , adalah bandar nakoba nomor satu Mexico.  Guzman  adalah most wanted criminals. Mempermalukan pemerintah Mexico, karena  dua kali melarikan diri dari  pejara,  dengan keamanan super duper maksimum.

  Why Me ?  
Teresa Mendoza dan El Chapo, punya banyak kemiripan.  Sama - sama tersesat dalam dunia narkoba, karena tidak ada pilihan.  Ia merasa Kate  yang berani ,blak – blakan dan punya akses ke orang – orang film dapat  membantunya.  Menceritakan pada dunia, perjalanan hidup pemuda miskin  dari Sinaloa,  hingga menjadi raja narkoba  yang paling  ditakuti dunia.

Kate serius menangapi permintaan El Chapo. Ia mulai menghubungi  orang – orang film, yang mungkin berminat dengan proyek ini.  Akses  istimewa untuk  bertemu  El Chapo, membuat beberapa orang terarik mendekati Kate. 
 Seorang teman mengenalkan  Kate dengan Sean Penn. Katanya mereka memerlukan sosok, yang punya  reputasi internasional. Sean Penn  aktor  yang sudah dua kali merah Oscar , adalah kandidat  yang cocok.
Keliatanya saat itu Kate berharap nama  Sean Penn, akan  membantu publisitas  proyek  film  El Chapo nanti.

  Merasa dimanfaatkan Sean Penn  

Sean Penn
Sean Penn ,El Chapo dan kate Del Castillo
dok.The Rolling Stone

Sean Penn  aktor Hollywood ,  yang sekarang lebih banyak bergerak sebagai aktivist sosial dan politik. Adalah salah satu yang tertarik, untuk  dapat bertemu muka dengan El Chapo.  

Setelah bebeapa kali chat di BBM ,akhirnya  Kate setuju untuk membuat janji dengan El Chapo.Pada tanggal  2 Oktober 2015, Kate, Sean dan dua produser asal Argentina berangkat  ke Mexico.

Menuju  persembunyian  El Chapo disuatu tempat terpencil di pegunungan  Mexico. Mereka  sempat ngobrol – ngobrol, dengan El Chapo selama hampir  7 jam.

Sebagai  pengemar cerita detektif, aku  sebenarnya penasaran. Pertemuan ini terlalu “ramai” untuk dibilang rahasia.  Apalagi kalau diukur dari  jarak tempuh, dua jam terbang dan tujuh jam overland . Benar – benar aneh kalau tidak ada yang  melacak.

Pertemuan  tetap menjadi rahasia, diantara mereka saja. Sampai El Chapo berhasil digerbek, angkatan bersenjata Meksiko pada 8 Januari 2016. Tak mau kehilangan mementum, keesokan harinya  (  9 Januari 2016)  majalah Rolling Stone  membuat edisi khusus.  Publikasi  El Chapo Speaks, yang ditulis  oleh  Sean Penn.

Penangkapan El Chapo


Pada wawancara dengan Diane Sawyer dari ABC News’s, beberapa minggu kemudian. Kate mengakui  kaget, dengan gerak cepat publikasi Rolling Stone.  Mengira  tulisan itu akan nanti  dipublikasikan, untuk mendukung film El Chapo. Kate merasa sudah dimanfaatkan Sean, untuk agendanya sendiri.

Disisi lain dalam artikelnya  Sean Penn  mengaku, sejak awal tidak tertarik untuk membuat film  tentang El Chapo.
Ia bahkan tidak tahu, bagaimana peran  Kate  dalam proyek film  yang direncanakan bersama dua teman Argentinanya. Baginya Kate del  Castillo tak lebih  hanya perantara pertemuan  saja.

  Dihujat di Mexico  
Dari bintang pujaan,  dalam  sekejap berubah  bulan – bulanan  media maasa Mexico. Pemerintah Mexico membocoran  BBM  chat,antara  El Chapo dan  Kate del Castillo.
Skandal El Chapo  akhirnya mempengaruhi kehidupan sosial dan karirnya. Beberapa kontrak dibatalkan, yang lainya ditunda. Sementara Kate harus terus mengeluarkan uang , untuk membayar pengacara di Mexico dan USA.
Beberapa kutipan percakapan, dijadikan alasan keterlibatan El Chapo  dalam bisnis  Tequila  yang sedang dirintis Kate del Castillo.Menghindari ancaman penangkapan dan pembunuhan,  keluarga  melarang  Kate pulang ke Mexico.

  Menuntut Balik Pemerintah Mexico  
Tidak ada tudahan terhadap dirinya, yang berhasi dibuktikan pemerintah  Mexico. Bersama pengacaranya   Kate sedang mengajukan gugatan pada pemerintah Mexico.
Tak tangung – tangung  ia  menuntut ganti rugi, sebesar $60 juta dollar. Sebagai kompensasi  kerugian  moral dan materil, disebabkan rumor yang sudah disebarkan pemerintah Mexico.

Kate del castillo
Kate dan team pengacaranya 


  The day  I Met El Chapo  
Setelah semua lebih tenang,  Kate memutuskan untuk mengungkap, drama pertemuan itu dari sudut pandangnya. 
Pada bulan Oktober  2017 Netflix menanyangkan  3 episode  dokumenter,  berjudul  The Day I meet El Chapo. Dalam filmnya Kate  sempat membantah, beberapa bagian artikel  Sean Penn. Seperti kejadian, saat pemeriksaan oleh tentara Mexico. Sean Penn menulis bahwa tentara itu seperti  malu dan takut, pada anak El Chapo. Menurut Kate hal itu, sama sekali pernah tidak terjadi.




What doesn’t Kill You makes You Stronger
Kate mengakui meski sudah lama berlalu, tapi kadang ia masih kepikiran soal skandal itu.Pikiranya jadi lebih terbuka, melihat beberapa point penting yang diabaikanya saat itu. Pengabaian yang mungkin membuat  dirinya begitu mudah dimanfaatkan  orang.

Kate ikut main dalam Bad Boys bersama Will Smith dan Martin Lawrence

Sekarang Kate masih bolak – balik USA – Mexico, untuk  bermain dalam beberapa judul film dan telenovela. Namanya mulai berkibar di Hollywood, aku menunggu namanya muncul sebagai peran utama dalam suatu film.

Eric del Castillo dan Kate Trillo Graham datang untuk menonton Kate bermain  
dalam drama yang diangkat dari kisah nyata pembunuhan puluhan perempuan  di Mexico

Yang pasti sekarang Kate mulai lebih bijak, menggunakan media sosial. Semua postingan mengenai kejadian tiga tahun lalu, tidak nampak lagi di time linenya.  Lebih banyak cerita, mengenai  bisnis, aktivitas shooting dan kegiatan sosial.Yang masih kangen dengan Kate del Castill,bisa stalking IGnya di @katedelcastillo

Komentar

  1. pantesan namanya kok familiar, kate del castillo, ternyata tokoh utama wanita di la mentira ya.. bertahun-tahun lalu pernah tayang di SCTV dan aku mengikutnya waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup bener banget, udah ada di youtub dengan subtitel bahasa inggrisnya

      Hapus
  2. Saya jujur tidak tahu si Mbak Kate del Castillo, Mbak Dona. tapi sekilas membaca perjuangannya menembus kancag film Hollywood, wajib diacungkan jempol. Bahkan menolak tawaran, karena tidak mau mengubah warna rambutnya. mantap.
    Tapi saya jadi penasaran juga dengan akting Mbak Kate ini. Nanti cari ah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkkkk yang kenal biasanya hobi nonton telenovela .Kebanyakan emang emak - emak sih

      Hapus
  3. Ya ampuunnn saya penggemar dia banget ini jaman telenovela La Mentira kalau kk angkatan 90an tahu deh bukan lahir 90an yaa hahahahah suka banget emang sama karakter dia bagus banget aktingnya. duh jadi pengen nonton lagi deh udah lama ga nonton aktingnya

    BalasHapus
  4. Entah aku yang lupa atau memang belum pernah kenal dengan kate del Castillo ini. Soalnya dulu seingatku zaman SD, alm nenekku suka sekali nonton telenovela tapi aku gak terlalu ngeh dengan pemainnya.

    BalasHapus
  5. Bintang telenovela yang berkibar selain Kate Del Castillo ini yang aku tau itu thalia si pemeran Marimar, Maria Mercedes dll..

    Mereka berdua ni kayaknya makin tua tapi gak nampak tuanya ya.. apa wajahnya pake formalin, ekekek

    BalasHapus
  6. Saya nggak tahu sama sekali dong, hiks.
    Maklum dulu saya jarang nonton TV, seminggu sekalipun enggak mesti.
    Jadinya kurang ngeh terhadap bintang telenovela, selain yang Maria Mercedes hahaha

    BalasHapus
  7. Yuk Dona,, saya baca ratu narkoba kok jadi auto-ingat ratu ekstasi dari negeri kita, Zarima, hehe. Ini Kate del Castillo memerankan ratu narkoba dari selatan yah. Btw untung baca artikel si ayuk ini, kl gak saya kira itu nama hotel lohh Kate del Castillo haha. Tfs yo, Yuk

    BalasHapus
  8. Perjuangan yang luar biasa ya..
    Saya yang awalnya tidak tahu, setelah baca tulisan mb donna jadi paham bagaimana perjalanan artist ini.. Mksh artikelnya mb donna

    BalasHapus
  9. Saya pikir nama istana atau cafe taunya nama orang hehe totalitas ya dalam memerankan ratu narkoba si Kate Del Castillo ini , mana cantik lagi ..hehe..

    BalasHapus
  10. Latina yang familiar di hati saya itu si Thalia, Maria cinta yang hilang mba Dona. Wkwkw...udah lama banget ya telenovela yang kutonton itu.
    Kalo Kate Del Castillo beneran baru tau lewat artikel ini. Cantiknya wanita latin ini emang beda ya. Terlihat gahar .

    BalasHapus
  11. duh nyesek banget tentunya ma sean penn yah, tega banget manfaatin akses ke El Chapo

    BalasHapus
  12. Dulu saya juga penggemar telenovela tapi kok ga ada blas dalam ingatan ya tentang Kate del Castillo ini, ingatnya Thalia wkwkwkw

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.