Mei 08, 2021

SEO Moms Community Sumatera

Search Engine Optimization Bersama SEO Mom Community

"workingwoman.jpg"

Biar mudah, aku analogikan  search engine, adalah anjing pelacak. Yup, anjing pelacak dilatih mengenali ciri atau aroma targetnya. Search engine juga diprogram, untuk menemukan target diantara milyaran artikel.

Target yang diendus search engine , antara lain blog title, deskripsi blog, template, keyword,dan struktur artikel. Misi kita dalam search engine optimization (SEO),adalah mengatur pernak – pernik pada blog . Jadi saat search engine melakukan pencarian, artikel kita adalah yang pertama ditemukan. 

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana mengatur blog agar ramah SEO ?

 Beruntung banget , aku bisa dimentorin SEO oleh Bang M.Sahlan - Qbenk . Bersama SEO Moms Community Sumatera, kami diajarkan bagaimana memulai Search Engine Optimization.

Search Engine Optimization, biasa disingkat "SEO" ,adalah serangkaian proses secara sistematis, yang bertujuan untuk meningkatkan volume, dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut – wikipedia –

 Langkah Pertama  optimasi SEO onpage 

Secara sederhana optimasi onpage, adalah mengatur bagian – bagian blog hingga sesuai,dengan algoritma yang dikenali search engine. Mulai dari yang sederhana, misalnya klik ikon on – off, sampai yang ribet seperti menganti bahasa coding. 

Kelompok belajar SEO Moms Community anggotanya rerata emak – emak, yang tidak semuanya terampil bahasa program. Karena itu Bang Qbenk memulai dengan materi sederhana, yang langsung bisa diterapkan.Bang Qbenk menganjurkan, untuk memperbaiki dulu, beberapa bagian blog seperti 

Judul Blog 

Sama dengan  judul buku, judul blog juga mengambarkan isinya. 

Deskripsi Blog

 Keterangan singkat , padat, dan jelas mengenai tema artikel dalam blog 

Layout -Theme -Setting 

Pada bagian ini tiap platform ( blogspot – wordpress) berbeda pengaturanya.

Ada baiknya riset kecil – kecilan , sebelum mengatur layout,theme dan setting. 

Struktur Konten  Mendukung Optimasi SEO

Struktur Konten Mengatur struktur konten bisa dibilang mirip, dengan krangka karangan pada umumnya. Hanya saja perlu diatur secara manual, sehingga terdeteksi search engine.
  •  H1 yaitu otomatis ada pada judul dan harus berisi kata kunci
  •  Deskripsi konten, semacam kata pengantar yang berisi kata kunci. 
  • H2 yang berisi pembahasan secara rinci tentang sebuah tema 
  • H3 (tidak wajib) hanya di pakai jika pembahasannya panjang , ada pembagian sub dari sub judul 
  • Permalink artikel harus ada kata kunci, atau biarkan otomatis tersusun sendiri.

Penting banget untuk membuat permalink, yang singkat, tetapi jelas memberikan gambaran tema ,yang akan dibahas.Agar artikel ramah SEO, blogger boleh membuat permalink , yang berbeda dengan judul artikel .

Contoh : Key Word - daya tahan tubuh 

Permalink - menjaga daya tahan tubuh 

Judul - 4 langkah praktis menjaga daya tahan tubuh.

 Keyword untuk optimasi SEO  onpage 

"anjingpelacak.jpg"

Keyword dalam konteks SEO,ialah kata yang paling sering digunakan, untuk mencari topik tertentu. Bila search engine adalah anjing pelacak , maka keyword adalah aroma favoritnya.

Artikel akan lebih mudah muncul dalam penelusuran mesin pencari, bila menggunakan  keyword  yang tepat. Idealnya keyword digunakan pada:

  • Judul 
  • Deskripsi pencarian 
  • URL – permalink 
  • Paragraf pertama artikel 

Ada beberapa website yang jadi referensi mencari key word, antara lain Google keyword planner dan google hot trends.

"SEOmatric"
Materi belajar SEO Moms Community  

 Belajar SEO, sebeneranya tidak seribet  yang dibayangkan. Modalnya cuma rajin cari info, sabar dan teliti. Buat ibu – ibu senusantara , yang tertarik belajar SEO bisa lirik – liri dulu laman www.seomomscommunity

Bang Qbenk komandan SEO Mom Community, amat gemar berbagi ilmu yang bermanfaat Dia bakalan ngajarin, sampai emak - emak Indonesia semua jadi jago SEO,  Yuk kita tantang diri kita , agar bisa menjadi blogger yang kreatif dan ramah SEO.donasaurus.com

Tags :

bm
Created by: autumleafs

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect