-->

Jumat, 16 Juli 2021

John Denver Astronot dan Challenger

john-denver-leaving-jet-plane
Yesss, benar Challenger  yang meledak  73 detik setelah diluncurkan itu . Kecelakaan yang menewaskan  7 awaknya, dan mengandaskan  impian  John Denver, untuk jadi astronot.

John Denver  Space Nut

 Lahir di Rosewell -New Mexico, kota pangkalan militer  dan antariksa USA. Ayahnya, Henry  John  Deutschendorf  Sr, adalah test pilot angkatan  udara  USA. John Denver tak bisa jauh, dari dunia aviasi.

Hobi koleksi pesawat mini, dan punya  pesawat sungguhan.Jadi idak terlalu aneh kalau ia, kemudian tertarik dengan  antariksa. Begitu  bersemangatnya sampai - sampai, ia dijuluki Space Nut - orang yang tergila- gila, pada semua hal tentang antariksa

Sering hadir dalam  peluncuran, membuat John dekat dengan beberapa pejabat NASA. Pesohor ini  kerap  berpartisipasi, dalam event keantariksaan yang diadakan NASA.

Sebagai bentuk apresiasi, atas usahanya   menumbuhkan kesadaran masyarakat pada eksplorasi antariksa. Tahun 1985  NASA menganugrahkan - NASA Public Service Medal- padanya. Henry  John  Deutschendorf  Jr AKA  John Denver. Ia adalah orang sipil pertama mendapat mendali ini.  Sebelumnya hanya diberikan, pada teknisi  dan perancang pesawat ulang-alik saja.

Inisiator  Citizen in Space Program

Akhir 70an, berhembus  kabar  pemerintah Amerika, akan memangkas dana riset NASA. Rakyat berpendapat, royek spionase dan propaganda, tidak ada manfaatnya buat mereka. Akibatnya beberapa  misi yang sudah bertahun  disiapkan, terancam mangkrak.

Dalam dengar pendapat dengan senat Amerika. John mengemukakan  pendapatnya, kenapa  saat itu NASA tidak mendapat dukungan publik. Menurutnya, masyarakat  tidak mendukung program NASA, karena mereka  tidak merasa terlibat di dalamnya.

Jhon kemudian menyarankan  NASA, merencanaka  program yang melibatkan masyarakat.Proyek keterlibatkan masyarakat yang digagas John Denver,kemudian dikenal sebagai Citizen in Space Program.

Secara umum Citizen In Space Program bertujuan,memberikan kesempatan pada masyarakat, untuk turut serta dalam proyek NASA  .  Antara lain dengan menjadi astronot tamu, dan melakukan riset.

'space-camp-suit-notes-john-denver.jpg'
 Memorabilia, Space Suits John Denver

John Denver  Batal Ikut Penerbangan Challenger

Setelah idenya di aproval.John Denver secara resmi, menawarkan diri sebagai  volunteer. Ayah 3 anak ini, bersedia menjalani semua tes,dan siap menanggung resiko terburuk, yang mungkin terjadi.

Menurut John diawal – awal NASA terlihat serius,  mengikuti gagasannya. Ia bahkan diminta mengikuti tes dan pelatihan, layaknya  calon astronot lainya.

Diluar perkiraan, ia berhasil menjalani semua tes fisik. Penyanyi folk bertampang hippies ini, dinyatakan layak terbang ke luar angkasa. Kelulusan  John menimbulkan pro dan kontra, dikalangan  angkasawan. 

 Dibully Astronot

Rumor yang beredar, para astronot  tak menyukainya. Meski lulus uji,John  dinilai tak punya kompetensi. Mereka mempertanyakan, apa yang bisa dipelajari masyarakat. Dari lelaki yang cuma berencana  ngenjreng gitar  di luar angkasa?

Ambisi John  untuk jadi astronot disamakan, dengan  misi perdamaian konyol, yang dilakukan Jane Fonda di Hanoi,sewaktu perang Vietnam.  Cuma  cari sensai, untuk  keuntungan pribadi.

Disisi lain John  memang tidak mengajukan, proposal riset ilmiah.  John mungkin berpikir, ia hanya influencer yang membantu, mempromosikan NASA. Riset dan tugas ilmiah, serahkan pada ahlinya. Sementara ia melakukan apa, yang ia bisa yaitu bernyanyi dan memberi motivasi.

1984  Teacher  In Space Project

Presiden Reagen satu pendapat, dengan para angkasawan.Ada profesi yang lebih layak untuk dibawa ke luar angkasa. Tak lama berselang, beliau mengumumkan  Teacher  In Space Project.

Kursi John  Denver dalam Space  Shuttle Challenger, diberikan kepada Ibu guru  Charista  McAuliffe. Guru ilmu pengetahun sosial asal Concordia, yang  berhasil menyisihkan  11.000 pelamar.

Menyadari kecilnya peluang,terbang bersama NASA.John mencari jalan lain, untuk mewujudkan impiannya. Kesempatan datang, saat ia diundang  mengunjungi Uni Soviet dalam misi perdamaian dunia.

John menjajaki kesempatan, untuk menjadi astronot tamu di pesawat ulang - alik Soyus. Soviet  bersedia memberangkatkannya, dengan satu syarat .John  harus membayar biaya perjalanan.

Harga yang ditawarkan Soviet saat itu, senilai  $10 milyar. Jauh melampaui batas kemampuannya. Sekali lagi, impian untuk  menjadi astronot kandas.

Charista McAuliffe dan Astronot Challenger

Gagal berangkat, tak membuat John memutuskan hubungan dengan NASA. Sebagai inisiator program citizen in space,ia merasa  wajib memberikan support  pada  Charista. John  akhirnya  berteman baik, dengan Charista dan  6 astronot  lainnya.Sayangnya, John  tidak hadiri  peluncuran,  Space  Shuttle Challenger di Cape Caneveral.

Pada hari peluncuran  Challenger, John sedang berada di pegunungan, yang jauh dari hiruk – pikuk peluncuran. Peristiwa ledakan  baru diketahuinya, beberapa jam kemudian. Ia baru saja menyelesaikan, shooting film The Christmas  Gifts. Ketika  Zack mengabarkan,  Challenger  meledak!

John mengaku shok, menyaksikan tayangan ulang  ledakan di TV. Harapan, impian, dan kerja kerasnya, seperti ikut musnah bersama ledakan itu.  Lagu Fly For Me, didedikasikan  Jhon Denver, untuk mengenang perjuangan dan semangat  teman – temanya.

Space Tourism

Dua bulan setelah kejadian, Senat Amerika Serikat  memanggil John Denver. Ia diminta pendapatnya, dalam evaluasi Citizen In Space Program.  

Meski sudah dikecewakan, tapi Jhon tetap mendukungan NASA. Terutama untuk  program melibatkan masyarakat, dalam proyek riset. Berikut link dengar pendapat Jhon Denver di Senat.

 John Denver Hearing

Setelah tragedi Challenger, tak terdengar lagi ada astronot tamu, dari Citizen In Space Program.Tapi ide untuk perjalanan antariksa , yang bisa diikuti  masyarakat umum. Luar angkasa sudah bukan  lagi area yang  hak prerogratif  kaum ilmuwan. 

Tidak perlu proposal riset yang tebal atau tes yang menguras  energi. Cukup ada uang, sehat dan berani. Sekarang siapa saja bisa terbang ke luar angkasa. Ikutan space tour  bisa pesan tiket tour bersama  Vigin Galactic . Perjalanan ke luar angkasa  jadi fun dan asik, seperti yang selalu diimpikan  John Denver.donasaurus101

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.Comment will moderation before publish

Connect