Januari 25, 2022

Bagaimana Membuat Gantungan Kunci Resin

Sudah lama kepengen  belajar membuat gantungan kunci resin. Alasanya,ya karena resin itu fleksible   banget. Mudah dibentuk sesuai cetakan, juga  bisa dihias dengan apa aja.

Meskipun sudah sering nonton tutorial resin craft di youtube. Aku tetap  belum  yakin, kalau belum  belajar  secara luring.Jadi waktu ada ajakan  workshop, bikin  gantungan kunci resin  bareng Metamorphoo, aku langsung mendaftar.

Sebagai informasi, Kolektif  Metamorphoo yang bermula di Kota Palembang. Metamorphoo  digagas  Epraya Citra,Della Imelia dan kawan-kawan. Aktivitas kolektif ini, antaralain ngadai  workshop  craft.

Belajar bikin gantungan kunci resin,diadakan di Rumah Sintas. Rumah vintage di kawasan Jalan Jambu, Kota Palembang yang  disulap jadi tempat  nongkrong  yang  berkesan homy.

Kegiatan belajar – mengajar ( hadehhhh 😁 ) digelar di bawah  pohon beringin,di halaman belakang Rumah Sintas.  Epraya yang  akrab disapa Kak Miw-miw membuka  acara,dengan menjelaskan tentang jenis-jenis  resin.

Nah,karena ini kelas pemula, Epraya menggunakan resin Lycal. Jenis resin ini biasa digunakan, untuk membuat craft. Meskipun resin relatif aman bila digunakan sesuai  saran. Tetapi sebaiknya  gunakan sarung tangan plastik ,sebelum mulai bekerja.

Alat dan Bahan Membuat  Gantungan Kunci Resin

Alat dan bahan untuk membuat gantungan kunci resin
Epraya Citra ( Kak Miw-miw) menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan 






 

1.     Resin Lycal 1011
2.    Hardner /Katalisator
3.    Cetakan silikon
4.    Alat ukur
5.    Sarung tangan plastik
6.    Cup plastik
7.    Stik kayu
8.     Tusuk gigi
9.    Pinset
10.  Pewarna khusus resin
11.   Pernak –pernik  untuk hiasan
12.  Ampelas

Cara  mencampur resin dan katalis

Agar dapat mengeras dengan sempurna, cairan resin  perlu dicampur dengan cairan  katalis atau ada juga yang menyebutnya hardner.

Idealnya perbandingan resin dan katalis  adalah  10:1. Maksudnya  10 bagian  Resin  dan 1 bagian  Katalis. Ada beberapa alat ukur yang dapat  digunakan, untuk menakar resin dan katalis. Antara lain timbangan digital, gelas ukur,atau sendok.

  
Aduk resin dan katalis perlahan-lahan sampai membaur rata

Kalau gak punya timbangan, kita juga bisa menggunakan sendok plastik sebagai takaran.  Aku nyaranin, gunakan  sendok makan untuk  resin dan sendok   teh untuk  katalis.

Langkah selanjutnya, adalah  mengaduk resin dan katalis dalam wadah  plastik  sekitar  5 -10  menit.  Aduk  searah  jarum jam,sampai resin dan katalis membaur  sempurna. Setelah tercampur rata, resin siap dicetak.

Cara Mencetak Gantungan Kunci Resin

Gunakan cetakan yang terbuat dari silikon.Tuangkan cairan resin sedikit – demi sedikit  ke dalam  cetakan. Lakukan sampai resin,memenuhi  semua  bagian cetakan.

Cetakan silikon yang digunakan untuk membuat gantungan kunci resin
Bentuk cetakan silikon yang digunakan untuk membuat gantungan kunci resin

Nah,selama proses pengaduakan  dan pengisian resin, mungkin akan  terbentuk gelembung- gelembung udara .Kalau dibiarkan, saat kering gelembung udara ini akan meninggalkan bekas, seperti lobang jerawat di permukaan resin.

Karena itu  segera pecahkan gelembung udara sebelum resin mengering. Pemecahan dapat dilakukan , dengan bantuan tusuk gigi.

Kalau sudah tingkat mahir,kamu bisa memecahkannya  dengan  memanaskan permukaan resin  pakai  korek api gas. Tapi hati-hati ya sob, resin adalah bahan kimia yang bisa terbakar.

Tips  membuat gantungan kunci resin dengan hiasan

Aku ingin berbagi  tips dari pengalaman ikut workshop kemarin.

  • Ukuran  hiasan  harus  lebih kecil dari ukuran  cetakan.Sehingga  resin benar-benar  rata menutup seluruh bagian hiasan. .Kalau kebesaran bisa kamu gunting  untuk menyesuaikan ukuran.
  • Gunakan bunga dan daun  yang  tipis saja. Kalaupun tebal,maka tumbuha itu harus benar- benar kering saat digunakan. Tumbuhan yang tebal dan basah, memperlambat proses  resin mengering. 
hasil kerajinan resin
Ini gantungan kunci resin yang aku buat selama workshop

Setelah  pencetakan selesai, kita tunggu resin  mengeras. Proses pengerasan resin memerlukan waktu   antara 5 – 10 jam.Setelah  benar- benar kering, lepaskan resin dari cetakan.Gunakan amplas untuk merapikan  bagian permukaannya.Sekarang gantungan kunci resin siap digunakan.

Punya pengalaman bikin resin craft juga? Bagi – bagi dong di komen.

Tags :

bm
Created by: autumleafs

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect