Desember 10, 2022

Kereta Api Dan Gerakan Kembali Ke Angkutan Umum

payo naek kereta api

“KA Sriwijaya” tertulis di papan informasi, anak panahnya mengarahkan diriku kepada kereta yang akan aku tumpangi. Dengan santai aku memasuki gerbong kereta dan mencari kursi yang tertera dalam tiketku.

 Setelah menaruh  ransel di rak kabin, sambil menunggu kereta berangkat aku melihat keluar jendela. Sudah lewat magrib  tapi stasiun Tanjung Karang masih dipenuhi aktivitas.Orang lalu-lalang, petugas  PJKA berseragam mengawasi keadaan sekitar dan memeriksa kondisi kereta.

Kereta Api Angkutan Umum Murah Meriah

            Berbeda dengan menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dengan  kereta punya keasikan tersendiri. Naik kereta api adalah pilihan terbaik buat kamu yang suka emosian melihat pengguna jalan yang ugal-ugalan. Jalur rel yang melintasi  sawah,ladang,kebun dan kota-kota kecil membuat penumpang serasa nonton virtual tour. Sayangnya kali ini aku naik kereta malam,jadi tak banyak hal yang bisa dilihat di sepanjang lintasan.

            Kereta  mulai melaju dari Tanjung Karang  menuju  Stasiun Kertapati di Palembang.Perkiraan waktu tempuh Lampung – Palembang dengan naik kereta api  sekitar 9 jam. Sambil menunggu kantuk datang,aku iseng  cari-cari info sejarah perkereta apian  jalur  Lampung – Palembang.

Kereta api Sriwijaya yang sedang kunaiki ini telah beroperasi semenjak 1974. Dari browsang-browsing di internet  aku tahu,awalnya rute kereta api diwilyah Sumatera bagian selatan fungsi utamanya sebagai kereta logistik. Mengikuti trend angkutan umum untuk masyarakat  akhirnya rute kereta Lampung-Palembang juga mengangkut penumpang.

Sebelum pembagunan jalan lintas Sumatera,kereta api jadi alat  transportasi umum andalan bagi masyarakat yang  melakukan perjalanan antar kota di wilayah Sumatera Selatan dan Lampung. Pembangunan infrastruktur jalan diikuti booming  kendaraan pribadi dengan pembelian yang bisa dicicil, menjadi salah satu faktor menurunkan minat masyarakat untuk menggunakan angkutan umum.

Trend  kendaraan pribadi yang awalnya dianggap sebagai barometer keberhasilan  financial akhirnya jadi pisau bermata dua.Kemacetan yang menghambat mobilitas, pencemaran udara karena emisi karbon,serta menurunnya kualitas kesehatan masyarakat menjadi isu global.

Untuk mengatasi masalah lingkungan dan sosial sebagai dampak penggunaan kendaraan pribadi. Pemerintah melalui Dinas Perhubungan  Provinsi Sumatera Selatan membuat Gerakan Nasional Kembali Ke Angkutan Umum

Kereta Api Angkutan Umum Unggulan Sumsel

Sumatera Selatan merupakan provinsi terluas di Sumatera dan menempati urutan ke 6  provinsi terluas di Indonesia dengan luas 91.592.43 kilo meter persegi. Luasnya wilayah menjadi tantangan tersendiri bagi Dishub Prov Sumsel dalam menyediakan layanan transportasi  massal.

Nah, karena itu kereta api menjadi salah satu moda transportasi umum yang  dapat menjadi pelopor gerakan kembali ke angkutan umum. Selain daya angkut yang besar, stasiun kereta api Kertapati juga sudah terintegrasi dengan moda-moda transportasi lain  Seperti  kapal cepat, Teman Bus, dan LRT di Sumatera Selatan . 

Payo naek kereta adalah moto yang digunakan untuk mengingatkan kembali pengguna lama dan calon pengguna akan keberadaan kereta api.Tak cukup dengan moto saja, Dinas Perhubungan Prov Sumsel sudah melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kinerja  kereta api  agar kembali diminati masyarakat.

Keuntungan Naik Kereta Api

Jadi sekarang, selain tiket yang terjangkau ada banyak keuntungan yang kamu dapat kalau naik kereta api :

  • Bebas macet
  • Cepat dan tepat waktu
  • Fasilitas dalam gerbong yang nyaman
  • Cocok untuk kegiatan photo hunting
  • Jangkauan rel yang terintegrasi dengan moda transportasi lain

kereta api sriwijaya
Interion KA Sriwijaya 

Ada banyak keunggulan kereta api yang tidak dimiliki kendaraan pribadi atau juga moda trasnportasi lainya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak kembali menggunakan kereta api. Yuk warga Palembang ‘Payo Naek Kereta Api ‘ lagi.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect