-->

Sabtu, 10 Oktober 2020

Manfaat Berkebun Selama Pandemi


Berkebun Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

Paket combo  sedih,marah ,takut,  dalam   pendemi ini  sukses mengobrak – abrik mental. Kita perlu  kegiatan, untuk melepaskan energi dan meredakan  emosi.

Sementara  gak ada kerjaan, dan gak bisa kemana – mana, gimana kalau kita berkebun aja di halaman. Berkebun tidak selalu harus diarea yang luas. Urban Farming sekarang jadi trend diperkotaan.    

donasaurus.com

Riset yang dilakukan dua peneliti  di Texas A&M  University, Melinda Knuth dan Charles Hall ( publikasi - Journal of Environmental Horticulture) menunjukan,  interaksi dengan alam atau kegiatan berkebun,  berdampak  baik  bagi kesehatan fisik dan mental manusia.

Tetap  Aktif  Bergerak Selama Work From Home

Work from home membuat rutinitas  berubah. Rebahan  dan ngemil sepanjang  hari, bikin  badan melar, tekanan darah dan kolesterol naik. Berkebun bisa jadi alternatif  buat, yang  tetap aktif  dan produktif   selama di rumah aja.

Riset yang dilakukan team Harvard Medical School menemukan, terjadi pembakaran 135 kalori selama  30 menit kegiatan berkebun. 

donasaurus.com

Pix…. berkebun  cocok ,untuk  mempertahankan lingkar pinggang. Eit tak cuma baik untuk mencegah obesitas, nih beberapa manfaat  berkebun lainya.

  • Meningkatkan immunitas
  • Menjadi lebih bersemangat
  • Mengurangi stress dan gejala  depresi
  • Membuat tidur lebih lelap
  • Mencegah obesitas

Manfaat Aktivitas  Berkebun Untuk Anak

Biasanya  pepotoan  waktu piknik atau makan diluar, dikasih caption “ quality time”. Gimana kalau selama masa pandemi, kegiatan berkebun bareng keluarga  dijadikan quality time.Bercocok tanam bisa jadi kegiatan life skill yang menyenangkan untuk anak.

Beri mereka tugas regrow – menanam kembali, sayuran berumur pendek. Sawi, daun bawang  atau kangkung cabut  bisa jadi pilihan regrow.

Meskipun sederhana   berkebun adalah pengalaman hidup yang mungkin saja amat berguna dimasa depan anak.

  • Berlatih sabar dan disiplin
  • Mengerti proses untuk  menghasilkan sesuatu
  • Menghargai usaha yang  dilakukan untuk menyajikan makanan  di meja makan

Keuntungan Ekonomis Berkebun Di Rumah   

Dalam kondisi ekonomi yang  darurat begini, kita perlu berhemat. Bertanam  beberapa batang cabe , tomat , singkong , kangkung  disekitar rumah, bisa  menghemat uang belanja.

Hobi  bertanam  bunga hias ,bisa jadi  sumber  penghasilan.  Tak  harus berinvestasi, dengan membeli bunga – bunga impor.  Bunga – bunga  lokal, yang subur dan dikemas cantik juga bernilai ekonomis. 

donasaurus.com

Belum ada yang bisa memastikan, kapan pandemi berlalu. Sementara menunggu  situasi membaik, kita isi waktu dengan berkebun saja. Berkebun  bisa menjadi  terapi, agar tetap fokus dan optimis menghadapi  pandemi. Hope for the best,but prepare for the worst***donasaurus 10/10/20

Selasa, 06 Oktober 2020

Merawat Bunga Dalam Pot

Jenis dan Perawatan Tanaman Dalam Pot

 

Menurut penelitian kegiatan berkebun, baik untuk kesehatan mental. Aktivitas berkebun melepaskan stress, meredakan kecemasan,  juga menurunkan tekanan darah. Memandangi bunga dan dedaunan,bisa jadi hiburan saat kita gak bisa kemana – mana.

Tinggal di perumahan  berlahan sempit, tidak jadi halangan. Bertanam dalam bunga dalam pot, bisa jadi pilihan.

donasaurus.com

Jenis Tanaman Dalam Pot

Sesuaikan jenis bunga,  dengan  rencana penempatan. Secara umum  jenis bunga dalam pot, dibagi  dua kelompok. Pertama  tanaman yang berbunga, seperti mawar,azalea,bougenvil, anyelir dan aster.

Berikutnya  tanaman  dengan dedaunan cantik. Tanaman ini ada yang  berwarna, atau hijau saja seperti kaktus dan pakis. Contoh tanaman berdaun warna – warni,seperti  aglonema, lili prancis dan keladi – keladian.  Kecuali  keluarga kaktus rata – rata tanaman  dalam kategori ini,menyukai tempat yang teduh.

Memilih Pot Bunga

Pot bunga  berbagai ukuran bisa dibeli online maupun  beberapa super market.Pilih pot yang  kira – kira mampu menjadi wadah tumbuh tanaman, setidak nya satu  tahu kedepan.

Kok panjang  banget mikirnya mak?

Yup  biasakan berpikir sebelum bertanam. Bayangkan  setinggi atau sebesar apa, mereka bertumbuh dalam satu tahun.  Sering gonta – ganti pot tanaman , selain tidak praktis juga beresiko.  Bagian tanaman bisa cidera dan akhirnya mati.

Pot bunga gantung

Selain pot bunga biasa, pot gantung bisa jadi alternatif . Beberapa tanaman merambat seperti krokot , sisik ikan, dan jangut nabi, terlihat cantik dalam pot gantung.  Untuk menghindari bahaya tertimpa pilih pot yang tidak terlalu besar. Gantung di area yang  tidak mengangu mobilitas.

donasaurus.com


Pot dari  bekas kemasan

Memanfaatkan botol air mineral, jerigen minyak goreng  atau  botol sabun cair, sebagai pot bunga bisa jadi pilihan. Sebelum menempatkan tanaman, pastikan kemasan sudah bersih,  dari sisa minyak dan sabun.

Tanah untuk tanaman dalam pot

Tumbuhan dalam pot,sangat  tergantung pada tanahnya.  Cari referensi tentang media tanam yang sesuai, untuk  tiap jenis tumbuhan. Tak usah khawatir kalau sulit, mendapatkan tanah disekitar rumah.  Tanah yang sudah dicampur, sekam padi dan pupuk kandang, bisa kamu  pesan di depot bunga.

Perawatan Tanaman

Sering nih kejadian beli tanaman, yang sedang berbunga dari depot. Tapi  sejak pindah ke rumah, mereka mogok gak pernah berbunga lagi. Salah satu alasan stop berbunga, adalah kurang perawatan. Merawat tanaman dalam pot,sebenarnya  gak ribet. Hanya perlu konsisten dan berkelanjutan.

donasaurus.com


Cara Menyiram Tanaman Dalam Pot

Nah seperti yang kita obrolin tadi, beda jenis beda juga kebutuhan  air. Frekuensi menyiram  kaktus pasti berbed, dengan  bunga mawar dan pakis. Terlalu banyak atau kurang air, bisa menyebabkan tumbuhan merana.

Penting juga untuk memperhatikan, waktu menyiram. Pagi dan sore hari adalah saat paling baik, untuk menyiram tanaman

  • Lakukan penyiraman sebelum jam 10 pagi . Faktanya  air  yang tergenang di daun, jadi panas  terkena sinar matahari. Akibatnya dedaunan akan rusak. Pada sore hari sebaiknya  antara jam 4 - 5 sore.
  • Supaya efektif dan efisien, siramkan air  tepat dipangkal batang.  Air yang disiramkan dari atas, kemungkinan  sudah menguap sebelum terserap akar.
  • Gunakan alat bantu menyiram tanaman, untuk memudahkan pekerjaan.

Wikihow punya cara mudah, untuk mengetahui apakah siraman kamu sudah cukup atau belum. Masukan jari kamu  beberapa cm ke dalam tanah di pot. Tanah yang kurang air akan terasa kering dan keras.

Menjemur  Tanaman  Hias

Yup selain air, sinar  juga penting untuk tanaman. Paling   baik tentu saja sinar matahari.

Tanaman  penghias ruangan, perlu dijemur  setidaknya 2 minggu sekali. Inget dong tanaman memerlukan sinar matahari, untuk memasak makanan ( fotosintesis).

donasaurus.com

Beberapa sumber merekomendasikan  paparan sinar selama 12-16 jam, untuk tanaman berbunga. Sedangkan dedaunan idelanya  terkena sinar antara 14-16 jam ( ref - wikihow)

Perlu diingat  intensitas matahari tropis, amat  membahana. Tidak perlu menunggu tanaman kering baru diangkat.  Sesuaikan durasi, dengan kondisi tanaman.

Memangkas dan membersihkan tanaman dalam pot

Memangkas dan membersihkan tanaman bisa dilakukan kapan saja . Tanaman dalam pot bisa jadi tempat favorit serangga. Siangi daun  dan ranting, yang sudah mengering. Pangkas cabang  yang  mengangu  tanaman lain atau mobilitas  kita.  Bersihkan bagian batang,daun dan tanah dari larva, serangga atau sarang laba- laba.

Menganti  tanah dalam pot

Gantilah tanah dalam pot  setiap  5 – 6 bulan, atau mengikuti tumbuh kembang tanaman. Tanah diganti untuk refresh  nutrisi  sekalian  memeriksa kesehatan akar tanaman. 

Siapkan dulu tanah yang baru, sebelum membongkar tanah lama.Basahi dulu tanah hingga lunak agar lebih mudah dicongkel

donasaurus.com

Memupuk tanaman dalam pot

Tanaman yang tumbuh  langsung  di tanah, mempunyai banyak sumber nutrisi.  Sedangkan pupuk, adalah  sumber nutrisi utama tanaman dalam pot. Pupuk  bisa kita buat, atau beli di depot bunga, dan toko pertanian.

Kompos dan Pupuk kandang

Dedaunan, sisa sayuran dan  cangkang  terlur, dapat diolah menjadi kompos.  Kotoran kambing dan sapi  biasa digunakan, sebagai  pupuk kandang.  Cara menggunakanya praktis,  langsung dicampur  dengan tanah  yang kita  gunakan untuk menanam.

Mengingat bahan bakunya, dapat menimbulkan aroma dan mengundang  serangga. Penting banget untuk memastikan  kompos dan kotoran hewan tadi, sudah siap digunakan sebagai pupuk.

Pupuk  NPK

Pupuk NPK  termasuk yang paling populer digunakan,  dalam  perawatan tanaman dalam pot. NPK  mengandung  zat aktif  Nitrogen,Kalium , Kalsium dan Phospate.  Manfaat pupuk NPK bagi tanaman antara lain

  • Membatu proses fotosintesis
  • Menyuburkan daun
  • Menguatkan dan menyuburkan akar
  • Merangsang pertumbuhan anakan akar

donasaurus.com

 

Ada dua jenis pupuk NPK yang dijual dipasaran. NPK mutiara yang berbentuk butiran kecil dan NPK  cair. NPK mutiara butir digunakan, dengan  langsung ditabur ke tanah . Sedangkan  NPK cair  harus dicairkan  dahulu  sebelum digunakan.

Waktu dan dosis pupuk

Sama seperti manusia makan obat, takaran pupuk juga harus pas. Penggunaan pupuk  buatan biasanya  disesuaikan, dengan diameter  pot tanaman. Baca aturan pakai  pada kemasan, untuk  mengetahui  takaran pupuk.  

Selalu gunakan alat bantu,saat melakukan pemupukan. Sekop,alat semprot, dan sarung tangan  membuat kita lebih leluasa bekerja.  Selain mempermudah pekerjaan, juga mencegah kemungkinan keracunan, bahan kimia  atau bakteri dari kotoran hewan.

Berinteraksi  dengan tanaman

 Oh aku lupa ada satu kiat merawat tanaman, yang  dipercaya membuat tanaman tumbuh subur. Tipsnya  yaitu ngajakin tanaman berinteraksi.

Botanis dari Royal Hortucultural Society – London, melakukan riset untuk membuktikanya. Yup mereka  bereksperimen, dengan membaca bersuara, bernyanyi dan mendengarkan musik bersama tanaman.

Hasilnya tanaman yang dibacakan buku, atau diajak nyanyi bersama,tumbuh lebih tinggi dan sehat dibanding yang tidak.

Takut digibahin tetangga, karena keasikan ngobrol sama tanaman?

Ya suara kamu gak usah kenceng – kenceng juga kelesss.

Setidaknya ucapkan  pujian, saat  kuncup mulai mekar atau daun – daun tampak segar.

Semoga hari – hari di rumah aja jadi lebih produktif dengan mengurus tanaman*** donasaurus

Senin, 01 Oktober 2018

Perempuan Diet Plastik


Donasaurus and the gank


Shopaholic Diet Plastik

Mengapa emak-emak lebih suka kantong plastik, dari pada membawa sendiri keranjang belanja?

Sampai sekarang perempuan masih mengangap, pergi ke pasar atau mall  adalah rekreasi dan tempat aktualisasi diri. Jadi tetap harus modis, meski cuma belanja di pasar becek. Plastik kresek lebih praktis, ringan dan tahan air. Bisa dilipat dan dimasukan kedalam dompet atau tas tanpa mengangu penampilan.  

Kantong plastik, pertama kali dipatenkan di Japang pada tahun 1972 . Sejak itu , kantong plastik untuk berbagai keperluan terus diproduksi. Bakul bambu, keranjang rotan dan daun-daun pembungkus, menjadi masa lalu. Kantong plastik, menjadi simbol moderenisasi.

Sekarang jarang sekali, kita melihat ibu-ibu yang membawa keranjang belanja ke pasar. 
Di pasar Pal Lima-Palembang, anak-anak menjual satu lembar plastik kresek hitam besar Rp.1000.Tergolong mahal, mengingat kadang  harga sayur Kangkung atau Bayam di pasar ini satu ikat juga Rp.1000.  Tetap saja, kresek-kresek itu laris manis. Sebagian besar, yang membeli adalah kaum perempuan. Nampaknya mereka tak terlalu peduli, soal nilai uang Rp.1000 untuk seikat sayur atau selembar plastik.

Sepulang dari pasar tradisional, setidaknya saya membawa 10 lembar  kantong plastik ke rumah. Karena setiap barang yang dibeli, sudah pula dikemas dalam kantong plastik. Dapat dibayangkan berapa jumlah kantong plastik yang gunakan perempuan Indonesia yang ke pasar dalam satu hari.  

Sementara pencemaran limbah plastik Indonesia, sudah mulai membahayakan. Tahun 2015, Indonesia urutan kedua negara paling banyak menghasilkan limbah plastik di dunia.
Peran Aktif Perempuan Dalam Kampanye Diet Plastik
Jangan menganggap remeh, urusan sampah plastik. Membuang botol dan kantong plastik sembarangan  selain merusak pemandangan juga mempunyai dampak yang besar pada lingkungan.

Sampah plastik menyebabkan tersumbatnya got dan  saluran air lainya 
Sampah plastik yang termakan hewan bisa menyebabkan kematian atau mengangu perkembanganya. 

đź’—Sampah plastik yang mencemari air menyebabkan rusaknya ekosistem sungai
đź’—Sampah plastik menurunkan nilai jual objek wisata.

Semua yang terjadi pada lingkungan, cepat atau lambat akan mempengaruhi kualitas hidup manusia dan mahluk lain yang tinggal disekitarnya . Berdasarkan proyeksi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada tahun 2018 jumlah penduduk Indonesia  mencapai 265 juta jiwa. 131,88 juta jiwa dari penduduk Indonesia adalah perempuan. Jumlah tersebut menunjukan potensi  perempuan Indonesia, sebagai pengguna kantong plastik. 
Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik sudah dimulai  komunitas Greeneration Indonesia Bandung sejak tahun 2010.  
Belum terdengar  kampanye diet plastik dengan melibatkan peran serta aktif dari organisasi atau komunitas perempuan  di Indonesia. Sosialisasi lebih banyak pada komunitas pencinta alam dan  pemerhati lingkungan. 
Secara tradisional, perempuan kebagian tugas berbelanja dan bersih-bersih rumah. Tugas-tugas  yang  biasanya menggunakan kantong plastik. 
Perempuan dapat dilibatkan sebagai motor pengerak kampanye diet plastik Indonesia.  
Kita tidak berhenti sama sekali, tetapi hanya mengurangi penggunaan kantong plastik. 
Tidak sulit kok untuk diet plastik, tips berikut ini dapat dilakukan perempuan dimana saja.

 Tiga Tips Diet Plastik
đź’—Membawa sendiri kantong plastik saat berlanja ke pasar atau mall 
đź’—Menggunakan kembali kerajang belanja 
đź’—Mencuci dan mengunakan kembali kantong plastik   
đź’—Membawa sendiri botol minum, bila sedang jalan-jalan 
đź’—Memisahkan sampah plastik dan sampah organik 
đź’—Bila membeli benda-benda kecil di warung tetangga jangan minta kantong plastik

Perempuan yang bijak dalam mengunakan kantong plastik, akan memberikan kontribusi luar biasa dalam menjaga dan meningkatkan kwalitas lingkungan hidup. Diet plastik, juga bermanfaat secara ekonomis. Uang untuk membeli kresek, dialihkan untuk membeli sayur dan buah.
Mari mulai membangun kesadaran dengan aktif berkampanye, dimedia sosial kita mengajak perempuan-perempuan lain memulai diet plastik untuk Indonesia yang cantik dan sehat***donasaurus

#lingkunganhidup
#savetheplanet
#haribumi
#hariibu
#shopaholic



Connect