Minggu, 07 Oktober 2018

3 Penyalahgunaan Henna



Girls,  masih sering dapet  share  kulit melepuh karena pake henna?
Korba-korban ini ( patroli kali  ah ) tidak mengunakan henna sesuai dengan kegunaanya.
Maksud loh ?
Gini loh, untuk nulis artikel  ini diriku  sengaja melakukan percobaan .
 The experiment 
Aku pake henna dalam kemasan  cone plastik mirip odol itu,  untuk melukis kulit tangan. 
Setelah corat coret, lima menit kemudian 
Hadewwww kulitku langsung celekit-celekit panas  pedih gitu. Cepat-cepat,aku bersihkan dengan air. 
Kesimpulanku
mungkin emang bisa melepuh  kalau dibiarkan selama 30 menit – 1 jam dikulit. 
Aku penasaran dong, selain  daun henna apa sih yang ingredient lainya

Wkkkkk  tau gak, ternyata henna instan  yang dijual bebas di Indonesia adalah produk import dari India.  
Keterangan pada kemasanya, ditulis dalam bahasa Inggris, ada juga tulisan mirip huruf Arab, dan tentu saja India.

Ya udah kebayang aja, kalau yang pake  anak-anak atau  emak-emak yang tidak paham sepatah dua patah kata dalam ketiga bahasa tersebut. 
Bisa terjadi penyalah gunaan yang bahaya.
Setelah merasakan, membaca dan mengamati, aku bikin  daftar henna menurut kegunaanya versi aku.

Pertama Henna dalam kemasan sachet πŸ’œ

Ada yang besar dan kecil  – berbentuk bubuk. Yang ini digunakan, untuk mewarnai rambut yang beruban.
Tersedia dalam warna hitam,coklat dan merah.
Bubuk henna dilarutkan dalam air panas sebelum diaplikasikan pada rambut.
WARNING πŸ’£
Tidak dianjurkan untuk mewarnai atau membuat tatto alis dengan henna ini.

πŸ’œπŸ’œ Kedua Pasta henna Cone tube
Tersedia dalam  banyak warna yang populer coklat,merah dan hitam. Henna jenis ini yang aku pakai buat percobaan.
Di kemasan tertulis untuk body decoration tetapi sebaiknya hanya digunakan untuk mewarnai kuku saja.

πŸ’£ WARNING 
Hanya untuk kuku , tidak untuk melukis di kulit. Dikhawatirkan kulit sensitif akan terasa perih dan melepuh bila terlalu lama kontak dengan henna jenis ini.

πŸ’œπŸ’œπŸ’œ Pasta henna cone kemasan plastik kerucut.
Tersedia dalam banyak warna dan  glitter jelly.
Relatif aman untuk kulit. Warna dan motif langsung terlihat setelah di applikasikan.
Foto cover itu, adalah hasil karya diriku dengan henna cone kemasan ini.

Trend warna Henna Putih dan Hitam.
Girls, ingat-ingat ya  daun henna itu aslinya berwarna merah kecoklatan. Warna-warni  lain yang  kamu temui di henna itu adalah campuran pewarna buatan.  
Henna putih -White henna yang lagi heitz, sama sekali tidak mengandung  pasta henna. 
Pasta putih  umumnya terbuat dari pewarna body painting. White henna, hanya bertahan  kurang dari 3 jam.

WARNINGπŸ’£ 
Henna hitam-Black Henna sebaiknya dihindari
Karena mengandung Paraphenylenediamine (PPD) zat kimia yang banyak digunakan sebagai pewarna rambut,bulu,tekstil dan tinta. PPD  dapat menyebabkan iritasi luka pada kulit pemakaian dalam jangka panjang bisa menyebabkan keracunan.


πŸ’…πŸ’…πŸ’…
So, bermain-main dengan henna itu aman saja selama kamu tahu jenis dan kegunaanya. Lagian sekarang, serasa belum afdhol kalo penganten gak menghias tangan make henna.

Corat-coret kulit dengan pewarna henna, disukai  karena tidak meninggalkan bekas yang merusak kulit pasta henna yang alami maupun buatan dapat bertahan 1- 2 minggu di kulit sebelum menghilang tanpa bekas.

Hobi melukis henna juga ?  Atau kamu punya pengalaman bereksperimen dengan macam-macam henna, bagi-bagi dong ceritanya dikomen.
***

4 komentar:

Sabda Awal's Blog mengatakan...

yang saya tau cuma henna sachet untuk pewarna rambut mbak. dulu ibu saya sering suruh saya beli henna ini ke warung, hehe

donasaurus mengatakan...

Henna sachet itu yang paling mudah dibeli di warung.Bilang sama Mamanya itu cuma buat rambut jangan buat tato alis wkkkk thanks Sabda sudah mampir.Salam sama Mamanya

Fanny F Nila mengatakan...

Pas nikah aku pake henna di tangan. Awalnya sih bagus.. Tp lama2 malah tangan terlihat kotor ya krn hennanya memudar hahahah.. Sempet nyesel make, apalagi aku pestanya 2x. Pas pertama sih masih ok, krn baru dipakai. Pesta kedua yg ngunduh mantu seminggu kemudian udah berantakan :D. Jd ga PD

donasaurus mengatakan...

Aih kebayang deh risihnya Fanny, emang kalo henna pasta instan itu memudarnya jadi pecah berantakan banget.Nah saran aku , kalo ada yang mau pake henna tapi takut berantakan sebaiknya minta henna yg organik.Henna dari serbuk daun henna segar ini hilangnya rapi banget, fadeout perlahan tanpa bekas.Thanks sudah mampir Fanny