Senin, 24 Desember 2018

Resolusi Tahun Baru - Jangan Lupa Bahagia


sumber:pixabay

Tagar resolusi tahun baru mulai berseliweran.Pertanda, tahun baru segera tiba.
Sebaiknya dirimu juga, membuat resolusi tahun baru.New year resolusion,punya daya magis. Membuat  sel-sel otak bekerja. Merancang strategi,mencari jalan untuk mencapai tujuan.
Zaman now, resolusi tahun baru jadi semacam trend.Tolak ukur, atau  goal pribadi. Gak heran wish  list tahun baru,dipenuhi harapan-harapan yang sangat subjektif.Tergantung keperluan masing-masing.
dokpri:dona
Waktu umur 20an, resolusi tahun baruku bisa sepanjang jalan kenangan.Tambah umur,eh makin pendek saja daftar.
Sudah banyak  yang tercoret di wish list resolusi tahun baru.Entah  yang sudah tercapai, atau yang  karena diriku secara emosional sudah makin waras wkkk.Sudah tersadar kalau dalam hidup ini, ada saja yang memang tidak ditakdirkan untuk ku miliki (halah-halah).

Survei YouGov  untuk  resolusi tahun baru 2018  yang paling populer adalah :
 💣Makan lebih sehat
 💣 Lebih rajin olahraga
 💣Berhemat
 💣Menjaga diri dengan baik (contohnya cukup tidur)
 💣Baca lebih banyak buku
 💣Belajar hal baru
 💣 Mendapat pekerjaan baru
 💣Mendapatkan teman baru
 💣Memiliki hobi baru
 💣Tampil lebih menarik

Sounds familiar ?
Sementara artikel ini ditulis, belum tayang data riset resolusi  tahun  baru 2019.
No need to worry selain  #2019 gantipresiden dan #2019duapriode, resolusi tahun baru biasanya muter disitu-situ aja.
Lah iya,pasti  selalu ada yang resolusinya salah satu dari yang tersebut diatas.Tul gak cuy ?

Well mak,diriku sempat  blog walking kebeberapa teman yang lagi ikut 30days bloger challenge dari  Blogger Perempuan Network.

Mbak Rita-ritasamara.com  tahun 2019 pengen lebih sering  traveling berdua dengan huby dan meneruskan hobi bercocok tanam almarhum bunda.

sumber: ritaasmara.com

Moly-molzania.com mewakili suara hati,perempuan single Indonesia.Selain pengen punya kamera mirrorless,blogger yang giat menulis ini  juga pengen nikah tahun 2019.
Sementara Bu guru Grant-glowinggrant.com dan Mama Nina-bonadapa.com bilang,let  it flow aja deh  tahun 2019.

Daftar panjang  resolusi tahun baru itu,mengerucut  disatu titik.Demi satu rasa, bahagia dan kepuasan. Entah itu untuk diri sendiri, atau orang disekitar.

Aristotle –filsuf  Yunani berargumen,kebahagian adalah tujuan dari  eksistensi manusia.

Perasaan bahagia itu,tidak akan ujuk-ujuk datang kehatimu.Perlu alasan, untuk  merasa bahagia.Gak usah repot mikir gimana ngukurnya  mak.Pada bagian ini,apa yang dirasa sebagai bahagia itu relatif banget.
Susah kalau  bahagia itu harus diukur, dengan  timbangan  yang sama.Yang penting, apa yang dilakukan perasaan itu pada manusia.Rasa bahagia,berdampak pada lingkungan.
Energi baik yang menularkan,optimisme juga altruisme. Bahagia itu mengerakan,peradaban dunia.

sumber:pixabay

Mengutip Jessica Beltran, MS dari laman psychcentral.com, secara psikologis ada hal-hal mendasar yang diperlukan manusia untuk mencapai rasa bahagia dan sejahtera.
Otonomi💥
Hak untuk bertanggung  jawab dan mengelola perasaan sendiri.Mendorong  pemikiran yang bijak. Bahagia itu pilihan,hak prerogatif sebagai manusia.Otonomi yang kita miliki,sebagai manusia merdeka.Maksudnya  pak,harus memberdayakan diri.Memilih dan menjalani hidup dengan cara, yang kita anggap memberi arti dan memuaskan rasa.
Pada bagian ini,ego,motivasi dan emosi berperan sebagai pembenar tindakan.Hak otonomi untuk merasa bahagia, tidak serta merta menjadikan diri diktator pada perasaan orang lain. Menjadi  hati yang bahagia secara otonom, kita juga perlu merasa terhubung.
Merasa didukung dan dicintai oleh lingkungan. Perlu merasa diperhatikan,dilihat dan didengar ditengah hiruk pikuk dunia.Tanpa kita sadari, point ini biasanya menuntut suatu kecakapan.
Kompetensi💥
Merasa kompeten – mampu, memberi kepercayaan diri. Mempercayai kemampuan diri, adalah motivasi yang kuat untuk mencapai apapun yang kita pikirkan.
Pada bagian ini,harus benar-benar jujur.
Membuat goal,yang realistik.Memantaskan diri, untuk menyelesaikan tantangan yang kita buat sendiri. Philip Clarke, dosen Psikologi dari Universitas Derby punya  pesan menarik , soal new year resolusion.Resolusi tahun baru itu harus dilengkapi dengan mengembangkan rencana aksi. Strategi, langkah-langkah untuk mencapainya.
sumber:pixabay

💥Misal resolusi tahun ini,ingin tampil lebih menarik. Mengingat  juga menimbang dirimu, punya tampang pas-pasan. Kamu mulai nih grelia  tips  untuk tampil menarik. Lalu coba-coba,mengikuti trend mode atau warna yang membuatmu merasa  lebih menarik.
💥Sebagai dosen,tahun ini ingin tampil lebih menarik di depan kelas. Cari-cari tips, public speaking.Bagaimana menarik minat mahasiswa, pada mata kuliah yang ngebosenin.

Semakin kompeten,makin besar kemungkinan kamu untuk  bahagia tahun depan. Kenapa?  Karena resolusi tahun baru,untuk tampil lebih menarik  tercapai. Upgrade kemampuan, dengan baca buku, ikuti kelas, atau tanya mbah google.Intinya mak,  usaha keras. Jadilah penulis, untuk kisahmu sendiri.
sumber:pixabay
Keterkaitan💥
Relatedness-  keterkaitan. Jangan lupa,manusia mahluk sosial.Butuh partisipasi  orang lain, dalam banyak situasi.Tanpa mengangu otonomi bahagia,kita perlu bersosialisasi dengan lingkungan. menjadi bagian dari, keluarga besar atau komunitas.Bagian dari sesuatu yang besar, menimbulkan rasa aman dan kuat.
Bergaul,berinteraksi dengan berbagai macam manusia dengan warna-warni latar belakang mempertajam sisi humanis. Melihat orang yang lebih sukses, memberi motivasi untuk mengejar cita-cita. Bertemu dengan yang belum beruntung, menjadi pengingat bahwa Tuhan sudah memberi kita lebih banyak alasan untuk bahagia***
sumber:pixabay

Jangan lupa bahagia
Well gak peduli seberapa panjang list resolusi tahun baru mu jangan lupa,sisipkan bahagia pada awal dan akhirnya.***donasaurus

6 komentar:

  1. Bikin wishlist utk tahun mendatang sbg motivasi, semoga saja tercapai agar bahagia adanya.. 😊😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin semoga tercapai semua cita-cita di 2019.Thanks sdh mampir

      Hapus
  2. *Jangan lupa bahagia* -> oke sip dicatat. Makasih udah mention namaku mbal. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip smoga bahagia selalu hadir untukmu di tahun 2019.thanks sudah mampir

      Hapus
  3. Kalau Aku ingin bisa mengesplore kemamouan diri Dan menemukan aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip apapun itu,jangan lupa bahagia .thanks sdh mampir

      Hapus