Desember 06, 2018

Safety and Pretty Riding Untuk Emak-Emak


Jaket penahan angin .dok pixabay

Dengan alasan keamanan, irit,dan  fleksibel perempuan biasanya lebih suka bawa motor sendiri. Gak heran, jalan semakin meriah dengan kehadiran emak-emak  bermotor yang sering  kasih lampu kiri tapi belok kanan.

Diriku mengirimkan  pertanyaan pada  teman dibeberapa kota.Pertanyaan simple saja, tipe motor yang digunakan,kerusakan yang sering dialami,perawatan dan motor apa sih yang  jadi impian mereka.

Tantri dan keluarga

Tantri, full time mama. Sering berpindah-pindah kota, mengikuti tugas suami sekarang berdomisili di Bandung.  Gak terlalu riweh soal matic atau sporty,tapi mereknya harus HONDA.

Hapsari on the ride


Hapsari, mama e Abel dan Lintang  tinggal di  Pakualaman - Yogjakarta. 
Kerusakan yang  pernah di alami motor matic tungganganya, adalah ban bocor. 

Emak yang pinter nari,nyanyi dan hoby  bikin hiasan tas decoupage ini, gak tau apa-apa soal ganti oli dan service motor semua  diurus Mas Suami.


Tips Aman Menerobos Banjir 



Ibu Guru Lies

Lies –  Ibu dua anak tinggal di Cikampek. Guru SD syantik ini nyaman banget menggunakan motor pergi bekerja karena gak pernah kena macet.

Mama Ulfah dan Kenzie

Ulfah- ibu dua anak juragan toko beras di Pasar Muntilan – Jateng, satu-satunya responden yang  setia dengan motor 4tak.Tapi masih bisa dinego, kalau motor impian yang pake tutup sudah diproduksi masal.

Beberapa alasan perempuan  lebih suka motor matic ketimbang bebek sporty


1. Simple
Motor matic, disukai  cewek-cewek karena simple. Gak perlu ribet oper gigi ( kopling), langsung cap cus. Jalanan macet, saat melalui tanjakan dan turunan tetep santai aja gitu.

2. Ringan dan lincah
Gak bikin pegel bahu,kalau harus mengeser posisi secara manual. Lincah, saat harus menerobos kemacetan dan nyelip diantara kendaraan lain.

3. Muatan lebih banyak
Kelebihan ini yang bikin, banyak perempuan jatuh cinta. Bagasi di bawah jok motor matic, lumayan luas. Bisa menyimpan jas hujan,mengkena,tas bahkan sepatu. Ruang diantara kaki kita dan kepala motor juga enak buat naruh belanjaan juga anak.

Pemandangan yang umum kita lihat dijalan - jalan tanah air

4.  V Belt Motor Matic
Tau sendirikan ribetnya naik motor sport, kalau kita pakai gamis atau rok panjang. Ada kemungkinan, pakaian atau selendang nyasar di rantai dan ban motor. V Belt Motor Matic, terbuat dari karet dan diberi cover. Jadi Relatif aman, untuk perempuan dengan baju panjang.

Perempuan tuh, biasanya ngepasin baju,celana atau sepatu itu sambil berkaca.Keliatan dong, terlalu ini kurang itu dan seterusnya.Tapi kalau bepergian menggunakan motor, apapun tipenya  tambahkan satu kriteria lagi yaitu AMAN.

Sewaktu milih-milih baju dan sepatu, pertimbangkan juga  aman dan nyaman kalau digunakan mengendarai motor. 

Penting Diperhatikan Sebelum Meluncur ke Jalan .

Helem

Seringkan ngeliat buibu, dengan ciput ninja  isi dakron yang lumayan gede. Memakai helem, cuma sekedar nyangkut aja di ujung kepala. Helemnya,kagak bisa dikancingin lagi.
Ini berbahaya, pake banget.Helm yang gak dikancing itu bisa jatuh, dan membahayakan pengendara disekitarnya.

Inget dong, fungsi utama helem itu untuk melindungi kepala kita kalau terjatuh atau tiba-tiba ada yang jatuh menimpa kepala.


Masker dan Kaca mata

Keduanya sudah termasuk fungsi, helem full face.Untuk melindungi muka dan mata dari panas,debu dan kotoran lain yang beterbangan di jalan.
Kadang kalau cuaca lagi panas,aku suka buka kaca helem. Pakai masker kain saja, biar ada angin.

Jacket

Bagi pengendara motor, jaket ini untuk melindungi dari angin dan hujan ada juga jaket motor racing  terbuat dari bahan tahan api. Selain fungsinya,jaket  jadi outfitt kebanggaan pengendara motor besar. Terasa gagah bukan main, naik  Harley  dengan jaket kulit item yang penuh label.

Pilihlah jaket  terbuat dari bahan,yang nyaman digunakan. Modelnya, sebaiknya  simple saja. Ukuranya pas, tidak mengangu gerakan saat berada di atas motor. Kalau sekedar nganterin sekolah atau ke pasar,aku cukup pake jaket parasut.Praktis, bisa dilipet-lipet masuk bagasi motor.

Sarung Tangan

Di negara empat musim, sarung tangan yang digunakan di musim panas berbeda dengan musim dingin.Tapi sami mawon fungsinya, untuk melindungi tangan dari cuaca, sengatan dan kecelakaan.
Diriku termasuk yang fanatik, soal menggunakan sarung tangan. Sempat pake sarung tangan plastik gede, yang langsung dipasang di stang. Tapi karena ribet, kembali  pada sarung tangan  kain biasa.
Rok atau Celana

Untuk urusan yang satu ini, perempuan Indonesia termasuk yang ribet banget.Tentu saja mengunakan celana panjang, lebih praktis dan aman saat bermotor.

Kalaupun dirimu mengunakan,gamis dan rok panjang juga gak masalah. Lipat atau selipkan bagian pakaian,yang akan mengangu gerakan saat berkendara. Ini penting,banyak kasus kecelakaan karena selendang dan gamis tergulung rantai atau ban motor.

Sepatu

Untuk mengamankan kaki,misal gak sengaja kesengol mesin dan knalpot. Sepatu yang ideal untuk berkendaraan adalah boots, tanpa heels yang menutupi sampai bagian atas mata kaki. Kalaupun tak punya, sepatu sport atau kets sudah termasuk aman.

Penting  banget  untuk memakai sepatu, yang memperhitungkan  kondisi jalan dan cuaca. Melewati banjir  atau sering ngesot pake kaki karena macet.

Pakai saja sepatu yang, gak mudah lecet atau rusak kena air. Simpan sepatu kerja, ditempat yang aman untuk dipakai setiba di kantor.

Jas Hujan
Jangan lupa untuk selalu siap jas hujan, dalam bagasi motor.Tips-tips merawat jas hujan bisa baca di posting sebelumnya

Masalah yang dialami perempuan di jalan, terjadi karena tidak waspada atau over PD.

Pakaian yang ribet, sepatu yang gak aman, aksesoris berlebihan. Sibuk ngobrol,main hp sambil mengemudi, menerobos lampu merah dan menyalip kendaraan lain tanpa memperhatikan sikon.

Sudah gak zamanya lagi,minta dispensasi untuk kelalaian yang merugikan pengguna jalan hanya karena kita perempuan.Ok semoga selamat sampai ditujuan jangan lupa safety riding ya mak.💖💖💖

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect