Desember 05, 2018

Tips Cantik Menerobos Banjir Untuk Emak


Ladybiker Sumber: TAWgear

Musim hujan, adalah bulan penuh drama bagi pengendara motor. Jalan tergenang, banjir, macet, motor ngadat, jalan licin, telat ke kantor.............you name it!

Semalaman diguyur  hujan, paginya kota Palembang tergenang air. Setelah puter sana-sini, gak nemu jalan yang relatif aman. Akhirnya diriku bilang ke ananda, kamu hari ini libur sekolah.Bubar jalan!  
Wkkkkk  ananda  cengar – cengir aja.



         Iniloh suasana banjir di jalanan deket rumah yang bikin diriku keder.    Sumber:tribunnews

Aih kalau tiap banjir anak gak sekolah, bahaya juga nih. Dulu-dulu waktu masih pakai motor sport, aku tuh termasuk nyantai aja menerobos genangan air.Ukuran motor sport, lumayan tinggi. Aman nyelip diantara genangan air, yang gak tinggi-tinggi amat.

Kalau masalahnya sekedar busi basah,itu cin cay la. Gini-gini  diriku sudah bisa, mengatasi penyakit ringan yang biasa menjangkiti motor.

Sok PD  gitu. Udah terampil bongkar pasang busi, mengatur besar kecil gas dan mengencangkan mur dan baut beberapa onderdil sendiri ( sorryyy gak tau istilah tekniknya).

Dapet kutipan dari Ridwan Arifin ( Service – Education YIMM) ada 3  penyebab motor matik mogok setelah menerjang banjir. Busi basah,knalpot dan karburator yang terendam air.

Hal yang sama juga bisa, bikin motor sport mogok. Tapi  untuk motor matic, ribet bro! Harus bongkar cover body dulu,baru bisa ganti busi. Makanya aku tuh sekarang, takut-takut gitu menerobos banjir.

Setelah curhat  sama Mas Bengkel,langganan ganti oli. Dapet  beberapa  tips, menerobos banjir dengan motor matic.
Tips Menerobos Banjir

1.Spakbor  terpasang.Priksa apakan semua spakbor- tameng penutup ban depan dan belakang dalam keadaan baik.
Spakbor ini terbuat dari plastik keras, gunanya untuk menghalagi air masuk  ke dalam mesin.

2.Peralatan dan onderdil cadangan. Bawa peralatan sederhana, kunci busi, obeng,busi cadangan dan lap kering. Berguna banget, kalau terpaksa menganti busi di jalan.

Peralatan sederhana yang harus selalu siap

3.Ketinggian air.Dirimu amati dulu motor-motor lain,yang sudah menerobos banjir. Kalau mau aman, ketinggian air jangan sampai melewati kenalpot dan saringan udara yang terletak di sisi motor. 

4.Matikan mesin motor.Terpaksa juga meyeberangi banjir, yang melewati batasa aman. Matikan mesin, lalu tutup lubang kenalpot. Untuk mencegah air,  masuk ke dalam mesin.
Tutup lubang knalpot dengan spons, atau kain yang sudah dibungkus plastik. Kalaupun masuk, setidaknya masih aman untuk mesin.

5.Hindari gelombang.Saat menerobos banjir, baik dengan mesin mati atau hidup. Usahakan melalui pinggir jalan. Bagian ini sisinya sedikit miring, atau lebih tinggi sedikit dari bagian tengah.
Kanapa?
Menghindari gelombang, yang timbul dari  mobil yang ngebut melintasi banjir.Gak maukan jatuh, karena tersapu gelombang  tsunami itu.

5. Menguras Knalpot. Walaupun sudah di tutup, kemungkinan masih ada air yang bisa menerobos masuk. Untuk mengeluarkan air dari knalpot, pasang  dulu standar tengah.
Arahkan body motor, dengan posisi lubang knalpot di bawah ( posisi standing gitu), sampai semua air keluar.


Buibu sekalian, bila sakit berlanjut tuh matik masih ngadat juga, segera bawa ke bengkel. Bisa jadi, ada komponen-komponen yang pecah atau rusak karena air.

Demikianlah mak, tips melewati banjir dengan sukses dariku. Selama musim hujan ini, kita harus bener-bener waspada. Ok, semoga selamat sampai tujuan.

Tunggu dulu, ada yang punya pengalaman menarik waktu melintasi banjir dengan matik?
Atau kamu punya tips anti gagal menerobos banjir ?
Bagi-bagi di komen dong๐Ÿ’š๐Ÿ’š

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect