Senin, 25 Februari 2019

Karl Lagerfeld, Bad Boy Yang Sayang Kucing




Karl Lagerfeld and Choupette - thesource.com

Bad boy

Diriku pernah menang kuis, pengetahuan umum fashion di majalah remaja HAI sekitar tahun 1993. Salah satu pertanyaan, siapakah disainer yang berjuluk bad boy of fashion ?
Jawabnya : Karl Lagerfeld.
karl.com

Julukan Bad Boy dalam dunia fashion, adalah pujian. Perancang dengan julukan bad boy, mereka dengan karya yang luar biasa. Karl malah mengunakan julukan itu, sebagai merek. Ia mengeluarkan line pakaian anak, Bad Boy – Karl Lagerfeld.  
Aih mak kebayang gak, anak siapa yang pake T-shirt rancangan Karl Lagerfeld yang kisaran harga mulai dari 49 Euro.

Beberapa sisi menarik Karl Lagerfeld sejak awal meniti karir sampai menutup usia:

Juara Merancang Mantel


 wmmagazine.com
Karl Lagerfeld dan Yvest Saint Laurent  - 1955
Di Eropa para disainder muda beradu kreativitas, dalam kompetisi. Para pemenang dalam kompetisi, biasanya langsung dapat tawaran bekerja dari rumah mode beken di Eropa.
Mengawali langkah besarnya di dunia fashion, dengan memenangkan lomba disaind. 
Kompetisi yang diseponsori International Wool Secretariat – kategori mantel pada tahun 1955. Tahun yang sama remaja lain bernama Yves Saint Laurent ( 18 ), juga mengikuti kompetisi itu.Yvest dan Karl, pertama kali bertemu di kompetisi itu. Sejak itu mereka seperti jadi sparring partner, dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Job Hopper

Seperti anak muda lain, diawal karir Karl terkenal sebagai job hopper- kutu loncat . Beberapa dekade berpindah, dari label satu ke label lainya. Seperti bunglon, Karl berkarya dengan gaya khas tiap label yang mempekerjakanya.

1965 mulai bergabung dengan Fendi – rumah mode asal Italia. Merancang mantel bulu,aksesoris dan pakaian. Bekerja untuk Fendi, tidak menghalanginya untuk terlibat di tempat lain.

Monogram of Coco Chanel



Awal tahun 80an, melompat ke Chanel. Misi Karl adalah , merevitalisasi chanel. Sepeninggal Madam Coco tahun 1971, rumah mode Chanel mengalami masa sulit. Mengantisipasi kebutuhan pasar, mengemas Chanel tampil lebih kekinian.
Diluar perkiraan, Karl betah di Chanel selama 40 tahun.
Icon chanel monogram huruf C yang saling mengunci, adalah maha karya Karl Lagerfeld Jabatan sebagai Creative Director di Chanel, dipertahankan sampai akhir hayatnya- 19 Februari 2019.

The Unforgetable Set


hercampus.com
Fashion show Spring – Sumer Chanel 2019, dengan seting pantai. Lengkap dengan pasir dan ombak buatan. Super model menjinjing sepatu, menyusuri pasir.  Alih-alih nonton fashion show, itu terasa seperti liburan ke pantai.

Dikenal keras, tidak mau kreativitasnya diinterupsi siapapun. Termasuk pemilik dan management label. Tidak ada kreatvitas yang terlalu mahal, baginya.
Setiap ditanya dapet ide darimana, Karl selalu bilang tidak ada metode khusus. Bisa dari mana saja, dan kapan saja. Dirinya selalu siap kertas dan pinsil, disamping tempat tidur.

Setiap tahun Chanel Fashion Show, selalu dinanti. Karl mengemas peragaan busana, dengan cara yang berbeda. Karl Lagerfeld menyadari,sudah gak zaman  lagi sekedar memperagakan contoh-contoh baju. Fashion show adalah prestise, rumah modenya.



Gak sekedar perempuan-perempuan kurus, yang berlengak-lengok di catwalk. Ada drama, ada sejarah , ada fantasy di panggung Karl Lagerfeld. 
Diriku menyarankan mengunjungi harper bazaar ini. Lihat bagaimana Karl Lagerfeld memastikan, namanya tak terlupakan di dunia fashion. Kekira darimana dirinya dapet ide-ide kreatif begitu?

7L Book Store - Paris


 librerie7L.com

Karl Lagerfeld, ternyata kutu buku. Gak banyak yang tahu, toko buku unik 7L di jalan Lille (Rue de Lille ) – Paris yang dibuka tahun 1999 adalah  kepunyaan Karl Lagerfeld.
7L menjual koleksi buku seni, fashion, culiner, arsitektur dan tentu saja disaind yang bertahun-tahun dikumpulkan sang maestro. Inspirasi mungkin saja didapat, dari buku-buku koleksinya.

Botol Diet Coke dan Buku Diet 
 cocacola.com

Bukan  sekadar selebrity yang jadi  influencer. Intuisi bisnisnya tajam. Karl bisa memikirkan peluang bisnis, dari kegiatan harianya. Beberapa dasawarsa terakhir dirinya, menerapkan gaya hidup sehat. Mengaku tidak merokok, mengurangi makan daging dan selalu minum diet coke.


 amazone.com

Kebiasan minum diet coke, menghasilkan rancangan botol diet Coca-cola coke. Gak cuma itu, sudah terbit juga buku Karl Lagerfeld Diet. Isinya seputar diet yang dijalaninya.

Choupette The Cat

Choupette, kucing ras Birma kelahiran 1999.Cerita yang beredar, Choupette dititipkan pada Karl, sewaktu Baptiste Giabiconi ( Model – Prancis) akan berlibur. Siapa kira Karl, malah tak mau pisah lagi dari Choupette.Dady Karl, menyiapkan  2 pembantu dan satu assisten yang mengurus media sosial Choupette.

Karl juga merancang beberapa item aksesoris dan pakaian dengan choupette sebagai icon. Dirinya sempat bilang, cinta mati sama Choupette. Kalau saja bisa, ia akan menikahi kucing betina itu. Setelah dady Karl meninggal, kabarnya Choupette bakalan dapat warisan yang banyak.

Pengen kenal lebih dekat, dengan mahluk berbulu paling fashionable ini?
Follow aja instagram @choupettesdiary

Kontroversi


 Adele - allmusic.com

Mungkin karena faktor umur, dimana kita sudah terlalu bosen berbasas-basi. Tahun-tahun terakhir Karl kerap menuai kontroversi, karena celetukanya. Yang viral misalnya, Adele yang dia bilang gendut. Protesnya soal imigran Timur Tengah, yang membanjiri Jerman.Beberapa komentarnya bahkan dituding rasis dan Islamphobia.

Di Boikot Majelis Ulama Indonesia

Diriku ingat, majelis Ulama Indonesia (MUI) pernah berseteru dengan Karl Lagerfeld dan Chanel. Gaun yang tampil dalam Chanel fasion show 1994,dianggap menghina Islam.
4 buah gaun salah satunya dipragakan Claudia Schiffer, mengunakan motif huruf Arab.
Diriku heran dari sekian banyak negara Islam, cuma MUI yang kepikiran untuk melakukan protes dan boikot produk Chanel.

Karl dan Chanel, secara resmi minta maaf. Karl mendapat ispirasi dari kaligrafi, yang dilihatnya di Taj Mahal- India. Informasi yang diterimanya, tulisan itu adala puisi cinta.
 property - kompas.com

Chanel secara resmi menyatakan, sudah memusnakan gaun-gaun itu. Dan meminta seluruh media yang diundang dalam show itu untuk memusnahkan negatif dan berjanji tidak lagi mempublikasikannya.
Beneran mak kalau di serching dalam bahasa Inggris, tidak akan ditemukan.TAPI diriku kaget bukan kepalang, foto gaun yang kontrovesial itu masih beredar.
Gak ada sensor-sensoran, plek seperti adanya. Mana situsnya, berbahasa Indonesia lagi. Mau dilaporin, kok kayaknya keenakan bener. Ntar jadi viral dan bikin ribut lagi.

Menambah bumbu misteri dalam kontroversi. Karl tidak pernah memberikan, data pribadi yang valid pada media. Tahun kelahiran dan latar belakang keluarga,cuma orang yang sangat dekat saja yang tahu.Tapi hampir semua sepakat untuk menulis, Karl Lagerfeld lahir di Jerman pada tahun 1933.

Dirinya sempat mengeluarakan pernyataan, ia akan membuka semua rahasia kehidupan pribadinya. Dalam sebuah buku yang ditulis sendiri, yang akan diterbitkan setelah ia meninggal.
Dedikasi dan Prestasi
Lebih dari 4 dasawarsa, Karl sukses menjaga hubungan baik dengan dua keluarga paling berpengaruh di dunia fashion. Wertheimers pemilik brand Chanel dan Arnault yang mengendalikan Fendi.


 designboom.com

Diriku punya pemikiran, karena faktor umur rasanya tidak mungkin Karl yang sudah sepuh (85 tahun ) bisa begitu produktif berkarya. Kenapa ia masih dipertahankan?

Leadership - Kelihatanya Karl mampu memimpin team kreatif Chanel, yang umurnya jauh lebih muda. Membagi ilmu dan pengalaman, menciptakan generator baru d irumah mode itu. 40 tahun sebagai Creative Director Chanel, Karl mewariskan sistem. Yang akan bekerja otomoatis, tanpa kehadiranya.

Mak dan pak yang sudah memasuki separuh abad, kita harus optimis. Karl Lagerfeld membuktikan, dedikasi pada hasil dan prestasi kerja itu bisa membuat orang mengabaikan umur kita.Danke Karl.

2 komentar:

HENI Ajaa mengatakan...

Inspiratif bgt mba tulisannnya ttg si Karl ini... Aku prnh baca... Emg intinya jgn prnh pth semangat ya... Gak ada kt terlambat untuk terus berkarya...

donasaurus mengatakan...

🤣🤣🤣 ketauanya Hen,diriku angkatan berapa.🤣🤣🤣 tapi emang gitu orang Indonesia Terutama perempuan kayak kita nih cepet sekali merasa tua dan tidak produktif. Thanks sdh mampir