Mei 06, 2019

Menu Berbuka Sehat Bikin Puasa Jadi Kuat

Berbukalah dengan yang manis 


Iftar (Arab) artinya  berbuka puasa,dalam bahasa Indonesia. Berbuka  adalah ritual makan dan minum,setelah sekitar 12 jam berpuasa.
Muslimin-muslimat yang tinggal di Indonesia,banyak-banyaklah bersyukur. Disini waktu siang dan malam kita, relatif sama panjang ( antara 11-12 jam).

Di negara empat musim  masa summer - musim panas, waktu siang bisa  menjai 14-16 jam. Bayangin gimana rasanya, menunggu matahari tenggelam jam 9 malam.
Tidak makan dan minum selama 12 jam dalam masa 29 – 30 hari, mempengaruhi metabolisme tubuh.Tubuh mengunakan cadangan karbohidrat dan lemak, sebagai sumber energi saat tidak ada asupan.

Karena aktivitas dan iklim tropis, kita cendrung mengalami dehidrasi ringan. Yang bikin kita sering pusing - lelah atau susah berkosentrasi, selepas tengah hari. Beberapa  hal berikut disarankan, untuk menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa.

Iftar – Berbuka
Makan dan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam,yaitu fajar.Kemusian,sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam... “ dikutip dari  QS Al Baqarah

Infused Water

Minuman

Apa yang duluan disamber, saat terdengar bedug Magrib ? Yup betul  air.
Ada rupa- rupa jenis minuman, yang biasa dihidangkan untuk berbuka.Baiknya lebih dulu meminum air putih hangat atau susu, sebelum minuman manis lainya.

Antara waktu berbuka dan sahur,disarankan untuk meminum sekitar 12 gelas air putih. Untuk persedian cairan tubuh, selama masa puasa keesokan harinya.
Boleh juga minum juice – sari  buah, air kelapa muda, atau aneka miuman khas daerah masing-masing.

Yang perlu diingat minuman yang kita beli, biasanya mengandung beberapa bahan tambahan. Tau dong pemanis – pewarna – pengawet, tidak baik untuk tubuh. Jadi bijaklah dalam memilih

Buah dan Sayur
Salad Buah

Perubahan pola makan dan minimnya asupan air, selama ramadhan bisa bikin sembelit. Tubuh memerlukan asupan,buah dan sayur yang kaya serat.
  • Kurma - Nabi Muhammad SAW  menyarankan, untuk memakan buah kurma saat berbuka. Buah keluarga palem-paleman ini, mengandung nutrisi sebagai sumber energi untuk tetap fit selama berpuasa.Lebih lengkap tentang manfaat kurma klik disini
  • Buah - yang mengandung air,seperti semangka – melon – timun. Kandungan air dalam buah-buahan ini, berguna untuk menghindari dehidrasi.
  • Sayuran - Menyajikan sayur dalam bentuk salad, gado-gado atau lalapan akan mengugah selera makan.
Hidangan Berkuah

Pindang Ikan

 
Alhamdulilah kita punya banyak, pilihan kuliner berkuah. Soup - soto - pindang ikan dan sejenisnya.
Yang perlu diperhatikan adalah, penggunaan garam.
Tubuh perlu banyak energi untuk mengurai garam, disamping itu rasa asin bikin kita cepat merasa haus.

Pemilihan menu yang sehat akan membuat kamu, tetap fit selama berpuasa. Ingat-ingat juga, jangan kalap.Hindari belanja makanan yang berlebihan, sehingga mubazir ***donasaurus.com
#30harikabaikanBPN #bloggerperempuan

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect