-->

Jumat, 24 Mei 2019

Tips Unik Mengatasi Mabuk Saat Mudik


mudik bersama keluarga
Mudik Asik 

Info mudik yang tayang di TV tiap tahun, adalah sepanjang pantura saja.Informasinya seputar buka tutup jalan,  atau pengumuman rute jalur alternatif. Apakah aktivitas mudik, cuma di pulau jawa saja?

Begitu mendarat di Sumatra – Kalimantan – Sulawesi – Irian,romantika mudik sudah beda lagi.  Untuk  merayakan lebaran dikampung halaman, pemudik harus melewati rute berliku melintasi gunung dan bukit, jalan - jalan berlubang dan kubangan.

Diriku mudiknya ke kota Bengkulu, dari kota Palembang. Kami sekeluarga besar, biasanya naik travel.  Yang dimaksud mobil  travel, adalah mobil kelas Xenia - Inova - Avanza,  yang menjadi angkutan antar kota antar provinsi. Moda transportasi ini sebenarnya tidak aman dan nyaman untuk angkutan jarak jauh. 

Satu mobil bisa diisi  6 - 7 orang, plus supirnya.Waktu keberangkatan, tiga kali satu hari. Pagi  jam 10, sore jam 4 dan malam jam 7. Dalam keadaan normal, rute Palembang - Bengkulu  ditempuh sekitar 12 jam. Dua belas jam mendaki  gunung melewti lembah,  yang berliku tajam.

                                                                                                                                                          dok.Tubbn - Pixabay

   Mabuk Kepahiang  

Rute  Palembang – Bengkulu bisa dilalui via Pagar Alam atau  Via Linggau. Jalan relatif  sudah baik dan lancar jaya. Tantangan terberat bagaimana melalui, setiap tikungan tanpa muntah.

Ibarat kata film drama,klimaks dari semua liku-liku sepanjang film, adalah tiga jam sebelum memasuki kota Bengkulu.

Perjalanan sepanjang Curup - Kapahiang, yang berada di ketinggian antara  100 hingga 1000 m dpl. Rute menurun menuju Kota Bengkulu, dengan  rata – rata wilayah tak lebih dari 500 m dari permukaan laut.

Tikungan  Kepahiang ini kejam banget. Banyak traveler, yang berlutut mabok Kepahiang.
Sensasi naik rollercoster,selama 3 jam nonstop.

Setiap lewat sini  diriku selalu ingin,melambaikan tangan ke atas ( udah deh gue nyerah)
Gak heran ada aja tips – tips unik, untuk mengatasi mabuk perjalanan bermunculan di Sumatra bagian selatan.Beberapa tips bikin ngakak  dan mengerutkan kening. 

   Tips Anti Mabuk Perjalanan  

Tips menghindari mabuk, aku kumpulin dari pengalaman dan kelakuan teman seperjalanan. Kata nenek obat itu jadi mujarab, kalau kita percaya.Silakang dicoba satu persatu,  mana yang paling cucok dengan kondisi mabuk Anda.
Singkong
  Ubi kayu  
Sebelum perjalanan makanlah ,satu buah  singkong mentah ukuran sedang. Sebenarnya asa singkong mentah, gak jelek – jelek amat sih. 
Tapi bagaimana ia bekerja mengendalikan mual dan pusing ?  Soryy bro aku belum nemu refrensinya. 

Koyo dan garam
Waktu kecil aku suka ngeluh males mudik,lantaran gak kuat di jalan. Suatu hari  seorang saudara, kasih tips anti mabuk. Saran beliau aku harus menggunakan garam dan koyo.  Caranya masukan sejemput garam ke dalam pusat ( puser), lalu tutup pakai koyo.
koyo
Koyo

Pernah mencoba satu kali, hasilnya area sekitar puser aku ruam dan gatal. parahnya lagi aku juga   tetap  mabok, selama perjalanan darat itu.

  Gula Aren  
Mengulum gula aren,sepanjang perjalanan. pasti disukai anak – anak, karena manis dan enak.  Soal efektivitasnya mengatasi mabuk, walahualam bisawab. 

  Mengusap – usap roda mobil  
Tips- tips yang lain, mungkin akan ditemukan penjelasan ilmiahnya. Tapi tips anti mabuk yang satu ini, hanya Tuhanlah yang tahu maksudnya.



Apa hubungan mengusap roda mobil dengan mabuk?
Suatu hari aku dan kawan - kawan, mengadakan trip ke luar kota. Ada seorang teman,yang kelakuanya aneh banget. Sebelum masuk kendaraan, ia mengusap roda mobil. Yup  ke empat roda mobil,depan belakang.

Usapan dilakukannya, dengan gerakan melingkar.  Lalu mengusap perutnya, dengan debu dari ban mobil tadi.  Dia percaya ritual itu harus dilakukan, sebagai syarat agar tidak mabuk perjalanan.

Itu ceritaku tentang perjalanan mudik dan tips anti mabuk yang unik. Kamu punya tips anti mabuk yang super manjur? Bagi dong di komen***donasaurus.com


Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

1 Comments:

  1. Wkwkwkwkwk...
    Tips terakhir sukses bikin ngakak deh. Ada-ada aja ya. Btw, aku juga sering mabuk perjalanan dulu tuh. Rapi, seiring kebiasaan naik kendaraan umum pas SMa, mulai deh berkurang. Paling-paling mabuk kalo perjalanan jauh. Ya kaya mudik gitu lah ya. Nah, aku perhatika sejauh ini, yg bikin aku mabuk biasanya kalo perut kosong. Jadi, aku masuk angin kemudian mabuk. So, sebelum naik kendaraan aku pastiin udah makan kenyang. Trus, bawa camilan juga air. Biar pas lapar bisa makan. Nah, aku jg sedia jamu sachet kalo pas dalam kendaraan agak mual (karena lapar dan keburu masuk angin).

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect