-->

Sabtu, 01 Juni 2019

Baju Lebaran Soal Penting Gak Penting

baju lebaran
                                                                                                                                 pic.Sobima pixabay


    Baju Lebaran   

Once upon a time, setiap kita pernah merasa memakai baju baru, saat hari raya itu penting banget. Apalagi kita yang punya tradisi, saling  mengunjungi dihari itu.

Beberapa keluarga yang kebetulan punya rezki lebih, biasanya membeli lebih dari satu baju baru.Sementara yang tidak,harus puas dengan satu baju saja.

Diriku punya pengalaman unik, tentang baju baru.Satu keluarga pake baju seragam, yang motifnya sama sekarang udah jadi trend. Tapi kebayang gak, anak - anak yang pakai seragam sekolah baru sebagai baju lebaran?

Awal 80an disebuah kabupaten, di Lampung Selatan. Beberapa anak pakai baju seragam sekolah, saat  silaturahmi  lebaran. Wajah mereka bahagia dan woles aja.Kalau yang dipentingkan itu barunya, maka gak ada masalah toh, kalau  pakai  seragam sekolah baru dihari raya ! 

Alhamdulilah berlebaran dengan seragam merah putih atau Pramuka, sekarang tinggal cerita.Menjelang akhir  80an, baju seragam sekolah cuma dipakai untuk sekolah.




    Baju lebaran itu penting   

Kadang baju lebaran itu dianggap penting (pake banget), karena alasan emosional saja. Ada hal - hal yang akhirnya,  menjadikan baju lebaran itu  diperlukan. 
Misalnya orangtua biasa berjanji diawal ramadhan, untuk  memberi hadiah baju baru untuk anak – anak, yang puasanya penuh. Anak belum paham mereknya apa atau harganya berapa,yang penting janji hadiah itu harus ditepati. 
Walaupun itu berarti sekadar kaos oblong  Iron-Man  atau  Naruto.Wait, jangan anggap remeh  perasaan anak - anak soal baju lebaran. Beberapa orang bahkan masih  menyimpan "duka" baju lebaran ini sampai dewasa.

Baju baru adalah reward, bagi yang hidup pas – pasan. Jadi  mumpung ada rezki ,satu kali (cuma satu kali) dalam setahun, kita membeli sepatu,sendal atau baju yang baru. Hadiah sederhana kaum pinggiran, selembar baju koko ataupun gamis  baru. Memberi reward pada diri sendiri dan keluarga, bahagianya tak bisa diukur. 

  Baju baru saat lebaran itu gak penting  

Membeli baju dan sepatu baru menjelang  lebaran, sebenarnya amat merepotkan.Pasar dan mall  ramainya gak ketulungan dan harga - harga sudah naik. Jadi kalau kamu termasuk,yang bisa beli baju kapan aja.Tidak perlu  bersusah payah mending kosentrasi, untuk  beribadah ramadhan. Budget u baju lebaran, bisa  kamu sumbangin buat teman atau sodara.Yakin deh, rasa senang dan bangganya  bakalan sama, dengan kalau kamu sendiri yang pakai baju itu.

baju lebaran
 
Penting gak penting baju lebaran,tergantung situasinya. Jadi bijaklah mengukur kemampuan diri. Kalau harus memilih, antara baju baru dan bayar tagihan listrik. Diriku menyarankan,bayar listrik dahulu.Kalau rumah gelap, gak bakal keliatan bedanya kamu pakai baju baru atau kagak.
***donasaurus.com


Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

1 Comments:

  1. Wah jadi berasa pengen cepet-cepet lebaran nih,padahal lebran masih lama ya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect