-->

Senin, 13 Juli 2020

Teman Tapi Provokator

toxic friends
Friendship  pic Stocknap from Pixabay



  Teman dalam tiap fase kehidupan 

Idealnya  teman  ikut menyesuaikan diri, dengan  perubahan status kita setelah menikah. Status single udah pasti beda ,dengan status suami atau istri orang.Teman lama mungkin perlu waktu, mengubah gaya berinteraksi dengan kamu setelah menikah.

Obrolan yang dulu gak masalah saat single, bisa jadi sumber api di rumah tangga.Setelah jadi istri atau suami, kita juga harus mulai mawas diri. 
Ada beberapa  teman dengan sadar,melakukan upaya sabotase kebahagian teman lainya. Toxic friend ini kita sebut saja, teman tapi provokator ( TTP ). Kok serem amat yak, tapi TTP ini beneran ada dilingkaran kita.

Identifikasi  teman tapi provokator

Teman tapi provokator ( TTP ) biasanya  hobi menyindir, topik sensitif.Tujuanya untuk membangkitkan rasa marah, tidak puas atau curiga, dalam rumah tangga kita.
TTP bisa berjenis kelamin, lelaki atau perempuan. Jangan kaget banyak kok lelaki, berbakat jadi biang kerok rumah tangga orang.
  • Menimbulkan rasa tidak puas dalam diri
TTP gemar mengutip cerita,tentang orang yang kita kenal. Bisa keluarga, teman atau tetangga. Pokoknya yang bisa, dibuat perbandingan langsung deh.

TTP menceritakan, betapa hebatnya orang lain itu. Mulai dari karir, penghasilan, anak, sampai penampilan fisik istri atau suami mereka.
Ceritanya membuat kamu merasa, seperti butiran debu di kaleng  renginang. Setelah beberapa kali mendengar ceritanya, kamu mulai merasa tidak puas,iri dan curiga.
  • Senang mempermainkan emosi
Suatu hari seorang TTP, dengan santainya cerita. Ia melihat istri / suami  kamu makan siang, bareng mantannya di mall.
Wadidaw   sudah pasti hatimu berkobar – kobar, terbakar cemburu. Rasanya pengen segera, menyobek – nyobek muka pasanganmu.

Padahal bisa jadi lambe turah itu, sengaja menghilangkan bagian  ‘ …….dan selusin teman – teman kantornya’  pada akhir cerita tadi.

Cerita  bisa macem - macem judulnya, tapi tujuan cuma satu. Semakin kamu terlihat tidak nyaman, semakin gencar ia menyindir. 
Efeknya  kamu marah pada diri sendiri. Merasa jelek, jadi penakut,jadi bodoh atau diperlakukan tidak adil setelah menikah.

donasaurus.com
Teman bisa jadi sumber masalah dalam  rumah tangga pic Steve Pb from pixabay
  • Ada srigala berbulu domba
 Seorang teman forward pesan WA, dari temenya yang sales asuransi pendidikan. War biasa bahasanya.............. kalau saja isi chatnya itu positif, udah aku ajakin dia jadi blogger juga.

Kata - katanya benar – benar mak jleb. Pas banget, dengan kondisi rumah tangga temenku itu. Diksi dalam alur cerita, sukses membuat temenku merasa insecure.

Berujung pada urgency ASAP, harus segera jadi nasabah asuransi pendidikan. Jangan fokus sama asuransinya gaes, ini cuma contoh. 

FYI temanku ini karyawan salon kelas kampung, yang suaminya kerja serabutan. Penghasilan mereka tak menentu, dan masih nebeng di rumah mertua.  Kekira seberapa urgent mereka  jadi nasabah asuransi ?

Cermati modus yang digunakan. Sekilas mereka terlihat baik, peduli banget sama kebahagiaan kita.  

Bak tukang ramal profesional, menerawang masalah yang kemungkinan menimpa kita. Setelah kamu  galau dibuatnya, ia datang menawarkan bantuan. Tentu saja bantuan, yang tidak gratis.
teman  yang suka bergosip
Girl Chat pic Pexel from Pixabay

Jaga jarak dari teman tapi provokator

Berikut beberapa tips, untuk menjaga stabilitas rumah tangga dari gangguan TTP.
  • Social distancing.
Kurangi frekuensi bertemu, dengan teman – teman unik. Kalaupun terpaksa bertemu,jaga jarak aman.
  • Terus terang.
Jangan sungkan untuk langsung memotong obrolan, yang mulai keluar rel. Cari kesempatan  untuk mengatakan, ceritanya bisa memancing emosimu.Tipe provokator biasanya berdalih, cuma iseng atau apalah. Tapi tegaskan  kelakuan mereka bisa merusak rumah tangga orang.
  • Jagan curhat sembarangan
Memilah urusan rumah tangga, yang bisa dibagi dengan teman. Dan banyak urusan, yang harus ditutup rapat.Urusan dalam negeri yang diobral kesana – kemari, suka balik menampar muka kita sendiri. Tidak semua hal yang diceritakan orang, harus dikonfirmasi ulang dengan pasangan. Masalah yang sensitif, sebaiknya disimpan sendiri.
  • Introspeksi diri
Kekira pernah gak sih kamu atau pasanganmu, terlibat satu masalah dengan toxic friend itu? Mungkin sang teman unik ada  ganjalan, dengan salah satu dari kalian Mengobrak - abrik rumah tangga kalian, adalah jalan ninjanya.
  • Jangan lebay
  Tidak ada asap kalau tidak ada api. TTP yang berbakat sirik, biasanya kepo. Pamer kemesraan atau harta benda,secara berlebihan baik offline maupun online bisa memancing teman unik untuk iseng. Mereka kreative banget mengorek - ngorek,kekurangan orang.

Sometimes being a friend means mastering the art of timing. There is a time for silence. A time to let go and allow people to hurl themselves into their own destiny. And a time to prepare to pick up the pieces when it's all over.”
– Gloria Naylor

Menjaga stabilitas rumah tangga itu cukup ruwet.  Sumbangan provokasi  dari teman, adalah hal terakhir yang kita harapkan.
Ok gaes itu yang bisa aku bagi, tentang teman tapi provokator disekitar kita. Punya pengalaman dengan teman – teman unik? Boleh dong  berbagi dikomen.

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

2 Comments:

  1. Bagian masuk terus terang ngena bagt sih. Klo sdh masuk ke ranah pribadi, biasanya drpd keceplosan, mesti lgsung ngmng mhn maaf lahir batin, dan aku ngelonyor pergi ninggalin org tsb :p hehee..

    BalasHapus
  2. Teman unik itu berisik. Yang doyan usik2 sukanya bahas yang menggelitik bikin pikiran jadi sirik. 😂😂

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect