-->

Sabtu, 10 Oktober 2020

Manfaat Berkebun Selama Pandemi


Berkebun Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

Paket combo  sedih,marah ,takut,  dalam   pendemi ini  sukses mengobrak – abrik mental. Kita perlu  kegiatan, untuk melepaskan energi dan meredakan  emosi.

Sementara  gak ada kerjaan, dan gak bisa kemana – mana, gimana kalau kita berkebun aja di halaman. Berkebun tidak selalu harus diarea yang luas. Urban Farming sekarang jadi trend diperkotaan.    

donasaurus.com

Riset yang dilakukan dua peneliti  di Texas A&M  University, Melinda Knuth dan Charles Hall ( publikasi - Journal of Environmental Horticulture) menunjukan,  interaksi dengan alam atau kegiatan berkebun,  berdampak  baik  bagi kesehatan fisik dan mental manusia.

Tetap  Aktif  Bergerak Selama Work From Home

Work from home membuat rutinitas  berubah. Rebahan  dan ngemil sepanjang  hari, bikin  badan melar, tekanan darah dan kolesterol naik. Berkebun bisa jadi alternatif  buat, yang  tetap aktif  dan produktif   selama di rumah aja.

Riset yang dilakukan team Harvard Medical School menemukan, terjadi pembakaran 135 kalori selama  30 menit kegiatan berkebun. 

donasaurus.com

Pix…. berkebun  cocok ,untuk  mempertahankan lingkar pinggang. Eit tak cuma baik untuk mencegah obesitas, nih beberapa manfaat  berkebun lainya.

  • Meningkatkan immunitas
  • Menjadi lebih bersemangat
  • Mengurangi stress dan gejala  depresi
  • Membuat tidur lebih lelap
  • Mencegah obesitas

Manfaat Aktivitas  Berkebun Untuk Anak

Biasanya  pepotoan  waktu piknik atau makan diluar, dikasih caption “ quality time”. Gimana kalau selama masa pandemi, kegiatan berkebun bareng keluarga  dijadikan quality time.Bercocok tanam bisa jadi kegiatan life skill yang menyenangkan untuk anak.

Beri mereka tugas regrow – menanam kembali, sayuran berumur pendek. Sawi, daun bawang  atau kangkung cabut  bisa jadi pilihan regrow.

Meskipun sederhana   berkebun adalah pengalaman hidup yang mungkin saja amat berguna dimasa depan anak.

  • Berlatih sabar dan disiplin
  • Mengerti proses untuk  menghasilkan sesuatu
  • Menghargai usaha yang  dilakukan untuk menyajikan makanan  di meja makan

Keuntungan Ekonomis Berkebun Di Rumah   

Dalam kondisi ekonomi yang  darurat begini, kita perlu berhemat. Bertanam  beberapa batang cabe , tomat , singkong , kangkung  disekitar rumah, bisa  menghemat uang belanja.

Hobi  bertanam  bunga hias ,bisa jadi  sumber  penghasilan.  Tak  harus berinvestasi, dengan membeli bunga – bunga impor.  Bunga – bunga  lokal, yang subur dan dikemas cantik juga bernilai ekonomis. 

donasaurus.com

Belum ada yang bisa memastikan, kapan pandemi berlalu. Sementara menunggu  situasi membaik, kita isi waktu dengan berkebun saja. Berkebun  bisa menjadi  terapi, agar tetap fokus dan optimis menghadapi  pandemi. Hope for the best,but prepare for the worst***donasaurus 10/10/20

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

Posting Komentar

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect