-->

Selasa, 06 Oktober 2020

Merawat Bunga Dalam Pot

Jenis dan Perawatan Tanaman Dalam Pot

 

Menurut penelitian kegiatan berkebun, baik untuk kesehatan mental. Aktivitas berkebun melepaskan stress, meredakan kecemasan,  juga menurunkan tekanan darah. Memandangi bunga dan dedaunan,bisa jadi hiburan saat kita gak bisa kemana – mana.

Tinggal di perumahan  berlahan sempit, tidak jadi halangan. Bertanam dalam bunga dalam pot, bisa jadi pilihan.

donasaurus.com

Jenis Tanaman Dalam Pot

Sesuaikan jenis bunga,  dengan  rencana penempatan. Secara umum  jenis bunga dalam pot, dibagi  dua kelompok. Pertama  tanaman yang berbunga, seperti mawar,azalea,bougenvil, anyelir dan aster.

Berikutnya  tanaman  dengan dedaunan cantik. Tanaman ini ada yang  berwarna, atau hijau saja seperti kaktus dan pakis. Contoh tanaman berdaun warna – warni,seperti  aglonema, lili prancis dan keladi – keladian.  Kecuali  keluarga kaktus rata – rata tanaman  dalam kategori ini,menyukai tempat yang teduh.

Memilih Pot Bunga

Pot bunga  berbagai ukuran bisa dibeli online maupun  beberapa super market.Pilih pot yang  kira – kira mampu menjadi wadah tumbuh tanaman, setidak nya satu  tahu kedepan.

Kok panjang  banget mikirnya mak?

Yup  biasakan berpikir sebelum bertanam. Bayangkan  setinggi atau sebesar apa, mereka bertumbuh dalam satu tahun.  Sering gonta – ganti pot tanaman , selain tidak praktis juga beresiko.  Bagian tanaman bisa cidera dan akhirnya mati.

Pot bunga gantung

Selain pot bunga biasa, pot gantung bisa jadi alternatif . Beberapa tanaman merambat seperti krokot , sisik ikan, dan jangut nabi, terlihat cantik dalam pot gantung.  Untuk menghindari bahaya tertimpa pilih pot yang tidak terlalu besar. Gantung di area yang  tidak mengangu mobilitas.

donasaurus.com


Pot dari  bekas kemasan

Memanfaatkan botol air mineral, jerigen minyak goreng  atau  botol sabun cair, sebagai pot bunga bisa jadi pilihan. Sebelum menempatkan tanaman, pastikan kemasan sudah bersih,  dari sisa minyak dan sabun.

Tanah untuk tanaman dalam pot

Tumbuhan dalam pot,sangat  tergantung pada tanahnya.  Cari referensi tentang media tanam yang sesuai, untuk  tiap jenis tumbuhan. Tak usah khawatir kalau sulit, mendapatkan tanah disekitar rumah.  Tanah yang sudah dicampur, sekam padi dan pupuk kandang, bisa kamu  pesan di depot bunga.

Perawatan Tanaman

Sering nih kejadian beli tanaman, yang sedang berbunga dari depot. Tapi  sejak pindah ke rumah, mereka mogok gak pernah berbunga lagi. Salah satu alasan stop berbunga, adalah kurang perawatan. Merawat tanaman dalam pot,sebenarnya  gak ribet. Hanya perlu konsisten dan berkelanjutan.

donasaurus.com


Cara Menyiram Tanaman Dalam Pot

Nah seperti yang kita obrolin tadi, beda jenis beda juga kebutuhan  air. Frekuensi menyiram  kaktus pasti berbed, dengan  bunga mawar dan pakis. Terlalu banyak atau kurang air, bisa menyebabkan tumbuhan merana.

Penting juga untuk memperhatikan, waktu menyiram. Pagi dan sore hari adalah saat paling baik, untuk menyiram tanaman

  • Lakukan penyiraman sebelum jam 10 pagi . Faktanya  air  yang tergenang di daun, jadi panas  terkena sinar matahari. Akibatnya dedaunan akan rusak. Pada sore hari sebaiknya  antara jam 4 - 5 sore.
  • Supaya efektif dan efisien, siramkan air  tepat dipangkal batang.  Air yang disiramkan dari atas, kemungkinan  sudah menguap sebelum terserap akar.
  • Gunakan alat bantu menyiram tanaman, untuk memudahkan pekerjaan.

Wikihow punya cara mudah, untuk mengetahui apakah siraman kamu sudah cukup atau belum. Masukan jari kamu  beberapa cm ke dalam tanah di pot. Tanah yang kurang air akan terasa kering dan keras.

Menjemur  Tanaman  Hias

Yup selain air, sinar  juga penting untuk tanaman. Paling   baik tentu saja sinar matahari.

Tanaman  penghias ruangan, perlu dijemur  setidaknya 2 minggu sekali. Inget dong tanaman memerlukan sinar matahari, untuk memasak makanan ( fotosintesis).

donasaurus.com

Beberapa sumber merekomendasikan  paparan sinar selama 12-16 jam, untuk tanaman berbunga. Sedangkan dedaunan idelanya  terkena sinar antara 14-16 jam ( ref - wikihow)

Perlu diingat  intensitas matahari tropis, amat  membahana. Tidak perlu menunggu tanaman kering baru diangkat.  Sesuaikan durasi, dengan kondisi tanaman.

Memangkas dan membersihkan tanaman dalam pot

Memangkas dan membersihkan tanaman bisa dilakukan kapan saja . Tanaman dalam pot bisa jadi tempat favorit serangga. Siangi daun  dan ranting, yang sudah mengering. Pangkas cabang  yang  mengangu  tanaman lain atau mobilitas  kita.  Bersihkan bagian batang,daun dan tanah dari larva, serangga atau sarang laba- laba.

Menganti  tanah dalam pot

Gantilah tanah dalam pot  setiap  5 – 6 bulan, atau mengikuti tumbuh kembang tanaman. Tanah diganti untuk refresh  nutrisi  sekalian  memeriksa kesehatan akar tanaman. 

Siapkan dulu tanah yang baru, sebelum membongkar tanah lama.Basahi dulu tanah hingga lunak agar lebih mudah dicongkel

donasaurus.com

Memupuk tanaman dalam pot

Tanaman yang tumbuh  langsung  di tanah, mempunyai banyak sumber nutrisi.  Sedangkan pupuk, adalah  sumber nutrisi utama tanaman dalam pot. Pupuk  bisa kita buat, atau beli di depot bunga, dan toko pertanian.

Kompos dan Pupuk kandang

Dedaunan, sisa sayuran dan  cangkang  terlur, dapat diolah menjadi kompos.  Kotoran kambing dan sapi  biasa digunakan, sebagai  pupuk kandang.  Cara menggunakanya praktis,  langsung dicampur  dengan tanah  yang kita  gunakan untuk menanam.

Mengingat bahan bakunya, dapat menimbulkan aroma dan mengundang  serangga. Penting banget untuk memastikan  kompos dan kotoran hewan tadi, sudah siap digunakan sebagai pupuk.

Pupuk  NPK

Pupuk NPK  termasuk yang paling populer digunakan,  dalam  perawatan tanaman dalam pot. NPK  mengandung  zat aktif  Nitrogen,Kalium , Kalsium dan Phospate.  Manfaat pupuk NPK bagi tanaman antara lain

  • Membatu proses fotosintesis
  • Menyuburkan daun
  • Menguatkan dan menyuburkan akar
  • Merangsang pertumbuhan anakan akar

donasaurus.com

 

Ada dua jenis pupuk NPK yang dijual dipasaran. NPK mutiara yang berbentuk butiran kecil dan NPK  cair. NPK mutiara butir digunakan, dengan  langsung ditabur ke tanah . Sedangkan  NPK cair  harus dicairkan  dahulu  sebelum digunakan.

Waktu dan dosis pupuk

Sama seperti manusia makan obat, takaran pupuk juga harus pas. Penggunaan pupuk  buatan biasanya  disesuaikan, dengan diameter  pot tanaman. Baca aturan pakai  pada kemasan, untuk  mengetahui  takaran pupuk.  

Selalu gunakan alat bantu,saat melakukan pemupukan. Sekop,alat semprot, dan sarung tangan  membuat kita lebih leluasa bekerja.  Selain mempermudah pekerjaan, juga mencegah kemungkinan keracunan, bahan kimia  atau bakteri dari kotoran hewan.

Berinteraksi  dengan tanaman

 Oh aku lupa ada satu kiat merawat tanaman, yang  dipercaya membuat tanaman tumbuh subur. Tipsnya  yaitu ngajakin tanaman berinteraksi.

Botanis dari Royal Hortucultural Society – London, melakukan riset untuk membuktikanya. Yup mereka  bereksperimen, dengan membaca bersuara, bernyanyi dan mendengarkan musik bersama tanaman.

Hasilnya tanaman yang dibacakan buku, atau diajak nyanyi bersama,tumbuh lebih tinggi dan sehat dibanding yang tidak.

Takut digibahin tetangga, karena keasikan ngobrol sama tanaman?

Ya suara kamu gak usah kenceng – kenceng juga kelesss.

Setidaknya ucapkan  pujian, saat  kuncup mulai mekar atau daun – daun tampak segar.

Semoga hari – hari di rumah aja jadi lebih produktif dengan mengurus tanaman*** donasaurus

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

2 Comments:

  1. Pupuknyo lucuu bicik. Unyuu nian makanan taneman yee. Warno pink ado dak ye??

    Tambahin jugo bicik ttg pestisida soalnyo tanaman molly di rumah galak kurapan. Keluar bintik2 putih di daunnyo. :(

    BalasHapus
  2. haha bener banget tiap mau aku tinggal mudik tanamannya aku ajak ngomong, jangan mati ya kamuuu gitu

    Tp tanaman aku baru sedikit, sama suami ga boleh beli banyak banyak karena rumah masi ngontrak. Nanti kalo pindahan biar ga ribet katanya :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir.Comment Will Moderation before publish

Connect