-->

Sabtu, 03 Juli 2021

Memilih bantal tidur yang aman dan nyaman

'bantal-putih-kamar.jpg'
Bagun tidur, leher  terasa kaku  dan  nyerih. Kata orang – orang  itu  salah bantal.Eh salah bantal itu mitos atau fakta?

Kayaknya  fakta deh. 

Salah memilih bantal  tidur,  bisa bikin  tidak nyaman. Untuk  tidur berkualitas, bantal   bersih dan  empuk saja, belumlah cukup.

Memilih bantal  menurut  posisi tidur

Rata – rata kita mulai berbaring, dengan  posisi terlentang. Tapi begitu terlelap,akan berubah ke posisi tidur favorit.Nah, direkomendasikan untuk memilih bantal tidur yang pas, dengan  kebiasaan tidur kamu

Selain ganjal kepala bantal juga  berfungsi, sebagai  penopang  tubuh. Bila terlalu rendah  atau tinggi, mungkin  menghambat  sirkulasi udara dan darah.  Alih – alih seger buger, eh bangun tidur malah salah urat atau sesak nafas.  

Tidur  Terlentang

Posisi tidur terlentang  baiknya menggunakan bantal,  dengan  ketebalan  antara   10- 12 cm. Untuk  menjaga posisi kepala dan leher, satu garis  dengan tulang  belakang.  Pilih bantal  yang sedang – sedang saja padatnya.

Tidur  Miring

Mengutip  website  Healthline,  tidur miring  dapat  mengurangi dengkuran.  Tapi baiknya mereka, yang kelebihan berat  badan, berjaga – jaga. Sebabnya  posisi tidur miring,  rawan sakit  punggung dan pangkal lengan.

Bantal  yang ideal untuk posisi side sleepers. Kepadatan medium, dengan  ketebalan antara  10 – 15 cm.  Bantal  tebal diperlukan  untuk mengisi  ruang,  antara kepala dan kasur  yang  tidak sejajar. Sehingga  berat tumpuan, tidak membebani  punggung dan lengan.

Tidur  Tengkurap

Tidur  tengkurap sering menyebabkan, urat  leher kaku. Disarankan  mengunakan  bantal padat,  dengan  ketebalan sekitar 7 – 9 cm.  Kepadatan bantal  dapat  menahan, posisi kepala dan leher dalam posisi tengkurap.

Bantal Untuk Sakit Dan Cedera

Dulu kita cuma  kenal 2 bentuk bantal.  Bantal tidur yang  persegi panjang, dan bantal guling yang  berbentuk tabung. Nah sekarang sudah tersedia, beberapa bentuk bantal unik.  Awalnya  dibuat  untuk  membantu  orang,  dengan masalah kesehatan  tertentu, agar dapat tidur dengan nyaman. Sekarang bantal – bantal unik , banyak dijual  online.

Bantal Donat 

'bantal-bulat-berlubang.jpg'

Berbeda dengan bantal  pada umumnya. Bantal  berbentuk donat  digunakan,  dengan cara didudukin. Disain uniknya  membantu, mengurangi  tekanan  pada tulang  ekor. Bantal ini direkomendasikan untuk penderita wasir, ibu hamil dan pasca melahirkan.

Bantal Wedge

Bantal wedge  sering  ‘diresepkan’ ahli  orthopedic ,untuk membantu   pasien yang  cedera, pada tulang,otot, dan jaringan ikat. 

'wedge-bantal-segitiga.jpeg'

Bantal berbentuk segitiga sembarang, mirip sol  sendal wedge. Nyaman  untuk sandaran punggung, atau mengganjal  bawah betis.

Bantal  Contour 

Batal dengan disain bergelombang.Direkomendasikan  untuk  kaum tidur miring.  Bantal contour  dapat menyanggah leher dengan baik. Sehingga mengurangi resiko  kram otot  leher dan bahu.

'bantal-contour-bergelombang'

Bantal  Cervical

Bantal  dengan lekukan  dibagian tengah. Dianjurkan  bagi mereka yang  mengalami  cidera leher atau bahu.Lekukan  dapat menahan, posisi leher dan kepala. Sehingga  mengurangi resiko  kram otot .

'bantal-cervical-putih-pillow.jpeg'

Merawat dan Membersihkan  Bantal Tidur 

Ada dua jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan bantal. Bahan organik  dari  alam, seperti kapuk, kapas dan bulu unggas. Bahan  sintetis  seperti  dakron, busa  dan karet. Kedua jenis bahan, memerlukan  perlakuan berbeda.

Menjemur Bantal

Kegiatan penjemuran dapat dilakukukan, pada bantal  organik juga sintetis. Manfaat menjemur bantal, dibawah panas  matahari antara lain :

  • Mengeringkan  bantal
  • Menghilangkan debu
  • Menghilangkan bau
  • Mengusir  seranga
  • Membunuh kuman/bakteri
Mencuci   Bantal
Bantal  yang terkena kotoran  atau zat kimia, harus dibersihkan. Pencucian untuk menghindari, penularan penyakit atau keracunan. Ada perbedaan  treatmen pencucian, bantal organik dan bantal sintetis. Baca dulu label petunjuk perawatan, sebelum  mencuci bantalnya.

Kesimpulanya sebelum  nyalah – nyalahin bantal, coba periksa dulu bantalmu. Bisa jadi bentuk, ketebalan, atau padatnya  kurang  pas, untuk  posisi  tidur  kamu. Untuk kamu yang punya masalah kesehatan atau sedang cidera, ada baiknya mulai ceki- ceki bantal, yang dibuat untuk kebeutuhan khususmu.

Tags :

bm
Created by: donasaurus

Feel free for asking a qustions or add informations that I have been mis

1 Comments:

  1. Kok aku JD pengen beli bantal wedge yaa :D. Walopun itu bantal cedere sbnrnya, tp seneng aja Krn ada bantalan kaki. Cocok kalo abis pegel olahraga, kaki diposisikan LBH tinggi :D.

    Tp memang sih bantal yg salah dan ga sesuai itu ga enakin banget. Aku pernah ngalamin leher sakit, susah nengok kiri kanan, hanya Krn bantalnya ga sesuai.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir.Comment will moderation before publish

Connect