April 25, 2022

Gaya Hidup Halal Ala Wong Palembang

kriteria produk halal

Pilah-Pilih Produk Halal

Di negara mayoritas muslim seperti  Indonesia, label  halal  menjadi  faktor  penentu  keputusan  konsumen  membeli. Jadi Gaya Hidup Halal,adalah mandatory bagi umat Islam.

Bicara tentang produk halal,tidak sebatas hanya dari bahan baku. Proses produksi  yang bersih bebas najis. Juga alat produksi yang memenuhi standar kesehatan,masuk daftar pertimbangan untuk memberikan label halal.

Karena ketatnya Standar Oprasional Prosedur untuk mendapat label halal.Maka hanya produk yang  benar-benar berkualitas saja yang layal berlabel halal. Tak heran sekarang  konsumen non muslimpun mulai menggunakan produk halal. Bukan karena alasan agama,tapi lebih kepada  alasan kualitas. Halal menjadi gaya hidup kekinian.

Nah, kebetulan lagi  ngobrolin  produk  halal. Aku mau cerita dikit nih,gimana  #gayahiduphalal dibudayakan dalam lingkungan  keluarga  Palembang.

Sebagai wong plembang,kito terkenal  suka jajan dan  makan enak. Gak heran tiap sudut  Kota Palembang  ada  aja meja yang jual Pempek,Model dan Tekwan.

Ayahku  pernah cerita,calon mertua di Palembang  tempo  dulu  menjadikan keterampilan memasak  sebagai   syarat  memilih  mantu. Lah kok  gitu?

Selain alasan kalau masak sendiri,bisa dapet  banyak.  Menurut Ayah  ada  unsur religi dalam budaya makan wong  Palembang.Beliau cerita dulu penjual makanan, di Kota Palembang kebanyakan non muslim.

infografik pemeriksaan produk halal

Mereka  umumnya kurang informasi,mengenai  proses penyajian  makanan halal menurut  Islam. Inilah awalnya kenapa  warga muslim Kota Palembang ,banyak yang ragu-ragu untuk membeli dagangan mereka. Nah, kebiasaan  memasak di rumah  adalah gaya hidup halal ala Palembang. Sebagai upaya menghindari  makanan, yang  tidak halal menurut  syariat Islam. 

Kabar baiknya,zaman now  informasi  seputar  produk  halal  semakin mudah di akses. Pemerintah  Kota Palembang juga aktif  mengadakan sosialisasi label halal kepada penggiat UKM.

Alhamdulilah,sekarang semakin banyak  produk  Pempek  dan Kerupuk  Palembang  yang  berlabel halal. Sehingga  kaum muslimin dan muslimat,tak perlu ragu makan dan ngirup cuko pempek Palembang.

logo halal yang baru

Kamu  mungkin penasarankan,  gimana ceritanya pempek yang terbuat dari sagu dan ikan.Bisa masuk kategori tidak halal,menurut Wong Plembang.

Tentu saja  kita tidak boleh asal menghalal ,ataupun mengharamkan sesuatu.Semua ada ukuran dan aturan.

Nah di  event  webinar  Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat  bersama #DanoneIndonesia ( 20 April 2022 ) lalu. Aku  menyimak  ulasan Bapak  Muhammad Aqil Irham – Kepala Badan Penyelengara  Jaminan Produk Halal ( BPJPH ).

Beliau  menerangkan dalam proses pemberian  sertifikat halal. Selain bahan baku yang harus halal, proses produksi , pengemasan dan penyimpanan, juga wajib memenuhi  standar halal.

Manfaat Serifikasi Halal Bagi Produsen 

Sertifikasi  atau label halal tidak bermanfaat untu  konsumen. Seperti  yang kita obrolin di atas tadi,label halal juga menguntungkan produsen.

Beberapa keuntungan yang dimiliki  produk dengan label halal antara lain

  • Pelanggan setia  ( loyal)
  • Daya saing yang lebih  tinggi
  • Segmen pasar yang lebih luas

Nah,Danone Indonesia  adalah contoh baik, pelaku usaha  yang  peduli   dengan  kenyamanan,keamanan,keselamatan,dan kepastian ketersediaan produk  halal bagi masyarakat.

Danone Indonesia  Mendukung Gaya Hidup Halal

Danone Indonesia  adalah perusahaan  yang  memandang penting  sertifikasi  halal  untuk produk mereka. Prima Sehanputri – Head of Regulatory Affair Danone Indonesia dengan penuh semangat menjelaskan. Danone Indonesia memiliki team management halal,yang memastikan semua tahapan produksi sesuai SOP.

Apa saja yang sudah dilakukan  Danone Indonesia untuk mendukung  ekosistem halal.

Pemilihan Material

Danone  Indonesia  memiliki Standar Oprational Prosedur  (SOP  ) yang memastikan pemilihan material untuk produk halal terjamin kehalalanya.

Pengecekan Material Datang

Setelah  material datang,sebelum  masuk proses sortir dan pencucian .Material  yang  diterima  akan diperiksa ulang. Pemeriksaan meliputi :

  • Nama material
  • Nama Produsen
  • Asal Negara Produsen

Proses Produksi

Ada SOP yang memastikan produksi produk halal  Danone Indonesia hanya dilakukan di line bebas pork dan bebas kontaminasi haram/najis.

Adanya SOP  proses pencucian sesuai  yang disyaratkan

Pencucian Fasilitas

→Adanya SOP pencucian fasilitas produksi

→Adanya SOP  yang menjamin proses pencucian menghilangkan najis

Produksi,Pengemasan ,Penyimpanan dan Distribusi

Setiap produk  baru Danone Indonesia,harus  tersertifikasi halal.Demikian pula SOP pengemasan ,penyimpanan dan distribusi  produk  diawasi dengan ketat.Sehingga tidak ada kontaminasi  haram/najis.

web binar gaya hidup halal danone indonesia

Sehabis ikut webinar   Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat akutuh merasa tercerahkan.Sekarang kalau aku udah gak bingun lagi untuk ber #gayahiduphalal.Tinggal gunakan produk Danone Indonesia. Udah ada  label halal dan udah pasti berkualitas.

Tags :

bm
Created by: autumleafs

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

4 Comments

Banyak yang perlu idpahami dari pakaianya,bukan sekedar label aja. Ternyata bahan dan sumber daei bahan juga harus diperhatikan

Reply

Jajan produknya Danone merasa lebih aman, ya. Halal alhamdulillah...

Reply

Alhamdulillah sekarang produk halal sudah menjadi gaya hidup sehingga makin mudah untuk mendapatkan pangan yang sesuai syariat Islam. Ini juga baik bagi produsen non muslim supaya jangkauan bisnis lebih luas, ya.

Reply

Masha Allah ALhamdulillah terimakasih mba informasinya. Yuk gaungkan gaya hidup halal. Alhamdulillah ya produk Danone juga udah halal ya, cuman masih blm terbiasa nih dg logo halal baru :0

Reply
Connect