September 03, 2022

KIAT Membuat Konten Sustainable Living

 
air,airmineral

Keseruan Acara Danone Community Engagement Day 2022

Gaya hidup kita berdampak langsung, pada keberlanjutan ekosistem bumi. Semua aktivitas yang kita lakukan, akan mempengaruhi kelestarian sumber daya alam.

Karena kita semua ikut andil dalam”eksploitasi” sumber daya bumi. Maka tidak adil rasanya,kalau kampanye  Sustainable Living. Hanya  dilakukan oleh aktivis lingkungan dan  corporate saja.

Setiap orang dapat dan wajib,turut serta  membela bumi. Tentu menurut kapasitasnya masing-masing. Misalnya sebagai  content  creator yang peduli lingkungan. Bisa sering-sering posting  Sustainable Living), seperti  #ADayInMyLife  di media sosial kita.

Agar  konten yang dihasilkan informatif dan   bermanfaat . Sudah pasti harus membekali diri dengan pengetahuan umum,seputar perubahan iklim dan pelestarian lingkungan.

Nah,terkait isu keberlanjutan lingkungan dan  masyarakat. Danone Indonesia  mengundang bloger dan vloger dalam  Event  Danone Community Engagement Day 2022. Webinar yang berlangsung pada tanggal 1 September  2022, mengusung tema “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan Untuk Indonesia Lestari”.

Narasumber Danone Community Engagement Day 2022

Menghadirkan narasumber Budi Rahardjo -Agriculture Manager Danone Indonesia, Annie Wahyuni-Downstream Packaging Manager Danone Indonesia. Yang  jadi bintang acara ini tentu saja  serta Gerald Vincent . Content creator yang jadi narasumber Kelas Intensif Membuat Konten ( KIAT)

Bagaimana Mengelolah Tanah Dan Air Secara Berkelanjutan

Pak Budi Raharjo mengenalkan peserta,pada Regenerative Agriculture. Singkatnya, regenerative Agriculture adalah sistem pertanian, dengan  manajemen penggarapan  tanah yang bertanggung jawab.

Regenerative Agriculture,manajemen penggarapan tanah yang bertanggung jawab

Prinsip-prinsip Regenerative Agriculture yang berdampak baik bagi lingkungan

  • Pengolahan lahan yang dilakukan seperlunya saja (seminim mungkin). Hanya pada bagian dimana tanaman akan  ditanam
  • Korservasi  tanah. Pertanian dengan sistem teras siring,mengilir tanaman,rorak dan organic mulch
  • Melindungi air. Kawasan pertanian menjadi recharge area atau kawasan resapan air
  • Meningkatkan Biodiversitas. Budidaya beragam tanaman pada satu kawasan juga akan menjadikan kawasan pertanian sebagai ekosistem alam (agroforestri), yang potensial untuk mendatangkan income yang beragam bagi petani. Misal:  Sistim tanam sela, multispecies crops, tanaman tepi bisa menjadi habitat lebah dan serangga yang berguna.
  • Keterpaduan pertanian dan peternakan. Pengembalaan yang baik memicu perbaikan pertumbuhan tanaman, meningkatkan konten carbon dalam tanah, dan

Tujuan utama Regenerative Agriculture,untuk memperkuat dan mempertahankan keberagaman  biologis dan nutrisi  tanah. Gaya bicara  Pak Budi yang  informative,bikin peserta betah  menyimak setiap slide yang ditayangkan.

Kemudian  perbincangan dilanjutkan Kak  Annie Wahyuni yang humoris.Beliau  menjelaskan  program Circular Packaging yang sudah dilakukan  Danone  Indonesia.

Apa Yang  Sudah Dilakukan Danone Indonesia Untuk Sustainable Living

Circular Packaging adalah proses daur ulang botol plastik. Botol-botol yang dikumpulkan dari para pemulung dan bank sampah.Kemudian didaur ulang menjadi biji plastik,sebagai bahan baku  pembuatan botol plastik. Selain mengurangi sampah,kegiatan ini juga bernilai ekonomi.

aqua recycling  prosedur
Pendekatan Ekonomi Sirkular Pada Pengolahan  Sampah Botol Plastik

Beberapa langkah yang  dilakukan Danone  Indonesia untuk mendukung program bijak plastik.

Collection 

Untuk mengumpulkan lebih banyak sampah plastik lebih dari yang digunakan pada tahun 2025

Education

Untuk memperluas program pendidikan di sekolah untuk menjangkau 5 juta anak-anak dan memimpin kampanye nasional yang menargetkan 100 juta konsumen pada tahun 2025

 Innovation

Untuk menggunakan kemasan yang 100% dapat digunakan kembali, dapat didaur ulang, atau kompos, serta meningkatkan konten bahan daur ulang hingga 50%

Keseruan  Danone Community Engagement terus berlanjut di  Kelas Intensif Membuat Konten #KIAT2022  bersama Gerald Vincent.

KIAT Membuat Konten Yang Sustainable

Kenal dong sama babang  ganteng nan humoris Gerald Vincent. Menurut aku content creator  yang satu ini super banget. Dia bisa bikin topik yang biasa aja ,jadi luar biasa banget.Nih,akau spil #KIATMembuatKonten menarik ala Geral Vincent.

konten menarik ala Gerald Vincent
 Apa yang diperlukan untuk membuat konten yang menarik

 Ide

Ide untuk  membuat  konten,bisa dari mana saja.Bisa dari kejadian yang lagi viral atau bahkan hal-hal yang  udah biasa banget  bagi masyarakat.Karena tidak ada hal yang benar-benar baru di muka bumi ini.Maka  harus memikirkan sebuah  konsep,yang membedakan konten  kamu dengan yang lain.

Motivasi

Apa tujuan konten ini dibuat ? Sebagai  jawapan atas pertanyaan,sebagai  informasi baru,atau hiburan semata.

Value

Apa velue  atau nilai lebih yang didapat  orang setelah menonton konten kamu.

Passion

Buatlah sesuatu  yang kamu senang melakukanya. Sesuatu yang dilakukan dengan terpaksa atau sekedar ikut-ikutan trend.Akan berbeda hasilnya dengan  pekerjaan yang dilakukan sesuai  passion kamu.

Percaya Diri

Hidup terlalu singkat untuk jadi pemalu. Jadi  yakinkan dirimu  bahwa kamu punya potensi. Punya bakat yang bisa ditampilkan dan bermanfaat untuk orang lain.

Terus Belajar

Profesi  sebagai content creator, menuntut kita belajar seumur hidup. Terus menerus belajar dan mencari informasi. Seputar soft skill dan hard skill yang berhubungan dengan membuat konten.

botol aqua dapat direcyle
Semua botol plasik Aqua dapat didaur ulang

Uwow, rasanya tak  cukup 1000 kata untuk  menuliskan  info-info bermanfaat,  yang disampaikan para narasumber  #DanoneCommunityEngagementDay2022  kemarin. Semoga  semakin banyak bloger dan vloger,yang berkesempatan mengikuti event  - event  bermanfaat dari  Danone Indonesia  selanjutnya.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

3 Comments

Jdi penasaran proses circular Packaging dr mengumpulkan hingga jd botol plastik siap pakai lagi. Kalo aja ada videonya😍 thx infonya bikdon, sangat bermanfaat 🤗

Reply

iya banyak peserta webbinar yang minta diajak ke pabrik pengolahan botol bekad menjadi botol baru.thanks sudah mampir

Reply

Sejauh ini saya masih mengumpulkan sampah berupa botol2 ataupunnwadah2 plastik dan memberikannya kepada pemulung. Sampah plastik kayak gini selain bisa didaur ulang juga ada nilai ekonomis bagi si pemulung. Btw, asik nih bisa ikutan webinar berfaedah...

Reply
Connect