Oktober 25, 2022

Pentingnya Pendidikan Bagi Anak Disabilitas

Sekolah Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus


Ignas Carly terlihat bersemangat menceritakan posisinya sebagai Striker dikesebelasan sepak bola pada Bang Rizal Wijaya host  Talkshow Ruang Publik KBR yang berjudul Pendidikan Bagi Anak Dengan Disabilitas dan Kusta.

Ignas adalah siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Rangga Watu - Manggarai Barat. Ignas beruntung dapat bersekolah di sekolah umum dengan program inklusi.Yang memberikan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang senormal mungkin.

Sebelumya kita hanya mengenal Sekolah Luar Biasa ( SLB) sebagai institusi  pendidikan yang disediakan untuk  anak-anak berkebutuhan khusus.  Sayang karena berbagai  kendala menyebabkan tidak semua anak disabilitas dapat bersekolah di SLB.

Nah,program  sekolah  inklusi adalah salah satu jalan untuk memberikan kesepatan pada  disabilitas  untuk mendapatkan hak yang sama atas pendidikan.

pendidikan bagi anak disabilitas

Kendala  Dalam Penyelengaraan Sekolah Inklusi

 Frans Patut Kepala Sekolah  Sdn Rangga Watu  mengakui  banyak kendala, yang harus dihadapi dalam proses penyelengaraan sekolah inklusi.

Sebagai penyandang disabilitas pastilah tidak mudah untuk hidup dengan segala keterbatasan fisik.Anak berkebutuhan khusus seringkali menjadi korban kekerasan fisik dan bullying. Penggabungan siswa berkebutuhan khusus dan tidak akan menimbulkan resiko konflik.

Usaha untuk menciptakan suasana sekolah yang menyenangkan dan aman bagi disabilitas memerlukan support system yang kuat.Tidak hanya dari guru tapi juga dari siswa dan wali murid.

Beruntung, SDN Rangga Watu mendapatkan support dari Yayasan Kita Juga (Sankita). Sebuah lembaga sosial yang  konsisten mendukung upaya pendidikan inklusi di sekolah umum.

Strategi Belajar Bagi Anak Disabilitas

Anselmus Gabies Kartono  dari Yayasan Kita Juga  yang hadir sebagai narasumber dalam  Talkshow  Ruang Publik KBR menceritakan apa saja yang sudah dilakukan untuk  mendukung program sekolah inklusi di SDN Rangga Watu

Diawal-awal  rencana  program sekolah inklusi  Sankita aktif  melakukan  sosialisasi kepada guru,Komite Sekolah dan  Wali Murid. Tidak hanya menjelaskan apa dan bagaimana  sekolah inklusi  berjalan tetapi juga menjelaskan manfaat  jangka panjangnya.

Langkah berikut yang tak kalah pentingnya adalah menyiapkan guru untuk menjadi tenaga pengajar anak berkebutuhan khusus. Pelatihan yang diberikan secara umum adalah identifikasi anak berkebutuhan khusus dan assasmen strategi belajar  .

Strategi belajar dan mengajar dalam sekolah inklusi disesuaikan dengan kebutuhan  khusus masing-masing anak. Misalnya  untuk anak dengan hambatan pendengaran atau penglihatan . Guru akan mengatur posisi duduk yang lebih dekat dengan papan tulis  atau memperbesar ukuran  huruf agar  agar lebih jelas terlihat.

Sekolah amat sangat penting untuk anak disabilitas dan kusta. Pendidikan akan membuka wawasan mereka mengenai beragam profesi yang tidak  mengandalkan penampilan fisik semata.Sehinga mereka bisa fokus pada kelebihan yang mereka miliki.

Yayasan Kita Juga dan SDN Rangga Watu sudah memberikan contoh bagaimana sekolah umum dapat menjadi sekolah yang relatif aman dan nyaman untuk anak berkebutuhan khusus.

Kita harapkan ratusan sekolah umum diseluruh Indonesia ikut menjadi sekolah inklusi  yang mendukung tumbuh kembang disabilitas dan  kusta .Hingga dimasa depan  semua disabilitas dan kusta menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri.donasaurus.com

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect