November 30, 2022

Mengawal Lumbung Energi Sumsel

Energi Sumsel Maju Untuk Semua

pekerja di pertambangan


Zaman  dahulu potensi dan sumber daya alam Sumatera Selatan  sudah terkenal di manca negara.Hal ini didukung letak geografis Sumatera Selatan  yang dekat dengan pusat-pusat perekonomian di kawasan Asia Tenggara.

Zaman now Sumatera Selatan terkenal  sebagai  lumbung energy. Sumsel menyimpan potensi sumber daya alam  berupa mineral,minyak,gas bumi, batu bara,panas bumi, biomassa.

mengingat mineral dan bahan tambang adalah  sumber daya alam yang tak terbarukan maka pengelolaanya perlu dilakukan  ssecara efisien,optimal,transparan dan berwawasan lingkungan.Agar dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan.

Nah gaes,Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral – DESDM Provinsi  Sumatera Selatan dapat dianalogikan  sebagai pengawal yang bertugas menjaga tata kelola  sumber daya energy dan mineral Sumsel.

logo DESDM Provinsi  Sumatera Selatan
Logo DESDM Provinsi  Sumatera Selatan

Tugas Pokok DESDM Provinsi  Sumatera Selatan

DESDM Prov Sumsel merupakan satuan kerja yang mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral meliputi

  • Air tanah
  • Energi
  • Ketenaga Listrikan
  • Pertambangan

Fungsi dan Wewenang DESDM Provinsi  Sumatera Selatan

Dalam pelaksanaan tugasnya DESDM Provinsi  Sumatera Selatan diberikan wewenang untuk:

  1. Perumusan kebijakan di bidang energy dan sumber daya mineral
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang energy dan sumber daya mineral
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang energy dan sumber daya mineral
  4. Pembinaan administrasi dan kepegawaian pada Dinas Energi  Dan  Sumber Daya Mineral
  5. Pengkoordinasian penatausahaan pemanfaatan dan pengamanan barang milik negara/daerah
  6. Pelaksanaan tugas kedinasan lainya yang diberikan oleh Gubernur

Ada lagi nih,karena luasnya sebaran wilayah sumber daya alam Sumsel maka DESDM Sumsel juga membuka unit kerja di seluruh kabupaten.  DESDM Sumsel  telah merencanakan langkah- langkah strategis  untuk memastikan semua berjalan sesuai regulasi.

kilang minyak sumatera selatan
Kilang Minyak Pertamina Pelaju - Sumsel

Strategi  DESDM  Sumsel Mengawal Pengelolan Energi   Dan Sumber Daya Mineral Sumatera Selatan

  • Menyediakan dukungan dan koordinasi intensif Bersama lembaga pengelola energy seperti Pertamina,PLN dan KESDM dalam upaya pemenuhan kebutuhan energy,bahan bakar,dan listrik bagi masyarakat di Kabupaten /Kota.
  • Melaksanakan pengkajian evaluasi dan pengawasan di daerah dalam rangka meningkatkan pengelolaan pertambangan minerba yang baik dan benar secara tata ruang,lingkungan dan sosial.
  •  Melakukan koordinasi secara komprehensif dan terpadu bersama instansi terkait dalam rangka meningkatkan penerimaan sektor ESDM.

Jadi pengelolaan sumber daya energi dan mineral tidak hanya harus menguntungkan secara enonomis tapi wajib memperhatikan dampak lingkungan dan dampak sosial bagi masyarakat di sekitar lokasi tambang.

angkutan batu bara di sungai musi
Angkutan Batu Bara di Sungai Musi

Sekarang  kita jadi tahu nih  peran  strategis DESDM Sumsel dalam  menjamin ketersedian  energi dan bahan bakar untuk kepentingan industri dan masyarakat  enggak Cuma di Sumatera Selatan tapi juga seluruh Indonesia.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect