November 18, 2022

Parenting Tumbuh Kembang Anak Prematur

15% anak indonesia terlahir prematur
N
utrisi  dan Stimulus Untuk Tumbuh Kembang Anak Prematur

Mengasuh anak prematur adalah tantangan  besar  bagi orang tua karena kelahiran premature  salah satu penyebab tertinggi kematian bayi. Kalaupun berhasil melewati masa krisis  anak yang lahir prematur masih beresiko mengalami ganguan tumbuh kembang.

Karena itu tak berlebihan kalau Desi Fatwa  dengan bangga menceritakan penjuangannya membesarkan putrinya Shahnaz  yang sudah duduk di kelas 9 dengan segudang prestasi . Mengingat  Shahnaz  lahir prematur di usia kehamilan 25 minggu dan berat hanya 529 gr.

Nah, bertepatan dengan World Prematurity  Day (WPD) - Hari Prematur  Sedunia Tanggal  17 November  2022 lalu  Danone Specialized  Nutrition Indonesia  mengadakan event Webinar seputar anak prematur dengan tema Peran Orang Tua Untuk Dukung Anak Prematur Tumbuh Sehat dan Berprestasi.

Menghadirkan narasumber  praktisi medis Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, SpA(K) dan  Psikolog Irma Gustiana Andriani, S.Psi., M.Psi  selain itu hadir pula Desi Fatwa yang berbagi pengalaman membesarkan anak premature.

ahli neonatus

Sebagai orang awam kadang kita suka pukul rata anak yang lahir kurang bulan dan anak berat badan lahir rendah (BBLR) sebagai anak premature. Dr.Rina  menjelaskan yang   dimaksud kelahiran prematur adalah anak yang lahir  pada usia kehamilan di bawah 37 minggu  dengan berat  kurang dari 2500 gr. Jadi kalaupun berat lahir rendah tetapi cukup bulan (40 minggu) maka tidak masuk kategori lahir prematur.

Dokter Rina menjelaskan  tentu saja ada perbedaan jelas antara anak yang lahir cukup bulan dengan yang kurang bulan-prematur. Sebagai contoh masalah  kesehatan fisik  pada anak prematur umumnya berkaitan dengan perkembangan organ dan alat indra. Seperti gangguan pernapasan, gangguan penglihatan, dan gangguan pendengaran.

Sedangkan  hambatan belajar dan hambatan kognitif  pada anak  yang lahir prematur terjadi karena otak mereka belum tumbuh dan berkembang secara optimal.

Anak yang lahir prematur akan mengalami komplikasi kesehatan  yang  bila tidak ditangani dengan tepat akan  berdampak jangka panjang dan mempengaruhi kualitas hidup mereka. Karena itu  para orangtua yang punya anak prematur ikut  aktif  melakukan  monitoring secara berkala dengan pengisian grafik pertumbuhan serta pemantauan aspek perkembangan.

Dr.Rina menambahkan  dengan pemantauan aspek perkembangan maka orang tua dapat mengontrol   asupan nutrisi anak lahir prematur sejak dini sehingga anak yang lahir prematur dapat tumbuh normal dan optimal.

Nutrisi  Bagi Tumbuh Kembang Anak Prematur

Bestie kalo ngobrol-ngobrol soal nutrisi prematur maka yang  terbayang  adalah bagaimana  menaikan berat badan mereka dalam waktu sesingkat - singkatnya. Hingga tak jarang orang tua  memberikan asupan suplemen  yang menyebabkan anak menjadi obesitas. Dalam jangka panjang obesitas akan meningkatkan resiko diabetes dan penyakit jantung bagi  anak prematur.

Untuk menghindari komplikasi jangka panjang  orang tua anak prematur hendaknya melengkapi diri dengan pengetahuan  nutrisi 4 sehat 5 sempurna

Dr.Rina menyebut protein hewani  adalah nutrisi yang disarankan  untuk optimasi tumbuh kembang anak prematur. Protein hewani bisa di dapat dari berbagai jenis daging,ikan  telur dan produk olahan susu seperti keju.Tentu saja porsi dan pemberianya harus juga disesuaikan dengan tahapan pertumbuhan anak.

mengasuh anak prematur

Bagaimana mengasuh anak prematur

Stimulus dan kualias pengasuhan  untuk tumbuh kembang anak premature

Selain hambatan pertumbuhan fisik,anak prematur juga beresiko  mengalami hambatan dalam   perkembangan kognitif. Tapi jangan patah semangat karena  selain faktor genetic,faktor lingkungan juga punya andil dalam tumbuh kembang anak.

Dalam webinar kemarin  Psikolog Irma menjelaskan  faktor lingkungan meliputi status gizi,stimulasi dan kualitas pengasuhan. Status gizi tentu saja yang berhubungan dengan asupan nutrisi seperti yang sudah  diuraikan dr.Rina sebelumnya.

Bagaimana dengan stimulasi dan kualitas pengasuhan dan apa sih manfaatnya bagi tumbuh kembang anak prematur.

Psikolog Irma  menjelaskan  tentang stimulasi kognitif  sebagai proses  belajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya secara langsung.

Pengalaman akan menjadi tolak ukur yang kemudian akan menguatkan kapasitas kemampuan anak. Ringkasnya, anak-anak harus diberikan diberikan peluang untuk mengeksplorasi agar dapat mencoba hal baru sehingga banyak neuron di otaknya tersambung secara kuat dan kompleks.

Bagaimana mengukur perkembangan kognitif dan aktivitas apa saja yang dapat  dilakukan  untuk merangsang  perkembangan kognitif anak dapat dilihat di  Interactive assessment  mynutri.club/twl

Kualitas Pengasuhan Orang Tua

Kualitas pengasuhan tidak sebatas  pada anak tercukupi kebutuhan sandang,pangan dan papan.Lebih dari itu anak yang lahir prematur memerlukan perhatian khusus untuk dapat berkembang setara dengan anak yang lahir cukup bulan.

Irma menyebutkan ada enam langkah stimulasi potensi anak prematur yang bisa dilakukan sejak dini.

Pertama adalah deteksi dini gangguan kesehatan 

Orang tua secara aktif  berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan  serta mengatasi segala hambatan yang dialami anak sejak dini.

Kedua adalah meningkatkan imunitas untuk meminimalisir segala gangguan kesehatan.

Ketiga menemukan tanda awal potensi anak.

Perhatikan kebiasaan dan minat anak, berikan peluang untuk eksplorasi dan mendorong kreativitas anak.

dr.Irma

Keempat adalah menumbuhkan rasa percaya diri.

Anak prematur mungkin punya kekurangan yang membuat mereka tidak percaya diri dalam  pergaulan dan pendidikan. Tugas orang tua adalah membangkitkan rasa percaya diri mereka dengan memberi dukungan pada hal baik yang mereka lakukan.

Kelima adalah modifikasi kegiatan dan terapi.

Anak yang lahir prematur dengan beberapa hambatan yang membatasi  eksplorasi mereka. Orang tua harus kreatif mencari aktivitas alternatif untuk mengembangkan kemampuan belajar, konsentrasi dan emosi mereka.

Keenam adalah menjaga kualitas emosi orangtua.

Ada  banyak hambatan yang mungkin  dirasakan orang tua yang memiliki anak prematur. Mulai dari tidak siap mental, kelelahan,masalah financial sampai stigma  negatif dari lingkungan. Apapun yang terjadi orang tua harus mampu mengontrol emosi. Untuk memberi rasa aman dan nyaman  pada anak.

Orangtua memiliki peran penting untuk mengontrol asupan nutrisi anak lahir prematur sejak dini sehingga kebiasaan makan bergizi seimbangakan membuat anak lahir prematur tumbuh optimal

Bestie,meski mereka lahir sebelum waktunya bukan berarti mereka tidak bisa tumbuh dan berkembang sebagaimana anak lainya.Yang diperlukan hanya sabar,teliti,dan semangat untuk mendukung anak yang lahir prematur agar dapat menembangkan potensi yang mereka miliki.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

18 Comments

Saya ada temen yg lahir prematur dan dia sehat alhamdulilah. Pinter juga. Cuma ya memang untuk anak prematur perlu perhatian lebih.

Reply

inspiratif! poin positifnya adalah, saat siapapun termasuk kita jika memiliki anak yang lahir prematur, ini merupakan bukti bahwa kita dipercaya oleh Tuhan YME untuk melaksanakan tugas mulia, yah kak Dona.

Reply

wah lengkap sekali ini
terima kasih infonya. sebagai bumil, ini jadi ilmu baru buat saya
semoga sih tidak perlu mengalami kelahiran prematur, tapi ini bisa jadi ilmu yang bisa dibagi buat orang lain juga

Reply

sharing tentang bagaimana mengurus, mengasuh dan mendidik bayi/anak premature agak kurang ya, itu sih yang saya rasakan. beruntung nih ada event webinar dari Danone Specialized Nutrition Indonesia terkait mengadakan anak prematur. sedikit banyak acara ini pasti membantu para orangtua dengan bayi/anak premature. semoga acara serupa lebih banyak lagi diadakan ya

Reply

Anak temanku lahir prematur. Gak taunya besarnya sehat banget dan gak ada orang yang nyangka kalo dia pas bayi lahir prematur. Soalnya tubuhnya subur. Anaknya juga pintar.

Reply

Anak prematurpun tumbuh kembangnya bisa seperti anak yang lahir pas bulan asalkan nutrisi dan stimulasi yang didapatkan baik

Reply

Angkat topi untuk parents yg sabar bgt mengurus kelahiran prematur. Secara tmn ada yg prematur, butuh check up ini itu, ngetreatnya jg beda sampai umur sekian, butuh budget lumayan. Semoga sehat2 buat anak prematur ;)

Reply

Informasi bagus dan sangat menyemangati nih. Jadi meski prematur kalau orang tua begitu perhatian dan tepat menangani insyaallah anak nya bakalan jadi unggul dan melebihi anak kelahiran normal ya

Reply

anak yang lahir prematur memang harus lebih diperhatikan ya mbak tumbuh kembangnya soalnya kan secara umur juga dia belum cukup untuk dilahirkan. cuma ada mitos katanya anak yang lahir prematur itu malah pintar-pintar lho anaknya.

Reply

Alhamdulilah orang tuanya bisa mendukung tumbuh kembanya ya

Reply

Yesss semoga Allah menguatkan iman dan memberi kekuatan pada semua orang tua khususnya yang punya anak prematur

Reply

Semoga lahirnya lancar anak dan ibu selalu seha.amin

Reply

betul sekali karena itu info - info tentang perawatan anak prematur perlu sering kita bagi

Reply

Alhamdulilah berkat kerja kerang orang tuanya memberi nutrisi dan stimulus hingga anaknya tumbuh sehat dan cerdas

Reply

betul seali, bujan soal mahal atau banyak tapi lebih pada ukuran dan waktu pemberian yang tepat

Reply

benar sekali, selain meski sabar meski ngirit juga ya.semoga semua orang tua yang punya anak prematur diberi rezki yang berlimpah.amin

Reply

Setuju banget,yang penting telaten mengasuhnya

Reply

beberapa sumber menyebutkan anak prematur bisa lebih cerdas karena sejak lahir sudah diberi nutrisi dan perhatian ekstra sehingga perkembangan kognitif mereka tumbuh optimal

Reply
Connect