Desember 07, 2022

7 Alasan Untuk Menggunakan LRT Palembang

angkutan umum lrt
LRT Palembang Mendukung Gerakan Kembali Ke Angkutan Umum

Kemajuan teknologi transportasi  makin memudahkan mobilitas masyarakat Sumatera Selatan. LRT – Light Rail Transit adalah sarana transportasi umum terbaru yang hadir di Sumsel sejak tahun 2018. Dengan hadirnya LRT masyarakat  Sumsel menjadi yang pertama bisa menikmati transportasi kelas dunia di Indonesia.

LRT Palembang dapat diakses dengan mudah dan relative murah bagi seluruh masyarakat.Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatra Selatan mencatat sekitar 7000 penumpang yang menggunakan LRT di hari biasa dan ada sekitar 10.000 di akhir pekan.

Meningkatnya pengguna kendaraan pribadi di Kota Palembang disinyalir sebagai salah satu sebab terjadinya kemacetan di hari kerja. Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan (Dishub Sumsel) yang giat mengkampanyekan Gerakan Kembali Ke Angkutan Umum angkutan umum menjadikan LRT sebagai ikon angkutan umum masa depan.

Alasan Kamu Harus Naik LRT

 1.Naik LRT Palembang Bebas Macet

Yess salah satu alasan  utama masyarakat menggunakan LRT Palembang sebagai alat transportasi adalah dijamin bebas macet.

2.LRT Palembang Muda di akses dari mana saja

LRT melintasi  12 stasiun dan 1 Depo yang berlokasi di area strategis  Kota Palembang.

3.Tersedia mobil pengumpan (feeder)

Untuk mempermudah penumpang LRT mencapai stasiun terdekat, saat ini Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Selatan mengoperasikan angkutan feeder yang sudah terintegrasi dengan akutan umum Teman Bus Palembang

4.Tepat Waktu

 Yang aku paling suka dari LRT Palembang adalah selalu on time dengan waktu tunggu atau jeda tiap keberangkatan LRT Palembang hanya 18 menit. Setiap hari LRT Palembang melakukan 94 trip pulang-pergi.

Trip pertama  dari Bandara Sultan Mahmud Baddarudin 2 pada  pukul 05.00 WIB  menuju Stasiun DJKA melalui 12 stasiun. Trip terakhir pukul 19.55  dari Bandara dan tiba di Stasiun DJKA sekitar pukul 20.43.

5.Tiket Terjangkau

Tarif LRT Palembang relatif terjangaku,apalagi kalau melihat jarak tempuhnya. Secara umum tarif LRT Palembang  terbagi dalam 2 rute. Rute dari Bandara SMB atau menuju Bandara SMB dari stasiun manapun dikenakan tarif Rp.10.000. Nah,untuk rute dari dan menuju stasiun manapun selain bandara dikenakan tarif Rp.5.000 saja.

6.Aman dan Nyaman

Untuk rasa aman dan nyaman para penumpang  managemen LRT  Palembang menyedian gerbong yang bersih dilengkapi dengan sisitem pendingin ruangan (AC) dan CCTV di setiap gerbong.

7.Ramah Disabilitas

Bertepatan dengan peringatan hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 pada tanggal 17 September di Palembang,Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meluncurkan Kartu Teman Disabilitas.Kartu ini merupakan fasilitas khusus yang diberikan kepada penyandang disabilitas untuk dapat menikmati LRT Palembang sebagai  angkutan umum yang memudahkan mereka beraktivitas.

Upaya Menarik Minat Masyarakat Menggunakan LRT

Dinas Perhubungan Sumatera Selatan dan instansi lain yang terlibat dalam manajemen LRT terus berupaya meningkatkan pelayanan untuk meningkatkan jumlah pengguna LRT.

  • Membuat Ramp
  • Menyediakan keranjang belanja 
  • Kartu berlangganan bagi pelajar,mahasiswa dan disabilitas
  • Menetapkan LRT sebagai back bone transportasi umum Palembang
  • Perbaikan ruteangkutan umum
  • Perbaikan transfer point
  • Layanan sistem pembayaran terpadu
  • Mewajibkan ASN naik LRT 

Tentu saja Dishub Sumsel tidak dapat bekerja sendiri. Partisipasi active masyarakat pengguna untuk kelancaran operasional LRT Palembang sangat diperlukan. Bentuk dukungan pengguna LRT Palembang dapat berupa

  • Menjaga Kebersihan
  • Mematuhi tata tertib di stasiun dan dalam gerbong
  • Tidak merusak properti  yang ada di stasiun atau di dalam gerbong

 Gubernur sumatera selatan Herman Deru mengatakan bahwa pemerintahan provinsi Sumsel siap untuk menjadikan rancangan pembangunan transportasi wilayah Palembang menyeluruh, berkelanjutan, nyata. Dari kereta ringan (LRT), bus pengumpan BRT, dan angkutan kota yang berfungsi ganda sebagai feeder untuk LRT semua fasilitas transportasi ini dipersiapkan demi menjamin Sumsel Maju Untuk Semua.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect