Desember 09, 2022

Energy Baru Terbarukan Sumatera Selatan

pelopor energi hijau sumsel

Sumatera Selatan Pelopor Energi Hijau

Istilah green energy – energi hijau merujuk pada penggunaan sumber daya alam selain bahan bakar fosil sebagai sumber energi.Jadi enggak heran green energy selalu ditawarkan sebagai solusi mencegah pemanasan global dan efek rumah kaca.

Energi baru terbarukan (EBT) atau renewable energy adalah sumber daya yang berasal dari proses alam berkelanjutan dengan kata lain tidak akan habis.Contohnya sinar matahari, tenaga angin, arus air, panas bumi, dan biomasa.

Banyak yang bertanya,dengan sumber daya energi baru terbarukan yang melimpah ruah mengapa green energi tidak berkembang di Indonesia?

Beberapa kendala yang sering dikeluhkan pemerintah daerah dalam dalam pengembangan energi baru dan terbarukan antara lain adalah besarnya investasi dan infrastruktur yang tidak mendukung

Beruntung,Pemprov Sumatera Selatan amat sadar akan pentingnya  energy baru terbarukan untuk kesinambungan ketersediaan energi di Sumsel karena itu pemerintah daerah amat mendukung upaya penelitian sumber daya alam yang potensial untuk digunakan sebagai sumber energi baru terbarukan.

Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan di Sumatera Selatan

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Selatan dengan visi Sumsel Maju Untuk Semua  sudah menjajaki beberapa sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai energy alternatif untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil

DESDM Sumsel memilih Kota Pagar Alam sebagai pelopor pemanfaatan energi baru dan terbarukan.Selain punya pemandangan yang indah Kota Pagar Alam yang berada di kaki Gunung Dempo ini  juga kaya akan sumber daya alam.

Keuntungan geografis menjadikanya Pagar Alam  ideal untuk menggunakan sumber energi baru terbarukan sebagai tulang punggung infrastruktur energinya.

Dinas Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Selatan membangun 3 Pembangkit listrik dengan sumber daya baru terbarukan yang ada di Pagar Alam

  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap dengan kapasitas 91 Megawatt
  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lumut Balai berkapasitas 55
  •  Megawatt Pembangkit Listrik Tenaga Microhidro (PLTM) Green Lahat berkapasitas 9.99 Megawatt.

Selain sebagai sumber energi listrik ada beberapa keuntungan lain yang didapat dari penggunaan energy baru terbarukan.

Keuntungan Menggunakan Energi Baru Terbarukan

  • Tersedia Sepanjang Masa

Sumber daya alam yang digunakan seperti sinar matahari, tenaga angin, arus air, panas bumi, dan biomasa selalu diproduksi oleh alam. Manusia tinggal menyediakan infrastruktur dan teknologi untuk mengolahnya menjadi energy baru terbarukan.

  • Ramah Lingkungan

Proses perubahan bentuk energi baru terbarukan menjadi energy listrik atau energy gerak  tidak menghasilkan emisi karbon. Energi baru terbarukan tidak memerlukan penambangan yang akan merusak lingkungan hidup.

  • Udara Sehat Bebas Polusi

Polusi udara berdampak buruk pada kesehatan dan kualitas hidup manusia. Penggunaan energy baru terbarukan yang bebas emisi karbon tentulah berdampak baik bagi kesehatan manusia dan kesehatan lingkungan.

Presiden Joko widodo
Presiden Joko Widodo di Pagar Alam - Sumatera Selatan

Semoga semakin banyak Provinsi di Indonesia yang mengikuti jejak Sumatera Selatan dalam memanfaatkan energi baru terbarukan untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect