Desember 01, 2022

Transportasi Umum Palembang

solo traveler

Transportasi Umum Palembang Yang Ramah Solo Traveling

Solo traveling  atau jalan-jalan sendiri emang lagi trend. Selain lebih ramah di kantong alasan  orang melakukan solo traveling macem-macem.Misalnya  dalam rangka healing, lagi galau,cari inspirasi  sampai cari jodoh – hadehhhhhh.

Nah, Kota Palembang Palembang  adalah salah satu kota yang direkomendasikan untuk solo traveling. Dukungan amenitas pariwisata seperti hotel,pusat kuliner tradisional,dan ketersedian transportasi umum menjadikan Palembang kota yang ramah untuk solo traveling.

Keuntungan menggunakan transportasi umum di Palembang adalah lebih ramah di kantong dan lebih fleksibel untuk mengunjungi  objek dan daya tarik wisata yang berada di seberang hulu dan seberang hilir Sungai Musi.

 Transportasi  Umum  Yang Ada Di Palembang

Ada berbagai moda transportasi umum di Kota Palembang, kali ini aku hanya membahas alat transportasi  yang  realtif aman dan nyaman untuk solo traveler.

Light Rail Transit  - LRT Palembang

 Sejak pertama beroperasi  tahun  2018 LRT sudah jadi  alat transportasi umum favorit wisatawan yang datang ke Palembang.Apalagi  Palembang adalah kota pertama di Indonesia yang  memiliki moda transportasi umum LRT.

LRT menghubungkan Bandara Sultan Mahmud Baddaruddin 2 dengan pusat Kota Palembang.

Dengan membeli  tiket sekali jalan  Rp.10.000 (harga tahun 2022) dari  stasiun Bandara Sultan Mahmud Baddaruddin 2 kamu sudah langsung bisa city tour melintasi  beberapa objek wisata utama Palembang  seperti Masjid Agung dan Jembatan Ampera.

 Menikmati pemandangan kota Palembang  menempuh jarak 24,5  Km  melintasi 12  stasiun sampai berhenti di depot  DJKA  selama lebih kurang 50 menit.

Jam oprasional LRT  mulai  pukul 05.05 pagi berangkat  dari stasiun Bandara SMB 2 menuju Stasiun DJKA. Gerbong terakhir berangkat  pukul 19.55 dari stasiun bandara menuju Stasiun DJKA.

 Teman Bus Palembang

Armada Teman Bus melayani rute pinggiran kota Palembang  yang tidak dilalui moda transportasi umum lainnya. Ada 61 unit armada Teman Bus yang melalui 4 Koridor  yang sudah terkoneksi dengan layanan LRT. Tiket sekali jalan Rp. 4000, sementara ini pembelian tiket hanya dapat dilakukan dengan transaksi online melalui e- wallet dan e-banking.

Transportasi Sungai Musi

 Belum lengkap rasanya kalau ke Palembang belum menyeberangi  Sungai Musi. Dermaga Pasar 16 merupakan  dermaga sungai terbesar di  Sumatera Selatan.Beroperasi dari jam 5 pagi sampai jam  5 sore.Ada 2 jenis kapal yang beroperasi di Sungai Musi.

 Yang pertama perahu ketek,perahu kayu bermesin ini  digunakan untuk penyeberang jarak pendek sampai menengah dari hulu ke hilir Sungai Musi. Tarif tergantung jarak tempuh dan negosiasi sebelum berangkat.

 Berikutnya adalah  Speed Boat  ukurannya lebih besar dari perahu ketek.Speed Boad melayani rute  wilayah perairan sungai dan laut di wilayah Sumatera Selatan dengan jarak tempuh antara 2 sampai  4 jam dari Dermaga Pasar  16 Palembang.

 Palembang  Kota Percontohan  Transportasi Massal Perkotaan

Ngobrol-ngobrol soal transportasi,sebagai warga Palembang  aku ikut bangga  karena tahun ini Dinas Perhubungan  Provinsi Sumatera Selatan  mendapat kehormatan  menjadi  tuan rumah  peringatan Hari Perhubungan Nasional   tahun 2022.

Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi  menyatakan  pemilihan Palembang sebagai pusat selebrasi  HARHUBNAS 2022 karena Palembang adalah kota percontohan nasional  pengintegrasian transportasi massal perkotaan.

departemen perhubungan
Logo Harhubnas 2022

Dishub Prov Sumsel sukses  mengelola  moda transportasi umum di Palembang  menjadi  alat angkut yang aman nyaman  dan efisien.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect