Maret 17, 2023

Komunitas Blogger Yang Paling Asik

Pentingnya Komunitas Bagi Blogger


Bebas Menulis Di Blog

Dulu media cetak seperti koran dan majalah adalah satu-satunya ruang pamer karya para penulis. Ribuan artikel,puisi,juga cerpen diterima redaksi tapi cuma beberapa yang sempat diterbitkan.Walhasil banyak penulis berbakat patah arang lalu berhenti berkarya.

Zaman now media cetak masih ada dan tetap penting,tapi tidak lagi menjadi satu-satunya tempat unjuk karya.Thanks to teknologi informasi yang melahirkan  media sosial.

Cuma perlu waktu 15 menit untuk membuat blog dan cukup satu 'klik'  untuk memublikasikan artikel yang bisa diakses dari seluruh penjuru dunia.

Selain akses yang mudah,jangauan luas yang enggak kalah menariknya adalah  kebebasan mengekspresikan diri. Jadi blogger itu bebas mau nulis artikel apa dengan gaya bahasa suka-suka enggak ada yang ngelarang. Kebebasan yang mahal ini menjadikan blog media publikasi alternatif yang populer di seluruh dunia.

Dari tadi muji-muji keunggulan menulis di blog,apa blog enggak ada kekuranganya? Woles bestie,siapkan matamu untuk  membacanya …………..

Selain keterampilan merangkai kata menjadi cerita,seorang blogger juga harus Melek Digital.Wajar dong karena blog adalah media online yang terhubung dengan internet.

Maka  idealnya blogger itu harus paham sedikit tentang bahasa pemograman,Search Engine Optimization (SEO)  dan keyword. Nah, susahnya menjadi blogger dimulai dari sini.

Awal-awal ngeblok aku beneran dibuat bingung dengan segala pernak-penik template dan bahasa pemograman.Sudah coba belajar dari baca-baca blog para suhu,masih saja belum faham maksudnya.

Nah,kebetulan di facebook aku menemukan Komunitas Kompasianer Palembang – Kompal , gabunglah aku disana. Singkat cerita,berkenalanlah aku dengan Kompasianer  yang ternyata adalah blogger-blogger local yang sudah Go Nasional.

Awalnya ragu juga,apa aku bisa nyambung dengan mereka yang rata-rata belasan tahun lebih muda dariku. Alhamdulilah,anak-anak muda yang pinter-pinter ini tak keberatan berbagi ilmu dengan Bibik Dona.

Kompasianer Palembang adalah komunitas blogger pertamakau. Dari mereka aku mendapat informasi tentang komunitas – komunitas blogger yang lain.

Komunitas Online Lebih Praktis

Dibanding ikut kursus atau workshop ikutan komunitas blogger itu praktis dan ekonomis. Hampir semua kegiatan dilakukan secara online.Jadi tidak mengangu pekerjaan utama dan bisa diakses daru mana saja

 Komunitas  Blogger  Sumber Informasi

Komunita blogger sudah pasti punya agenda untuk upgrade kemampuan anggotanya dalam mengelola blog secara umum. Misalnya ngadain webinar dengan mengundang narasumber yang kompeten dibidang penulisan copywriting atau berbagi ilmu seputar SEO.

Walaupun ada juga komunitas blogger yang secara khusus membantu memperbaiki nila Domain Autority anggotanya dan seperti mengesampingkan pentingnya kemampuan menulis artikel yang enak dibaca.

Komunitas Blogger Memperluas Networking

Anggota komunitas blogger dari berbagai tingkatan kemampuan dari yang ngerasi Nubie  sampai yang sudah dipanggil Suhu. Selain berbagi ilmu para Suhu juga suka bagi-bagi job pada anggota komunitasnya.

Jadi selain  sumber informasi dan mencari inspirasi gabung di komunitas blogger juga memperluas networking.

Support Antara Sesama Anggota Komunitas Blogger

Interaksi yang terjadi di dalam blog itu sifatnya terukur.Berapa banyak visitor dan berapa jumlah komentar dalam satu artikel menentukan nilai blog.Nah,keuntungan gabung di komunitas blogger itu antara lain bisa ikutan Blog Walking atau saling kunjung dan komen di blog anggota komunitas.

 Selain meningkatkan trafik,blog walking juga bisa mendatangkan inspirasi untuk penataan blog dan ide artikel.

Pilih Komunitas Yang Mendukung Aktivitas

 Aku suka bercocok tanam,biar mudah memahami aku menganalogikan blog itu seperti petak di kebun Meskipun punya bibit unggul kalau tidak mengetahui karakter tanaman dan cara pemeliharaanya kamu bakalan gagal panen. Karena itu blogger  kudu belajar serba-serbi pengelolaan blog agar bisa panen raya.

 Bergabung bersama komunitas yang mendukung aktivitas akan menumbuhkan semangat belajar. Apalagi komunitas dengan minat yang sama akan lebih mudah mengerti masalah yang kita hadapi. Solusi menyelesaikan masalah juga lebih beragam,karena tiap  anggota punya pengalaman dan pengetahuan yang beragam pula.

Komunitas Bloggercrony Indonesia

Nah, Bloggercrony Community – BCC adalah komunitas blogger Indonesia yang banyak direkomendasikan untuk diikuti. BCC yang  eksis sejak 4 Februari 2015 tetap konsisten jadi fasilitator bagi blogger untuk membuat konten yang informatif,edukatif dan memberdayakan pembaca.

Tuh kan enggak ada alasan lagi untuk males gabung dengan komunitas blogger.Kamu bisa mulai dengan follow semua akun media sosial bloggercrony dan bergabung bersama ribuan blogger menginspirasi dan memberdayakan Indonesia.

Tags :

bm
Created by: Donasaurus

Feel free to connect with me on social media or leave me a comment lways be super happy to have a little chat about your ideas and opinions Love Dona

Connect