November 06, 2021

Alergi Susu Sapi

alergi susu sapi
Waktu balita sampai  tamat sekolah dasar, aku  gak  suka  minum susu. Aku merasa air susu itu, berbau amis  dan bikin mual. Jadi kalaupun terpaksa  minum, tak lama kemudian aku langsung muntah sendiri. Akhirnya  karena bosan,mereka berhenti memaksa aku minum susu.
 
Nah, dalam event  Danone Digital Academy  2021, aku ketemu  dr.Endah Citraresmi, Sp.A(K)- Dokter Spesialis Anak,Konsultan Alergi dan Imunology. Barulah aku mengerti, yang aku alami  itu adalah gejala alergi susu sapi.

Kita terlanjur menganggap susu sapi adalah super food. Jadi  gak kepikiran, kalau anaknya  bisa saja  alergi terhadap  susu. Apalagi  gejala alergi susu tidak ada yang spesifik. Sekilas  mirip dengan alergi telur atau makanan laut. Hal ini yang kadang membuat  orangtua salah  treatmen, pada  anak yang mengalami alergi susu sapi. Terus, gimana cara membedakan alergi susu sapi dan alergi makanan lainya?

Penyebab Alergi Susu Sapi

Seperti alergi makanan pada umumnya, alergi susu sapi juga disebabkan  malfungsi sistem imun tubuh. Nah,pada kasus  alergi susu sapi, sistem imun mengidentifikasi protein, yang terkandung didalam susu sebagai bahaya.

Mengutip dari laman mayoclinic ada beberapa faktor resiko sebab malfungsi  sistem  imun pada anak.

  • Alergi susu sapi mengarah pada alergi lainya

Anak  yang  alergi susu kemungkinan besar, dia pun mengidap alergi lainya.Jadi alergi susu adalah petunjuk awal,bahwa anak menderita  elergi lain.

  • Riwayat  alergi dalam keluarga

Bila salah satu dari orangtua mempunyai riwayat  alergi makanan,resiko  anak  untuk  mengidap alergi juga lebih besar.

  • Umur

Organ dan sistem  pencernaan, yang belum tumbuh,dan  berfungsi sebagaimana harusnya.Menyebabkan anak mudah mengidap  alergi makanan.

Untuk menetralisir  protein susu sapi  yang dianggap berbahaya tadi.Sistem  imun tubuh memproduksi antibodi  immunoglobulin E (IgE). 

Antibodi  yang bertugas menetralisir  protein- protein (allergen) tersebut. Nah, pertempuran protein dan IgE tadi, menimbulkan  gejala  alergi susu sapi.

Berdasarkan  riset ada  dua jenis protein, dalam susu  sapi yang sering memicu alergi.

  • Kasein-Casein  komponen protein  utama  susu sapi.Susu hewan mengandung 80%  kasien, yang  sangat bermanfaat dalam pembentukan otot, tulang dan kesehatan jantung.
  • Whey-bubuk susu  yang didapat sebagai  sisa dalam  proses pengolahan  susu murni menjadi keju.

Berapa lama  gejala alergi terlihat setelah  minum susu

ilustrasi gejala-gejala alergi susu sapi

Gejala  alegi susu yang disebabkan   pertempuran, antara  antibodi IgE dan protein susu  sudah terlihat  kurang dari 2 jam sejak susu diminum.

Gejala  awal yang timbul pada setiap  anak, mungkin berbeda. Tapi  dr.Endah  mengatakan, ada  beberapa  gejala umum yang bisa jadi  pertanda  ada reaksi alergi susu.

  • Gejala alergi susu pada kulit

Muncul bentol – bentok kecil mirip keringat malam

Timbul ruam atau bercak merah

  • Gejala alergi susu pada  mulut dan saluran cerna

Gatal di rongga mulut

Bibir dan lidah membengkak

Mual dan muntah

Sakit perut

  • Gejala alergi susu pada saluran napas

Mendadak  batuk dan pilek

Mendadak sesak nafas

  • Kehilangan kesadaran

Pada   kasus alergi susu yang sudah parah, dapat menyebabkan pingsan-hilang kesadaran.

Menurut pengalaman dr.Endah, meskipun  terlihat ada   gejala seperti  alergi susu sapi. Bukan berarti orangtua, langsung mengambil tindakan sendiri. Dokterpun perlu observasi, selama 4 bulan atau sekitar 18 kali pertemuan . Untuk memastikan  seseorang, benar – benar alergi susu sapi atau bukan.

Nah untuk  masyarakat awam, dr. Endah menyarankan  melakukan  percobaan sederhana. Pertama,kalau  menduga  anak mengalami  gejala alergi susu sapi, segera hentikan konsumsi susu. Kedua,setelah   gejala  benar - benar sembuh, coba berikan lagi susu.Bila gejala tidak  berulang,bisa dipastikan  tidak ada reaksi alergi.Ketiga,bila  gejala berulang atau bertambah parah, kemungkinan besar memang anak  alergi.Nah, pada kasus ini yang harus dilakukan, tentu saja segera  konsultasi ke dokter anak.

Susu  yang cocok untuk  anak  alergi susu sapi

Alergi susu sapi  tidak menjadi halangan, untuk memberikan asupan protein yang penting dalam tumbuh kembang anak. Kita dapat memberikan  susu nabati, dengan kandungan protein yang sama baiknya dengan susu sapi.

Dari laman healthline, ada beberapa sumber protein nabati yang dapat dijadikan  pengganti  bagi anak – anak yang alergi susu sapi.

Susu Kedelai

Susu kedelai tersedia dalam bentuk bubuk atau sudah dikemas siap minum.

Susu Beras

Dahulu masyarakat yang tinggal dipedesaan Indonesia, rata – rata  menggunakan susu beras sebagai alternatif protein  bagi anak mereka. Proses pembuatanya sederhana, hanya dengan mengambil air dari beras  yang sedang dimasak. Air beras atau air tajin, teksturnya kental , beraroma nasi dengan rasa sedikit gurih.

Susu Kelapa

Susu kelapa atau santan yang digunakan  adalah kelapa muda. Untuk memudahkan proses pengolahanya , kita dapat  membuat  juice kelapa muda.

Susu Almond

Susu almond sekarang sudah mudah ditemukan di seluruh Indonesia. Dijual dalam bentuk bubuk dan juga kemasan siap minum.

Seperti juga susu sapi, rasa dari tiap jenis susu nabati berbeda – beda.Tapi penting untuk memilih produk,yang tidak banyak mengandung gula dan pewarna. Biar anak  gak bosan, dapat mengganti jenis susu alternatif secara berkala.

susu alternatif untuk anak yang alergi susu sapi

Apakah alergi susu sapi bisa sembuh

Meskipun pada beberapa kasus, alergi susu sapi berlanjut sampai dewasa.Tapi secara umum,alergi  susu sapi  akan  sembuh dengan sendirinya.Aku sudah buktikan sendiri, sekarang aku tidak mual  dan muntah lagi kalau minum susu sapi.

Seiring bertambahnya usia, saluran pencernaan dan sistem imun sudah berfungsi  dengan baik.Tubuh akan semakin kuat dan reaksi alergi terhadap  susu sapipun akan menghilang.

September 14, 2021

Obat Nyamuk Yang Aman Untuk Anak

gigitan nyamuk meyebabkan gatal dan membawa virus

Bermacam – macam jenis obat nyamuk dijual. Semua diklaim dapat melindungi keluarga dari serbuan nyamuk.Mulai dari obat nyamuk bakar yang klasik, obat nyamuk semprot - aerosol, obat nyamuk elektrik,ada juga stiker anti nyamuk, sampai yang terakhir gelang dan jam tangan anti nyamuk. Diantara sekian banyak jenis obat nyamuk, mana yang paling aman untuk anak – anak.

Mengutip pernyataan Dr.rer.nat.Budiawan,ahli toksikologi kimia FMIPA UI, faktanya tidak ada obat anti nyamuk yang ampuh, sekaligus aman untuk manusia.Karena hanya obat nyamuk yang mengandung isektisida - racun serangga,yang terbukti ampuh membasmi nyamuk. 

Nah, sedangkan kita tahu insektisida adalah senyawa kimia, yang berbahaya bagi manusia. Seperti pisau bermata dua. Disatu sisi, obat nyamuk penting untuk menghindari gigitan, dan penularan penyakit berbahaya. Disisi lain, paparan insektisida berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Bagaimana Menggunakan Obat Nyamuk Yang Aman Untuk Anak

Jangan panik dulu,pemilihan senyawa kimia dan takaran yang digunakan dalam produksi obat nyamuk diawasi Kementrian Kesehatan.Yang harus kita lakukan adalah meminimalisir, resiko pemakaian. Nah,langkah pertama untuk menghindari efek samping penggunaan obat nyamuk,kita tuh perlu mengetahui bagaimana senyawa insektisida bekerja.Sehingga kita tahu,bagaimana menggunakan obat nyamuk dengan aman.

obat nyamuk  menghindarkan anak digigit nyamuk saat tertidur

 Jenis Insektisida Yang Umum Digunakan Dalam Pembuatan Obat Nyamuk

 Insektisida sejenis alletrin,transflutrin,praletrin digunakan pada obat nyamuk elektrik, obat nyamuk bakar bakar, dan juga obat nyamuk semprot. Sementara dietiltoluamida (DEET) digunakan dalam pembuatan obat anti nyamuk oles.

Meski demikian sebelum membakar, menyemprot atau mengoleskan obat nyamuk, kita wajib mengetahui cara kerja tiap jenis obat nyamuk tadi.Gunanya untuk meminimalisir resiko ganguan kesehatan yang mungkin ditimbulkan.

Menggunakan Obat Nyamuk Bakar Dengan Aman

 Saat lingkaran obat nyamuk dibakar, terjadi proses penguapan yang melepaskan insektisida ke udara. Nah, yang jarang kita sadari udara yang terkontaminasi insektisida akan sama berbahayanya untuk manusia seperti halnya bagi nyamuk. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meminimalisir menggunakan obat nyamuk bakar bagi kesehatan anak – anak.

  •  Pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan lancar
  •  Letakan obat nyamuk bakar di lokasi yang jauh dari kepala anak ketika tidur 
  • Taruh obat nyamuk dalam wadah yang aman Jauhkan obat nyamuk yang menyala dari benda yang mudah terbakar 
  • Gunakan satu obat nyamuk bakar saja dalam ruangan 

Bagaimana Menggunakan Obat Nyamuk Semprot Yang Aman Untuk Anak

 Obat nyamuk semprot melepaskan isektisida ke udara, dalam bentuk tetesan kecil. Dalam 2 jam , droplet yang mengandung insektisida akan mendarat. Kemudian menempel pada permukaan yang tadi berada di area semprotan. Nah, itu salah satu alasan kenapa tidak boleh menyemprotkan obat nyamuk ke udara kosong. Sebab bisa memicu alergi dan ganguan pernafasan pada anak. Terus gimana dong, cara menggunakan obat nyamuk semprot yang aman ?

  •  Penyemprotan untuk kamar tidur, sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum jam tidur anak – anak .Tutup pintu dan jauhkan anak selama penyemprotan.
  • Semprot hanya pada bagian ruangan, yang sering jadi tempat nyamuk bergerombol.Misalnya di bawah meja, bawah tempat tidur,dll.
  • Hindari menyemprot obat nyamuk,pada benda – benda yang sering digunakan anak – anak. Seperti kotak mainan anak,permukaan meja belajar, atau rak buku.
  • Untuk menghindarkan anak menghisap droplet insektisida, siapkan kain yang khusus dipakai, untuk menutup kasur dan bantal. Tutup dulu area tempat tidur,sebelum menggunakan obat nyamuk semprot.

 Aman Menggunakan Obat Nyamuk Elektrik 

Meskipun terlihat beda banget, ternyata prinsip kerja obat nyamuk elektrik hampir sama dengan obat nyamuk bakar. Jadi cara meminimalisir resiko paparan insektisida,pada obat nyamuk elektrik mirip obat nyamuk bakar. Seperti colokan obat nyamuk elektrik jauhkan dari kepala, gunakan di ruangan dengan sirkulasi udara baik, dan jauhkan dari jangkauan anak.

Menggunakan obat nyamuk oles pada anak – anak 

Dietiltoluamida (DEET) senyawa insektisida yang dikembangkan menjadi obat anti nyamuk oles ( lotion), pertama kali digunakan pada tahun 1946 untuk keperluan tentara Amerika Serikat. Obat anti nyamuk oles udah pasti lebih praktis dan aman, dari pada bawa – bawa obat nyamuk bakar bergrelia ke hutan belantara. 

Tapi walaupun aman untuk tentara, penggunaan obat nyamuk oles pada anak – anak lumayan beresiko. Senyawa insektisida dalam obat nyamuk oles, langsung menyentuh kulit. Pengolesan yang berlebihan atau pada tempat yang sensitif dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius pada anak.Seperti  iritasi kulit,iritasi mata, ganguan pernafasan sampai keracunan.

Bagaimana meminimalisir resiko kesehatan pada anak ketika menggunak obat nyamuk oles

  • The American Academy of Pediatrics, melarang penggunaan lotion obat nyamuk pada bayi dibawah 3 bulan Obat nyamuk oles ( lotion) lebih direkomendasikan untuk digunakan diluar ruangan
  • Gunakan secukupnya, pada bagian kulit yang tidak tertutup pakaian.
  •  Baurkan dulu lotion di tangan mama atau papa, baru kemudian diusapkan pada anak.
  • Hindari bagian kulit yang terluka ( walau kecil) 
  • Hindari area sekitar mata, hidung, mulut, dan telapak tangan anak
  •  Segera cuci dengan air, bila terlihat reaksi alergi seperti gatal atau kemerahan pada bagian kulit yang diberi obat nyamuk oles. 

Menyadari resiko kesehatan yang mungkin timbul dari penggunaan obat nyamuk bagi anak- anak. Membuat kita semakin bijak menggunakan obat nyamuk di rumah. Mulai deh, memikirkan cara lain untuk menghindarkan anak kita dari gigitan nyamuk. Selain menyingkirkan barang – barang, yang berpotensi jadi sarang nyamuk.Kelambu bayi atau kelambu lipat, bisa dijadikan pengganti obat nyamuk.donasaurus

Juni 16, 2021

Penyintas Kusta Menjadi Tenaga Kerja Produktif

Kesempatan kerja bagi disabilitas dan OYPMK

 

 

 Dalam bicang  Ruang Publik – KBR  bersama  NLR Indonesia, yang bertajuk Memberi Kesempatan Kerja Bagi Disabilitas dan Orang Yang Pernah Mengalami Kusta, Arfah terlihat  bersemangat. Ada rasa bangga  saat   ia menceritakan pengalama  magang, sebagai tenaga administrasi di kantor SatPol PP Kota  Makasar. Apa yang membuat magang , begitu  istimewa buat Arfah?
Pengalaman  itu jadi istimewa, pasalnya  pemuda asal Sulawesi Selatan  ini, adalah penyintas  kusta. Sebagai orang  yang pernah mengalami kusta (OYPMK)  mendapat kesempatan magang , seperti dapat tambang  berlian baginya.

 Sebelumya, jangankan   bekerja  satu ruangan, untuk bertegur sapa dengan   OYPMK  saja,  masyarakat  sudah  merasa  takut. Mitos  tentang penyakit kusta, membuat  OYPMK kerap dibully, bahkan dijauhi seumur  hidup.

Beruntung, Arfa jadi  salah satu OYPMK, yang  jadi bagian dari Program KATALIS  NLR  Indonesia di  Suawesi Selatan.

Flyer talk show Kantor Berita dan NLR Indonesia.jpg"

Sekilas tentang  No Leprosy Remains - NLR Indonesia

 NLR  Indonesia adalah lembaga  swadaya masyarakat(LSM). Organisasi sosial dan kesehatan, yang  fokus pada pemberantasan dan pemberdayaan  penyintas kusta. NLR  sudah menginisiasi berbagai kegiatan, bagi penderita dan penyintas kusta di seluruh Indonesia.

 Salah satu program NLR,adalah  Program Katalisator. Angga Yanuar - Manager Proyek  Inklusi  Disabilitas NLR Indonesia- memaparkan  program pemberdayaan  yang melibatkan  pemerintah-pengusaha-OYPMK.

 Tujuan Program Inklusi Disabilitas  dan OYPMK

  •  Menghapus  diskriminasi pada OYPMK

 Diskriminasi terhadap OYPMK, disebabkan  minimnya informasi  tentang  penyakit kusta. Masyarakat enggan  bergaul dengan OPYMK, karena  takut  tertular.

Semua elemen masyarakat  yang  terlibat dalam program katalisator, langsung ataupun  tidak  akan mendapat informasi mengenai  kusta.

Informasi yang benar dari sumber yang  kompeten, akan membuka wawasan dan menghapus  diskriminasi  terhadap OYPMK.

  • Mengembalikan rasa percaya diri OYPMK

Bakteri   penyebab  kusta -Mycobacterium leprae, akan menyebabkan kerusakan permanen, pada bagian tubuh yang terinfeksi. Sehingga orang yang pernah mengalami kusta, kemungkinan  mengalami  deformitas – cacat.  Perubahan dari normal  menjadi  disabel, sudah pasti mempengaruhi  jiwa mera.

Kondisi ini menjadi lebih buruk, dengan berkembangnya  stigma negatif, pada  orang yang pernah mengalami  kusta. Menyebabkan   OYPMK, mengalami  kerisis percaya diri. Support keluarga dan lingkungan, akan mempercepat  tumbuhnya  kepercayaan diri pada OYPMK.

Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan, adalah  memberi mereka kesempatan untuk kerja  magang . Bekerja sama dalam tim, membuat mereka merasa berguna dan dihargai masyarakat. Energi positif, yang  menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Mengentaskan kemiskinan

Diskriminasi dan stigma  negatif,  membuat  OYPMK masuk  kategori  rawan sosial ekonomi. Sebagian besar  OYPMK, tidak memiliki keterampilan dan modal kerja. Akhirnya  terpaksa  jadi pengemis, untuk bertahan hidup.  

Nah,program katalisator memberi  kesempatan OPYMK, untuk mempelajari  keterampilan. Hard skill yang  diperlukan untuk menjadi tenaga kerja yang  produktif.

 Lingkungan Kerja  Yang Ramah OYPMK

Hampir disetiap jenis usaha, punya pekerjaan yang  bisa dilakukan OYPMK. Seperti   administrasi, penerima order lewat telepon, sampai membantu proses produksi sederhana.

Zakirah Ilmiana salah satu pengusaha , yang menjadi mitra  progam  kerja  inklusif KATALIS di Bulukumba. Ia menerima OYPMK, untuk  magang  di PT  Anugrah Frozen Food miliknya.  Rajin  dan cepat belajar, puji Zakiah pada  OYPMK  yang magang  di perusahaanya.

Agar  penyintas kusta dapat  berkontribusi sebagai pekerja produktif, perlu  lingkungan kerja yang ramah  OYPMK.

  • Berikan  pelatihan dan tugas, yang disesuaikan  kemampuan dan keterbatasan mereka
  • Tersedianya  ruang kerja,  yang dapat diakses  dengan mudah  oleh difabel
  • Rekan kerja  non difabel,  dan mitra bisnis perusahaan,  memiliki  rasa empati  terhadap  difabel

 Pemberdayaan penyintas kusta dan disabilitas lain, tidak hanya berdampak baik  bagi mereka saja.  OYPMK  yang menjadi tenaga kerja produktif, akan berkontribusi pada ekonomi keluarga dan negara. 

 Banyak sekali manfaat jangka panjang  dari pemberdayaan  disabilitas dan OYPMK. Mulai dari pengentasan kemiskinan sampai  mencegah masalah sosial. Karena itu mari kita dukung  program inkulsi NLR, agar  disabilitas dan orang yang pernah mengalami  kusta, mendapat pekerjaan dan penghasilan yang layak.donasaurus

Maret 03, 2021

Cara Cepat Mengobati Batuk Berdahak

"batuk.jpg"
Tebak - tebakan yok ....penyakit ...penyakit apa.......  ketauan dari suaranya.......

Kesehatan - donasaurus.com

 Suara batuk kering  yang bikin geli, sampai batuk berdahak yang mengelegar. Suara batuk dapat terdengar,  sampai beberapa meter dari sumber suara.

Batuk termasuk penyakit, yang gak ada tobatnya. Kamu bisa puluhan kali, terserang batuk selama hidup. Penasaran  gimana proses penularan, trik mencegah, terus apa obat batuk berdahak paling manjur sedunia ?

Infeksi Saluran Pernafasan Bagian Bawah

Dulu aku sempat batal, ikutan  lomba  vocal group  antar SMA.  Pasalnya  empat hari menjelang lomba, aku terserang batuk berdahak.

Suara batuk yang horor, bikin teman – teman gagal fokus. Wadidawwwww, keselnya  masih terasa sampai sekarang. 

Dari web site Halodoc, aku mendapat informasi penting. Batuk berdahak  terjadi, akibat infeksi saluran pernafasan  bagian bawah.  Waspadalah kalau batuk  berdahak, lama sembuhnya.

Sebab saluran pernafasan bagian bawah, terhubung  langsung dengan  organ  dalam. Nah....  ada beberapa kasus penyakit saluran nafas akut,  yang gejalanya seperti batuk berdahak.

Jaring  Perangkap  Virus  Batuk

Suara khas batuk berdahak,  berasal dari  lendir. Lendir (mukus)  diproduksi  tubuh , sebagai  alat pertahanan. Lendir yang  kemudian kita sebut dahak, berfungsi  seperti  jaring  perangkap  virus.  

Organisme  penyebab  infeksi, terperangkap   dalam  mukus. Selanjutnya secara  berkala,  dahak terdorong  keluar.

Batuk  Berdahak  Menular

….… terus  gimana  mereka  bisa  sampai ke  dalam saluran pernafasan ?  Virus atau bakteri  menyusup, masuk  saluran pernafasan melalui  dua  cara.

"virus-peyebaran.jpg"
 Penyebaran Virus melalui udara Pic Mohammed Hassan - Pixabay

Serangan  Udara

Saat penderita  batuk atau bersin, ada 100.000  virus yang terlepas  ke udara.  Bagai jet tempur supersonic, kumun  melesat  sampai  160 KM/jam ( Sumber – EEPRIS - bristol.ac.uk).

Benda yang  terpapar  kuman

Benda yang kerap berpindah tangan, atau  digunakan secara bersama – sama dapat  jadi sarang  kuman . Beberapa  barang yang  jadi tempat  favorit  kuman   antara lain

  • Kemasan  makanan dan minuman
  • Sarung bantal dan sprai tempat tidur
  • Peralatan makan
  • Alat tulis
  • Handphone
  • Uang

Mencegah  dan  Mengobati  Batuk Berdahak

Melihat modus operandi yang digunakan,  antisipasi penularan dapat dilakukan dengan 3M.

Jaga jarak

Seperti yang kita obrolin  tadi, penyakit ini bisa diketahui dari suaranya. Hal ini memudahkan  kita , menjaga jarak. Jauhi orang sedang terinfeksi.  1-2 meter adalah jarak aman, yang dianjurkan.

Gunakan masker

Nah kalo gak  yakin dengan jarak aman, maka gunakan masker. Masker  mencegah   penularan, melalui cipratan liur. Sekaligus  menghalau  virus, yang coba masuk  melalui  udara yang kita hirup.

Mencuci tangan

Bersihkan tangan, dengan cairan antiseptik. Lebih disarankan, untuk  menggunakan air dan sabun. Bersih – bersih  dilakukan  sebelum  dan sesudah,  menggunakan   fasilitas umum atau benda,  yang dipakai  bersama – sama.

    Batuk berdahak dapat diobati dengan obat kimia maupun obat tradisional

Pic Bruno - Pixabay

Obat Batuk Berdahak

Udah jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan eh masih ketularan juga !

Santai  aja …….batuk berdahak termasuk penyakit ringan dan cepat sembuh.  Sebagai pertolongan pertama, kita bisa bikin sendiri  obat tradisional, untuk batuk berdahak. Kalau mau  praktis , kamu tinggal  beli  aja, obat batuk berdahak  tanpa  resep di warung.

Ada tips  memilih  obat batuk berdahak, yang  aku kutip dari laman  Halodoc.com. 

Ekspektoran

Pilih obat batuk berdahak yang mengandung  ekspektoran. Zat ini bekerja aktif mengencerkan  lendir, sehingga  dahak  lebih mudah dikeluarkan.

Ibuprofen dan Parasetamol

Seringkali   batuk berdahak, diikuti  demam dan sakit tenggorokan.  Nah  gunakan  obat, yang mengandung  Ibuprofen dan Parasetamol. Keduanya membantu meredakan, demam dan  sakit  tengorokan.

Guaiphenesin atau Bromhexine

Batuk berdahak bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil.  Hindari minum sembarang obat. Konsultasi dulu, dengan dokter  atau bidan kamu. Biasanya  mereka,  akan meresepkan obat batuk berdahak  guaiphenesin atau bromhexine.

Buat  yang  menghindari obat kimia,  aku  udah kumpulin obat tradisional  batuk berdahak, dari berbagai sumber.Selain  kecap dan jeruk nipis, ada beberapa tratmen lain, yang dapat digunakan, untuk mengatasi batuk berdahak.

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Bawang  Merah

Air rebusan bawang merah berkhasiat, untuk  mengencerkan  dahak  dan menghangatkan badan

Belimbing besi ( Belimbing sayur)

Minum air perasan  belimbing besi, bermanfaat mencairkan dahak, dan membersihkan tenggorokan.

Kencur

Mengunyah kencur ternyata bermanfaat, untuk  mencairkan dahak, dan menghangatkan  badan

Nanas

Zat aktif enzim bromelain  dalam nanas, membatu meredakan peradangan, serta mencairkan dahak .

Air Garam

Kumur – kumur dengan air hangat, yang sudah diberi garam dapur. Garam mengurangi produksi lendir, dan membantu melepaskan dahak, yang lengket ditenggorokan.

Disadari atau tidak, batuk   menguras tenaga  dan  mengangu tidur.  Untuk mempercepat proses  penyembuhan, optimalkan waktu  beristirahat, dan banyak minum air putih

Bila minum obat secara teratur, batuk  berdahak akan sembuh dalam   6 - 10 hari. Kalau  tak kunjung membaik, bahkan  tambah parah, itu tandanya kamu memerlukan pemeriksaan lanjutan.  

Kabar  baiknya, sekarang  kamu enggak perlu  datang langsung  ke rumah sakit. Kamu bisa  konsultasi, atau daftar  berobat secara online.

Aku rekomendasikan  www.halodoc.com, sebagai  web site  layanan kesehatan  nomor satu  Indonesia.

  • Akses  chat  langsung  dengan dokter
  • Informasi   klinik dan rumah sakit. Lengkap dengan  layananpendaftaran online  pula.
  • Delivery pembelian obat
  •  Dan yang paling aku suka adalah, peserta BPJS  juga dapat mengaksesfasilitas yang disediakan   halodoc . 

Udah deh, gak ada alasan lagi, untuk malas  ke berobat.Semua kemudahan just a click away, di www.halodoc.com .donasaurus2021

Connect