November 26, 2022

Upaya Pencegahan Penyakit Menular

cara cuci tangan yang benar

Cegah  Penyakit Menular Dengan Cuci Tangan Yang Benar

Suasana Taman Edukasi - RSUP  DR Mohammad Hosen- Palembang menjadi meriah saat dr.Iris  melakukan  tutorial mencuci tangan dengan jurus  Tepuk Selaci  Putput di acara penyuluhan kesehatan dalam rangka Pekan Kesadaran Antimikroba Sedunia  pada  hari kamis 24 November 2022 lalu.


Tangan menjadi point penting dalam protokol kesehatan  karena  anggota tubuh ini digunakan  untuk segala aktivitas. Mulai dari memegang, mengelap, menyuap, sampai membersihkan kotoran. Hal ini membuat tangan  berisiko menjadi perantara  penularan berbagai  penyakit.

 Penyakit yang mungkin ditularkan tangan mulai dari yang ringan seperti  penyakit kulit dan diare  sampai yang berbahaya seperti covid 19.

Apa manfaat mencuci tangan untuk pencegahan penyakit menular

Penyakit menular  adalah gangguan yang disebabkan oleh organism,seperti bakteri,virus,jamur atau parasit. Penyakit ini dapat ditularkan dari orang ke orang, dari hewan ke manusia atau dari makanan dan air yang terkontaminasi  bakteri,virus,jamur atau parasit

Besti  tentu masih ingat kalau  bakteri,virus,jamur atau parasit  penyebab penyakit  adalah mahluk tak kasat mata. Ukuran mikroba ini begitu kecil sehingga tidak bisa dilihat mata telanjang.

Jadi walau tangan terlihat bersih tanpa noda, bukan berarti bebas  dari mikroba penyebab penyakit. Karena itu mencuci tangan yang baik dan benar menjadi point penting dalam pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Nah sehubungan dengan melonjaknya angka masyarakat yang terinfeksi penyakit menular DPRD Provinsi Sumatera Selatan  menyetujui, Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nomor 1 Tahun 2021 tentang peningkatan disiplin dan penegakan  hukum dalam  pencegahan dan pengendalian penyakit menular.

Pencegahan dan Pengendalian Wabah Penyakit Menular adalah segala bentuk upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah, dan/atau masyarakat untuk menghindari atau mengurangi risiko, masalah, dan menanggulangi dampak buruk akibat Wabah Penyakit Menular untuk melindungi masyarakat dari penularan Wabah Penyakit Menular, serta untuk mengurangi dampak sosial dan ekonomi akibat Wabah Penyakit Menular

Salah satu pasal dalam Perda yang diprakarsai DPRD Sumsel  itu mewajibkan masyarakat mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun atau pembersih tangan hand sanitizer disemua area public di Sumatera Selatan.

Kapan kita harus mencuci tangan

Direkomendasikan untuk mencuci tangan  sebelum atau sesudah melakukan  suatu aktivitas  seperti :

  • Sebelum  memasak
  • Sebelum makan
  • Sebelum  menggendong/ merawat  anak
  • Setelah  melakukan aktivitas di luar rumah
  • Setelah bersin atau batuk
  • Setelah  buang air besar/kecil
  • Setelah aktivitas membersihkan

Bagaimana  cara mencuci tangan yang benar

Disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun  dan air mengalir selama 60 detik dengan  jurus Tepuk Selaci  Putput

Tepuk

Ratakan sabun dengan kedua telapak tangan kemudian gosok punggung tangan

Selaci

Gosok sela-sela jari dan jari bagian dalam. Gengam  dan gosok telapak dengan posisi jari-jari  saling mengait .Lanjutkan dengan  bergantian membersihkan ibu jari dengan gerakan memutar diantara telunjuk. dan ibu jari.

Putput

Gosok ujung jari dengan gerakan memutar pada telapak tangan,lakukan secara bergantian. Bilas tangan bersihkan dari sabun dan keringkan

langkah mencuci tangan yang benar
Langkah-langkah mencuci tangan yang benar

Kita sudah merasakan bahwa pencegahan dan penggendalian wabah penyakit menular memerlukan peran aktif seluruh lapisan masyarakat. Selain upaya  medis dan vaksinasi yang dilakukan pemerintah  peran aktif masyarakat amat diperlukan.

Partisipasi kecil yang berhubungan dengan kebersihan diri seperti  mencuci tangan dengan baik dan benar  ternyata berdampak besar bagi pencegahan dan pengendalian penyakit menular  dalam masyarakat. Tetap patuhi Protokol kesehatan  ya gaes, semoga Indonesia segera bangkit. 

November 07, 2022

Pengalaman Pulih Setelah Operasi Miom dan Kista

gejala miom dan kista

Mengetahui Gejala Awal Miom Dan Kista 

Waktu remaja kupikir rasa sakit selama menstruasi itu hal yang biasa. Karena banyak teman-teman yang punya problem yang sama. Malah ada yang bilang rasa sakit saat haid akan hilang seiring bertambahnya usia kita. Walah, ternyata hal itu tidak berlaku padaku.

Bertambahnya usia bertambah pula, masalah seputar menstruasi yang aku alami.Tahun 2017 menstruasiku yang biasanya ramai lancar mulai tidak teratur. Awalnya aku masih  santai aja, malah seneng sesekali bebas dari kegiatan ngucek celana dalam yang bernoda.

Baru mulai khawatir saat periode menstruasiku semakin panjang.Biasanya selesai dalam 5 hari eh sudah 14 hari belum berhenti. Ada apa nih ?

Dari pada mengira-ngira,aku putuskan langsung konsultasi ke dokter saja. Singkat cerita dari dokter faskes pertama,aku  dirujuk ke dokter spesialis kandungan. Duarrrr....kaget pas lihat pemeriksaan USG ternyata ada dua miom  dengan diameter 2 dan 3 cm dalam rahimku. 

Mioma Uteri adalah tumor jinak yang dapat  tumbuh di dalam rahim atau di luar rahim. Periode menstuasi yang panjang diiringi  rasa nyeri adalah gejala yang umum Mioma dan Kista

Dokter spesialis kandungan kemudian  menjelaskan berbagai alternatif pengobatan miom. Mulai dari suntik,minum obat,sampai operasi. Untuk kasus miom di dalam rahim seperti aku, prosedur yang disarankan kepadaku waktu itu adalah Histerektomi – Pengangkatan rahim.

Mengingat faktor usiaku yang masih subur makmur, dokter menyarankan tidak terburu-buru mengambil keputusan. Sementara diberi resep obat Norelut, untuk menghentikan menstruasi saja dulu.Operasi atau pengobatan lain akan dibicarakan kemudian.

Setelah minum obat lebih kurang  tiga hari menstruasi berhenti.Sejak itu walau masih tidak teratur tetapi durasi menstruasiku normal. Empat tahun berlalu nyaris tanpa keluhan bahkan akupun hampir lupa kalau ada miom yang masih bersarang di rahimku.

Memasuki tahun 2022, aku  kembali mengalami durasi menstruasi yang beneran tidak normal.Setelah 6 minggu tidak ada tanda-tanda akan usai,aku pikir sudah saatnya konsultasi ke dokter. 

Seorang tetangga menyarankan aku untuk ke dokter spesialis kandungan di Puskesmas Sukarami Palembang saja. Gak ada salahnya mengikuti saran itu.Selain jaraknya relatif dekat dari rumah,dia bilang dokternya ramah dan kooperatif.

operasi miom
3 Jenis Operasi Miom

Memilih Dokter dan Rumah Sakit Untuk Tindakan Operasi Miom

Pertama ketemu dr. Trisno Kushartoyo, aku langsung menceritakan resume penyakitku. Kemudian beliau memeriksaku  dengan alat ultrasonography (USG). 

Ukuran miom dalam rahim tidak banyak berubah. Hanya saja beliau mengingatkan kemungkinan  jumlah tumor yang ada di rahimku lebih banyak  dari yang terlihat di monitor USG.

Mendengar itu aku langsung mengemukakan niatku untuk operasi miom. Sekalian minta rekomendasi beliau nama dokter spesialis  kandungan untuk operasi laparotomi miom uteri.

Pada secarik kertas dokter Tris menuliskan tiga nama dokter spesialis yang disebutnya “paling jago” menangani operasi organ reproduksi di Kota Palembang.

Wadidaw, para dokter prakteknya di Rumah Sakit Hermina di Jalan Basuki Rahmat-Palembang.Lokasi cukup jauh dari rumah akan membuat ribet urusan bolak-balik shift jaga nantinya. Menangapi protesku dokter Tris bilang, jangan pikirkan jaraknya fokus saja pada dokternya.

Setelah mendapat surat rujukan,awalnya biar enggak repot aku mau melakukan pendaftaran secara online saja. Tapi seorang teman menyarankan agar datang langsung ke bagian informasi rumah sakit. Lantaran ia sudah pernah kecewa setelah ngantri lama, ternyata dokter yang dituju hari itu  tidak menerima pasien BPJS.

Akhirnya aku ikuti saranya untuk  datang  langsung saja.Sesampai di meja informasi kutunjukan daftar nama – nama dokter tadi.Siapa diantara mereka yang praktek hari ini? Ada dr.Rizal Sanif,Sp.OG (K) Onk.MARS yang buka praktek hari itu.

Konsultasi pertamaku berlangsung singkat padat.Dr.Rizal mengatakakan ukuran miomku masih bisa diangkat dengan operasi konvensional Laparotomi. Syaratnya aku tidak sedang menstruasi saat operasi dilakukan.

Haduh biyung, syaratnya bikin bingung. Mengingat kacaunya jadwal menstruasiku,bagaimana aku bisa memastikan kapan  aku bersih dari menstruasi. Petugas bagian kebidanan yang mengatur jadwal operasi terlihat sama bingungnya. Kemudian ia memberiku waktu 1 bulan untuk datang kembali,dengan harapan saat itu menstruasiku sudah berhenti.

Persiapan Mental dan Fisik Sebelum Operasi Miom 

Terus terang akutuh gelisah juga  mendengar cerita komplikasi operasi miom dari  sesama pasien di ruang tunggu. Ada yang harus transfusi darah dulu sebelum operasi,ada yang mengalami komplikasi setelah operasi hingga harus duduk di korsi roda karena tak sanggup berdiri. Pertanyaanku kok bisa gitu ya?

Aku tidak kompeten menjelaskannya secara keilmuan,silakan nanti bestie mencari informasi yang lebih valid.Tapi secara awam aku dapat memahami kenapa sampai terjadi komplikasi. 

Gini loh,menstruasi dengan durasi yang panjang akan membuat tubuh kehilangan banyak darah. Hal ini dapat menyebabkan tubuh mengalami dua masalah sekaligus yaitu kurang darah (anemia) dan atau darah rendah (hipotensi). 

Hinga operasi miom yang dilakukan dalam kondisi anemia atau hipotensi akan memperbesar resiko komplikasi. 

Menurutku penyakit miom bukanlah kondisi darurat yang harus dilakukan tindakan operasi saat itu juga. Buktinya aku bisa menunda operasi sampai kondisi memungkinkan untuk dilakukan tindakan laparatomi.

Jadi buat bestie yang ada miom dan sedang mengalami menstruasi abnormal jangan panik atau buru-buru minta dioperasi. Sedapat mungkin pulihkan diri terlebih dahulu.

operasi miom dan kista
Tips Cepat Pulih Pasca Operasi Miom

Nah, seperti pengalamanku sembari menunggu (walau tanpa kepastian) haid berhenti aku mulai mengkondisikan tubuhku untuk siap menjalani operasi.

Cek kesehatan dan Asupan Vitamin Sebelum Operasi Miom

Pemeriksaan kesehatan jauh-jauh hari sebelum tindakan operasi, sangat bermanfaat mengurangi faktor resiko komplikasi.Apalagi aku agak khawatir karena  selama 2 bulan menstruasi tanpa henti berat badanku  turun 5 kg.

Dalam situasi lain aku bakalan teriak hore-hore,karena sukses menurunkan berat badan.Tapi kali ini penurunan  berat badan yang lumayan drastis bikin aku siaga bahaya anemia dan hipotensi.

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah melakukan cek darah. Jadi meski hanya memeriksa  tekanan darah,hemoglobin( Hb), kadar gula dan kolesterol tapi cukuplah untuk mengetahui status tubuh terkini.

Setelah membaca hasil cek darahku, dokter meresepkan beberapa obat generic standar seperti tablet tambah darah,tablet kolesterol dan parasetamol. 

Sebagai tambahan aku membeli sendiri Vitamin C dan Vitamin E di toko obat dekat rumah. Semua vitamin aku  minum sampai satu hari menjelang operasi.

Aktif Bergerak dan Olahraga

Demi menjaga perasaan keluarga,aku berusaha untuk terlihat  tenang dan santai.Walau sebenarnya cemas juga memikirkan risiko komplikasi operasi. Gimana nih biar enggak stress?

Kebetulan beberapa laman kesehatan mengulas tentang olahraga untuk mengurangi kecemasan dan stress. Untungnya aku bukan olahragawan dadakan. Minimal dua kali seminggu aku jalan pagi keliling-liling kampung.

 Jarak tempuh tidak begitu panjang sekitar  4-5 kilo meter p/p. Olahraga disambil bikin foto dan video untuk konten media sosial. Lumayan membantu mengalihkan pikiran, mengurai stress dan menghasilkan cuan.

Oya bestie, setiap orang punya daya tahan dan kondisi penyakit yang berbeda. Aktivitas berjalan kaki yang aku lakukan mungkin tidak cocok untuk semua orang. Maka aku sarankan kalian cari-carilah info tentang aktivitas fisik yang sesuai untuk kondisi tubuh kamu.

 Operasi Miom Bonus Kista

Satu bulan tenggat waktu  untuk memastikan jadwal operasi sudah tiba ternyata menstruasiku belum berhenti juga. Mengingat syarat yang diberikan dokter Rizal,aku putuskan untuk tidak lapor dulu ke rumah sakit.Kupikir percuma juga datang,toh mereka belum  dapat menentukan jadwal operasi.

Enam minggu kemudian barulah haid benar-benar berhenti. Aku buru-buru menemui petugas pengatur jadwal operasi di bagian kebidanan RS.Hermina. Setelah pemeriksaan standar sebelum operasi dan tes SWAB. 

Aku dinyatakan siap untuk tindakan operasi dan harus masuk rumah sakit sore itu juga. Sebab operasi akan dilakukan besok  Jumat tanggal  29 Juli 2022  pukul  5.30 pagi. 

Hadehhhh, bergegaslah aku pulang ke rumah untuk mengabari keluarga.

Sekitar jam 4 subuh seorang perawat membawaku dengan kursi roda dari kamar rawat inap kebidanan  berada di lantai 3 ke ruang operasi yang  berada di lantai dasar rumah sakit.

Ruangan operasi itu tak seberapa besar dan suhunya dingiiiiiin banget.Kudengar juga suara petugas lain dengan suara cukup keras menyebutkan jumlah surgical instrument yang disusunnya di atas nampan.

Petugas memasang beberapa alat di lengan dan dadaku.Seorang petugas yang agak tidak ramah memasukan selang kateter ke vagina ku. Berbarengan dengan petugas anestesi bersiap membius, dokter Rizal datang menyapa. Aku berdoa dalam hati menyerahkan hidup dan matiku pada Allah.

Sekitar pukul 08.30 aku  terjaga dengan rasa kebelet ingin buang air kecil dan air besar. Perutku kaku seperti  menelan sekeping papan.Kuraba plaster anti air yang ditempel vartikal di bawah pusatku.

 Melihat aku mulai bergerak petugas memanggil kakak perempuanku Rina yang menunggu di depan kamar operasi. Sayup kudengar suara Rina menanyakan kondisiku. Petugas  menjawab bahwa operasi sukses,aku sudah sadar dan tidak perlu transfusi darah. Kemudian Rina  menghampiriku sambil membawa dua kantong plastik. 

Ulala kaget juga, kok jadi dua kantong?

 Selama ini aku tahunya hanya miom  ternyata ada kista pula rupanya. Maaf ya, karena  kurang enak dilihat  aku tidak  tampilkan foto-foto miom dan kistaku. Aku ceritakan saja bagaimana penampakan mereka.

Di plastik pertama kulihat  ada  3 potong  jaringan mirip pentol bakso berwarna coklat keputihan yang kemudian aku tahu adalah tumor miom. 

Di kantong berikutnya 4 potongan jaringan yang bentuknya  mirip gajih berwarna coklat keputihan  adalah Kista yang jadi bonus operasiku.

miom tumbuh di dalam rahim
Lokasi pertumbuhan Miom dan Kista 

Tiga hari setelah operasi,aku merasa baik-baik saja. Tidak merasa pusing,lemah atau sakit di perut. Cuma terasa nyerih kalau tiba-tiba perut terguncang karena batuk.

Walau harus dilakukan dengan slow motion aku sudah bisa duduk berdiri dan ke kamar mandi tanpa bantuan. Ringkasnya hari Minggu 31 Juli 2022 aku sudah boleh pulang.

Masa Pemulihan Setelah Operasi Miom

Satu minggu pertama  pasca operasi, aku putuskan membatasi diri tidak ke luar rumah. Pertimbanganku begini, walaupun aku merasa sudah sehat tapi operasi miom adalah ‘peristiwa besar’ untuk tubuhku.

Luka jahitan di luar  sudah kering,tapi luka di dalam  belum sembuh.Tubuh perlu waktu menyambungkan lagi beberapa bagian agar kembali berfungsi. Selama proses pemulihan ganguan infeksi atau alergi bisa berakibat fatal. Jadi lebih baik aku  duduk manis nonton drakor di rumah saja.

Kontrol pertama pasca operasi dilakukan 7 hari kemudian. Plaster tahan air yang tidak boleh diganti-ganti sejak hari operasi akhirnya dibuka. Alhamdulilah luka operasi sepanjang 10cm sudah kering dan rapi.

Dr.Rizal tidak meresepkan obat lagi. Beliau menyuruhku menghabiskan saja obat-obatan yang diberikan untuk bekal pulang setelah operasi kemarin. Aku diminta datang satu minggu lagi, untuk membaca hasil pemeriksaan Patologi (PA).

Dua minggu setelah operasi,obat-obatan wajib minum dari rumah sakit sudah habis. Alhamdulilah aku sudah bergerak normal,tidak merasa sakit meski batuk atau tiba-tiba tubuh terguncang. Untuk mempercepat penyembuhan luka dan  menjaga stamina aku masih terus melanjutkan minum vitamin C dengan dosis 500mg sebutir sehari.

Sesuai jadwal aku kembali ke Rumah Sakit Hermina Palembang untuk mengetahui hasil PA. Dari hasil pemeriksaan PA  tidak ada tanda-tanda keganasan pada tumor.Tetapi disimpulkan bahwa aku mengalami Andenomiosis Uteri dan Endometriosis Ovarium.

Yaoloh....apalagi ini ?

Secara ringkas Dokter Rizal menerangkan bahwa darah menstruasi  yang seharusnya di arahkan untuk keluar ternyata malah diputar balik ke dalam rahim. Darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bisa keluar. Menyebabkan penebalan dinding rahim dan mengiritasi jaringan yang berada disekitarnya. 

Beliau merekomendasikan untuk mengikuti terapi injeksi hormon yang dapat membantu mengembalikan darah kejalan yang benar. Aku diberi surat rujukan ke unit Ongkologi dan Ginekologi Rumah Sakit Muhammad Hoesin Palembang. 

Nah, nanti aku bakalan cerita gimana rasanya setelah 3 kali injeksi Endrolin.

Oktober 30, 2022

Optimalisasi Perkembangan Kognitif Anak

optimasi kemampuan kognitif
Imunitas,Nutrisi,dan Perkembangan Kognitif Anak

Mengasuh anak itu ibarat berkebun, memerlukan media tanam dan perawatan yang mendukung tumbuh kembangnya. Seperti  tanaman yang memerlukan pupuk dan  trimming maka anak memerlukan  nutrisi dan stimulus yang  tepat, untuk mendukung  perkembangan kognitif mereka.

Eh sebelum lanjut ngobrolin  perkembangan kognitif anak, gimana kalau kita  refresh dulu apasih  difinisi dari kemampuan kognitif .

Difinisi kognitif adalah proses memperoleh,memahami,dan memproses informasi yang diterima untuk membantu menuntun anak berpikir dan bertindak - dikutip dari Oxford University Press 2020 Cambridge Dictionary.

Jadi secara umum dapat kita simpulkan,kemampuan kognitif berhubungan dengan kemampuan  akademis  serta  kecakapan sosial.Kemampuan  kognitif  amat penting  untuk  mempersiapkan anak jadi pemenang dimasa depan.

webinar danone indonesia

Nah,akutuh jadi semangat  banget mengikuti webinar yang diadakan  Danone Indonesia. Webinar Bicara Gizi dengan  tema Optimalisasikan Perkembangan Kognitif Anak Dengan Daya Tahan Tubuh Yang Kuat Dan Stimulasi Yang Tepat. 

Event  yang berlangsung pada tanggal 26 Oktober  2022 ini, menghadirkan narasumber  yang kompeten  seputar imunitas,nutrisi dan parameter  perkembangan kognitif  anak.

 Seperti  dr. Molly Dumakuri Oktarina (dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi) kemudian Ratih Ibrahim ( Psikolog Klinis, Parenting Expert, CEO & Founder Personal Growth)  dan tentu saja ada Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi.

Pengaruh  Imunitas Dan Nutrisi Pada Perkembangan  Kognitif  Anak

Imunitas atau daya tahan tubuh  ternyata  punya peran  penting dalam perkembangan  kognitif anak. Dr. Molly   menjelaskan  bahwa pembentukan sistem imun  berbarengan dengan  pembentukan  jaringan otak manusia. Sinergi antara sistem imun dan otak sudah terjadi sejak  anak masih dalam kandungan.  

Nah,microbiota komensal  adalah bakteri baik, yang berperan sebagai pasukan penjaga keamanan tubuh. Mikrobiota  komensal sebagian besar  berpatroli dalam sistem pencernaan. 

Tugasnya selain  melepaskan zat  antibodi  untuk sistem imunitas.Mikrobiota ini juga memproduksi zat hormon  dalam pembentukan  jaringan sel-sel Hippokampus   pada otak.

Hippokampus  adalah bagian dari otak yang berpungsi sebagai  ruang penyimpanan  memori . Memori  yang tersimpan kemudian digunakan untuk  belajar dan mengambil keputusan.

Ringkasnya, anak yang sehat akan aktif bergerak, sehingga lebih mudah menanggapi stimulasi dengan aktif dan mampu belajar dengan optimal.

Sebaliknya bila ada ganguan pada sistem imun yang menyebabkan sakit,udah pasti anak tidak  berminat untuk bermain dan belajar. Hingga menghambat perkembangan kemampuan  kognitif dan prilakunya.

Nah,untuk menjaga sistem imun dan perkembangan kemampuan kognitif  tubuh memerlukan nutrisi. Bukan soal mewah atau mahalnya makanan dan minuman  yang diberikan ,melainkan  harus mencukupi dalam jumlah gizi dan tepat  pada waktunya.

Stimulus  Optimasi Perkembangan Kognitif Anak

Selain asupan bergizi kemampuan kognitif anak juga perlu diberi stimulus.Sebab kemampuan kognitif yang  mencakup  cara berpikir ataupun cara mengambil  keputusan  tidak serta merta dikuasai anak.

Ratih Ibrahim yang berpengalaman sebagai Psikolog Klinis  mengungkapkan bahwa masa terbaik untuk merangsang kemampuan kognitif  adalah saat anak berumur 1 sampai 5 tahun.

Kemampuan kognitif   berkembang  melalui  proses belajar dari lingkungan.Maka orangtua dan lingkungan terdekat  harus aktif memberikan stimulus  agar  kemampuan kognitifnya berkembang optimal.

Nah, dibicara gizi bersama Danone Indonesia kemarin kak Ratih juga spil kecakapan apa saja yang digunakan sebagai indikator perkembangan kognitif anak.

Ada 8 skill yang  dijadikan indikator perkembangan kognitif anak

  • Attention

Atensi atau  perhatian diperlukan dalam proses pembelajaran akademik dan memperoleh informasi dari lingkungan.Atensi yang baik membuat mereka mudah mengerti pelajaran yang diberikan,dapat mengikuti instruksi dan memahami lingkungan. Permainan lego,puzzle dan bongkar pasang adalah contoh stimulus untuk kemampuan atensi.

  • Focus

Fokus atau adalah kemampuan anak untuk Kosentrasi menyelesaikan satu tugas tanpa teralihkan perhatianya.Kemampuan kosentrasi akan sangat mendukung prestasi akademik anak dimasa depan.Permainan memindahkan air atau beras  tanpa tumpah adalah stimulus kosentrasi  yang dapat dilakukan di rumah.

  • Memory

Daya ingat akan sangat membantu proses belajar.Daya ingat yang baik akan bermanfaat untuk mempermudah anak dalam memahami  pelajaran dan menjalankan tugas sesuai instruksi.

Daya ingat dapat dilatih dengan meminta anak menceritakan kembali secara terperinci mengenai mainan yang mereka  dimiliki. Berapa jumlahnya,apa saja warnanya,dan bagaimana memainkanya.

Seiring perkembangan usia anak,orangtua dapat merangsang ingatan mereka dengan memintanya menceritakan kembali film yang kemarin ditonton atau dongeng yang sudah pernah dibacakan.

  • Language

Kemampuan berbahasa sangat erat kaitanya dengan usia dan lingkungan.Diawali dengan memperhatikan (atensi) saat kita mengajaknya bercakap-cakap,kemudian  fokus untuk mengerti arti kata-kata yang diucapkan,lalu menyinpan informasi dalam ingatan.

 Hippocampus kemudian mengolah memory menjadi kemampuan berbahasa.Mengajak anak  ngobrol dan menyanyi bersama dapat digunakan sebagai stimulus kemampuan berbahasa.

  • Psychomotor

Psikomotor adalah kecakapan yang berhubungan dengan aktivitas fisik dan pengendalian gerakan tubuh.Misalnya meraih,menggapai,duduk sendiri atau berdiri tanpa bantuan.Stimulus yang diberikan dapat berupa permainan menangkap,mengambil atau gerakan mengikuti irama.

  • Logic

Berpikir logic adalah kemampuan memahami masalah dan membuat keputusan.Tentu saja keputusan yang dimaksud  akan disesuaikan dengan konteks. Nah,manfaatkan  rasa ingin tahu anak-anak yang tinggi untuk memberikan stimulus berpikir logis. Jawab pertanyaan  mereka dengan memberikan contoh  persamaan.

Misal kenapa kalau kuda berjalan berbunyi tak tik tuk.Mintalah dia berjalan menggunakan sepatu  maka akan terdengar juga suara langkahnya.

  • Reasoning

Sederhanyan rasoning adalah berpikir penalaran sebab dan akibat.Penalaran yang mendukung kemampuan berpikir logis.Misalnya pertanyaan kenapa harus melepas sendal saat masuk rumah? 

Jawabnya sebab sendal yang kotor akan mengakibatkan lantai rumah menjadi kotor juga. Dari pengalaman pribadi menjelaskan sebab akibat pada anak kadang bikin emosi ya bestie.Tapi dimasa depan penalaran akan membuat anak  memahami resiko keputusan  untuk mengerjakan atau tidak mengerjakan sesuatu.

  • Decision making

Stimulus yang dberikan  dengan melatih anak membuat keputusan-keputusan kecil setiap hari. Melatih anak untuk  berpikir sebelum bicara atau bertindak  adalah cara terbaik  melatih mereka  menerima resiko dari keputusan yang diambilnya. Stimulus  sederhana misalnya apakah hari ini ia akan minum susu putih atau susu coklat.Akan main di rumah atau main bersama teman.

Bila kemudian keputusan yang diambil ternyata tidak memuaskan dirinya,  orangtua dapat membantu dengan memberikan  beberapa  pilihan menyelesaikan masalah.

Tiap kelompok  umur memerlukan stimulus yang berbeda. Maka sebagai  orangtua kita tuh harus kreatif  dan jeli melihat kesempatan untuk memberikan stimulus yang tepat  bagi perkembangan kognitif anak.

Parameter Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan fisik anak  seperti   tinggi dan berat badan dapat kita  lihat secara langsung.Tapi  akutuh masih bingung,bagaimana cara mengukur  perkembangan kognitif anak?

Tenang bestie,Danone Specialized Nutrition Indonesia  dan Personal Growth menghadirkan indikator  perkembangan anak yang dapat diakses secara online Bestie dapat  mengakses  Interactive assessment  ini melalui  mynutri.club/twl.

Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi MKK. – Medical and Scientific Affairs Director Danone Indonesia  menjelaskan 8 Winning Skills Interactive Assessment  adalah  bentuk kepedulian Danone Specialized Nutrition Indonesia  pada perkembangan kognitif dan masa depan anak Indonesia.Dengan memanfaatkan teknologi informasi  untuk membantu orangtua   mengoptimalkan perkembangan kognitif anaknya..

Keunggulan 8 Winning Skills Interactive Assessment  

  • Praktis  dapat diakses melalui handphone setiap waktu
  • Mudah dipahami masyarakat awam
  • Memberikan rekomendasi  aktivitas untuk merangsang perkembangan kognitif
  • Gratis E-book stimulation kit gratis

Tuh lengkap banget dan bermanfaat bangetkan  untuk membantu kita  mengptimalisasikan perkembangan kognitif anak . Nah,sekarang waktunya kita mengaplikasikan ilmu yang didapat dari para pakar.Agar anak-anak kita siap berkompetisi dan jadi pemenang dimasa depan.Donasaurus.com

Connect