-->

6/16/2021

Penyintas Kusta Menjadi Tenaga Kerja Produktif

Kesempatan kerja bagi disabilitas dan OYPMK

 

 

 Dalam bicang  Ruang Publik – KBR  bersama  NLR Indonesia, yang bertajuk Memberi Kesempatan Kerja Bagi Disabilitas dan Orang Yang Pernah Mengalami Kusta, Arfah terlihat  bersemangat. Ada rasa bangga  saat   ia menceritakan pengalama  magang, sebagai tenaga administrasi di kantor SatPol PP Kota  Makasar. Apa yang membuat magang , begitu  istimewa buat Arfah?
Pengalaman  itu jadi istimewa, pasalnya  pemuda asal Sulawesi Selatan  ini, adalah penyintas  kusta. Sebagai orang  yang pernah mengalami kusta (OYPMK)  mendapat kesempatan magang , seperti dapat tambang  berlian baginya.

 Sebelumya, jangankan   bekerja  satu ruangan, untuk bertegur sapa dengan   OYPMK  saja,  masyarakat  sudah  merasa  takut. Mitos  tentang penyakit kusta, membuat  OYPMK kerap dibully, bahkan dijauhi seumur  hidup.

Beruntung, Arfa jadi  salah satu OYPMK, yang  jadi bagian dari Program KATALIS  NLR  Indonesia di  Suawesi Selatan.

Flyer talk show Kantor Berita dan NLR Indonesia.jpg"

Sekilas tentang  No Leprosy Remains - NLR Indonesia

 NLR  Indonesia adalah lembaga  swadaya masyarakat(LSM). Organisasi sosial dan kesehatan, yang  fokus pada pemberantasan dan pemberdayaan  penyintas kusta. NLR  sudah menginisiasi berbagai kegiatan, bagi penderita dan penyintas kusta di seluruh Indonesia.

 Salah satu program NLR,adalah  Program Katalisator. Angga Yanuar - Manager Proyek  Inklusi  Disabilitas NLR Indonesia- memaparkan  program pemberdayaan  yang melibatkan  pemerintah-pengusaha-OYPMK.

 Tujuan Program Inklusi Disabilitas  dan OYPMK

  •  Menghapus  diskriminasi pada OYPMK

 Diskriminasi terhadap OYPMK, disebabkan  minimnya informasi  tentang  penyakit kusta. Masyarakat enggan  bergaul dengan OPYMK, karena  takut  tertular.

Semua elemen masyarakat  yang  terlibat dalam program katalisator, langsung ataupun  tidak  akan mendapat informasi mengenai  kusta.

Informasi yang benar dari sumber yang  kompeten, akan membuka wawasan dan menghapus  diskriminasi  terhadap OYPMK.

  • Mengembalikan rasa percaya diri OYPMK

Bakteri   penyebab  kusta -Mycobacterium leprae, akan menyebabkan kerusakan permanen, pada bagian tubuh yang terinfeksi. Sehingga orang yang pernah mengalami kusta, kemungkinan  mengalami  deformitas – cacat.  Perubahan dari normal  menjadi  disabel, sudah pasti mempengaruhi  jiwa mera.

Kondisi ini menjadi lebih buruk, dengan berkembangnya  stigma negatif, pada  orang yang pernah mengalami  kusta. Menyebabkan   OYPMK, mengalami  kerisis percaya diri. Support keluarga dan lingkungan, akan mempercepat  tumbuhnya  kepercayaan diri pada OYPMK.

Salah satu bentuk dukungan yang dilakukan, adalah  memberi mereka kesempatan untuk kerja  magang . Bekerja sama dalam tim, membuat mereka merasa berguna dan dihargai masyarakat. Energi positif, yang  menumbuhkan rasa percaya diri.

  • Mengentaskan kemiskinan

Diskriminasi dan stigma  negatif,  membuat  OYPMK masuk  kategori  rawan sosial ekonomi. Sebagian besar  OYPMK, tidak memiliki keterampilan dan modal kerja. Akhirnya  terpaksa  jadi pengemis, untuk bertahan hidup.  

Nah,program katalisator memberi  kesempatan OPYMK, untuk mempelajari  keterampilan. Hard skill yang  diperlukan untuk menjadi tenaga kerja yang  produktif.

 Lingkungan Kerja  Yang Ramah OYPMK

Hampir disetiap jenis usaha, punya pekerjaan yang  bisa dilakukan OYPMK. Seperti   administrasi, penerima order lewat telepon, sampai membantu proses produksi sederhana.

Zakirah Ilmiana salah satu pengusaha , yang menjadi mitra  progam  kerja  inklusif KATALIS di Bulukumba. Ia menerima OYPMK, untuk  magang  di PT  Anugrah Frozen Food miliknya.  Rajin  dan cepat belajar, puji Zakiah pada  OYPMK  yang magang  di perusahaanya.

Agar  penyintas kusta dapat  berkontribusi sebagai pekerja produktif, perlu  lingkungan kerja yang ramah  OYPMK.

  • Berikan  pelatihan dan tugas, yang disesuaikan  kemampuan dan keterbatasan mereka
  • Tersedianya  ruang kerja,  yang dapat diakses  dengan mudah  oleh difabel
  • Rekan kerja  non difabel,  dan mitra bisnis perusahaan,  memiliki  rasa empati  terhadap  difabel

 Pemberdayaan penyintas kusta dan disabilitas lain, tidak hanya berdampak baik  bagi mereka saja.  OYPMK  yang menjadi tenaga kerja produktif, akan berkontribusi pada ekonomi keluarga dan negara. 

 Banyak sekali manfaat jangka panjang  dari pemberdayaan  disabilitas dan OYPMK. Mulai dari pengentasan kemiskinan sampai  mencegah masalah sosial. Karena itu mari kita dukung  program inkulsi NLR, agar  disabilitas dan orang yang pernah mengalami  kusta, mendapat pekerjaan dan penghasilan yang layak.donasaurus

3/03/2021

Cara Cepat Mengobati Batuk Berdahak

"batuk.jpg"
Tebak - tebakan yok ....penyakit ...penyakit apa.......  ketauan dari suaranya.......

Kesehatan - donasaurus.com

 Suara batuk kering  yang bikin geli, sampai batuk berdahak yang mengelegar. Suara batuk dapat terdengar,  sampai beberapa meter dari sumber suara.

Batuk termasuk penyakit, yang gak ada tobatnya. Kamu bisa puluhan kali, terserang batuk selama hidup. Penasaran  gimana proses penularan, trik mencegah, terus apa obat batuk berdahak paling manjur sedunia ?

Infeksi Saluran Pernafasan Bagian Bawah

Dulu aku sempat batal, ikutan  lomba  vocal group  antar SMA.  Pasalnya  empat hari menjelang lomba, aku terserang batuk berdahak.

Suara batuk yang horor, bikin teman – teman gagal fokus. Wadidawwwww, keselnya  masih terasa sampai sekarang. 

Dari web site Halodoc, aku mendapat informasi penting. Batuk berdahak  terjadi, akibat infeksi saluran pernafasan  bagian bawah.  Waspadalah kalau batuk  berdahak, lama sembuhnya.

Sebab saluran pernafasan bagian bawah, terhubung  langsung dengan  organ  dalam. Nah....  ada beberapa kasus penyakit saluran nafas akut,  yang gejalanya seperti batuk berdahak.

Jaring  Perangkap  Virus  Batuk

Suara khas batuk berdahak,  berasal dari  lendir. Lendir (mukus)  diproduksi  tubuh , sebagai  alat pertahanan. Lendir yang  kemudian kita sebut dahak, berfungsi  seperti  jaring  perangkap  virus.  

Organisme  penyebab  infeksi, terperangkap   dalam  mukus. Selanjutnya secara  berkala,  dahak terdorong  keluar.

Batuk  Berdahak  Menular

….… terus  gimana  mereka  bisa  sampai ke  dalam saluran pernafasan ?  Virus atau bakteri  menyusup, masuk  saluran pernafasan melalui  dua  cara.

"virus-peyebaran.jpg"
 Penyebaran Virus melalui udara Pic Mohammed Hassan - Pixabay

Serangan  Udara

Saat penderita  batuk atau bersin, ada 100.000  virus yang terlepas  ke udara.  Bagai jet tempur supersonic, kumun  melesat  sampai  160 KM/jam ( Sumber – EEPRIS - bristol.ac.uk).

Benda yang  terpapar  kuman

Benda yang kerap berpindah tangan, atau  digunakan secara bersama – sama dapat  jadi sarang  kuman . Beberapa  barang yang  jadi tempat  favorit  kuman   antara lain

  • Kemasan  makanan dan minuman
  • Sarung bantal dan sprai tempat tidur
  • Peralatan makan
  • Alat tulis
  • Handphone
  • Uang

Mencegah  dan  Mengobati  Batuk Berdahak

Melihat modus operandi yang digunakan,  antisipasi penularan dapat dilakukan dengan 3M.

Jaga jarak

Seperti yang kita obrolin  tadi, penyakit ini bisa diketahui dari suaranya. Hal ini memudahkan  kita , menjaga jarak. Jauhi orang sedang terinfeksi.  1-2 meter adalah jarak aman, yang dianjurkan.

Gunakan masker

Nah kalo gak  yakin dengan jarak aman, maka gunakan masker. Masker  mencegah   penularan, melalui cipratan liur. Sekaligus  menghalau  virus, yang coba masuk  melalui  udara yang kita hirup.

Mencuci tangan

Bersihkan tangan, dengan cairan antiseptik. Lebih disarankan, untuk  menggunakan air dan sabun. Bersih – bersih  dilakukan  sebelum  dan sesudah,  menggunakan   fasilitas umum atau benda,  yang dipakai  bersama – sama.

    Batuk berdahak dapat diobati dengan obat kimia maupun obat tradisional

Pic Bruno - Pixabay

Obat Batuk Berdahak

Udah jaga jarak, pakai masker dan rajin cuci tangan eh masih ketularan juga !

Santai  aja …….batuk berdahak termasuk penyakit ringan dan cepat sembuh.  Sebagai pertolongan pertama, kita bisa bikin sendiri  obat tradisional, untuk batuk berdahak. Kalau mau  praktis , kamu tinggal  beli  aja, obat batuk berdahak  tanpa  resep di warung.

Ada tips  memilih  obat batuk berdahak, yang  aku kutip dari laman  Halodoc.com. 

Ekspektoran

Pilih obat batuk berdahak yang mengandung  ekspektoran. Zat ini bekerja aktif mengencerkan  lendir, sehingga  dahak  lebih mudah dikeluarkan.

Ibuprofen dan Parasetamol

Seringkali   batuk berdahak, diikuti  demam dan sakit tenggorokan.  Nah  gunakan  obat, yang mengandung  Ibuprofen dan Parasetamol. Keduanya membantu meredakan, demam dan  sakit  tengorokan.

Guaiphenesin atau Bromhexine

Batuk berdahak bisa menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil.  Hindari minum sembarang obat. Konsultasi dulu, dengan dokter  atau bidan kamu. Biasanya  mereka,  akan meresepkan obat batuk berdahak  guaiphenesin atau bromhexine.

Buat  yang  menghindari obat kimia,  aku  udah kumpulin obat tradisional  batuk berdahak, dari berbagai sumber.Selain  kecap dan jeruk nipis, ada beberapa tratmen lain, yang dapat digunakan, untuk mengatasi batuk berdahak.

Obat Tradisional Batuk Berdahak

Bawang  Merah

Air rebusan bawang merah berkhasiat, untuk  mengencerkan  dahak  dan menghangatkan badan

Belimbing besi ( Belimbing sayur)

Minum air perasan  belimbing besi, bermanfaat mencairkan dahak, dan membersihkan tenggorokan.

Kencur

Mengunyah kencur ternyata bermanfaat, untuk  mencairkan dahak, dan menghangatkan  badan

Nanas

Zat aktif enzim bromelain  dalam nanas, membatu meredakan peradangan, serta mencairkan dahak .

Air Garam

Kumur – kumur dengan air hangat, yang sudah diberi garam dapur. Garam mengurangi produksi lendir, dan membantu melepaskan dahak, yang lengket ditenggorokan.

Disadari atau tidak, batuk   menguras tenaga  dan  mengangu tidur.  Untuk mempercepat proses  penyembuhan, optimalkan waktu  beristirahat, dan banyak minum air putih

Bila minum obat secara teratur, batuk  berdahak akan sembuh dalam   6 - 10 hari. Kalau  tak kunjung membaik, bahkan  tambah parah, itu tandanya kamu memerlukan pemeriksaan lanjutan.  

Kabar  baiknya, sekarang  kamu enggak perlu  datang langsung  ke rumah sakit. Kamu bisa  konsultasi, atau daftar  berobat secara online.

Aku rekomendasikan  www.halodoc.com, sebagai  web site  layanan kesehatan  nomor satu  Indonesia.

  • Akses  chat  langsung  dengan dokter
  • Informasi   klinik dan rumah sakit. Lengkap dengan  layananpendaftaran online  pula.
  • Delivery pembelian obat
  •  Dan yang paling aku suka adalah, peserta BPJS  juga dapat mengaksesfasilitas yang disediakan   halodoc . 

Udah deh, gak ada alasan lagi, untuk malas  ke berobat.Semua kemudahan just a click away, di www.halodoc.com .donasaurus2021

Kode adsense

9/01/2020

3 Langkah Gigi Bersih Dan Sehat

www.donasaurus.com

Tersenyum dengan gigi putih dan cemerlang, selalu bikin percaya diri. Demi penampilan banyak, yang rela mengeluarkan uang, untuk mempercantik gigi mereka. Gigi kuat, sehat dan bersih, memerlukan perawatan yang terus menerus. Mengabaikan kesehatan gigi dan gusi, bisa menjadi penyebab penyakit dibagian tubuh lain. Menyikat gigi  adalah langkah merawat gigi paling sederhana.Untuk hasil maksimal kita gak bisa asal sikat.

  • Pertama kita memilih sikat gigi yang mendukung 
  • Berikutnya tahu cara menyikat gigi yang benar 
  • Kemudian menggunakan pasta gigi yang sesuai kebutuhan 

Khusus buat kamu, aku sudah ngumpulin langkah – langkah menyikat gigi, yang efektif dan efisien dari berbagai sumber.

Memilih Sikat Gigi Elektrik atau Manual 

Alat bantu menyikat gigi, tentu saja alat sikatnya.Selain berbagai bentuk sikat gigi manual,saat ini sikat gigi elektrik bisa dijadikan pilihan. Sikat manual atau elektrik, masing – masing punya kelebihan. 

Plus Minus Sikat Gigi Elektrik 

  • Lebih cepat mengikis plak - Penelitian menunjukan gerakan berputar dan getaran otomatis, meembuat proses pembersihan plak lebih efektif dari pada sikat manual 
  • Tidak memerlukan tenaga yang besar atau kelenturan gerak - Sangat disarankan bagi disabilitas, yang memiliki keterbatasan dalam bergerak.
  • Pewaktu Otomatis - Memudahkan pengguna mengatur lamanya bersikat gigi.Sehingga bisa lebih fokus, pada proses penyikatan seluruh bagian gigi.
  • Menarik untuk anak – anak - Sikat gigi ini terlihat seperti mainan untuk anak. Membiasakan anak menyikat gigi menjadi lebih mudah dengan sikat gigi elektrik
  • Harga relatif mahal dan tidak dijual disetiap minimarket.
  • Harus dicas ulang 

Sikat Gigi Manual

Sikat gigi manual lebih populer, karena mudah didapat dan relatif murah. Sebelum menggunakan sikat gigi manual, perhatikan hal – hal berikut.

→ Pilih bulu sikat yang lembut dan lentur, memudahkan membersihan celah antara gigi.

→ Sesuaikan panjang dan besar kepala sikat, dengan ukuran rongga mulut pengguna . Ukuran kepala sikat yang besar, akan sulit mencapai sudut dalam gigi 

→ Disarankan untuk mengganti sikat gigi, antara 3 sampai 4 bulan sekali. Tetapi segera ganti jika bulu sikat, mulai sering munusuk gusi atau mengangu gerakan saat menyikat.

→ Bersihkan sikat gigi dan simpan, dengan posisi kepala sikat dibagian atas.

Berapa lama waktu menyikat gigi 

Rajin menyikat gigi tapi gigi masih sering sakit? Mungkin kamu kurang lama sikat giginya. 

Selain rutin menyikat gigi dua kali sehari, Assosiasi Kesehatan Gigi Amerika (American Dental Association ) menyarankan, untuk menyikat gigi selama dua menit. 2 menit dianggap cukup untuk melepaskan, sebanyak mungkin kotoran yang menempel. 

Jika menggunakan sikat gigi manual cobalah berhitung 1- 120, setiap mulai menyikat gigi. Inget dong 1 menit = 60 detik, lah kalo dua menit berarti 120 detik ye khan.

Cara Menyikat Gigi Yang Benar

 Waktunya sudah pas, maka eksekusinya juga mesti benar. Cara menyikat gigi yang disarankan :

  • Pegang tangkai sikat senyaman mungkin. Pastikan tangan tidak menyenggol benda disekitar.
  • Gosokan sikat dengan lembut, dan merata di seluruh bagian gigi. 
  • Sikatlah dengan sikat mengarah keatas – kebawah( vartikal), pada permukaan depan dan belakang gigi.
  • Pada bagian atas – mahkota gigi sikatlah dengan arah gerakan kekanan dan kekiri 
  • Jangan lupa untuk menyikat dengan lembut permukaan lidan dan langit – langit mulut. 

Pasta Gigi Untuk Gigi Putih dan Sehat 

Setelah mengetahui cara menyikat gigi yang benar , selanjutnya kita memilih pasta gigi sesuai kebutuhan.Untuk gigi putih, sehat dan bebas plak bisa cobain pasta gigi NUSKIN AP 24 Whitening Fluoride. Rekomended  untuk mencegah gigi berlubang , gigi jadi putih dan bebas plak.

Kandungan utama pasta gigi best seller NUSKIN ini antara lain: 

Hydrated Silica dan Alumina (Aluminum Oxide)

Membantu menghaluskan dan mengkilapkan gigi tanpa mengikis lapisan email.

Dimethicone dan Surfaktan

Mencegah iritasi dan membersihkan gigi dari plak 

Sodium Monofluorophosphate 

Sodium Monofluorophosphate, adalah formula turunan fluoride. Bertugas sebagai antibakteri dan membantu menguatkan lapisan email. Sehingga Pasta Gigi NUSKIN AP 24 ampuh mencegah gigi berlubang, serta menjaga kesehatan gusi dan mulut.

Saran pemakaian pasta gigi NUSKIN AP 24 

 Pasta gigi ini dapat digunakan oleh dewasa dan anak – anak diatas 2 tahun.

Oleskan secukupnya pada sikat gigi kering 

Sikatlah gigi secara teratur 2-3 kali sehari selama 2 menit 

Segera berkumur setelah menyikat gigi 

Manfaat menggunakan pasta gigi NUSKIN AP 24 

  • Dengan menggosok gigi secara teratur ,dalam 3-4 minggu sudah terlihat efeknya.
  • Gigi nampak lebih putih Plak berkurang 
  • Mulut terasa lebih bersih 
  • Nafas jadi lebih segar 

Dimana membeli pasta gigi NUSKIN AP 24 

Sebagai informasi AP 24® Whitening Fluoride Toothpaste asli made in USA.Tapi gak usah khawatir pasta gigi ini, bisa kamu dapatkan di sekitar 22 negara. Pembelian bisa dilakukan online di marketplace, dan melalui penjualan off line diseluruh Indonesia.Khusus wilayah Sumatera Selatan dapat menghubungi Suzanita di Instagram @nuskin.sumsel.

Gaes sekarang kamu tinggal one call away dari impian, untuk punya gigi putih dan sehat. Buruan sikat gigimu dengan AP 24® Whitening Fluoride Toothpaste. Udah gak sabar lihat senyum kamu, yang manis menggoda.**** published in donasaurus.com

8/15/2020

Manfaat Karaoke Untuk Kesehatan

 

donasaurus.com
Karaoke sangat populer di Jepang - Nippon.Com

 

Menghabiskan waktu berkaraoke, menjadi alternatif hiburan murah meriah kaum urban. Disaat gak bisa piknik jauh, ngumpul bareng temen di karaoke, rasanya udah seneng banget.

Karaoke akronim  bahasa Jepang dari  kata Kara, yang artinya Kosong  dan Oke  dari  Orkestra. Orkes Kosong ini pertama kali dipopulerkan, oleh Daisuke  Inoue pada 1971 (BBC.com).Yup sejak itu teknolong sing a long  Karaoke, berkembang dengan pesat.

Karaoke menjadi alat hiburan, yang populer diseluruh dunia. Selain lounge komersil, karaokepun bisa dilakukan sendiri  di rumah. Hiburan ini jadi favorit,  karena murah dan praktis. Cukup modal TV, mic dan CD player saja, suasana sudah meriah.

Karaoke  Orkes Kosong  Anti Stress

Dalam batas wajar beryanyi atau ngumpul di karaoke, ternyata banyak manfaatnya. Daisy Fancourt, dosen Psychobiology dan Epidemiology dari University College London mengemukakan, saat bernyanyi  ada  reaksi hormonal  dalam tubuh.

Pelepasan hormon endorphin yang mempengaruhi perasaan, dan penurunan  hormon cortisol yang  biasanya akan meningkat saat mengalami stress. Selain itu ada info dari ambient-mixer.com seputar manfaat lain bernyanyi dengan karaoke

  •  Melatih Ingatan

Penelitian membuktikan  penyanyi dan pemain musik, memiliki ingatan yang sangat baik. Kebiasaan menghapal lirik,not balok dan irama melatih otak mereka, untuk mengingat sesuatu sangat deteil.

Karaoke merangsang otak, untuk mengingat. Saat bernanyi  karaoke sambil membaca teks, ingatan melakukan sinkronisasi lirik dan musik. Kemudian otak melakukan perintah pada pita suara, agar menghasilkan bunyi yang sesuai irama. Yup kalau ingatan mulai terasa menurun, bolehlah jadwalkan karaoke sebagai terapi ingatan.

  • Melepas Stress

Karaoke jadi tujuan utama kaum urban,untuk melepas stress. Musik dan lirik membantu, mengendurkan ketegangan. Saat hati senang tubuh melepaskan hormon endorphins, yang  mengurangi rasa lelah dan stress.

Habis melantunkan lagu, sambil tertawa atau menangis perasaan jadi enteng. Ruang  karaoke  jadi semacam bilik terapi tanpa  psikologi.

  • Ekspresikan Diri

Ada yang gak punya  nyali, untuk nyanyi di depan banyak orang.  Terus  kok bisa PD nyanyi  jejeritan, waktu  karaoke bareng teman?

Bersama orang yang dikenal, membuat perasaan  aman dan nyaman. Privasi di ruang karaoke, meningkatkan rasa percaya diri.  Tidak merasa malu kalau salah lirik, tidak ragu suara jelek. Pokoknya  lepas bebas, mengekpresikan diri. Sesuatu yang tidak akan bisa dilakukan , saat bernanyi di panggung terbuka.

  • Bergaul dan Networking

Di negara dengan sistem kerja, yang luar biasa efisien seperti Jepang, karaoke sudah jadi  kebutuhan  hidup. Kraoke  lounge  mengalami perluasan makna.Sekarang jadi tempat bergaul dan memperluas networking.

Bertemu dengan teman sekerja dalam susana yang santai bisa, membuka sisi lain kepribadian seseorang. Manger yang di kantor mau menang sendiri, bisa jadi ramah dan suka humor di karaoke.

Berkenalan dengan teman punya kawan, bisa memperluas networking dan kalau beruntung bisa ketemu jodoh juga.

 Peluang Bisnis Karaoke

Selain menyenangkan karaoke,  bisa jadi bisnis yang menguntungkan.

Beberapa artis  yang berbisnis  ruang bernyanyi Karaoke

Inul Vista -  Inul Daratista

  • Diva - Rosa
  • Alegro -  Maia Estianty
  • Lyrick - Lyra Virna
  • Grand Charlie Vht – Charlie  ST12
  • Master Piece – Ahmad Dhani
  • Melly Goeslow – Melly Goeslow

Kalaupun kamu bener – bener gak hobi nyanyi, cobalah sesekali ikutan nongkrong dikaraoke. Melihat ekspresi lucu teman – teman saat bernyanyi, tertawa bersama atau kadang juga nangis bareng bisa membuat perasaan lega dan happy.

Suka nyanyi tapi suka males ngumpul ? Sekarang ada Wankara ( Solo Karaoke ). Kotak karaoke  mini, yang membuat kamu bebas bernyanyi sendiri di kamar.

   Sing Your Way Home  

Sing your way home
at the close of the day.
Sing your way home
drive the shadows away.

                                                       Smile every mile
                                                  For wherever you roam
                                                 It will brighten your road,
                                                   It will lighten your load,
                                                 If you sing your way home

***

 

Connect